Kucing Jaguarundi

Kucing Jaguarundi (Herpailurus yagouaroundi) merupakan kucing liar asli dari Amerika yang jangkauannya membentang dari Argentina hingga Meksiko. Kucing ini termasuk kucing berukuran sedang dengan tubuh yang ramping dan memanjang Ukuran kucing ini kemungkinan bisa mencapai dua kali ukuran kucing domestik versi standar.

Jaguarundi biasanya lebih suka menyendiri atau juga bisa berpasangan di alam liar, namun meski begitu Jaguarundi yang ada di sebuah penangkaran terkadang juga lebih suka bermain. Kucing ini akan aktif pada siang hari untuk berburu hingga malam hari dalam sebuah wilayah jelajah yang luas.

Jenis Kucing Jaguarundi

Perburuan kucing ini bisa dilakukan dimana saja, meski kucing ini termasuk pemanjat yang efisien namun dia lebih suka berburu didarat untuk menemukan mangsanya. Beberapa hewan yang bisa diburu oleh Jaguarundi adalah reptil, hewan negerat seperti tikus dan juga beberapa hewan mamalia kecil lainnya.

Jaguarundi bisa mendiami beragam habitat tertutup maupun terbuka mulai dari hutan, gurun dan semak semak. Jaguarundi ini cukup umum di Brazil, Peru dan Venezuela namun di Amerika mungkin sudah punah secara lokal. Populasi Jaguarundi di Amerika sangat menurun drastis dikarenakan permasalahan habitat dan perburuan karena membunuh unggas.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Jaguarundi

Dalam penamaannya, dua fase pernah dianggap mewakili dua spesies yang berbeda, yang abu abu disebut Jaguarundi dan yang merah disebut Eyra. Di beberapa negara yang menggunakan bahasa Spanyol, Jagurarundi disebut leoncillo yang memiliki arti Singa Kecil dan beberapa nama lain dalam bahasa Spanyol antara lain adalah gato moro, gato colorado, leon brenero, tigrillo dan onza.

Jaguarundi pernah ditemukan di Texas dan juga Meksiko melalui Amerika tengah dan Amerika selatan dan bahkan juga di Argentina. Dikatakan habitatnya adalah dataran rendah yang dekat dengan sumber air dan dapat mencakup apa saja dari hutan hingga padang rumput. Beberapa laporan juga mengatakan bahwa Jaguarundi bisa mendiami wilayah tropis yang lebat.

Sejarah Ras Kucing Jaguarundi

Jaguarundi pernah terlihat di Florida dan Amerika Serikat sejak awal abad 20, meski pada saat itu tidak ditemukan spesies hidup atau mati namun karena banyaknya penampakan yang terlihat membuat hal ini sudah dianggap kredibel oleh para ahli biologi. 

Penampakan paling awal terjadi pada tahun 1907 dan kemudian selanjutnya pada tahun 1930 hingga tahun 1950 ada laporan terlihat di semenanjung Florida. Laporan resmi pertama dikeluarkan pada tahun 1942 dan selanjutnya penampakan yang terlihat menjadi lebih sedikit dan membuat kesimpulan populasinya telah menurun.

Setelah kesimpulan turunya populasi pada Jaguarundi, ada yang melihat Jaguarundi berada di daerah pesisir negara bagian Amerika Serikat dari Alabama dan ini mungkin menjadi bukti jika populasi yang berada di Florida tela bermigrasi kearah barat. Menurut Taksonomi (pengelompokan), Jaguarundi memiliki hubungan yang dekat dengan Puma atau memiliki garis keturunannya



Karakteristik Kucing Jaguarundi

Jaguarundi merupakan kucing berukuran sedang dengan tubuh yang ramping dan warna berbintik seperti penampilan kucing liar pada umumnya. Selain ramping, tubuh kucing ini juga memanjang, kakinya relatif pendek, kepalanya sempit dan kecil, telinga kecil dan bulat, moncong berukuran pendek dan ekornya berukuran panjang.

Panjang kucing Jaguarundi dari kepala hingga pangkal ekor berkisar antara 53cm hingga 77cm (21 hingga 30 inchi) dan ekornya yang berotot memiliki panjang 31cm hingga 52cm (12 hingga 20 inchi) sekitar 2 kali lebih besar dari kucing domestik pada umumnya.

Karakter Ras Kucing Jaguarundi

Kebanyakan kucing Jaguarundi jantan memiliki berat yang lebih dari kucing Jaguarundi betina, berat kucing jantan berkisar antara 3.5kg hingga 7kg dan bahkan beberapa kucing ini bisa mencapai berat 9kg atau lebih.

Dalam hal warna dan pola, kucing ini memiliki warna seragam yang hampir sama dan kebanyakan dari mereka memiliki tanda samar diwajah dan juga perut. Tanda hitam dan putih pada bibir dan moncongnya dapat terlihat jelas pada kucing remaja dan juga beberapa kucing yang sudah dewasa.

Jaguarundi adalah seekor kucing pemanjat yang baik, mereka dapat dengan mudah berjalan pada dahan di pohon. Meski kucing ini memiliki kesan yang hati hati dan waspada terhadap sesuatu seperti jebakan dan semacammya, namun pada kenyataannya kucing ini juga termasuk jenis yang pemalu serta tertutup.

Dalam pengawasan yang dilakukan mengenai kegiatan yang dilakukan kucing ini, mereka lebih suka berburu pada siang dan juga malam hari. Beberapa laporan menyebutkan kucing ini mulai bergerak sebelum fajar dan tetap aktif sepanjang hari hingga matahari terbenam.

Jika dibandingkan dengan beberapa kucing lainnya, kucing ini lebih terlihat aktif pada siang hari. Jaguarundi bisa berenang di sungai berukuran sedang, hal ini disebutkan dalam laporan bahwa kucing ini terlihat berenang di sungai Tuichi, Bolivia. Dalam perburuannya, bulu kucing ini berguna untuk kamuflase pada lingkungan dan mempermudah untuk menangkap mangsa buruannya.

Perilaku dari kucing Jaguarundi kemungkinan juga digunakan untuk berkomunikasi dengan Jaguarundi lainnya, perilaku tersebut diantaranya adalah menggores daerah dengan kaki belakang, buang air kecil di tempat tertentu, mencakar batang kayu, menggosok benda dengan kepala, dan juga beberapa suara seperti dengkuran, siulan, dan bahkan teriakan kecil.

Beberapa pengamat kucing ini juga mengatakan bahwa mereka sering bergerak sendiri atau berpasangan yang kemungkinan bisa merupakan ibu dan anak atapun pasangan yang muncul pada musim kawin. Jaguarundi yang berada dalam penangkaran terlihat lebih mudah untuk berteman meski dikatakan memiliki kepribadian pemalu dan tertutup.



Perawatan Kucing Jaguarundi

Berbeda dengan beberapa kucing domestik yang perawatannya diketahui dengan jelas karena dipelihara secara individu, Jaguarundi tidak demikian. Tidak ada informasi yang menjelaskan kucing ini dipelihara secara pibadi oleh seseorang, jadi karena itu perawatan kucing ini akan berbeda dari kucing lain karena pemeliharaannya berada di penangkaran.

Dalam kehidupan alamnya, Jaguarundi akan memakan mangsa berukuran kecil untuk dijadikan makanan. Beberapa hewan buruannya kebanyakan memiliki berat dibawah 1 kg yang dinataranya adalah burung, reptil, hewan pengerat dan mamalia kecil lainnya.

Selain beberapa hewan kecil tersebut, beberapa laporan juga menyebutkan Jaguarundi bisa memakan unggas, ikan, kelinci dan bahkan rusa berukuran kecil (mungkin dalam keadaan sudah mati) untuk menjadi makanannya. Dari hal tersebut maka kesimpulan yang didapatkan, Jaguarundi akan memangsa hewan yang mudah ditangkap dan populasinya melimpah.

Jaguarundi termasuk hewan yang mandiri dan memiliki kemampuan betahan hidup yang baik, dalam beberapa laporan yang ada tidak disebutkan penyakit dan juga kesulitan yang dialami kucing ini. Jadi perawatan lain akan menyesuaikan dimana kucing ini tinggal atau berdasarkan iklim yang ada.



Kesehatan Kucing Jaguarundi

Semua kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu kucing ras murni yang perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia atau ras kucing hasil persilangan dari 2 ekor kucing atau lebih. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari orang tuanya.

Tidak ada informasi khusus yang bisa dibahas mengenai kesehatan kucing ini, namun dengan melihat beberapa cerita tentang Jaguarundi yang bisa hidup diberbagai daerah dan bisa bertahan dengan berburu maka kemungkinan Jaguarundi merupakan kucing yang sehat dan jarang mengalami masalah kesehatan.



Harga Kucing Jaguarundi

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Jaguarundi Import -
Harga Kucing Jaguarundi Lokal -
Harga Kitten Jaguarundi -
Harga Kucing Jaguarundi Dewasa -

Tidak disebutkan secara pasti berapa harga kucing Jaguarundi ini, dalam beberapa situs yang membahas tentang Jaguarundi detail yang ada hanya membahas beberapa informasi terkait kucing ini dan tidak menyebutkan kucing ini pernah dipelihara oleh seseorang, jadi wajar saja jika harga kucing ini tidak begitu diketahui.

Jika diantara catlovers yang ada menemukan beberapa informasi terkait biaya adopsi kucing Jaguarundi maka silahkan menambahkannya pada kolom komentar yang ada dibawah, dengan begitu semua catlovers yang membaca juga bisa mengetahuinya. Demikian mengenai kucing Jaguarundi kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Jaguarundi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel