Kucing Peterbald

Kucing Peterbald adalah salah satu ras kucing yang masuk dalam varian kucing hairless dan berasal dari Rusia. Banyak yang mengatakan kucing ini adalah kucing yang mirip dengan anjing, hal ini dikarenakan kucing ini sangat penyayang dan biasanya akan selalu dapat ditemukan dibawah kaki orang favorit mereka.

Secara pandangan normal, Peterbald mirip dalam ukuran dan penampilan dengan kucing Sphynx atau kucing Oriental Shorthair. Kucing ini bisa hadir dalam berbagai warna dan pola bulu karena mereka dapat memiliki bulu pendek, bulu halus (nyaris tidak berbulu) dan juga bahkan tidak berbulu sama sekali.

Jenis Ras Kucing Peterbald

Kucing yang tidak biasa ini memiliki banyak ciri khas mulai dari telinganya yang besar, jari kakinya yang berselaput dan juga bulunya yang unik. Meski dikatakan tidak memiliki bulu sama sekali namun hal ini tidak sepenuhnya benar, pada bagian tubuh kucing ini ada bulu halus disekujur tubuhnya yang sangat tipis sehingga terlihat seperti tidak memiliki bulu.

Kepribadian kucing Peterbald yang ramah, penuh kasih sayang inilah yang benar-benar mirip seperti anjing. Jika catlovers mencari kucing yang menyenangkan, setia, dan lincah untuk ditambahkan kerumah bersama dengan keluarga yang suka dengan kucing maka kucing Peterbald mungkin akan sangat cocok untuk memenuhi keinginan tersebut. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Peterbald

Sebagai ras kucing yang tergolong baru, informasi mengenai sejarah ras kucing ini agak terbatas. Ras Peterbald pertama kali dikembangkan pada tahun 1994 dimana pada tahun ini ada peternak kucing dari Rusia yang bernama Olga S Mironova melakukan persilangan kucing Oriental Shorthair dengan kucing Don Sphynx.

Sejarah Ras Kucing Peterbald

Persilangan ini dilakukan di St, Petersburg dengan menggunakan Oriental Shorthair sebagai kucing jantan dan Don Sphynx betina. Keturunan kucing ini sangat bervariasi, beberapa orang salah menyebut keturunan berbulu sebagai kucing Siam dan yang tidak memiliki bulu sering salah disebut sebagai kucing Sphynx.

Untuk saat ini Peterbald sudah banyak yang mengenalinya dan kucing ini juga terpisah secara genetik. Gen yang menyebabkan kebotakan (tidak ada bulunya) tampaknya mengikuti genetika Mendel dasar dimana pada rata-rata anak kucing satu dari empat kucing akan botak, satu dari empat akan memiliki bulu biasa dan dua dari empat akan memiliki beberapa variasi bulu tipis.

Setelah kucing ini mulai dikenal banyak orang di kalangan pecinta kucing, kepopuleran kucing ini pun menjadi semakin naik. Peterbald diterima di TICA (The International Cat Association) dengan status kejuaraan pada tahun 1997 dan selanjutnya diterima ACFA (American Cat Fanciers Association) pada tahun 2008. 



Karakteristik Kucing Peterbald

Peterbald adalah kucing berukuran sedang, kebanyakan dari kucing ini memiliki berat 3kg sampai dengan 4.5kg dan tentu saja masih ada kucing yang memiliki berat yang lebih lagi. Versi yang mungkin paling dikenal untuk kucing Peterbald adalah versi tidak berbulu atau hanya yang memiliki bulu pendek halus, lembut di wajah, cakar dan juga ekor.

Beberapa kucing Peterbald ada versi yang lebih tidak berbulu yang disebut tipe ultra botak dimana kucing ini bahkan tidak dilengkapi dengan bulu mata dan juga kumis. Lapisan bulu yang sangat halus terkadang digambarkan seperti beludru, bulu ini sangat halus ketika disentuh, bisa menutupi seluruh tubuh kucing atau hanya muncul dalam bentuk bercak terutama pada bagian wajah, cakar dan ekor.

Karakter Ras Kucing Peterbald

Bulunya memiliki panjang yang sangat bervariasi yang seluruhnya memiliki tekstur yang halus mirip dengan lapisan bawah dari ras kucing berbulu panjang. Peterbald yang memiliki bulu secara genetik sama dengan saudaranya yang botak, kucing ini dapat dibiakkan sebagai kucing Peterbald atau juga sebagai hewan peliharaan tetapi mereka bukan untuk sebuah show.

Terlepas dari kategori mana anak kucing Peterbald dilahirkan (dari induk berbulu atau botak) mereka tidak benar-benar tetap seperti itu karena bulunya dapat berubah seiring waktu. Peterbald botak bisa mengalami pertumbuhan bulu dan Peterbald berbulu bisa kehilangan semua bulunya dan hal ini bisa terjadi dalam dua tahun pertama kehidupannya.

Peterbald terkadang memiliki kumis berkerut atau tidak memiliki kumis sama sekali. Bentuk tubuhnya panjang, ramping, perutnya kencang dengan ekor yang panjang. Telinga cenderung berukuran besar, matanya hampir berbentuk almond dan sebagian besar berwarna hijau.

Mereka adalah kucing yang sangat penyayang dan suka bermain, dia terkenal akrab dengan manusia dari segala usia dan juga suka mengikuti anggota keluarganya disekitar rumah saat mereka menjalani aktivitas hariannya. Selain itu kucing ini juga bisa rukun dengan kucing lain atau hewan peliharaan lain seperti anjing.

Pada waktu bermain dengan hewan lain dan anak anak yang lebih kecil, pengawasan harus tetap dilakukan. Karena tubuh kucing Peterbald botak maka tubuh kucing ini sangatlah rentan terhadap cedera seperti goresan, luka dan cuaca panas yang bisa menyebabkan kulitnya terbakar.

Peterbald adalah kucing yang cenderung ke sisi vokal, karena hal ini maka pemilik kucing tidak perlu bertanya-tanya kemana kucing ini pergi, mereka akan senang hati memperlihatkan diri untuk duduk di pangkuan dan meminta beberapa hal kecil lain seperti makan, bermain dan beberapa hal lainnya. 



Perawatan Kucing Peterbald

Peterbald umumnya dianggap sebagai kucing yang memiliki tingkat perawatan yang rendah, namun sebenarnya tingkat perawatan pada kucing ini akan ditentukan jenis bulu apa yang mereka miliki. Pemilik kucing ini tidak perlu khawatir dengan kerontokan bulu namun memandikan kucing ini perlu dilakukan secara rutin.

Memandikan kucing ini penting untuk dilakukan agar minyak pada tubuhnya tidak menumpuk, karena tubuh kucing ini sering berminyak maka akan ada banyak kotoran yang bisa menempel, karena itu mandi rutin sangat diperlukan untuk ras ini. Salah satu tips perawatan kucing hairless, pada saat memandikan gunakan degreaser agar kebersihan tubuhnya menjadi maksimal.

Perawatan Ras Kucing Peterbald

Kurangnya bulu pada tubuhnya membuat kucing ini menjadi mudah untuk kepanasan dan juga kedinginan, karena itu pemeliharaan kucing ini sebaiknya dilakukan didalam ruangan untuk menghindari hal tersebut dan juga beberapa resiko lain seperti penularan penyakit, serangan dari hewan lain atau bahkan dicuri orang.

Peterbald adalah kucing yang sangat aktif dan suka bermain, mereka adalah kucing yang membutuhkan interaksi dengan keluarganya dan tidak bisa ditinggal dalam waktu yang lama. Karena hal ini maka memberikan kucing ini tempat bermain yang luas dan beberapa mainan sangatlah disarankan untuk memenuhi kebutuhan kegiatannya.

Selain masalah perawatan pada kulit kucing ini, tidak ada perawatan khusus lain yang harus diberikan pada kucing ini. Beberapa perawatan lain yang harus diberikan akan sama dengan perawatan kucing pada umumnya. Potonglah kuku atau cakar kucing dengan teratur, usahakan membiasakan hal ini sejak dini supaya kedepannya kegiatan ini akan mudah untuk dilakukan.

Jagalah kebersihan gigi kucing untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersiha harian gigi kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudahlah sangat bagus daripada tidak pernah membersihkan gigi kucing sama sekali.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing setiap waktu, telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang ada, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Jika terlihat ada kotoran pada telinga kucing maka segera bersihkan, periksa setiap sudut telinga dengan teliti, bersihkan dengan hati-hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Pemberian obat kutu pada kucing perlu untuk dilakukan, obat ini selain bisa mencegah kucing kutuan juga bisa mencegah kucing terkena beberapa penyakit kulit lainnya. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini dikatakan selain bisa membasmi kutu juga  bisa membasmi seluruh telur kutu yang ada pada tubuh kucing.

Hal terakhir yang perlu dilakukan untuk menjaga kucing tetap sehat adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya, karena itu kucing yang telah divaksinasi cenderung akan lebih sehat dan memiliki umur panjang. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Peterbald

Semua jenis ras kucing entah itu ras kucing hasil dari persilangan ataupun kucing ras murni yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali pasti memiliki kemungkinan untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetic. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi panyakit dari kedua orang tuanya.

Peterbald umumnya dianggap sebagai kucing yang sehat, namun sama seperti ras kucing lain, kucing Peterbald dapat rentan terhadap beberapa masalah kesehatan yang sering terjadi. Kebanyakan dari kucing ini seringkali tidak berbulu, karena itu dia akan sensitive terhadap cuaca panas dan juga dingin.

Terbakar matahari merupakan masalah uatama yang perlu diperhatikan, selain itu kulit halusnya juga sangat rentan terluka entah itu ketika kucing sedang bermain, berlarian dan beberapa penyebab kecil lainnya. Sebenarnya masalah ksehatan kucing ini sangatlah sedikit asalkan mereka diberikan perawatan dengan benar.

Beberapa masalah kesehatan lain yang sering terlihat pada kucing ini adalah masalah pada giginya dan juga dysplasia ektrodermal. Selain itu tentu saja kucing ini masih bisa menderita beberapa penyakit umum lainnya, karena itu perawatan yang diberikan haruslah maksimal mulai dari makanan, kebersihan dan hal lainnya. 



Harga Kucing Peterbald

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Peterbald Import 14.000.000
Harga Kucing Peterbald Lokal 9.000.000
Harga Kitten Peterbald 6.500.000
Harga Kucing Peterbald Dewasa 7.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing Peterbald, harga rata-rata untuk adopsi Peterbald adalah $1.000. Dari harga ini maka kemungkinan harga kucing Peterbald akan seperti harga diatas. Harga yang tertera merupakan harga kurs saja, jadi untuk kucing import belum ditambahkan dengan biaya pengiriman dan juga biaya lainnya.

Jangan menjadikan harga yang adas sebagai harga yang petan, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena harga kucing Peterbald asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Peterbald kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Peterbald"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel