Kucing California Spangled

Kucing California Spangled atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing berhias california adalah kucing yang memiliki pola macan tutul pada tubuhnya. Pada awalnya ras kucing ini dianggap ras kucing yang mahal dan langka, namun seiring bertambahnya waktu dan perkembangan kucing lain, ras ini mulai dibayangi oleh ras kucing lain seperti kucing bengal dan juga kucing ocicat.

California Spangled memiliki ciri khas penampilan yang tergolong unik, secara sepintas kucing ini akan terlihat seperti miniatur dari macan tutul yang banyak digemari orang orang. Hal ini juga didukung oleh postur tubuh silinder dari kucing California Spangled yang membantunya untuk bergerak bebas saat berburu atau sedang mencari mangsanya.

Kucing California Spangled

Warna yang ada pada ras kucing ini bisa sangat bervariasi mulai dari silver, cokelat, hitam dan juga merah. Pola yang ada seringkali merupakan bintik yang menyerupai macan tutul dan akan sangat kontras dengan warna yang ada pada tubuhnya. Meski memiliki penampilan yang liar, namun kucing ini merupakan kucing yang penyayang dan juga cerdas.

California Spangled memang dikembangkan menyerupai kucing liar, dengan posturnya yang atletis dan juga sifatnya yang energik, kucing ini memang cocok disebut sebagai miniatur macan tutul. Jika salah satu catlovers ingin memelihara kucing ini dirumah, maka sebaiknya siapkan lahan yang lumayan luas untuk memenuhi kebutuhannya bermain dan juga berolahraga.

Daftar Isi



Sejarah Kucing California Spangled

Sejarah California Spangled dimulai ketika seorang fisikawan dan juga penulis dari Los Angeles yang bernama Paul Casey memiliki keinginan untuk membuat kucing dengan penampilan liar. Inspirasi tersebut dia dapatkan ketika sedang berbincang dengan antropolog Dr. Louis Leakey (Almarhum) mengenai seekor kucing dengan pola macan tuttl atau cheetah.

Pada tahun 1971 di Olduvai, Afrika. Casey mengetahui bahwa ada macan tutul terakhir didaerah tersebut telah menjadi korban perburuan, pada waktu ini memang Casey sedang bekerja di daerah tersebut. Karena kejadian itu, Casey dan Leakey memiliki ide untuk membuat kucing yang mirip dengan macan tutul supaya dengan memiliki peliharaan yang mirip macan tutul, niat semua orang untuk melestarikan macan tutul asli akan semakin besar.

Sejarah California Spangled

Casey yang seorang fisikawan memulai proyek pengembangan ini secara ilmiah, pada tahun 1970an dia membuat cetak biru generasi ke 11 dari kucing tersebut. Dimulai dengan Siam Tradisional dan angora silver berbulu panjang dengan pola berbintik, anak kucing yang dihasilkan adalah kucing jantan silver dengan pola berbintik.

Selanjutnya Casey menambahkan kucing british shorthair, american shorthair, betina manx dengan pola berbintik dan juga abyssinian sebagai garis keturunan inti dari kucing ini. Setiap hasil perkawinan dari kucing yang ada dicatat dalam komputer, lalu pada generasi terakhir kucing ini, Casey menggunakan kucing jalanan dari melayu dan mesir untuk mendapatkan penampilan liar yang dia inginkan.

Pada tahun 1985, Casey akhirnya berhasil membuat penampilan kucing yang dia inginkan, dan hasil tersebut langsung diberikan pujian oleh beberapa kelompok orang yang memelihara kucing. Untuk melakukan promosi pada California Spangled dan juga membuat pergerakan perlindungan terhadap kucing liar yang terancam punah, akhirnya Casey mendirikan California Spangled Cat Association (CSCA).

Pada tahun 1986 kucing California Spangled diperkenalkan ke publik melalui kampanye iklan dengan katalog Natal Neiman Marcus dan dijual dengan harga $1400. Namun karena pada katalog tersebut menampilkan bulu rubah, berang berang dan juga cerpelai, akhirnya katalog tersebut mendapatkan protes dari beberapa aktivis hewan.

Karena adanya kontroversi tersebut, dengan banyaknya peternak yang mempromosikan kucing California Spangled untuk menjadi lebih populer hasil yang didapat kurang maksimal. Pada saat itu hanya ada sekitar 200 ekor kucing California Spangled, dan promosi yang dilakukan juga lebih sukses diluar negeri daripada dinegara asalnya.

Secara perlahan California Spangled mulai diakui oleh organisasi kucing seperti The International Cat Association (TICA) dan American Cat Association (ACA). Ras ini memiliki dua Grand Champions Internasional di Eropa, lalu pada tahun 1994 seekor kucing California Spangled bernama Lassik berhasil meraih Best of Show di kompetisi musim panas di Paris.



Karakteristik Kucing California Spangled

Kucing California Spangled termasuk kucing berukuran sedang hingga besar, berat umum pada kucing ini berkisar antara 4kg hingga 7kg. Karena berat tersebut mrupakan berat secara umum, maka bisa banyak yang lebih kecil atau juga lebih besar dari berat yang tertera.

Karakter California Spangled

California Spangled memang dikembangkan untuk terlihat seperti macan tutul, karena hal tersebut perwujudan yang terlihat dari kucing ini menjadikannya memiliki ciri kaki yang panjang, tubuhnya atlhetlis, matanya agak miring, telinganya berbentuk segitiga, dengan disertai pola bintik seperti macan tutul yang ada.

Banyak yang menggambarkan kucing ini sebagai kucing liar yang memiliki gaya berjalan pemburu, struktur tubuhnya yang ramping membuatnya menjadi terkesan tajam dalam menangkap mangsanya. Meski memiliki penampilan yang liar, namun sifat dari kucing ini sangat berbanding terbalik. California Spangled adalah kucing yang suka berinteraksi dengan manusia, setia dan juga memiliki sifat kasih sayang.

California Spangled memiliki pemikiran yang mandiri, dia cenderung suka berpartisipasi dalam kegiatan rumah dari pemiliknya. Kucing ini juga sangat cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi jika berada dalam ruangan, dia membutuhkan lingkungan yang las untuk bermain dan juga berkeliaran untuk memenuhi kebutuhan nalurinya. 



Perawatan Kucing California Spangled

California Spangled akan selalu siap untuk bermain dan juga menjelajahi lingkungan yang ada dirumahnya, tentunya jika catlovers memang sudah berniat untuk memelihara kucing ini maka menyediakan tempat atau lingkungan yang luas adalah suatu hal yang wajib dan harus dilakukan.

Memberikan mainan seperti cat tree atau garukan kucing merupakan suatu keharusan, karena jika tidak diberikan kucing ini bisa berada diberbagai tempat seperti lemari, meja atau bahkan ditempat tinggi lainnya. Bulu California Spangled yang termasuk pendek tidak begitu perlu untuk dimandikan, cukup lakukan penyisiran dan penyikatan secukupnya untuk perawatan.

Perawatan California Spangled

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing secara teratur guna mencegah kucing ini mencakar perabotan yang ada dirumah. Selain kuku atau cakar, perhatikan semua bagian tubuh kucing yang beresiko mengalami penumpukan kotoran seperti telinga, sela pada bagian mata dan juga beberapa bagian lainnya.

Bersihkan bagian tersebut jika mulai terlihat kotor untuk mencegah terjadinya infeksi dan juga parasit pada kucing. Sela mata bisa menyebabkan infeksi pada bagian mata jika selalu kotor, telinga kucing juga beresiko terkena earmites, jadi selalu lakukan pengecekan kebersihan secara harian dan juga mingguan.

Kebersihan gigi juga perlu dijaga untuk mencegah terjadinya infeksi pada gusi kucing (periodontal), cukup lakukan pembersihan gigi secara berkala karena hal tersebut lebih baik daripada tidak melakukannya sama sekali. Pada umumnya California Spangled bisa dengan mudah beradaptasi dengan semua iklim, cukup berikan tempat yang teduh dan juga air bersih yang cukup.

Berikan makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi kucing, hal ini akan sangat membantu dalam perawatan yang diberikan. Vaksin dan juga obat parasit harus diberikan, karena selain membuat daya tahan tubuh kucing menjadi lebih baik serta membasmi kutu pada tubuh kucing, vaksin juga membuat kesehatan kucing lebih terjamin karena kucing menjadi lebih tahan terhadap virus yang mematikan.



Kesehatan Kucing California Spangled

Karena kucing California Spangled tergolong kucing yang langka maka kondisi kesehatan yang spesifik dan juga genetik apapun sulit untuk ditentukan. Secara umum kucing ini dianggap sebagai kucing yang sehat dan juga tangguh, tidak ada masalah kesehatan khusus terkait ras ini, namun jangan lupa untuk memperhatikan berbagai tanda masalah kesehatan yang bisa dialami oleh kucing ini. 



Harga Kucing California Spangled

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing California Spangled Import 23.000.000
Harga Kucing California Spangled Lokal 11.000.000
Harga Kitten California Spangled 7.500.000
Harga Kucing California Spangled Dewasa 9.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing ini, harga adopsi California Spangled berkisar antara $800 sampai dengan $1000, ini untuk kucing California Spangled pada umumnya. Sedangkan kucing California Spangled yang sudah teregistrasi maka biaya adopsinya bisa mencapai $2500. Harga tersebut adalah harga perkiraan saja, jadi jangan dijadikan sebagai patokan harga yang pasti. Demikian mengenai kucing California Spangled, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing California Spangled"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel