Kucing Pixiebob

Kucing Pixiebob adalah salah satu ras kucing yang memiliki penampilan liar dari luarnya, sama seperti beberapa jenis kucing lainnya yang juga memiliki penampilan liar namun dengan kepribadian yang bisa dipelihara. Pixie-Bob sendiri telah diklaim oleh pengembangnya yang bernama Carol Ann Brewer bahwa kucing ini berasal dari Washington.

Dikatakan kucing ini merupakan hasil persilangan dari kucing hutan (bob cat), akan tetapi tes DNA yang dilakukan pada kucing ini tidak menunjukkan hasil bahwa Pixiebob adalah seekor kucing hutan, karena hal ini maka ras kucing ini dianggap sepenuhnya sebagai ras kucing domestik yang sama seperti kebanyakan kucing lainnya.

Jenis Ras Kucing Pixie Bob

Karena tes DNA yang dilakukan tidak mendapatkan informasi bahwa kucing ini berasal dari kucing hutan maka asal usul kucing Pixiebob menjadi sebuah legenda (akan dibahas pada bagian sejarah kucing ini). Meski terlihat liar dari penampilannya namun sebenarnya kucing ini adalah kucing yang manis dan juga menyayangi keluarganya.

Dari penampilan yang mereka miliki, Pixiebob adalah kucing berukuran besar dan kokoh yang sangat mirip dengan kucing hutan. Secara hukum, karena kucing ini termasuk dalam kucing domestik maka kepemilikannya menjadi tidak dibatasi seperti kucing liar eksotis. Dikatakan juga kucing Pixiebob memiliki jenis kaki polydactyl yang menambah daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Pixiebob

Dalam  sejarah Pixie Bob ada cerita yang saling bertentangan mengenai asal usulnya. Legenda umum mengatakan bahwa kucing ini merupakan keturunan dari kucing hutan Amerika dan sebenarnya kucing ini adalah kucing domestik yang mengalami mutasi pada ekornya. Sedangkan satunya, orang yang dikreditkan terkait asal usul kucing ini adalah orang bernama Carol Ann Brewer.

Carol Ann Brewer merupakan breeder dari Stoneisland Cattery yang berasal dari Negara Bagian Washington. Pada bulan April 1986, kucing betina lahir dari seekor kucing jantan klasik ekor bob yang dilaporkan berdiri setinggi lutut dengan seekor kucing betina domestik. 

SEjarah Ras Kucing Pixie Bob

Anak kucing ini memiliki bulu berwarna coklat kekuningan dengan bintik halus dan wajah yang memiliki tampilan liar. Brewer kemudian memberikan nama Pixie pada anak kucing ini. Meski memiliki penampilan liar, namun perilaku Pixie mirip dengan kucing domestik pada umumnya yang cocok dijadikan kucing peliharaan.

Pada tahun 1987, Brewer mulai mencari lebih banyak kucing dengan ekor bobtail yang memiliki penampilan liar yang khas, karena dia menginginkan lebih banyak kucing yang mirip dengan Pixie. Pada tahun 1989, Brewer menulis standar breed pertama dari kucing ini dan standar yang ada tentu saja mencakup ciri yang direproduksi secara konsisten dari kucing ini.

Nama Pixie Bob dari kucing ini diambil karena Brewer ingin menghormati Pixie dan karena ciri ekor bob yang dimilikinya. Setelah itu, Brewer mulai mencari pengakuan dari organisasi untuk Pixie Bob, namun dia mengalami kesulitan karena untuk mendaftarkan seekor kucing hibrida liar tidak semudah yang dia bayangkan.

CFA tidak menerima ras apa pun dengan darah kucing liar bahkan kucing Bengal uang sangat populer sekalipun. Pada tahun 1993, Brewer melakukan pendekatan dengan TICA untuk mengajukan standar pertama sebagai persiapan memulai proses pengakuan untuk breed ini.

Ras ini didaftarkan ke TICA sebagai breed murni domestik, dan pada pengujian DNA yang dilakukan menyebutkan bahwa kucing ini memang tidak memiliki gen kucing liar, namun juga tidak ada bukti bahwa kucing Pixiebob hanyalah kucing domestik berekor pendek. Pada tahun 1998, akhirnya kucing Pixie Bob mendapatkan status Championship di TICA. 



Karakteristik Kucing Pixiebob

Pixiebob adalah kucing yang memiliki badan besar dan kebanyakan dari mereka memiliki berat badan sekitar 5kg. Kucing Pixiebob jantan cenderung memiliki ukuran yang lebih besar dari kucing betina, mereka juga memiliki masa pertumbuhan yang lambat yaitu 4 tahun yang lebih lama dari kucing pada umumnya.

Tubuh kucing ini memiliki ukuran yang sangat beragam dari sedang hingga besar. Bagian bahu kucing ini terlihat menonjol, punggung tidak rata yang sedikit miring keatas pinggul. Kepalanya memiliki bentuk seperti buah pir yang terbalik dengan ukuran sedang hingga besar, dagunya berkembang dengan baik, moncong lebar, dengan bantalan kumis bulat, lembut dan berdaging.

Karakter Ras Kucing Pixie Bob

Pixiebob memiliki hidung yang lebar dan sedikit cembung dengan dahi yang agak membulat. Telinganya berukuran sedang, lebar dengan tinggi sedang juga. Mata kucing ini juga berukuran sedang dengan jarak terpisah lebar dengan mata satunya, alis lebat dan warna mata biasanya adalah emas, cokelat atau hijau.

Pada bagian kaki, ukurannnya panjang. Kaki bagian belakang sedikit lebih panjang dari kaki depan, berotot dengan tulang yang berat, ukurannya besar, lebar dan hampir bulat, jari kaki besar berdaging dengan maksimal 7 jari. Ekornya memiliki panjang tulang minimal 2 inci dengan kekusutan dan ikal adalah hal biasa.

Penampilan liar yang dimiliki kucing ini tidak mencerminkan kepribadiannya, mereka adalah kucing yang penuh kasih sayang, dapat dipercaya dan juga penurut. Perilaku kucing ini sangat bervariasi tergantung dari garis keturunan yang dimiliki, namun sebagian dari kucing ini adalah kucing yang cerdas, terikat baik dengan anggota keluarganya, suka bermain namun tidak merusak.

Pixiebob cenderung rukun dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya, mereka dapat dengan mudah dilatih, diajak berjalan-jalan dengan manusia. Umumnya kucing ini akan terikat dengan seluruh keluarga, rukun dengan semua orang dan tidak terikat dengan satu orang spesial seperti kucing pada umumnya.

Beberapa Pixiebob juga ramah dengan orang-orang diluar keluarga, namun beberapa juga suka bersembunyi jika ada orang yang tidak mereka kenal. Sebagian besar dari mereka diam, vokalisasi hanya terbatas pada hal-hal kecil atau sesekali dikatakan pada keluarganya. Pixiebob sangat cerdas dan bisa dengan cepat mempelajari arti kata dari berbagai tindakan manusia.



Perawatan Kucing Pixiebob

Perawatan Pixie-Bob dalam tingkatannya akan tergantung dari bulu yang dimiliki, kucing ini bisa hadir dalam versi bulu panjang dan juga bulu pendek. Bulu pendek memiliki lapisan ganda yang tebal sedangkan bulu panjang memiliki ukuran hingga 2 inci dengan tekstur lembut dan halus.

Perawatan bulu pendek tentu  saja akan lebih mudah, sedangkan yang berbulu panjang akan membutuhkan perawatan yang lebih banyak. Berikan penyikatan atau penyisiran mingguan untuk membantu kucing mengurangi jumlah bulu mati pada tubuhnya, jika bulu pendek dilakukan seminggu sekali maka untuk yang berbulu panjang perlu dilakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Perawatan Ras Kucing Pixie Bob

Tidak ada perawatan khusus yang harus diberikan pada kucing ini, karena itu perawatan yang akan diberikan selanjutnya akan sama dengan perawatan yang diberikan pada kucing lain. Jaga agar kuku atau cakar kucing untuk tetap rapi, lakukan pemotongan dengan teratur atau secukupnya.

Kebersihan gigi kucing perlu untuk dijaga, hal ini untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan harian gigi kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkannya sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Periksa kebersihan telinga kucing setiap waktu, telinga kucing yang kotor dapat menyebabkan terjadinya infeksi karena tidak pernah dibersihkan, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites (kutu telinga kucing). Periksa telinga kucing dengan hati-hati, bersihkan dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Obat anti kutu perlu diberikan pada semua jenis kucing dan tentu saja kucing Pixiebob juga termasuk. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini dikatakan selain bisa membasmi kutu pada tubuh kucing juga bisa membasmi seluruh telur kutu yang ada.

Meskipun dibesarkan dengan penampilan liar namun kucing Pixiebob adalah kucing rumahan yang cukup santai. Berikan ruangan yang cukup dan beberapa mainan supaya kucing ini bisa mencukupi kebutuhan gerak hariannnya, jika ada waktu luang maka ajaklah kucing untuk bermain dan membuatnya senang.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing ini untuk menjaga kesehatannya adalah dengan pemberian Vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan kucing ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya, karena itu pemberian vaksin sangatlah penting. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun. 



Kesehatan Kucing Pixiebob

Semua jenis ras kucing pasti memiliki kemungkinan untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing hasil dari persilangan ataupun ras kucing murni yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Pixiebob dianggap sebagai kucing yang sehat dan tidak rentan terhadap banyak penyakit. Dikatakan ras ini pun juga sering disilangkan dengan tujuan membantu menghindari potensi masala kesehatan yang timbul dari perkawinan sedarah. Sedikit masalah kesehatan yang biasa terlihat pada ras ini, namun semuanya tidak berat.

Ada beberapa masalah yang dimana kucing ini sering mengalami kesulitan melahirkan dan mungkin juga menderita konsekuensi kesehatan. Beberapa juga ada kasus Cryptorchidism (testis atau skrotum yang hilang) telah dilaporkan terjadi pada kucing ini, namun hal ini juga tidak dianggap cukup berbahaya untuk ras kucing ini. 



Harga Kucing Pixiebob

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Pixiebob Import 25.000.000
Harga Kucing Pixiebob Lokal 15.000.000
Harga Kitten Pixiebob 12.500.000
Harga Kucing Pixiebob Dewasa 14.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing Pixiebob ini, harga rata-rata untuk adopsinya adalah $800 sampai dengan $1.500 dan untuk kucing Pixiebob show quality berkisar antara $1.500 sampai dengan $5.000. Harga yang tertera diatas adalah perkiraan harga untuk Pixiebob biasa, dan untuk kucing Pixiebob import belum ditambahkan dengan biaya pengiriman dan lainnya.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena harga kucing Pixiebob asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Pixiebob kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Pixiebob"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel