Kucing British Shorthair atau Kucing BSH

Kucing British Shorthair (BSH) atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing bulu pendek britania merupakan salah satu jenis ras kucing tertua yang ada didunia ini. Nenek moyang kucing British Shorthair dipercayai memiliki hubungan dengan bangsa yang dulunya pernah menguasai Inggris yaitu bangsa Romawi.

British Shorthair adalah kucing yang memiliki bulu pendek yang padat atau tebal, tubuhnya terlihat kuat dan juga berotot namun sifatnya santai. Kucing ini adalah kucing yang pendiam, namun meski begitu ketika BSH mulai mengenal seseorang yang sering diketahuinya maka kucing ini akan menunjukkan rasa kasig sayang yang besar kepada orang tersebut.

Kucing BSH

Bulat adalah kata yang tepat untuk mendeskripsikan kucing ini, British Shorthair memiliki kepala yang bulat besar, matanya bulat, cakarnya bulat, dan bahkan pada bagian ekor memiliki bentuk bulat diujungnya. Dulunya BSH juga dikenal sebagai British Blue, namun karena belakangan ini warna yang ada menjadi bervariasi maka British Shorthair adalah sebutan yang tepat untuk kucing ini.

Berikut adalah beberapa fakta yang terkait dengan kucing BSH, warna blue adalah warna yang paling populer dari ras kucing ini, karenanya kucing ini pernah memiliki sebutan british blue. Mata kucing BSH bisa berwarna emas tua, biru, atau hijau tergantung dari warna bulu dan polanya, bulu kucing BSH terkesan sangat mewah dan memberikan perasaan ingin selalu menyentuhnya setiap saat. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing British Shorthair

Sejarah British Shorthair dimulai dari peternakan dan juga kucing jalanan yang ada di Inggris. Dikatakan orang pertama yang mengembangkan kucing ini dan menjadikan kucing BSH menjadi dikenal adalah orang bernama Harrison Wier yang dimana juga dikenal sebagai peternak kucing profesional pertama.

Selain dikenal sebagai peternak profesional, Harrison Wier juga merupakan orang yang menentukan peraturan dari show atau kontes kucing pertama di Inggris yang diadakan tahun 1871. Harrison yang merupakan peternak kucing melakukan pengembangan intensif pada kucing jalanan di Inggris, dan membuat ras kucing dengan silsilah bernama British.

Sejarah British Shorthair

British Shorthair dulunya dikenal sebagai British Blue, tetapi karena pengembangan yang ada membuat warna pada kucing menjadi lebih bervariasi maka nama tersebut diubah menjadi British Shorthair. Ras ini menjadi populer pada waktu itu, namun karena adanya perang dunia yang terjadi, BSH sempat mengalami masa krisis dalam silsilahnya.

Selain versi tersebut juga ada versi yang mengatakan bahwa sejarah BSH dimulai dari waktu ketika bangsa Romawi melakukan invasi terhadap Inggris. Pada masa tersebut mereka membawa kucing untuk membantu melindungi persediaan pangan dari hewan pengerat yang sering menyerang gudang.

Ketika bangsa Romawi mulai meninggalkan Inggris, kucing tersebut tidak ikut dibawa, namun mereka tetap tinggal di inggris dan menjadi lebih dikenal serta lebih populer. Pada waktu itu di Victoria Inggris, pengembangan kucing pedigreed (PED) sedang populer, hal ini membuat kucing ini menjadi jenis kucing pertama yang dikembangkan.

Setelah terjadinya perang dunia pertama, kucing BSH mengalami krisis. Hal ini membuat para peternak kucing mulai menyilangkan kucing yang ada dengan beberapa ras kucing lain seperti kucing persia untuk melestarikannya. Dalam persilangan ini mulai ada keturunan dari BSH yang memiliki ukuran bulu yang lebih panjang daripada ukuran normalnya.

Hal yang sama terjadi pada perang dunia kedua, pada masa ini ras kucing BSH hampir punah karena banyaknya peternak yang mengalami krisis yang mengakibatkan mereka tidak bisa memberikan makan pada kucingnya. Setelah itu, dimulailah program pelestarian kedua yang menyilangkan kucing BSH dengan beberapa ras kucing lain seperti american shorthair, russian blue, persia dan juga beberapa ras lainnya.

Dari program pelestarian ini keturunan BSH yang memiliki ukuran bulu lebih panjang kembali muncul, dan dari sini mulai ada ras kucing British Longhari dan juga British Semi Longhair yang kemudian juga menjadi populer meski diawal ras ini tidak diakui dan bahkan sempat disembunyikan.

Kucing BSH yang begitu populer seringkali menjadi ikon dan juga model dari beberapa produk kucing dan juga film. Pada film animasi Alice Adventure in Wonderlan kucing ini muncul sebagai Chesire Cat dan pada produk makanan kucing Whiskas kucing ini muncul sebagai ikon dengan warna Tabby (BSH atau ASH?).

Pada tahun 1967, American Cat Association mulai mengakui kucing British Shorthair, TICA (The International Cat Association) mengakuinya pada tahun 1979 dan disusul oleh CFA (Cat Fanciers Association) pada tahun 1980. Tahun 2009 TICA juga mengakui jenis lain dari BSH, yaitu British Longhair yang dimana pada waktu itu organisasi inilah satu satunya yang melakukannya.



Karakteristik Kucing British Shorthair

British Shorthair adalah kucing yang memiliki ukuran tubuh yang sedang hingga besar, berat badan yang umum diketahui dari ras kucing ini berkisar antara 4kg hingga 8kg yang dimana berat ini adalah berat rata rata, jadi mungkin ada kucing BSH yang memiliki berat lebih dari berat tersebut.

BSH memiliki postur tubuh yang padat, terlihat kuat dan juga berotot disertai dengan bagian pinggul dan juga bahunya yang lebar. Kepala kucing ini berbentuk bulat, pipinya tembem atau terisi penuh, hidungnya lumayan pesek dan lumayan lebar, dan juga memiliki dagu pendek yang berbentuk bulat.

Karakter BSH

Pada bagian telinga bentuknya pendek dan berukuran sedang, bagian bawahnya lebar dan ujungnya sedikit melengkung dengan jarak yang sedang. Matanya berbentuk bulat dan juga besar dan juga bisa hadir dalam berbagai warna seperti gold, copper, odd eyes dan juga blue. 

British Shorthair memiliki kaki yang berukuran pendek, kakinya memiliki tulang yang kuat dan juga berotot. Bagian cakarnya berbentuk bulat di area jarinya, ekornya berbentuk tumpul di bagian ujung dengan bulu yang tebal, padat yang terkesan indah dan juga cocok dengan postur yang dimilikinya.

British Shorthair memiki sifat yang pendiam, tenang dan tidak terlalu banyak menuntut. Meski memiliki tubuh yang besar, kucing ini sangat mudah untuk diajak kemanapun untuk bermain atau jalan jalan. BSH akan menjadi teman yang penuh kasih sayang untuk keluarganya, dia akan senang untuk duduk disekitar anggota keluarga dan menunggu jika anggota keluarganya sedang keluar.

Kucing ini bukanlah kucing yang sangat aktif, sehingga catlovers tidak akan menemukannya disembarangan tempat. Dengan kecerdasan yang dimilikinya, kucing ini akan suka bermain dan juga bisa mempelajari beberapa trik seperti puzzle, lempar tangkap jika didukung dengan pelatihan yang sesuai. 



Perawatan Kucing British Shorthair

British Shorthair yang memiliki bulu pendek yang tebal dan halus akan lebih mudah dirawat daripada kucing berbulu panjang lainnya. Cukup lakukan penyisiran bulu dengan teratur untuk membantu kucing menghilangkan bulu yang mati dan merasang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Secara umum mandi tidak begitu diperlukan untuk kucing ini, namun jika catlovers ingin membuat bulu kucing ini menjadi lebih sehat maka tidak ada salahnya untuk memandikannya dengan teratur. Selain kesehatan bulu, catlovers juga harus memperhatikan kebersihan gigi, telinga, kuku atau cakar dan juga lingkungan hidup kucing.

Cara Merawat Kucing BSH

Sikatlah gigi kucing BSH secara teratur untuk mencegah terjadinya penyakit periodontal atau infeksi pada gusi. Potong kuku atau cakar kucing dengan teratur, dalam hal ini catlovers bisa menggunakan gunting kuku yang khusus digunakan untuk kucing atau juga bisa menggunakan gunting biasa yang sering digunakan manusia.

Periksa kebersihan telinga setiap minggu, jika dalam jeda waktu seminggu setelah telinga dibersihkan kotoran sudah kembali banyak maka ada kemungkinan telinga kucing terkena earmites, jadi bersihkan telinga kucing secara total dan tuntas untuk mencegah hal ini terjadi.

Lingkungan tempat tinggal kucing juga harus dijaga kebersihannya, bersihkan litter bix kucing dengan benar, perlengkapan makan kucing dan juga kandang jika menggunakannya. Pemeliharaan disarankan didalam ruangan atau rumah untuk menghindari kucing tertular penyakit dari kucing lain atau juga hal hal yang tidak dinginkan.

Pemberian vaksin kucing dan juga obat parasit jangan sampai dilupakan, vaksinasi berguna untuk melindungi kucing dari virus yang mematikan. Meski kucing tidak sepenuhnya kebal, namun dengan sedikit perawatan tambahan kucing akan segera pulih jika terkena virus. Obat parasit digunakan untuk menjauhkan kucing dari kutu, berikan obat tetes kutu pada kucing supaya kucing terhindar dari infeksi kulit yang disebabkan oleh kutu atau semacamnya.



Kesehatan Kucing British Shorthair

Setiap kucing ras murni atau ras kucing hasil persilangan pasti akan memiliki beberapa masalah terkait kesehatannya yang bersifat genetik. Hal inipun juga terjadi pada kucing British Shorthair yang dimana ras kucing ini sering mengalami radang gusi dan juga kardiomiopati hipertrofik pada setiap jenisnya.

Kardiomiopati hipertrofik atau hypertophic cardiomyopathy (HCM) merupakan bentuk penyakit pada jantung kucing yang paling umum. Penyakit ini menyebabkan penebalan pada otot jantung yang menyebabkan kucing menjadi letih dan lesu, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan dan dalam kondisi yang buruk bisa mengalami gagal jantung.

Selain kedua penyakit tersebut ada juga penyakit lain yang sering terlihat dari kucing BSH, yaitu hemophilia B yang merupakan kelainan pendarahan herediter dan juga obesitas atau kelebihan berat badan yang disebabkan buruknya pola hidup kucing ini dari faktor makanan dan juga aktivitasnya. 



Harga Kucing British Shorthair

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing British Shorthair Import 40.000.000
Harga Kucing British Shorthair Lokal 20.000.000
Harga Kitten British Shorthair 15.500.000
Harga Kucing British Shorthair Dewasa 18.000.000

Rata rata harga kucing BSH di indonesia mungkin seperti harga diatas, karena di indonesia sendiri sudah banyak yang memelihara kucing ini maka harga adopsinya juga mudah diketahui. Harga tersebut bisa berbeda antara breeder satu dengan yang lain karena setiap breeder memiliki kebijakan masing masing serta kualitas kucing juga pasti berbeda pula, jadi catlovers jangan heran jika bertanya pada breeder BSH indonesia dan diberikan harga yang bervariasi. Demikian mengenai kucing BSH atau kucing British Shorthair, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing British Shorthair atau Kucing BSH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel