Kucing Burmilla

Kucing Burmilla adalah kucing yang dihasilkan dari persilangan dua ras kucing yang berbeda, yaitu kucing burma dan kucing Chinchilla. Burmilla memiliki dua versi bulu yaitu panjang dan juga pendek, namun dalam proses perkembangannya, nama burmilla lebih menuju kearah versi bulu pendek karena beberapa organisasi kucing mengakui burmilla berbulu panjang sebagai ras tersendiri yaitu kucing Asian Semi Longhair.

Burmilla merupakan kucing berukuran sedang yang mempunyai ekspresi manis dengan kepribadian yang santai namun sedikit nakal. Karena kucing ini merupakan hasil persilangan dari kucing berbulu pendek dan juga berbulu panjang, maka kucing ini memiliki 2 versi bulu, yaitu berbulu pendek dan juga berbulu semi panjang.

Kucing Burmilla

Tidak jarang juga anak kucing burmilla dengan bulu yang panjang dilahirkan dari induk kucing berbulu pendek karena hasil persilangan tersebut. Kucing ini adalah kucing yang mencintai anggota keluarganya, dia bisa menjadi pendamping yang baik untuk orang dewasa dan juga anak anak.

Berikut adalah beberapa fakta tentang kucing burmilla. Bulu burmilla memiliki warna dasar silver dan pada ujungnya bisa dilapisi warna hitam, cokelat, merah, biru, krem dan berbagai warna lainnya. Kucing ini bisa disilangkan dengan kucing Chinchilla Persia atau Burma Eropa. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Burmilla

Sejarah burmilla dimulai pada tahun 1981 ketika seorang wanita bernama Miranda Bickford-Smith membeli kucing chinchilla jantan untuk diberikan kepada suaminya sebagai kado ulang tahun. Kucing chinchilla jantan ini kemudian diberi nama Jemari Sanquist dan menjadi kucing peliharaan keluarga dari Miranda.

Miranda sendiri memiliki tetangga yang juga mempunyai kucing peliharaan, kucing tetangganya tersebut merupakan kucing betina ras burma yang memiliki nama Bambino Lilac Fabergé. Pada waktu itu Fabergé sedang dalam masa birahi, karena pemiliknya tidak menginginkan kucingnya dikawin kucing luar maka dia memasukkan Fabergé kedalam kandang.

Sejarah ras Burmilla

Fabergé yang dikandang tersebut ternyata bisa keluar tanpa sepengetahuan pemiliknya dan mengunjungi Sanquist, dari sinilah kecelakaan perkawinan terjadi diantara kedua kucing tersebut. Dari perkawinan tersebut, Fabergé memiliki 4 ekor anak dengan bulu pendek yang berwarna perak kehitaman. Karena anak kucing ini memiliki ciri yang khas, akhirnya program pengembangan pun dilakukan.

Nama burmilla dari kucing ini merupakan gabungan dari kata burma dan juga chinchilla. Pada awalnya kucing ini jarang terlihat di Inggris, karena pada masa tersebut kucing ini masih dalam masa pengembangan dan juga belum diterima oleh organisasi kucing manapun. Di Amerika Serikat kucing ini dianggap kucing yang langka, namun karena keunikan yang dimilikinya membuat kucing ini menjadi semakin populer.

Pada tahun 1984 burmilla memiliki standar rasnya, namun baru tahun 1997 standar tersebut baru diakui sebagai standar yang stabil. Dan setelahnya pada tahun 2011, ras kucing ini diakui oleh Governing Council of the Cat Fancy Inggris, Fédération Internationale Féline global, The Australian Cat Federation, dan The Cat Fanciers 'Association.



Karakteristik Kucing Burmilla

Burmilla merupakan kucing berukuran sedang dan memiliki sifat serta fisik yang mirip dengan kucing burma. Kucing ini mempunyai bulu pendek, lembut dan juga padat serta ciri khasnya yaitu warna gelap pada garis mata yang ada pada sekitar mata mereka. Burmilla yang memiliki gen dari chinchilla memiliki dua versi bulu yaitu pendek dan juga semi panjang.

Beberapa anak kucing yang dilahirkan oleh kucing ini terkadang memiliki ukuran bulu yang panjang, namun meski burmilla memiliki dua versi bulu, ras burmilla ini hanya ada di bulu pendeknya, karena versi bulu semi panjang burmilla sudah menjadi ras kucing tersendiri yaitu kucing Asian Semilonghair. 

Karakter Burmilla

Burmilla memiliki badan yang cukup berotot, mukanya bulat dan moncongnya berukuran pendek. Berat umum pada kucing ini berkisar antara 4kg hingga 5kg, dan tentu saja mungkin ada yang lebih berat. Kucing ini bisa hadir dalam berbagai pola warna seperti hitam, biru, cokelat, krem, dan juga merah.

Kucing ini memang terlihat memiliki sifat yang mandiri, namun terkadang dia juga bisa bertingkah konyol dan membuat pemiliknya tertawa. Karena memiliki sifat yang santai dan juga pendiam, kucing ini bisa dengan mudah tinggal dengan anggota keluarga lain. Dikatakan sifatnya yang mudah bergaul dengan orang dan juga hewan peliharaan lain ini merupakan sifat bawaan yang didapat dari kucing burma.

Dari kecil hingga dewasa, kucing burmilla akan menjadi kucing yang menyenangkan, mereka akan selalu suka bermain dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kucing ini tidak terlalu menuntut untuk diperhatikan dan bisa cocok dengan berbagai keadaan lingkungan rumahnya, oleh karena itu kucing ini bisa menjadi salah satu rekomendasi kucing peliharaan yang baik.



Perawatan Kucing Burmilla

Burmilla yang memiliki bulu pendek dan halus akan lebih mudah diberikan perawatan untuk menjaga bulunya tetap sehat. Dengan melakukan penyikatan dan panyisiran mingguan cukup untuk membantu kucing ini mengurangi jumlah bulu mati serta merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Secara umum mandi jarang diperlukan untuk burmilla, cukup dengan menyikat atau menyisir bulunya dua atau tiga minggu sekali akan membuat bulu kucing ini tetap sehat. Namun, jika catlovers (pemilik kucing) mempunyai waktu berlebih, memandikan kucing ini akan bisa memaksimalkan perawatan yang diberikan.

Perawatan Burmilla

Bersihkan gigi kucing dengan melakukan penyikatan secara teratur, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi). Potong kuku atau cakar kucing setiap minggu dan juga selalu bersihkan bagian sela mata jika ada kotoran yang terlihat. Mungkin hal ini akan menyulitkan diawal, lakukan secara teratur hingga kucing terbiasa maka hal tersebut akan menjadi lebih mudah.

Selalu perhatikan kebersihan telinga kucing, lakukan pengecekan mingguan agar telinga tetap bersih dan terhindar dari earmites. Lingkungan kandang kucing juga perlu diperhatikan, bersihkan litter box setiap hari, perlengkapan kucing untuk makan dan minum serta ganti air minum yang diberikan pada kucing setidaknya  3 hari sekali atau ketika air terlihat kotor.

Guna menghindari ancaman dari virus yang mematikan dan juga kutu serta parasit lainnya, maka pemberian vaksinasi dan juga obat kutu kucing juga diperlukan. Vaksin kucing berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing, selain itu juga membantu kucing tahan dengan beberapa virus yang bisa membahayakan nyawa. Dengan memberikan obat kutu secara teratur maka kucing akan aman dari kutu dan memiliki kulit serta bulu yang sehat.



Kesehatan Kucing Burmilla

Burmilla tidak begitu dikenal memiliki kondisi penyakit yang diwariskan dari kedua nenek moyangnya, namun hal ini juga mungkin karena kucing ini masih tergolong baru dan belum banyak yang bisa dilihat dari perkembangannya. Meski tidak begitu memiliki masalah secara genetik, namun beberapa penyakit umum juga sering terlihat dari kucing ini, jadi menjaga kondisinya tetap sehat masih tetap harus dilakukan.

Karena jarangnya pembersihan gigi kucing oleh pemiliknya, penyakit periodontal termasuk penyakit umum yang sering terlihat dari semua kucing. Selalu perhatikan hal ini dan jaga kebersihan gigi kucing, berikan makanan yang bagus dan berkualitas dan juga terapkan pola kebersihan yang terjaga.

Selain periodontal, kelebihan berat badan atau obesitas pada kucing juga merupakan hal yang umum terjadi. Memberikan makan kucing memang kewajiban namun perhatikan porsi dan juga makanan yang diberikan pada kucing. Atur pola makan kucing dengan baik, jangan memberikan makan berlebihan karena terkadang hal tersebut malah bisa menyebabkan masalah kesehatan pada kucing. 



Harga Kucing Burmilla

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Burmilla Import 23.000.000
Harga Kucing Burmilla Lokal 16.000.000
Harga Kitten Burmilla 12.500.000
Harga Kucing Burmilla Dewasa 18.000.000

Menurut beberapa informasi dari beberapa situs, harga adopsi kucing Burmilla berkisar antara $800 hingga $1200, sesuai dengan harga tersebut maka harga burmilla di indonesia kemungkinan besar bisa seperti harga kucing diatas atau bahkan bisa lebih murah lagi. Demikian mengenai kucing burmilla, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Burmilla"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel