Kucing Korn Ja

Kucing Korn Ja adalah ras kucing yang berasal dari Thailand. Ras kucing ini adalah salah satu dari tujuh belas kucing keberuntungan yang telah disebutkan didalam Smud Khoi Of Cats yang dimana pada buku tersebut kucing ini digambarkan sebagai kucing hitam yang memiliki mata berwarna kuning.

Buku yang berjudul Smud Khoi of Cats ini kurang lebih ada pada sekitar 1900 M. Seperti yang sudah disebutkan dan tertulis pada buku tersebut, kucing ini memiliki tubuh yang kecil dengan warna hitam pekat dan memiliki mata yang berwarna kuning.

Jenis Ras Kucing Korn Ja

Dikatakan faktor penyebab popularitas kucing ini yang tinggi di kalangan para pecinta kucing yang utama adalah kepribadian dan juga sifat kucing ini. Dengan kepribadian yang dimiliki kucing ini, maka kucing ini bisa dipelihara oleh semua golongan keluarga yang suka dengan kucing dan bisa mudah akrab dengan anak anak.

Selain Korn Ja ada beberapa kucing lain yang dianggap sebagai kucing pembawa keberuntungan yang disebutkan didalam buku tesebut, dan tentu saja salah satubya adalah kucing Siam. Selain hal ini sangat sedikit sekali sumber yang menjelaskan asal usul kucing ini dan juga beberapa informasi lainnya. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Korn Ja

Seperti yang sudah dikatakan diatas, informasi mengenai kucing ini sangatlah minim sekali dan tidak banyak yang menyebutkan atau membahasnya dengan detail, karena itu maka informasi dari sejarah kucing Korn Ja juga sangat terbatas. Beberapa hal yang diketahui adalah beberapa hal umum yang tentunya catlovers semua juga sudah mengetahuinya.

Korn Ja adalah ras kucing asli dari Thailand dan merupakan salah satu kucing keberuntungan yang disebutkan dalam buku Thailand berjudul Smud Khoi of Cats. Didalam buku tersebut disebutkan bahwa kucing ini merupakan kucing yang berwarna hitam pekat dengan mata yang berwarna kuning.

Kucing ini sangatlah populer di kalangan para peternak kucing, informasi yang sangat jelas hanyalah asal dari kucing ini dan juga penyebutan kucing ini didalam buku Smud Khoi of Cats tersebut. Tidak ada informasi lain yang bisa disebutkan karena sangat sedikit sekali yang diketahui tentang asal usul kucing Korn Ja.



Karakteristik Kucing Korn Ja

Korn Ja adalah kucing dengan ukuran tubuh kecil yang halus, karena ukuran tubuhnya ini maka kucing ini sangat cocok untuk dipelihara didalam ruangan. Beberapa pengembangan yang dilakukan terhadap kucing ini menjadikan kucing ini menjadi tidak berbulu (tidak semua kucing) atau hanya memiliki bulu kembut pada tubuhnya.

Korn Ja memiliki mulut dan juga ekor yang meruncing dengan sangat tajam sehingga menghasilkan ekor yang panjang dan berkontribusi banyak pada keanggunan, keseimbangan dan kelincahan kucing ini.

Karakter Ras Kucing Korn Ja

Tubuh kucing ini ditutupi dari kepala hingga ekor dengan bulu halus yang berwarna hitam pendek, dengan mata berwarna kuning, maka jenis kucing ini benar benar menjadi jenis kucing yang enak untuk dilihat.

Berat rata rata untuk kucing ini berkisar antara 6kg sampai dengan 11kg, meski dengan ukurannya yang kecil ini namun faktor penentu dari kepopuleran kucing ini adalah ukuran ini. Karena memiliki ukuran kecil, Korn Ja sering digambarkan sebagai kucing yang halus dan juga mungil.

Korn Ja adalah kucing yang sangat mudah beradaptasi pada lingkungan dan juga sangat mencintai anggota keluarganya. Kucing ini adalah kucing yang penuh dengan kasih sayang, namun bukan berarti kucing ini tidak menghindar dari orang asing serta interaksi dengan orang lain.

Kucing ini juga akan selalu suka mengikuti kemanapun pemiliknya pergi di lingkungan tempat tinggalnya, dan sangat suka untuk bermain dengan anak kecil. Banyak yang mengatakan jika kucing ini adalah kucing yang penyayang dan mampu untuk mentolerir agresifitas anak yang terkadang suka berlebihan ketika bermain.

Selain bisa bermain dengan anak anak dengan baik, kucing ini juga bisa bermain atau rukun dengan hewan peliharaan lain seperti anjing yang banyak dipelihara sebuah keluarga. Korn Ja juga dikenal sebagai penghibur yang hebat bagi orang yang sedang emosi.

Ras kucing ini juga tergolong ras kucing yang sangat cerdas, karena hal tersebut maka kucing ini akan sangat mudah untuk mempelajari beberapa trik baru dan beberapa permainan lain. Mereka termasuk hiperaktif dan seperti memiliki energi yang tidak ada habisnya, karena suka bermain inilah kucing ini menjadi sangat cocok untuk anak anak. 



Perawatan Kucing Korn Ja

Seperti yang catlovers ketahui, meski kucing ini memiliki bulu namun bulu yang ada pada tubuhnya sangatlah sedikit, jadi untuk masalah perawatan yang diperlukan mungkin (gambar yang saya temukan semuanya memiliki bulu) akan sama dengan kucing hairless seperti kucing sphynx dan lainnya.

Karena tubuh kucing ini akan cenderung berminyak, maka tubuhnya akan menjadi lebih mudah kotor jika dibandingkan jenis kucing lain. Jadi dengan begitu, memandikan kucing ini secara teratur sangatlah diperlukan untuk membantu menjaga kebersihan tubuh kucing.

Cara Merawat Ras Kucing Korn Ja

Selain memandikan kucing, mengelap seluruh tubuhnya dengan menggunakan kain basah juga bisa membantu untuk mengurangi kotoran pada tubuh kucing ini. Supaya lebih bersih, catlovers bisa menambahkan shampo kucing yang berhubungan dengan masalah kulit atau juga bisa menggunakan sahmpo bayi yang aman dikulit kucing.

Sama seperti kucing hairless lain, selalu periksa kebersihan telinga kucing dengan teratur. Telinga kucing hairless akan lebih mudah kotor dibandingkan dengan kucing biasa, selain mencegah kucing terkena earmites, hal ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi pada telinga kucing akibat penumpukan kotoran pada telinga tersebut.

Jaga selalu kuku atau cakar kucing dengan teratur, lakukan pemotongan dengan rutin dan lakukan sampai kucing terbiasa dengan hal ini. Selain itu, periksa bagian sela kuku atau cakar, karena jika ada kesamaan dengan sphynx maka bagian tersebut kemungkinan juga akan lebih mudah kotor dan selalu terselip kotoran.

Kebersihan gigi kucing juga perlu dijaga, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing untuk terkena penyakit periodontal (infeksi gusi). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudahlah sangat bagus daripada tidak membersihkannya sama sekali.

Hal terakhir yang perlu dilakukan untuk membantu kucing ini tetap sehat adalah dengan memberikan vaksin pada kucing. Kucing yang telah divaksin akan memiliki ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya, selain itu kucing juga akan memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak ini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Korn Ja

Semua jenis ras kucing pasti bisa memiliki potensi masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang perkembangannya tidak dibantu manusia sama sekali ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Ras kucing Korn Ja dikatakan memiliki harapan hidup antara 13 tahun sampai dengan 16 tahun dan memiliki beberapa masalah kesehatan umum seperti kutu muntah dan juga diare. Selain hal tersebut tentu saja kucing ini juga masih bisa terkena penyakit umum lain seperti flu, jamur dan sebagainya.

Karena pada tubuhnya tidak begitu banyak memiliki bulu untuk membantu menyerap minyak kulitnya, maka mandi secara teratur sangat diperlukan untuk membantu menghilangkan akumulasi kotoran yang menumpuk pada tubuhnya. Hal yang bisa dilakukan selain memandikan kucing adalah dengan mengelap tubuh kucing ini dengan teratur menggunakan kain basah.



Harga Kucing Korn Ja

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Korn Ja Import 14.000.000
Harga Kucing Korn Ja Lokal 4.000.000
Harga Kitten Korn Ja 2.500.000
Harga Kucing Korn Ja Dewasa 3.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas tentang kucing korn ja, biaya adopsi kucing korn ja berkisar antara $300 sampai dengan $1.000. Dari perkiraan tersebut maka kemungkinan harga kucing korn ja akan mirip seperti harga pada tabel diatas. Pada penampakan yang ada mungkin kucing ini terlihat biasa saja, namun karena memiliki arti khusus pada negara asalnya mungkin hal tersebutlah yang membuatv kucing ini menjadi mahal.

Harga diatas merupakan harga perkiraan saja, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena harga kucing korn ja asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian mengenai kucing korn ja kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Korn Ja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel