Kucing Snowshoe

Kucing Snowshoe atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Sepatu Salju adalah jenis ras kucing yang relatid baru dan langka. Nama Snowshoe pada kucing ini diberikan karena mereka memiliki empat cakar putih khas yang membuatnya seperti mengenakan sepatu salju.

Snowshoe berasal dari Amerika Serikat, dikatakan kucing ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1960an. Pada masa ini ada seorang peternak kucing Siam yang menyilangkan kucingnya dengan kucing American Shorthair dan beberapa jenis kucing lainnya dan dari persilangan ini muncullah kucing Snowshoe.

Jenis Ras Kucing Snowshoe

Dengan memadukan beberapa sifat terbaik dari kucing Siam dan kucing American Shorthair, Snowshoe telah menjadi kucing keluarga yang cantik dan juga setia. Snowshoe dengan indah menggabungkan ciri dari kedua kucing tersebut dan hasilnya tampilan cantik yang ada mengingatkan kedua sisi garis keturunannya.

Dikatakan ketika pertama kucing Snowshoe dilahirkan, semua warna pada tubuhnya akan putih dan warna khas mereka akan muncul seiring bertambahnya usia kucing. Karena penampilan mereka yang unik ini, kucing ini menjadi sangat populer dan bahkan beberapa gambar meme sering menggunakan pola warna dari kucing ini. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Snowshoe

Snowshoe adalah ras bermata biru yang indah, gabungan dari kualitas terbaik antara kucing Siam yang vokal dan juga American Shorthair yang santai dan kokoh. Sejarah Snowshoe dimulai pada akhir tahun 1960an ketika peternak kucing Siam bernama Dorothy Hinds-Daugherty dari Kensing Cattery di Philadelphia, Pennsylvania, menghasilkan anak kucing dengan sarung tangan putih bersih.

Setelah melihat keunikan dari anak kucing tersebut, akhirnya Dorothy memutuskan untuk menjadikan keunikan tersebut ke dalam pengembangan. Dia mulai mereproduksi tampilan dengan menyilangkan kucing Siam sealpoint miliknya dengan American Shorthair bicolor.

Sejarah Ras Kucing Snowshoe

Dari perkawinan tersebut, keturunan yang dihasilkan tidak memiliki pola poin dari kucing siam, hal ini dikarenakan kedua induk harus memiliki gen resesif agar pola tersebut dapat diekspresikan pada keturunannya. Setelahnya, dia mengawinkan keturunan tersebut dengan kucing Siamnya kembali.

Dari perkawinan inilah Dorothy mencapai hasil yang dia inginkan yaitu kucing dengan pola poin dengan empat sarung tangan putih pada bagian kakinya. Persilangan lanjutan dengan kucing American Shorthair bicolor menambahkan pola V putih terbalik di hidung dan juga moncong beberapa anak kucing yang menurut Dorothy hal ini adalah variasi yang menawan.

Dia memberikan nama Snowshoe pada kucing ini karena keunikan pada kucing yang memiliki pola putih pada keempat kakinya dan terlihat seperti baru bermain di salju. Dorothy kemudian mencoba mengikuti show kucing dengan mendaftarkan kucing-kucing ini, namun pada saat itu kucing ini belum begitu diminati atau dikenal oleh sebagian besar orang.

Setelah kejadian ini, Dorothy akhirnya memutuskan untuk berhenti mengembangkan Snowshoe dan pengembangan ini diambil alih oleh orang yang bernama Vikki Olander. Berawal dari sini Olander melakukan upaya seperti menuliskan standard breed dan hal lain yang akhirnya kucing Snowshoe pun bisa diterima di beberapa asosiasi kucing terkenal dan mulai mendapatkan popularitasnya. 



Karakteristik Kucing Snowshoe

Snowshoe adalah kucing yang memiliki tubuh cukup panjang yang tidak ekstrim atau cobby. Tubuhnya sangat proporsional secara keseluruhan, kekar, kuat, gesit dan juga berotot. Berat badan yang dimiliki kucing ini terkadang sangat mengejutkan, namun sebanding dengan ukurannya saat diangkat.

Kepalanya terlihat sangat luas, tulang pipi tinggi dengan kontur yang lembut. Bentuk keseluruhan hampir selebar panjangnya dan menyerupai segitiga sama sisi. Ukuran kepala sangat proporsional dengan batang tubuh dan kaki, begitu juga moncongnya proporsional dengan kepala. Hidung lebar sedang, dengan tonjolan yang rata atau sedikit.

Karakter Ras Kucing Snowshoe

Telinga berukuran sedang, lebar pada bagian pangkal dengan ujung yang sedikit membulat yang sebanding dengan tubuhnya. Mata berbentuk lonjong (bisa lonjong sedang atau bulat), miring ke pangkal telinga, tidak menonjol dan biasanya warna matanya adalah biru.

Kaki memiliki panjang yang sangat baik, mereka adalah pelari atau pelompat, memiliki tulang yang sedang yang proporsional dengan tubuh. Panjang ekornya sebanding dengan tubuhnya dengan bentuk bertahap yang meruncing hingga ke ujung ekornya. Bulu berukuran pendek dengan tekstur yang halus saat disentuh, kepadatan bulunya membuat kucing ini menjadi sangat menarik.

Dalam hal warna, beberapa warna putih diperlukan pada bagian cakarnya. Sarung tangan putih terbatas pada cakar, kaki belakang, dada dan juga dagu. Biasanya seperempat tubuh warnanya putih, untuk bicolor diperlukan pola wajah yang putih dan beberapa tanda putih dan pola dapat terjadi.

Siapapun yang mencari kucing yang suka menyendiri dan angkuh maka tentu saja kucing Snowshoe bukanlah pilihan yang tepat. Mereka adalah kucing yang memiliki kepribadian ramah meskipun beberapa kucing ini akan agak menjadi pemalu ketika bertemu dengan orang asing yang tidak mereka kenal.

Kucing ini adalah kucing yang ramah, setia dan bisa menjadi teman yang ideal untuk keluarga yang suka dengan kucing, selain itu sebagian besar dari kucing ini juga bisa rukun dengan kucing lain. Mereka akan sering hinggap disamping pemiliknya dan terkadang suka memberikan sentuhan, cakaran lembut dan beberapa belaian yang biasa dilakukan oleh kucing.

Snowshoe tergolong kucing yang cerdas, karena itu kucing ini akan bisa diajari beberapa trik seperti mengambil beberapa benda favoritnya. Kucing ini juga terkenal dengan daya ketertarikannya terhadap air, terutama air yang mengalir. Nyalakan kran atau siram toilet dan kucing ini akan langsung muncul untuk menatap dengan air tersebut.

Meskipun tidak sekeras atau sevokal kucing Siam, namun mereka tidak pernah kehilangan kata-kata dan mengeluarkan suara yang lembut. Semua hal tersebut dilakukan kucing hanya untuk diberikan perhatian, belaian, sentuhan ataupun hanya sekedar untuk mengajak anggota keluarganya untuk bermain. 



Perawatan Kucing Snowshoe

Dalam masalah perawatan, bulu kucing Snowshoe yang pendek ini akan mudah untuk dirawat. Cukup berikan penyikatan ayau penyisiran mingguan untuk membantu bulunya tetap sehat. Perawatan ini dilakukan untuk mengurangi jumlah bulu mati pada tubuh kucing dan juga merangsang bulu baru untuk lebih cepat tumbuh kembali.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing secara teratur, hal ini umumnya dilakukan seminggu atau dua minggu sekali tergantung kondisi kucing. Sebaiknya kebiasaan ini dilakukan sejak dini (saat kucing masih kecil), dengan begitu ketika kucing sudah beranjak dewasa hal ini akan tetap mudah dilakukan karena kucing sudah terbiasa.

Perawatan Ras Kucing Snowshoe

Jaga selalu kebersihan gigi kucing untuk mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya.

Periksa kebersihan telinga kucing dengan rutin, lakukan hal ini seminggu atau dua minggu sekali. Telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang ada, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Bersihkan telinga kucing dengan perlahan, lakukan dengan teliti dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Obat kutu kucing perlu diberikan dengan rutin, karena tidak lucu jika bulu kucing Snowshoe yang indah ini menjadi rumah kutu. Jangan lupa juga untuk memberikan obat cacing untuk menghindari masalah pencernaan kucing yang bisa terjadi. Lakukan pengulangan pemberian kedua obat tersebut sesuai anjuran, dengan begitu kucing akan terbebas dari kutu dan juga cacing.

Snowshoe adalah kucing yang cenderung aktif dan bisa merespon dengan baik semua permainan yang ada. Kucing ini akan menikmati mainan yang diberikan padanya, karena itu sediakan ruangan yang cukup dan juga beberapa mainan untuk memastikan kucing tetap bergerak dan memenuhi kebutuhan gerakan hariannya.

Dalam pemeliharaannya sebaiknya kucing Snowshoe dijadikan sebagai kucing dalam ruangan saja, hal ini dilakukan untuk mencegah penularan penyakit atau virus yang bisa dibawa kucing dilingkungan luar, serangan dari hewan lainnya, beberapa resiko kecelakaan yang tidak diinginkan dan juga resiko untuk dicuri oleh orang asing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaganya tetap sehat adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya atau bahkan mematikan, jadi dengan menberikan vaksin pada kucing secara lengkap akan membuat kucing lebih sehat dan memiliki umur yang lebih panjang.



Kesehatan Kucing Snowshoe

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Secara umum kucing Snowshoe dianggap sebagai kucing yang sehat dan terkenal memiliki masa hidup yang lama (mencapai 20 tahun atau lebih). Karena kucing ini termasuk dala ras baru maka tidak banyak detail tentang kondisi warisan utama yang mungkin mereka alami.

Kucing ini kadang-kadang rentan menderita mata juling dan ekor tertekuk yang merupakan sifat genetik dari kucing Siam. Penyakit gigi adalah salah satu masalah kesehatan paling umum untuk Snowshoe, namun penyakit ini masih bisa dicegah dengan memberikan perawatan yang sesuai.

Kesehatan kucing selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan, karena itu berikan kucing makanan yang berkualitas, perawatan yang maksimal dan juga perhatian yang sesuai. Dengan memberikan perawatan yang bagus maka kucing akan selalu sehat dan memiliki kondisi terbaiknya.



Harga Kucing Snowshoe

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Snowshoe Import 17.000.000
Harga Kucing Snowshoe Lokal 8.000.000
Harga Kitten Snowshoe 4.500.000
Harga Kucing Snowshoe Dewasa 6.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing Snowshoe ini, biaya adopsi rata-rata untuk kucing ini berkisar antara $600 hingga $1.200. Dari rata-rata tersebut maka kemungkinan perkiraan harga Snowshoe akan seperti harga diatas. Harga diatas hanya dikalikan kurs saja ya catlovers, jadi untuk harga kucing Snowshoe import belum ditambahkan biaya pengiriman dan juga biaya lainnya.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena harga kucing Snowshoe asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Snowshoe kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Snowshoe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel