Kucing Aegean

Kucing Aegean adalah kucing yang berasal dari Yunani, dalam bahasa Indonesia kucing ini disebut dengan kucing Aegea dan dalam penulisan Yunani adalah γάτα του Αιγαίου. Aegean merupakan salah satu kucing domestic dari Yunani yang tepatnya berasal dari Kepulauan Kyklades. Karena merupakan ras kucing alami maka dalam pengembangannya tidak ada campur tangan dari manusia pada awalnya, Aegean sendiri dikenal sebagai seekor kucing yang cerdas, ramah dan energik.

Nama yang diberikan pada kucing ini yaitu Aegean, dikatakan diambil dari nama laut disekitarnya. Kucing ini dianggap sebagai jenis kucing peliharaan tertua, meski banyak yang memelihara kucing ini namun beberapa juga hidup secara liar dengan berburu makanan sendiri atau juga mendapatkan bantuan makanan dari nelayan sekitar.

Ras Kucing Aegean

Pada awalnya Aegean belum banyak dikenal oleh sebagian besar orang, namun banyak yang mengatakan bahwa orang dari Amerika Utara sudah ada yang memelihara kucing Aegean. Hal tersebut diduga karena beberapa orang membawa kucing Aegean kerumahnya untuk dipelihara pada waktu mereka kembali dari liburan.

Beberapa fakta menarik dari kucing Aegean adalah kucing ini memiliki tubuh yang ramping dan berotot dengan warna bulu yang bervariasi mulai dari warna bicolor (Dua Warna) atau tricolor (Tiga Warna) dengan kombinasi warna hitam, merah, biru, krem dan juga beberapa ada yang tabby. Warna mata kucing ini sebagian besar hijau dan berbentuk almond.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Aegean

Nama Aegean yang ada pada kucing ini diambil dari tempat kucing ini berasal, yaitu di Pulau Kyklades (Cyclades) Laut Aegea, Yunani. Karena asalnya yang berdekatan dengan laut banyak yang berspekulasi jika hal tersebutlah yang menyebabkan kucing Aegean tidak takut dengan air.

Daerah pantai yang banyak nelayan membuat kucing Aegean juga menjadi ramah pada manusia, hal ini mungkin juga disebabkan sering melihat nelayan dan berbagai orang sepanjang waktu dan juga sering diberi makanan oleh mereka dari tangkapan yang didapatkan. Di Yunani kucing Aegean merupakan kucing yang popular, meski begitu kucing ini sangat jarang ditemukan di Negara lainnya.

Asal Usul Kucing Aegean

Dikatakan kucing Aegean sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, hal ini dikarenakan para arkeolog menemukan bukti mengenai kucing peliharaan yang hidup di pulau siprus (Tetangga Yunani) sekitar 10.000 tahun yang lalu. Karena hal ini kucing Aegean dianggap bermigrasi ke Yunani melalui kapal penangkap ikan atau perdagangan pada jaman dulu.

Dulunya kucing sering digunakan untuk membasmi hama tikus, dengan adanya hal ini maka kucing juga sangat disambut kedatangannya pada suatu kawasan untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Selain itu ada juga kemungkinan kucing Aegean juga terkait dengan kucing dari Turki seperti kucing Anggora.

Kucing Aegean dulu dianggap sebagai kucing yang umum, namun setelah beberapa decade kucing ini dikenal sebagai ras yang berbeda. Beberapa orang bahkan menganggap kucing Aegean sebagai harta nasional Yunani. Kucing Aegean dulu belum banyak dikenal oleh beberapa organisasi kucing seperti Cat Fanciers Association atau The International Cat Association, namun untuk saat ini hampir semua organisasi kucing sudah mengetahui kucing ini. 



Karakteristik Kucing Aegean

Kucing Aegean yang baru dibesarkan atau dipelihara secara sistematis sebenarnya sudah dijinakkan beberapa abad lalu, karenanya kucing ini sangat mudah beradaptasi dengan kehidupan manusia. Aegean termasuk kucing yang bisa tinggal dimana saja termasuk apartemen atau tempat kecil, selain itu Aegean juga termasuk kucing yang cerdas, aktif, dan juga komunikatif.

Kucing Aegean termasuk kucing berukuran sedang, namun ukuran pastinya tidak bisa dipastikan sama seperti dengan kucing pada umumnya. Aegean jantan sebagian besar memiliki berat badan 4.5kg hingga 5.5kg dan pada Aegean betina berat badannya berkisar antara 3.5kg hingga 4.5kg.

Ciri Kucing Aegean

Aegean adalah salah satu ras kucing yang ramah dan suka bergaul, oleh karena itu kucing ini sangat cocok dipelihara oleh sebuah keluarga mana pun. Mereka bisa bermain dengan orang dewasa dan juga bahkan anak anak sekalipun, namun meski begitu perlu tetapn dilakukan pengawasan ketika anak anak bermain dengan Aegean.

Karena daerah asal mereka yang bebas maka Aegean cenderung suka berada di luar ruangan terbuka, meski begitu pemeliharaan didalan ruangan masih bisa dilakukan. Perlu diperhatikan bahwa Aegean cenderung tidak takut dengan air, jadi jika ada aquarium yang berisi ikan ada kemungkinan dia akan menjadikannya sebagai mainan nya. 



Perawatan Kucing Aegean

Kucing Aegean terkenal dengan tubuhnya yang atletis dan kecerdasannya, jadi CL harus memperhatikan kondisi kucing ini dengan lebih cermat. Idealnya CL harus memberikan kucing ini teman atau bisa juga berupa mainan seperti cat condo, bola, atau juga mainan lain supaya dia bisa beraktivitas atau bermain dengan bebas.

Cara Merawat Kucing Aegean

Pada dasarnya warna bulu yang dimiliki Aegean adalah putih dan biasanya disertai bintik bintik atau corak yang berwarna hitam, abu, merah. Perlu diketahui bahwa corak yang ada pada individu setiap kucing akan berbeda beda. Dalam hal perawatan kucing ini bisa dikatakan mudah, dengan melakukan penyisiran bulu sesekali maka bulu kucing ini akan menjadi lebih sehat dan terawatt.

Hampir sama dengan kucing yang lain, CL perlu memperhatikan kondisi bulunya. Ketika bulu kucing mulai mengembang, kusut atau kotor maka CL perlu melakukan tindakan seperti memandikan atau menyisir bulu kucing tersebut. Aegean dikatakan mudah beradaptasi dengan iklim apapun, CL hanya perlu menyediakan tempat yang teduh dan juga air bersih saat suhu mulai naik.

Perawatan lain yang perlu diberikan untuk Aegean adalah dengan memotong kuku atau cakar, membersihkan telinga dari kotoran, dan juga menyikat gigi. Lakukan perawatan tersebut sesekali ketika CL ada waktu supaya kucing ini tetap sehat. Pemberian vaksinasi dan mengulangi setiap tahun merupakan hal penting supaya kucing terhindar dari virus, serta yang terakhir adalah pengedalian parasite pada tubuh kucing Aegean. 



Kesehatan Kucing Aegean

Secara umum kucing Aegean dianggap sebagai kucing yang sehat, dan dikatakan hingga saat ini tidak ada penyakit khusus yang berkaitan dengan ras pada kucing ini. Meski begitu masih penting untuk membawa kucing untuk periksa kesehatan di vet atau klinik hewan yang ada.

Semua kucing masih memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan secara genetic, dan sama seperti semua orang yang memiliki potensi untuk mewarisi penyakit dari keturunannya. Jadi masih ada kemungkinan yang bisa terjadi pada kucing Aegean, namun karena Aegean bukan kucing yang mengalami peengembangan selektif seperti kucing lain maka kemungkinan tersebut bisa dikatakan sangat kecil sekali.

Dengan memberikan perawatan umum dan menjaga kesehatannya secara baik maka Aegean bisa dipastikan akan selalu sehat. Masalah kesehatan umum yang bisa terjadi kemungkinan adalah kelebihan berat badan atau obestitas, karenanya pemberian makan dan juga vitamin tambahan sangat perlu diperhatikan. 



Harga Kucing Aegean

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Aegean Import 10.000.000
Harga Kucing Aegean Lokal 6.000.000
Harga Kitten Aegean 4.500.000
Biaya adopsi kucing Aegean tersebut diambil dari rata rata informasi yang ada di internet, dikatakan untuk mengadopsi kucing Aegean biaya yang harus dikeluarkan berkisar antara $300 - $500. Biaya tersebut belum termasuk tambahan lainnya jika mendatangkan kucing ini dari luar negeri atau import. Demikian informasi mengenai kucing Aegean, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan CL semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Aegean"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel