Kucing American Bobtail

Kucing American Bobtail adalah kucing yang awalnya dikembangkan melalui seleksi alam. Berawal dari kucing domestik liar yang memiliki ekor bobtail alami, para peternak mengembangkannya menjadi kucing American Bobtail yang seperti sekarang ini. Dengan pengembangan yang selektif menjadikan tubuhnya menjadi lebih besar dan terlihat sedikit liar.

American Bobtail merupakan kucing berukuran sedang hingga besar dengan ekornya yang bobtai menjadikan ciri khusus yang dimiliki oleh kucing ini. Umumnya tubuh American Bobtail terlihat berotot dengan tampilan yang kokoh, dengan insting berburu yang bagus dan tipe tubuh yang dimiliki menjadikan American Bobtail memiliki penampilan liar yang menarik.

American Bobtail Cat

Meski memiliki penampilan yang seperti kucing liar namun pada kenyataannya American Bobtail adalah kucing yang penuh rasa kasih sayang dan percaya diri, terutama pada keluarga serta orang asing. Hal ini terjadi jika kucing American Bobtail diberikan sosialisasi yang bagus, namun untuk anak anak yang masih kecil harus diberikan pengawasan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari kucing American Bobtail,ekor bobtail yang dimiliki American Bobtail akan terlihat jelas ketika dia dalam posisi waspada, setiap kucing American Bobtail tidak memiliki ekor yang persis sama namun panjang rata rata pada ekornya adalah 1 hingga 4 inci, American Bobtail bisa menjadi hewan peliharaan terapi, American Bobtail membutuhkan waktu 2 hingga 3 tahun untuk menjadi dewasa.

Daftar Isi


Sejarah Kucing American Bobtail

Dulunya kucing American Bobtail tidak diperhatikan sama sekali dan ketika perhatian mulai muncul pada kucing ini sebagian orang terkejut mengetahui bahwa kucing American Bobtail telah ada di Amerika Utara sejak tahun 1960an. Karena dipengaruhi oleh debut yang kurang bagus inilah kepopuleran ras kucing American Bobtail menjadi terlambat.

Dikatakan kucing American Bobtail yang pertama adalah kucing jantan berwarna cokelat dengan ekor pendek bernama Yodie. Yodie ditemukan oleh sepasang kekasih yang sedang berlibur di motel Arizona, kedua kekasih ini bernama John dan Brenda Sanders. Keturunan Yodie sendiri tidak diketahui, namun menurut info yang ada kucing ini termasuk kucing hibrida / kucing domestik karena penampilan liar dan ekor pendeknya mirip dengan kucing hutan.

Asal usul Kucing American Bobtail

Karena John dan Brenda terpesona oleh kepribadian Yodie yang ramah dan ekornya yang unik maka mereka berdua membawa Yodie pulang kerumah. Dirumahnya John dan Brenda memiliki kucing betina bernama Mishi, kemudian anak dari hasil perkawinan Yodie dan Mishi ternyata juga memiliki ekor yang pendek sama seperti Yodie. Dari hasil tersebut kesimpulan bahwa sifat gen ekor bobtail dominan dimiliki oleh Yodie.

Teman dari keluarga John dan Brenda, Mindy Shoultz yang memiliki pengalaman dalam mengembangkan kucing Persia akhirnya bekerja sama dengan Charlotte Bentley untuk melakukan pengembangan pada kucing yang unik ini untuk menjadi sebuah ras kucing yang baru. Mereka berdua mengembangkan kucing tersebut dengan kucing lain dengan ekor pendek alami yang ditemukan diberbagai tempat di seluruh Amerika Serikat dan juga Kanada.

Pengembangan selektif yang dilakukan bertujuan untuk memberikan penampilan kucing yang besar dengan tampilan liar namun memiliki sifat yang manis. Semua kucing yang digunakan adalah kucing domestik dengan bulu panjang dan juga pendek dengan silsilah yang tidak jelas. Setelah pengembangan yang dilakukan begitu lama persilangan tersebut seperti tidak berarti karena silsilah yang ada menjadi lebih panjang dari ekor kucing American Bobtail.

Pada tahun 1989 Asosiasi Kucing International menerima kucing American Bobtail kedalam kategori breed jenis baru. Setelah itu pada tahun 2002 akhirnya kucing American Bobtail mendapatkan pengakuan penuh sebagai kucing ras baru dan organisasi kucing lainnya yang juga mengakui kucing American Bobtail adalah Cat Fanciers Association dan American Cat Fanciers Association.


Karakteristik Kucing American Bobtail

American Bobtail memang memiliki penampilan yang liar namun sifat yang dimilikinya sama sekali tidak sama dengan penampilan tersebut. Sifatnya yang paling banyak dikenal adalah setia, penyayang dan juga cerdas, karena sifat tersebutlah ras kucing ini juga mendapatkan banyak penggemar.

American Bobtail dikenal sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan rumah dan juga anggota keluarga mereka. Kucing ini tidak malu malu seperti kebanyakan kucing lainnya, ketika mencari perhatian dari anggota keluarga yang memelihara American Bobtail akan tetap energik dan juga ramah dengan mengeluarkan suara atau bahkan berputar disekitar kaki.

Ciri Fisik Kucing American Bobtail

Dalam aktivitasnya American Bobtail termasuk hewan yang menyenangkan, bahkan beberapa orang juga berkata jika menginginkan anjing dalam tubuh kucing maka American Bobtail adalah pilihan yang tepat. Dia sangat ramah dan juga cerdas, bisa rukun dengan hewan peliharaan lain, serta orang asing yang baru datang. Karenanya melatih American Bobtail sejak dini adalah pilihan yang paling tepat.

Berikut adalah atribut fisik dari kucing American Bobtail :


Tubuh

Pada bagian tubuh bisa dikatakan cukup panjang dan besar, dada mereka penuh dan lebar. Mereka memiliki pinggul yang sedikit lebih tinggi diertai dengan otonya yang berisi berpenampilan atletis.


Kepala

Muka American Bobtail lebar sebanding dengan bagian tubuhnya dan tulang pipinya terlihat dengan jelas. Umumnya American Bobtail memiliki lekukan yang agak cekung di antara hidung dan alisnya dengan panjang yang cukup antara alis dan telinga. Alis American Bobtail khas, dibuktikan dengan dahi yang agak membulat ke bagian mata.


Telinga

Ukuran telinga American Bobtail sedang, lebar di dasar dengan ujung agak membulat, lebar, tegak dengan sedikit kemiringan ke luar. 


Mata

Bagian mata American Bobtail bentuknya besar, hampir seperti almond. Alis khas di atas mata menciptakan garis atas mata dan menghasilkan tatapan berburu alami American Bobtail. Warna mata mereka bisa emas, kuning, atau hijau.


Kaki

Bentuk kaki yang dimiliki American Bobtail proporsional dengan tubuh dan panjang yang bagus. Cakar mereka besar dan bulat dan umumnya memiliki lima jari di depan dan empat di belakang.


Ekor

American Bobtail  memiliki ekor pendek, fleksibel dan ekspresif; mungkin lurus, sedikit melengkung atau tertekuk. Ekor mereka cenderung lebar di pangkal, kuat dan besar. Ekor yang lebih lurus menunjukkan bantalan lemak di ujung ekor.


Warna

American Bobtail bisa hadir dalam berbagai warna dan kombinasi warna. Pola bulu yang dimilikinya terkadang meningkatkan penampilan liar alami dari kucing ini.


Bulu

American Bobtail memiliki dua ukuran bulu, yaitu panjang dan juga pendek. Untuk American Bobtail berbulu panjang biasanya agak lebih panjang pada bagian kaki, perut dan ekor. Sedangkan untuk yang berbulu pendek bulunya semi padat, agak keras dibagian atas tapi lembut dibagian bawahnya.


Perawatan Kucing American Bobtail

Sama seperti kucing lain pada umumnya, kesehatan bulu pada kucing perlu dijaga dengan melakukan penyisiran secara teratur. Bulu milik American Bobtail tidak akan terlihat kusut jika CL menyisir bulu kucing ini setidaknya seminggu 2 atau 3 kali. Memandikan kucing ini tidak perlu terlalu sering, cukup mandikan ketika kucing American Bobtail sudah mulai kotor.

Perawatan Kucing American Bobtail

Menyikat gigi diperlukan untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan gigi seperti periodental. Membersihkan gigi setiap hari memang bagus, namun membersihkannya seminggu sekali juga tidak masalah daripada tidak sama sekali. Pemotongan cakar bisa dilakukan beberapa minggu sekali, bersihkan sudut mata dengan menggunakan kain lembut untuk menghilangkan kotoran,

Periksa telinga American Bobtail ketika dia mulai terlihat lebih sering menggaruk telinganya, jika ada kotoran maka segera bersihkan dan jangan biarkan sampai kotoran menumpuk terlalu banyak. Selain kebersihan kucing kebersihan lingkungan kandangnya juga perlu diperhatikan, seperti litter box dan juga perlengkapan lainnya.

Berikan vaksinasi dan jangan lupa untuk mengulang setiap tahunnya, untuk mengontrol parasit pada tubuh kucing kalian bisa memberikan obat kutu dan jangan lupa juga memberikan obat cacing supaya American Bobtail bebas dari gangguan parasit yang bisa mempengaruhi kesehatan. 


Kesehatan Kucing American Bobtail

Semua jenis ras kucing yang ada pasti memiliki potensi masalah kesehatan genetik seperti halnya manusia yang berpotensi mewarisi penyakit dari orang tuanya. Kucing American Bobtail umumnya sangat sehat, namun karena ekor unik yang dimilikinya menjadikan kucing ini bisa mengalami masalah kesehatan kecil.

Ekor kecil milik American Bobtail bisa membuat masalah dan mempengaruhi kemampuan untuk mengontrol buang air besar. Karena masalah kesehatan lain dari faktor pemeliharaan seperti kelebihan berat badan bisa terjadi maka CL juga perlu memperhatikan porsi makanan dan juga suplemen lain yang diberikan pada kucing American Bobtail atau kucing peliharaan lainnya. 


Harga Kucing American Bobtail

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing American Bobtail Import 35.000.000
Harga Kucing American Bobtail Lokal 10.000.000
Harga Kitten American Bobtail 5.500.000
Harga Kucing American Bobtail Dewasa 8.000.000
Karena dari informasi pada penelusuran harga adopsi kucing American Bobtail berkisar antara $75-$150 hingga $600-$1,200 maka untuk rata rata harganya dalam rupiah kurang lebih mungkin mirip dengan harga tersebut dengan beberapa biaya tambahanatau bahkan lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing American Bobtail, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan CL semua.

Belum ada Komentar untuk "Kucing American Bobtail"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel