Kucing Jambi

The Jambi atau kucing Jambi merupakan kucing yang memiliki penampilan kucing liar seperti beberapa kucing ras lain yang sudah banyak dikenal oleh para pecinta kucing. Beberapa kucing yang memiliki penampilan tersebut adalah kucing Bengal, kucing Cashmere, kucing Egyptian Mau dan beberapa ras kucing lainnya.

Nama kucing ini mirip dengan salah satu daerah yang ada di negara kita yaitu Indonesia, namun meski begitu kucing ini tidak berasal dari Indonesia. Jambi merupakan kucing hasil persilangan dari kucing Asian Angler dan kucing kucing domestik (tidak disebutkan informasi jenis kucing domestik apa).

Jenis Awal Kucing Jambi

Jambi merupakan kucing bertubuh kekar dengan warna bulu mulai dari emas (kekuningan) hingga silver dengan bintik bintik gelap pada tubuhnya yang memberi penampilan liar pada kucing ini. Ras ini dikatakan ras yang lebih baru dari kucing Habari.

Mirip seperti kebanyakan ras kucing Hibrida lainnya, mereka adalah kucing yang cerdas dan juga sangat aktif. Secara umum ukuran kucing jantan akan lebih besar dari kucing betina dengan perkiraan berat kucing jantan mencapai 6kg sampai 10kg dan kucing betina sekitar 4kg hingga 5kg. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Jambi

Kucing Jambi merupakan ras kucing Hibrida yang baru, dikatakan pengembang kucing ini adalah Select Exotics. Pengembangan yang dilakukan untuk menciptakan kucing ini memakan waktu empat tahun dengan menggunakan Prionailurus viverrinus (kucing bakau/kucing pemancing) yang ditemukan di lahan basah India, Asia Tenggara dan juga Sumatra.

Kucing Pemancing atau Fishing Cat yang memiliki penampilan unik dan mencolok, kepalanya lebar dan bundar, telinganya kecil dengan kaki pendek yang tebal dan berselaput. Pola bintik yang bisa berwarna cokelat atau hitam dengan warna tubuh abu abu keperakan sungguh membuat penampilan yang mengagumkan.

Jenis Fishing Cat

Clydesdale of the small cat merupakan julukan dari Kucing Pemancing, dan beberapa hibrida lainnya termasuk Viverral dan Machbagral. Pencipta Viverral memilih sifat mirip dengan yang dipilih oleh Select Exotic sedangkan Pencipta Machbagral menuju kearah lain dengan menggunakan Bengal Melanistic untuk membuat macan kumbang berukuran kecil.

Select Exotic memilih untuk bekerja dengan basis genetiknya sendiri dan menamai Hibridanya dengan nama Jambi. Induk kucing betina untuk kucing Jambi merupakan kucing hibrida yang bertubuh besar dengan berat mencapai 16kg yang sangat mirip dengan pejantannya atau bahkan lebih besar.

Dikatakan indukan ini merupakan hibrida terbesar yang pernah mereka miliki dan merupakan gen jangka panjang yang bisa digunakan karena tujuan Select Exotic adalah membuat kucing kucing berukuran besar, kekar, berotot dengan bintik bintik gelap seperti kucing liar namun dengan watak kucing domestik.



Karakteristik Kucing Jambi

Karena keterbatasan informasi mengenai ras kucing Jambi ini maka karakteristik dari kucing ini juga sangat terbatas. Kucing Jambi memiliki tubuh yang padat dan kompak dengan berat kucing jantan berada pada kisaran 6kg sampai dengan 10kg dan kucing betina berkisar antara 4kg sampai dengan 7kg.

Jambi memiliki bentuk tubuh yang kekar dengan warna bulu emas serta perak yang berpola bintik bintik gelap seperti umumnya kucing liar. Kucing Jambi adalah kucing jenis baru karena pada Desember 2009 hanya ada satu kucing dewasa untuk jenis ras kucing Jambi ini.

Kucing ini memang diproyeksikan sebagai kucing yang besar, namun untuk ukuran kucing ini tidak lebih besar dari kucing Habari. Sebagian ciri kucing ini akan sama dengan kucing Pemancing karena memang kucing Jambi merupakan keturunan dari kucing tersebut.



Perawatan Kucing Jambi

Tidak disebutkan secara pasti bagaimana perawatan yang perlu diberikan untuk kucing Jambi ini, namun jika perawatan yang diberikan untuk kucing ini sama seperti kucing lain pada umumnya maka hal tersebut mungkin catlovers sudah mengetahuinya.

  • Penjagaan kuku atau cakar kucing untuk selalu pendek
  • Membersihkan gigi kucing untuk mencegah penyakit periodontal (infeksi gusi)
  • Membersihkan telinga kucing untuk mencegah earmites dan infeksi telinga
  • Menjaga kesehatan bulu kucing dengan menyisir atau memandikan kucing
  • Memberikan obat anti kutu untuk kucing
  • Memberikan vaksinasi lengkap untuk kucing

Perawatan tersebut merupakan perawatan dasar pada kucing yang biasa dilakukan, beberapa perawatan lainnya mungkin berkaitan dengan makanan, kebutuhan nutrisi untuk kucing, menjaga pola makan kucing, memberikan perhatian, mengajak kucing bermain atau mempelajari beberapa trik dan beberapa perawatan lainnya.



Kesehatan Kucing Jambi

Semua kucing memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu kucing ras murni yang berkembang tanpa campur tangan dari manusia dan juga ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Tidak ada informasi yang jelas terkait dengan kesehatan kucing Jambi, namun jika memperkirakan kesehatan kucing ini maka secara umum kucing ini pasti kucing yang sehat. Beberapa keturunan kucing hibrida memiliki kesehatan dan kemampuan bertahan hidup yang baik, jadi hal ini mungkin juga ada pada kucing ini.



Harga Kucing Jambi

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Jambi Import -
Harga Kucing Jambi Lokal -
Harga Kitten Jambi -
Harga Kucing Jambi Dewasa -

Karena minimnya informasi mengenai kucing Jambi ini, tidak diketahui secara pasti berapa harga kucing jambi atau biaya adopsi kucing jambi ini. Jika salah satu catlovers mengetahuinya maka silahkan menambahkan informasi untuk membantu catlovers lain pada kolom komentar yang ada dibawah. Demikian mengenai kucing jambi kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Jambi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel