Kucing American Curl

Kucing American Curl atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Telinga Ikal Amerika. Ikal yang dimaksud disini adalah keriting, karena telinga dari kucing American Curl memang memiliki bentuk yang unik yaitu melengkung. Ras American Curl mengalami mutasi genetic alami, karenanya bentuk telinga yang dimilikinya berbeda dengan kucing yang lain.

Kucing American Curl diketahui pertama kali pada awal tahun 1980an, karena keunikan yang dimilikinya maka ada peternak kucing yang tertarik dan mengembangkannya menjadi sebuah ras kucing sendiri. American Curl termasuk kucing yang berukuran sedang, kucing ini sangat suka bermain bahkan ketika usianya sudah dewasa atau tua sekalipun.

Kucing American Curly

Selain suka bermain American Curl juga merupakan kucing yang sangat ramah, dengan sifat yang dimilikinya maka kucing ini juga sangat cocok bermain dengan anak anak dan juga keluarga yang suka dengan kucing. Meski begitu American Curl adalah salah satu kucing yang tidak bisa ditinggal sendirian dirumah, jika Catlovers (CL) ingin memeliharanya maka setidaknya harus memberikan teman kucing lain atau mainan.

Beberapa fakta menarik mengenai kucing American Curl adalah, kucing ini bisa ada dalam berbagai warna dan juga pola pada tubuhnya, telinga curl yang ada pada kucing ini adalah hasil dari mutasi spontan, American Curl bisa memiliki bulu panjang dan juga bulu pendek, tidak semua anak kucing American Curl memiliki telinga melengkung, beberapa anak kucing kadang memiliki telinga yang normal.

Daftar Isi



Sejarah Kucing American Curl

American Curl termasuk kucing yang masih muda jika diikuti dalam sejarahnya, kucing ini lahir dari mutasi genetic alami yang mengakibatkan bentuk telinganya menjadi berbeda dengan kucing kebanyakan. Kucing Curl pertama kali yang ditemukan bernama Shulamith, dia adalah kucing berwarna hitam denganbulu halus dan bentuk telinganya melengkung kebelakang.

Pada suatu hari di bulan juni yang panas pada tahun 1981, ada dua orang yang menemukan Shulamith. Kedua orang tersebut adalah Joe dan Grace Ruga dari Lakewood, California. Setelah dipelihara dirumah mereka, beberapa bulan setelahnya Shulamith melahirkan 4 ekor anak kucing dari kucing jantan yang tidak dikenal dan 2 dari anak kucing tersebut memiliki telinga yang sama seperti ibu mereka.

Asal Usul Kucing American Curl

Kedua anak kucing yang bertelinga melengkung tersebut berbeda dalam ukuran bulunya, satunya memiliki bulu yang panjang mirip dengan Shulamith sedangkan satunya memiliki bulu yang pendek. Dengan kehadiran kadua anak kucing ini mengakibatkan banyak peternak kucing menjadi tertarik dan ikut mengembangkannya, karena hal inilah nama Kucing American Curl mulai dikenal.

Setelah banyak peternak kucing yang tertarik mengembangkan ras ini, pada tahun 1983 dimulailah program pengembangan yang selektif untuk melestarikan keunikan kucing American Curl ini. Seorang ahli Genetika bernama Roy Robinson berpendapat bahwa gen telinga keriting ini dominan autosom, yang berarti bahkan dengan mengawinkan kucing curl dengan kucing normal masih ada kemungkinan keluar anak bertelinga Curl.

Kucing American Curl didaftarkan pertama kali pada organisasi kucing pada tahun 1986 di CFA (Cat Fanciers Association) dan selanjutnya pada tahun 1987 TICA (The International Cat Association) juga mengakui American Curl. Pada tahun 1993 kucing American Curl mendapatkan pengakuan penuh dari CFA, hal ini termasuk sangat cepat karena dilihat dari pengembangan hingga diakui hanya membutuhkan waktu 6 tahun.

Ras kucing American Curl juga merupakan ras kucing pertama yang memiliki dua versi bulu dan sudah diakui juga oleh CFA, yaitu bulu panjang dan juga bulu pendek. Shulamith yang merupakan nenek moyang dari kucing American Curl mewariskan gen telinga keriting pada semua kucing American Curl yang ada hingga sekarang, dan mungkin salah satunya juga dimiliki oleh para CL sekalian. 



Karakteristik Kucing American Curl

Kucing American Curl termasuk dalam kucing yang memiliki ukuran sedang, berat badan umum yang dimiliki kucing ini berkisar antara 2.5kg hingga 4.5kg dan tentunya ada yang bisa lebih dari berat tersebut. American Curl memiliki 2 versi ukuran bulu, yaitu American Curl versi bulu panjang dan juga American Curl versi bulu pendek.

Sifat Kucing American Curl

Telinga unik yang dimiliki American Curl terbentuk dengan berbagai model lengkungan, ada yang terlihat lurus dan ada yang terlalu melengkung. Telinga American Curl sangat lunak, karenanya bisa patah dengan mudah jadi untuk membersihkan telinga kucing ini harus lebih berhati hati karena akan lebih sulit membersihkannya daripada kucing dengan telinga yang normal.

Anak kucing American Curl yang baru saja lahir akan memiliki telinga seperti anak kucing yang lain, namun pada usia sekitar 7 hari tekinga tersebut akan mulai membentuk sebuah lengkungan. Dalam hal ini ketika sudah terbiasa dengan anak kucing American Curl yang baru lahir akan bisa melihat apakah anak kucing tersebut akan memiliki telinga melengkung atau tidak.

American Curl adalah kucing yang lincah, dengan kaki panjang yang dimilikinya maka kucing ini terlihat lebih tinggi daripada kucing seukuran lainnya. Selain lincah kucing ini juga terkenal ramah dan mudah tertarik dengan orang lain, hewan peliharaan lain dan bahkan orang asing yang baru dia kenal.

Kucing American Curl juga sering disebut sebagai peterpan dari dunia kucing, julukan ini diberikan karena kucing ini suka berlarian kesana kemari dengan kegembiraan yang mirip dengan peterpan dari dunia mimpi. Saat istirahat American Curl tidak akan ragu untuk duduk di pangkuan pemiliknya, dia waspada namun juga mudah beradaptasi dengan lingkungan manapun.



Perawatan Kucing American Curl

American Curl yang memiliki dua versi bulu, bulu panjang dan juga bulu pendek. Kedua jenis bulu ini mudah dirawat, namun tentu saja American Curl dengan bulu pendek akan lebih mudah perawatannya daripada American Curl berbulu panjang. Versi bulu panjang memiliki sedikit bulu lapisan bawah, jadi bulu ini akan jadi tidak gampang kusut.

Penyisiran bulu mingguan dengan teratur bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan bulu kucing American Curl, namun untuk yang berbulu panjang perlu ditambahkan jadwal penyisiran daripada yang berbulu pendek. Semua kucing pasti akan mengalami kerontokan bulu pada suatu musim tertentu pada setiap tahunnya, tentunya American Curl juga mengalami hal tersebut.

Perawatan Kucing American Curl

Sikatlah gigi kucing American Curl sesekali untuk mencegah penyakit periodontal, kebersihan gigi harian adalah yang terbaik namun melakukannya seminggu sekali juga tidak buruk daripada tidak sama sekali. Berikan perawatan kuku kucing dengan memotongnya secara berkala, bersihkan sisi mata kucing untuk menghilangkan kotoran dan jangan lupa untuk menggunakan kain bersih supaya tidak terkena infeksi.

Periksa kondisi telinga kucing American Curl setiap ada waktu, idealnya pengecekan bisa dilakukan seminggu sekali. Ketika telinga mulai kotor maka segera bersihkan, bentuk telinga American Curl yang unik ini terkadang memang membuat kesulitan tersendiri untuk beberapa model telinga namun dengan sedikit kesabaran CL pasti bisa melakukannya.

Penanganan telinga American Curl ini harus lebih hati hati dari telinga kucing biasanya, karena ada kemungkinan terjadi patah telinga jika dilakukan dengan salah. Berikan vaksinasi lengkap dan jangan lupa obat kutu serta cacing untuk mengendalikan parasit yang biasanya ada pada tubuh kucing peliharaan. 



Kesehatan Kucing American Curl

Tidak banyak yang bisa disebutkan dalam masalah kesehatan kucing American Curl karena kucing ini umumnya selalu sehat dan dikatakan tidak memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan genetik. Meski begitu ketika CL ingin mengadopsi kucing American Curl pastikan kucing tersebut dalam keadaan yang baik dan tidak bermasalah dengan permasalahan kesehatan umum.

Penyakit Kucing American Curl

Beberapa kucing pada umumnya akan mengalami stress dengan tempat atau lingkungan yang baru, jadi ketika kucing baru saja tiba segera berikan penanganan yang tepat supaya kucing lebih mudah dalam beradaptasi. Virus kucing dan juga parasit bisa datang dari lingkungan baru atau kucing lainnya, perhatikan hal ini supaya tidak ada penularan yang terjadi.

Keunikan dari bentuk telinga kucing American Curl terkadang memiliki lubang yang sempit sehingga sangat sulit untuk dibersihkan, karena hal ini terkadang terjadi infeksi pada telinga kucing American Curl akibat penumpukan kotoran. Hal ini tidak terjadi pada semua kucing American Curl, jadi CL tidak perlu khawatir jika ingin memeliharanya untuk dijadikan teman dirumahnya. 



Harga Kucing American Curl

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing American Curl Import 20.000.000
Harga Kucing American Curl Lokal 10.000.000
Harga Kitten American Curl 4.500.000
Harga Kucing American Curl Dewasa 6.000.000

Harga adopsi tersebut adalah biaya adopsi rata rata yang biasanya ada di breeder kucing ACL di indonesia, untuk ACL import tentu saja dikenakan beberapa biaya tambahan. Demikian infomasi mengenai kucing American Curl atau ACL, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing American Curl"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel