Kucing Toyger

Kucing Toyger merupakan kucing yang dibiakkan secara khusus untuk meniru harimau. Peniruan yang dilakukan ini tidak hanya untuk meniru tanda bergaris, namun juga ciri fisik lainnya. Hal ini membuat kucing Toyger memiliki tubuh yang berotot, atletis dan memiliki gaya berjalan yang khas.

Sama seperti beberapa ras kucing seperti Bengal, Ocicat, dan lainnya, meski memiliki penampilan liar namun sifat dari kucing ini tidak seliar penampilannya, mereka adalah kucing yang dibiakkan untuk bersikap ramah, sosial dan juga akan senang untuk berada di sekitar manusia atau teman kucing lainnya.

Jenis Ras Kucing Toyger

Toyger merupakan jenis ras kucing yang tergolong langka, hal ini dikarenakan mereka adalah ras yang tergolong baru. Pada tahun 2020 dikatakan hanya ada kurang dari 500 ekor kucing Toyger yang ada didunia ini dan hanya ada 19 cattery yang terdaftar di TICA yang mengembangkan kucing ini.

Pada awalnya kucing ini disebut dengan Toyger California dan nama Toyger sendiri merupakan gabungan dari kata Mainan (Toy) dan juga Harimau (Tiger) dan digabungkan menjadi Harimau Mainan. Pemberian nama ini memiliki harapan bahwa kucing ini nanti akan memiliki kemiripan dengan harimau besar namun memiliki kepribadian kucing peliharaan. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Toyger

Dalam sejarah Toyger, satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas pengembangan awal kucing ini adalah Judy Sugden. Judy Sugden adalah putri dari Jean Mill yang merupakan peternak asli kucing Bengal. Dikatakan pengembangan awal dilakukan pada tahun 1980an.

Sugden merupakan seorang peternak kucing Bengal, namun dia juga ingin mengembangkan kucing dengan pola mackerel tabbie yang juga sering disebut sebagai harimau bergaris dengan pola M di dahi. Sugden mencatat bahwa kucing bergaris harimaunya yang bernama Millwood Sharp Shooter tidak memiliki pola M di kepalanya, melainkan dua bintik yang mirip dengan pola melingkar yang terlihat di kepala harimau.

Sejarah Ras Kucing Toyger

Sugden memulai program pengembangan dengan dua kucing, yaitu kucing domestik berbulu pendek dan Millwood Rumpled Spotskin yang merupakan kucing Bengal dengan tulang yang besar. Pada tahun 1993, Judy mengimpor Jammie Blu, kucing jalanan dari Kashmir, India yang memiliki semua bintik diantara telinganya dan bukan garis biasa.

Pada tahun 1993, ada dua orang yang bergabung ke dalam program pengembangan ini. Kedua orang tersebut bernama Anthony Hutcherson dan Alice Mckee. Pada tahun yang sama TICA menerima Toyger untuk pendaftaran dan setelah beberapa pengambangan yang dilakukan kucing ini pun mendapatkan pengakuan penuh.

Sugden selain merupakan pendiri juga merupakan tokoh pendorong di belakang Toyger Cat Society. Sebagai breed yang relatif baru, ini bisa menjadi tantangan untuk melacak peternak aktif dari kucing ini. TICA hanya mencantumkan segelintir orang di seluruh dunia, sementara kucing ini masih tahap pengembangan dan tampaknya fondasi untuk kucing ini sudah termasuk kuat.

Menurut Sugden, tubuhnya harus lebih besar dan lebih panjang dari kucing biasa untuk menampilkan garis vertikal tebal yang ditemukan pada harimau. Garis vertikal orange dari Toyger ini dibatasi secara sempit dengan warna hitam atau coklat sengat tua yang mirip dengan harimau Sumatera, salah satu spesies yang terancam punah dan hanya bisa ditemukan di pulau Sumetara, Indonesia.

Salah satu tujuan Sugden dalam pengembangan kucing ini adalah untuk membantu mencegah kepunahan kucing besar dengan menarik pecinta kucing untuk mengejar kepemilikan kucing Toyger atas spesies liar atau hibrida. Toyger memiliki kepala yang ideal dan memiliki tanda melingkar yang tidak dapat ditemukan pada jenis kucing domestik lainnya. 



Karakteristik Kucing Toyger

Dalam hal penampilan sebagai generasi baru, beberapa elemen desain kucing ini masih bisa dipalsukan, tetapi jangan salah, Toyger adalah kucing yang lebih mirip dengan harimau daripada ras kucing lain yang pernah ada. Meski sangat mirip, namun tentu saja tidak ada gen harimau dalam DNA mereka.

Seperti kucing Bengal yang memiliki peran dalam perkembangan Toyger, mereka memiliki minat untuk berpetualang, dan salah satu kegiatan favorit kucing ini adalah menjelajahi lingkungan tempat tinggalnya. Toyger menyerupai kucing makarel, akan tetapi bukan makarel biasa, kucing ini sedikit lebih glamor.

Karakter Ras Kucing Toyger

Pada kepalanya ada tanda yang membuat pola melingkar dan membingkai wajahnya. Tubuhnya memiliki garis vertikal yang umum seperti pola tabby, namun garis dari Toyger lebih tebal dan dalam pola yang lebih acak. Pola ini digabungkan dengan garis tebal horizontal di kaki yang hitam dan ujung ekornya.

Tubuh bagian bawah berwarna putihnya yang dikombinasikan dengan pola yang ada akan memberikan penampilan inspirasi kucing hutan yang liar. Setiap pola dari kucing ini unik untuk kucing tertentu, dan dibawah garis-garis pola itu ada warna orange keemasan yang unik.

Selain pola pada bulunya, Toyger juga memiliki kerangka yang sangat berotot dan batang tubuh yang panjang serta rendah. Tulangnya besar, bahunya tinggi yang membantu memberi mereka gaya berjalan yang akrab dan pada saat berguling seperti kucing liar besar. Toyger yang khas memiliki tinggi 9-13 inci dan berat antara 3kg hingga 7kg.

Toyger adalah kucing yang sangat cerdas dan senang dutantang serta dirangsang oleh pemiliknya. Mereka bisa dilatih untuk bermain lempar tangkap dan juga berjalan menggunakan tali dengan cukup mudah. Meski kucing ini memiliki penampilan yang liar, namun kucing ini telah dikembangkan untuk menjadi teman yang santai dan juga ramah.

Beberapa ahli pengembangan dalam ras kucing mengatakan bahwa kucing Toyger memiliki kepribadian yang mirip dengan Bengal, namun lebih halus lagi. Bengal secara keseluruhan cenderung lebih mandiri dan sibuk dan bisa menjadi tantangan bagi orang yang memelihara kucing, namun untuk Toyger yang ada integrasi gen domestik ke dalam variannya, maka mereka mungkin akan lebih lembut.

Meskipun Toyger mungkin tidak begitu aktif dalam menjelajah atau memanjat seperti bengal, namun mereka masih memiliki mata untuk petualangan selama ada manusia di sisi mereka. Alih-alih berkeliaran sendirian, kucing ini akan lebih memili untuk tetap dekat dengan anggota keluarganya.

Menurut pengamatan yang dilakukan, Toyger lebih cenderung ingin ditemani dan juga bermain dengan anggota keluarga daripada menghibur dirinya sendiri. Kepribadian mereka yang santai akan sangat cocok sebagai teman keluarga dan kecerdasannya yang tergolong tinggi membuatnya mudah untuk dilatih. 



Perawatan Kucing Toyger

Dalam hal perawatan, meski kucing ini memiliki bulu seindah harimau namun bulu ini juga bisa rontok di berbagai tempat. Sikat atau sisir bulu kucing ini untuk mengurangi jumlah bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali. Hal ini selain merupakan perawatan juga bisa dijadikan cara untuk menjalin ikatan dengannya.

Mandi sebenarnya jarang diperlukan untuk kucing ini, namun ketika bulu kucing terlihat kusam atau kotor maka memandikan kucing ini adalah cara terbaik untuk membersihkannya. Pada saat memandikan kucing gunakan shampo khusus kucing supaya hasil lebih maksimal, jangan menggunakan produk manusia karena ada resiko yang tidak diketahui.

Perawatan Ras Kucing Toyger

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan teratur, hal ini biasanya dilakukan seminggu atau dua minggu sekali tergantung kondisi kucing. Sebaiknya kebiasaan ini dilakukan sejak dini (ketika kucing masih kecil), dengan begitu ketika kucing sudah beranjak dewasa maka kebiasaan ini tetap mudah untuk dilakukan.

Jagalah kebersihan gigi kucing untuk mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing), Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Selalu periksa kebersihan telinga kucing dengan teratur. Telinga kucing yang kotor bisa menjadi penyebab infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi ciri kucing terkena earmites. Periksa telinga kucing dengan teliti, bersihkan bagian yang kotor dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Berikan obat kutu pada kucing ini dengan rutin, tidak lucu jika bulunya yang menjadi ciri khas ini dijadikan sebagai sarang kutu. Jangan lupa juga berikan obat cacing dengan teratur. Dengan memberikan kedua obat tersebut dengan benar maka kucing akan terbebas dari kutu dan juga masalah pencernaan yang disebabkan oleh cacing.

Toyger adalah kucing yang suka untuk menjelajah, jadi mereka membutuhkan banyak tempat untuk menghabiskan energi mereka. Pemberian mainan, tiang garukan atau sesuatu untuk didaki sangat disarankan untuk stimulasi fisik dan mental mereka. Latihlah kucing ini untuk berjalan menggunakan tali dan ajaklah mereka jalan-jalan.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing ini untuk menjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus tertentu yang berbahaya. Vaksin sangat penting untuk kucing, karena itu berikan vaksinasi dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Toyger

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Karena Toyger termasuk dalam jenis baru maka sulit untuk mengatakan apa saja masalah kesehatan khusus yang terkait dengan ras ini. Beberapa masalah kesehatan yang dapat dilihat dari kucing ini diantara lain adalah penyakit jantung dan juga ginjal, namun karena kucing ini pintar dalam menyembunyikan rasa sakit maka pemeriksaan ke dokter terkadang diperlukan.

Hal yang perlu diingat adalah, kesehatan kucing peliharaan selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan. Hal ini termasuk dalam semua jenis ras kucing yang ada, jadi karena itu, selalu berikan perawatan yang maksimal untuk kucing supaya kucing selalu sehat dan selalu dalam kondisi terbaiknya. 



Harga Kucing Toyger

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Toyger Import 45.000.000
Harga Kucing Toyger Lokal 20.000.000
Harga Kitten Toyger 15.000.000
Harga Kucing Toyger Dewasa 18.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing ini, biaya adopsi rata-rata untuk kucing Toyger berkisar antara $1.500 sampai dengan $3.500 atau bahkan lebih. Dari rata-rata tersebut maka saya memberikan perkiraan harga seperti diatas. Harga yang tertera hanya perkalian dengan kurs saja, jadi untuk harga kucing Toyger import belum dikenakan biaya pengiriman dan biaya lainnya.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena selain hanya perkiraan, harga kucing Toyger asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Toyger, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Toyger"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel