Kucing Toy Bobtail

Kucing Toy Bobtail atau kucing Toybob adalah salah satu ras kucing yang berasal dari Rusia. Kucing ini dikenal sebagai kucing yang mewah dan memiliki tubuh yang kecil. Dikatakan ukuran kucing ini tidak akan lebih besar dari anak kucing yang berusia 3 sampai 4 bulan dan memiliki ekor bob seperti yang dimiliki kucing bob lain.

Meski kucing ini ukurannya kecil, namun mereka memiliki tubuh yang padat, kompak dan berotot. Toybob sering sebagai salah satu ras kucing terkecil dari semua ras kucing yang ada. Ras kucing ini bukan versi miniatur dari beberapa ras kucing yang sudah mapan, mereka sudah ada di Rusia selama lebih dari tiga dekade.

Jenis Ras Kucing Toybob

Fitur kucing Toybob yang paling tidak biasa adalah ekornya yang tertekuk yang sama seperti Japanese Bobtail, Manx dan beberapa ras lain. Bentuk ekornya yang unik ini sama sekali tidak mempengaruhi kelincahan serta kesehatannya, karena bentuknya yang kecil dan ekor bobnya ini mereka sempat menimbulkan beberapa spekulasi tentang hubungannya dengan breed bobtail lainnya.

Toybob bisa menjadi kucing pandamping yang luar biasa, mereka sangat cocok dengan anak-anak yang lebih besar, namun untuk anak yang lebih kecil tetap dibutuhkan pengawasan. Karena kucing ini memiliki sifat jinak dan juga sosial, maka kucing ini pun tidak bisa untuk dibiarkan sendiri dalam waktu lama tanpa teman atau mainan yang bisa membuatnya sibuk. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Toy Bobtail

Kucing Toy Bobtail atau kucing Toybob pertama kali didokumentasikan di wilayah Rostov Rusia pada tahun 1983 ketika Elena Krasnichenko mengadopsi kucing seal poin liar dari luar rumahnya. Menurut pengakuannya, kucing ini sangat mirip dengan kucing Siam Tradisional (Applehead), kecuali ekornya yang pendek dan juga tertekuk.

Kucing ini kemudian dikawinkan ke kucing betina Shothair domestik berwarna seal poin dengan ekor bobtail lainnya, dan pada tahun 1988, hasil perkawinan ini menghasilkan anak kucing ekor bob yang luar biasa kecil bernama Kutciy yang menjadi salah satu kucing dasar breed Krasnichenko yang disebut dengan Skif – Thai-Don dan versi bulu panjangnya Skif-Thai-Toy-Don.

Sejarah Ras Kucing Toybob

Pada akhir 1990an, Toybob menjadi langka dan seorang breeder dari wilayah Urak Rusia yang bernama Alexis Abramchuk dari Si-Savat Cattery mulai memperluas kumpulan gen terbatas breed dengan menambahkan kucing domestik lainnya. Si-Savat tidak terus melanjutkan program pengembangan ini.

Ketika So-Savat menghentikan program pengembangan Toybob mereka, peternak Ural lokal yang bernama Natalya Fedyaeva dari Little Angel Cattery. Natalya memperoleh dari Abramchuk seekor Gavrila jantan kecil dan dua betina dari tempat lain dari garis keturunan Skif-Thai-Don dan memulai program pemulihan keturunan.

Fedyaeva telah mengamati bahwa kucing dengan fenotipe yang sangat mirip dengan Toybob terliat tinggal secara lokal di sekitar lumbung dan jalan-jalan di wilayah itu. Beberapa kucing asli ini juga berukuran kecil dengan ekor tertekuk atau ekor berayun yang tertekuk tetapi terlihat dalam warna dan pola selain poin.

Fedyaeva bersama dengan peternak lokal lainnya terus memperluas kumpulan gen genetik kucing Toybob yang awalnya kecil dengan menambahkan kucing domestik yang ditemukan serta keturunan fenotipe serupa lainnya. Fedyaeva mulai menyebut kucingnya sebagai Scyth-Toy-Bob untuk membedakan mereka dari Skif-Thai-Don dan memamerkannya di WCF dalam kategori ras tidak dikenal.

Dalam 30 tahun terakhir perkembangan breed Toybob telah melalui banyak hal untuk mendapatkan satu nama breed umum. Ras ini dikenal dengan beberapa nama berbeda dan merupakan komponen penting dari sejarahnya. Pada tahun 1994, nama breed Toybob disarankan oleh seorang penulis buku kucing Rusia dan juri WCF yang bernama Olga Mironova untuk diberikan pada semua kucing yang dalam tahap pengembangan.

Ras ini berkembang secara internasional ketika pada tahun 2004 Toybob diimpo ke Amerika Serikat oleh peternak kucing Burma. Empat tahun kemudian Toybob memasuki status Eksperimental di TICA (The International Cat Association). Pada tahun 2014, sebagian besar breeder Toybob terdaftar di TICA dibawah arahan Dr. Anna Gromova dan mulai bekerja serta fokus untuk memajukan pengakuan breed.

Setahun kemudian, ITCC (International Toybob Cat Club) dibentuk dengan dedikasi untuk mempromosikan breed ini ke seluruh dunia dan membimbing breeder baru serta menyatukan standar Toybob di semua asosiasi kucing. Karena upaya dari ITCC, Toybob mendapatkan kemajuan di TICA dan berubah status menjadi Preliminary New Breed.

Setelah itu kucing ini dengan cepat mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Pada masa ini, Toybob telah mendapatkan pengakuan penuh di negara asalnya yaitu Rusia, WCF, Cat Fanciers' Federation (CFF), dan American Cat Fanciers Association (ACFA). Toybob juga menjadi breed ke 45 yang diakui oleh CFA (Cat Fanciers' Association). 



Karakteristik Kucing Toy Bobtail

Dalam hal penampilan, Toybob sangat mirip dengan kucing Thai (Siam Tradisional), namun hal yang membedakan adalah ukurannya yang lebih kecil dan ekornya yang bobbed secara alami. Mereka memiliki tubuh yang padat dan juga berotot dengan leher yang pendek dan kuat.

Kepalanya tidak terlalu besar dan membulat dengan sedikit celah antara dahi dan moncongnya. Mereka memiliki tulang pipi bulat dan moncong lebar yang pendek. Biasanya kucing ini memiliki warna mata biru seperti kucing Siam, namun untuk ras ini semua warna mata diperbolehkan.

Karakter Ras Kucing Toybob

Bentuk kaki kucing ini sangat proporsional dengan tubuhnya. Ekornya yang unik bisa terdiri dari satu atau kebih tulang belakang dengan panjang keseluruhan dari 1 sampai dengan 3 inci. Ekornya bisa dalam bentuk Bob, miniatur spiral, kuas atau pom-pom. Jika ekornya panjang atau tidak ada bengkok maka ini dianggap sebagai cacat.

Bulu memang sedikit kaku, namun pada tingkat menengah, ukurannya pendek dan diekspresikan dengan lapisan bahwa yang tebal. Pada masa awal pengembangannya, Toybob hanya tersedia dalam satu pola warna yaitu Seal Point, namun diperbolehkan untuk mereka memiliki warna putih diujung kaki untuk memberikan variasi warna.

Sesuai dengan namanya, kucing ini sangat mirip dengan mainan. Setelah kucing ini berada pada pangkuan pemiliknya, mereka akan tergeletak seperti mainan sampai pemiliknya bergerak. Toybob sangat percaya dengan keluarganya dan akan sedikit agresif dengan kucing lain yang belum dikenalnya.

Meskipun berukuran kecil namun kucing ini tidak penakut, mereka tidak takut api, tidak takut dengan lampu dan berbagai hal kecil yang ditakuti kucing pada umumnya. Banyak yang mengatakan kucing ini mirip dengan anjing, hal ini dikarenakan mereka dapat dengan mudah diajari melakukan perintah sederhana dan mengambil benda tertentu.

Suara yang dibuat oleh kucing Toybob yang masih kecil akan menyerupai gonggongan anjing, namun untuk kucing yang sudah dewasa mereka relatif tenang dan hanya mengeluarkan suara ketika membutuhkan. Karena ras ini berasal dari iklim yang cukup parah, maka mereka memiliki ketahanan yang baik dan tidak mudah terserang penyakit.

Terlepas dari ciri kucing, Toybob memiliki semua kualitas yang dicari sebagai kucing pendamping. Mereka akan berkembang bersama dengan keluarganya dan paling tepat untuk digambarkan sebagai kucing kecil dengan hati yang penuh dengan kasih sayang. Mereka adalah kucing yang cerdas, baik hati, penyayang dan juga sosial, hal ini membuatnya menjadi mudah bergaul dengan hewan ramah lainnya.

Mereka akan puas dengan hanya diam-diam mengikuti pemiliknya berkeliling dan kemudian duduk di pangkuan untuk menerima belaian lembut. Secara umum, kucing ini adalah kucing yang bahagia bergaul dengan semua orang dan merupakan teman yang menyenangkan, Toybob sangat mencintai dan bisa mengabdi pada keluarganya, tetapi mereka juga memiliki rasa malu terhadap orang baru.

Bukan hal aneh bagi kucing ini untuk menjadi sedikit pemalu dengan orang asing, karena kucing lain pun juga demikian. Ukuran Toybob yang lebih kecil dan sikapnya yang lembut menjadikannya teman yang baik untuk anak-anak, namun ketika kucing ini bermain dengan anak kecil pengawasan tetap harus diberikan.

Toybob juga terlihat memiliki kepribadian yang sangat protektif, hal ini diterapkannya pada seluruh anggota keluarganya ataupun teman hewan yang ada dirumah. Mereka seringkali terburu-buru terlibat dalam pertengkaran karena hal ini, namun secara keseluruhan kucing ini adalah kucing yang penuh kasih, menawan dan menyenangkan. 



Perawatan Kucing Toy Bobtail

Dalam hal perawatan sebenarnya kucing ini akan cukup pintar dalam membersihkan tubuhnya sendiri, namun supaya pemilik tentu saja harus memberikan perawatan bantuan. Sisir atau sikat bulu kucing ini sekali atau dua kali seminggu untuk membantu mengurangi jumlah bulu mati pada tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.

Dalam perawatannya, mandi sebenarnya jarang diperlukan. Namun ketika tubuh kucing terlihat mulai kusam atau kotor memandikan kucing ini akan mempermudah menghilangkan hal tersebut. Mandikan kucing dengan menggunakan produk shampo khusus kucing, bersihkan secara menyeluruh dan keringkan ketika sudah selesai.

Perawatan Ras Kucing Toybob

Potonglah kuku atau cakar kucing dengan teratur, hal ini biasa dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali. Sebaiknya kebiasaan memotong kuku atau cakar ini dilakukan sejak dini, dengan begitu ketika kucing sudah beranjak dewasa maka hal ini akan tetap mudah untuk dilakukan.

Jagalah kebersihan gigi kucing untuk mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat baik sekali daripada tidak pernah membersihaknnya.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing dengan rutin. Telinga kucing yang kotor dapat menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Periksa seluruh bagian telinga kucing dengan teliti, bersihkan area yang kotor dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Berikan obat kutu pada kucing dengan rutin, tidak lucu jika bulu kucing Toybob ini menjadi sarang kutu. Selain obat kutu jangan lupa juga untuk memberikan obat cacing pada kucing. Dengan memberikan kedua obat tersebut dengan benar maka kucing akan terbebas dari serangan kutu dan juga masalah pencernaan yang disebabkan oleh cacing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaganya tetap sehat adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus tertentu yang berbahaya atau mematikan. Vaksin sangat penting untuk kucing, karena itu berikan vaksin dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Toy Bobtail

Semua jenis ras kucing pasti memiliki kemungkinan untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing hasil dari persilangan ataupun ras kucing alami yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Toybob umumnya dianggap sebagai kucing yang sehat dan memiliki masa hidup mencapai lebih dari 20 tahun. Secara keseluruhan mereka kuat karena pengaruh dari lingkungan yang keras dari asalnya. Selain itu, pengembangan yang dilakukan selalu menggunakan kucing domestik asli yang mempertahankan karagaman genetik dengan sangat baik dan tentu kesehatan yang baik.

Karena pemilihan tersebut maka kucing ini pun menjadi kucing yang sehat, memiliki kekebalan tubuh yang kuat dan juga tidak memiliki masalah kesehatan khusus. Kesehatan kucing selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan, karena itu selalu berikan perawatan terbaik mulai dari makanan, perawatan harian dan tentu saja perhatian serta waktu luang untuk kucing. 



Harga Kucing Toy Bobtail

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Kucing ToyBob Import -
Harga Kucing ToyBob Lokal -
Harga Kitten ToyBob -
Harga Kucing ToyBob Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas mengenai biaya adopsi kucing ToyBob ini, beberapa situs yang membahas kucing ini tidak menyebutkan dengan pasti berapa harga yang ada. Karenanya maka saya juga tidak akan memberikan perkiraan harga kucing ToyBob ini. Bila ada catlovers yang mengetahui informasi terkait maka silahkan menuliskannya pada kolom komentar dibawah supaya catlovers lain juga mengetahuinya. Demikian informasi mengenai kucing ToyBob kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Toy Bobtail"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel