Kucing Genetta

Kucing Genetta adalah salah satu ras kucing yang masi tergolong baru karena ras ini masih baru muncul pada tahun 2006. Genetta termasuk varian dari kucing munchkin (kucing berkaki pendek), yang berarti ciri yang dimiliki kucing ini juga mirip dengan kucing munchkin yang berkaki pendek. 

Kucing ini merupakan kucing hasil persilangan dari kucing munchkin dan juga kucing bengal, karena hasil persilangan tersebut maka kucing ini memiliki ciri dari dua kucing yang berbeda, dia memiliki kaki yang pendek seperti kucing munchkin dan memiliki pola yang dimiliki kucing bengal seperti rosetted dan juga marble.

Jenis Kucing Genetta

Tujuan awal dikembangkannya kucing Genetta adalah untuk membuat kucing yang menyerupai Genet Afrika (sebuah hewan mirip kucing yang bertubuh ramping dan panjang) namun dengan kepribadian yang mirip dengan kucing dan cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan rumahan.

Jika kucing munchkin memiliki versi kaki panjang maka genetta juga demikian, kucing genetta berkaki panjang disebut sebagai genetta non standar. Kucing munchkin yang berkaki panjang disebut dengan kucing munchkin non standar yang tampak seperti kucing biasa, sedangkan untuk kucing genetta non standar akan terlihat mirip dengan kucing bengal.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Genetta

Sejarah Genetta dimulai pada tahun 2006 dimana pada tahun tersebut kucing ini mulai dikembangkan oleh Shannon Kiley yang merupakan peternak kucing dari Pawstruk Cattery. Pada masa ini beberapa orang menyukai hewan peliharaan yang eksotis, salah satu hewan yang banyak diinginkan orang untuk dipelihara adalah Genet Afrika. Berawal dari sinilah Kiley ingin menciptakan ras kucing baru tersebut.

Sejarah Genetta

Pada tahun 2006 Kiley memiliki sebuah ide untuk membuat jenis kucing baru yang akan bisa memuaskan penggemar hewan eksotis yang berharap bisa memelihara Genet namun tidak bisa mendapatkannya karena beberapa alasan atau orang yang hanya menyukai tampilan dari Genet ini.

Genet atau Genet Afrika merupakan hewan dengan tubuh kecil dan panjang yang memiliki pola tutul pada tubuhnya. Hewan ini termasuk dalam hewan liar, jadi tidak banyak orang yang bisa memeliharanya. Karena Genet memiliki penampilan yang terkasan liar dan unik, maka banyak orang ingin memeliharanya meski hewan ini bukanlah hewan peliharaan yang jinak.

Tujuan awal dikembangkannya atau diciptakannya kucing Genetta adalah membuat kucing yang menyerupai Genet Afrika (memiliki penampilan yang sama) namun dengan kepribadian yang jinak dan cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hal ini dilakukan Kiley supaya orang yang ingin memelihara Genet bisa mendapatkan pilihan hewan peliharaan lain yang menyerupai Genet.

Pada tanggal 13 Desember 2006 anak kucin Genetta lahir pertama kali didunia, setelah Kiley menghabiskan waktunya untuk memilih kucing yang akan digunakan sebagai dasar dari kucing baru tersebut dan memulai program pengembangannya. Meskipun kucing Genetta terlihat mirip dengan Genet Afrika, namun ini adalah kucing domestik dan tidak ada Genet yang digunakan untuk membuat ras kucing ini.

Pengembangan Genetta dilakukan dengan menyilangkan kucing Munchkin dan kucing Bengal (dikatakan juga menggunakan Savannah dan kedepannya bisa memasukkan beberapa keturunan dari Serval, Ocicat dan juga Oriental Shorthair) dengan hasil persilangan tersebut maka kucing Genetta menjadi memiliki kaki yang pendek seperti kucing munchkin dan juga memiliki warna dan pola seperti kucing bengal.

Setelah ras kucing Genetta berhasil dibuat para peternak kucing ini mulai berusaha untuk mendaftarkan kucing ini ke TICA (The International Cat Association) dengan tujuan supaya kucing ini bisa diakui oleh semua organisasi kucing yang ada dan mendapatkan penggemar baru atau peternak baru untuk ikut mengembangkan ras ini. 



Karakteristik Kucing Genetta

Kucing Genetta termasuk kucing berukuran sedang dengan bulu yang pendek. Seperti yang catlovers ketahui, kucing ini memiliki ciri khas yang unik yaitu kakinya pendek seperti kucing munchkin dan memiliki pola dan juga warna seperti kucing bengal. Genetta bisa memiliki semua pola yang dimiliki kucing bengal seperti rosetted dan juga marble, dan mungkin akan ada sparbled untuk kedepannya.

Seperti kucing bengal pada umumnya, kucing genetta bisa hadir dalam warna hitam, cokelat, silver dan juga snow untuk pola spotted dan untuk genetta marble bisa hadir dalam warna hitam, cokelat, silver, cinnamon dan juga snow. Kucing Genetta dengan warna umum seperti tortie, calico dan juga warna lainnya tidak diperbolehkan.

Karakter Genetta

Sama halnya dengan kucing munchkin, kucing genetta juga memiliki versi kaki panjang. Kucing genetta berkaki panjang disebut dengan kucing genetta non standar, kucing ini biasanya digunakan untuk indukan jika berkelamin betina, sedangkan untuk yang berkelamin jantan jika memiliki pola yang bagus akan dikawinkan kembali dengan genetta betina untuk mempercantik keturunan selanjutnya.

Walaupun kucing genetta memiliki kaki yang pendek, namun kucing ini tidak mengalami kesulitan bergerak sama sekali. Dia bisa berlarian kesana kemari, melompat ketempat tinggi dan juga menjelajah lingkungan tempat tinggalnya. Penampilan liar dari kucing ini sangat berbeda dengan sifatnya, jadi jangan menilai kucing ini dari sampul luarnya saja.

Genetta adalah kucing yang energik, suka bermain namun juga penuh kasih sayang. Kucing ini akan menikmati menjadi aktif, bisa bermain sepanjang hari dan bahkan juga bisa dilatih untuk melakukan lempar tangkap. Genetta selalu membutuhkan interaksi dengan keluarganya, jadi kucing ini tidak bisa ditinggal bepergian terlalu lama karena bisa merasa bosan dan cenderung berteriak.

Kucing ini adalah kucing yang ramah, karena itu kucing ini bisa menjadi peliharaan keluarga yang luar biasa. Karena sifatnya yang bersahabat, kucing ini bisa dengan mudah bergaul dengan kucing lainnya dan bahkan hewan peliharaan lain seperti anjing. Bermain dengan anak kecil bisa dilakukan, namun dalam hal ini pengawasan dari orang dewasa tetap harus diberikan.



Perawatan Kucing Genetta

Genetta merupakan jenis kucing berbulu pendek dan memiliki tingkat kerontokan bulu yang rendah. Minimnya kerontokan bulu pada kucing ini berasal dari kucing bengal yang memiliki karakteristik bulu yang licin dan padat. Secara keseluruhan perawatan bulu kucing Genetta sangatlah minimal dan mudah dilakukan, karena selain bulunya berukuran pendek, bulu kucing ini juga tidak mudah rontok.

Perawatan bulu kucing ini bisa dilakukan dengan cara melakukan penyisiran atau penyikatan bulu dengan teratur, hal ini berguna untuk membantu kucing mengurangi jumlah bulu mati pada tubuhnya dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali. Secara umum mandi jarang diperlukan untuk kucing ini karena bulunya yang selalu terlihat bersih.

Perawatan Genetta

Jaga kuku atau cakar kucing genetta untuk selalu pendek, lakukan pemotongan kuku atau cakar secara teratur. Untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi) maka usahakan untuk membersihkan giginya ketika ada waktu. Lakukan hal ini sesekali saja, hal tersebut sudah sangat bagus daripada tidak melakukannya sama sekali.

Selalu periksa kebersihan telinga kucing genetta, telinga yang jarang dibersihkan akan menimbulkan resiko kucing terkena earmites (kutu telinga kucing) selain itu, kotoran telinga yang menumpuk juga bisa menyebabkan infeksi. Bersihkan telinga kucing dengan hati hati, lakukan secara perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Membersihkan badan atau tubuh kucing memang hal yang penting, namun lingkungan kucing juga perlu dibersihkan. Bersihkan litter box kucing setiap hari, jangan lupa untuk menjaga kebersihan tempat makan minum yang biasa digunakan. Jaga air minum kucing selalu bersih, gantilah air minum jika terlihat kotor atau lakukan penggantian minimal 3 hari sekali.

Kucing genetta termasuk kucing yang aktif dan suka bermain, karena itu lingkungan pemeliharaan kucing ini harus cukup luas untuk memuaskan naluri bermainnya. Pemeliharaan dalam ruangan bisa dilakukan, namun jangan lupa untuk menyediakan mainan seperti cat condo, garukan, tower kucing dan beberapa mainan lain supaya kucing tidak merasa bosan.

Salah satu faktor yang membuat kucing ini terlihat menarik adalah bulu dan pola pada tubuhnya, karena hal itu maka tidak lucu jika kucing ini terkena kutu dan mengalami masalah masalah pada bulunya. Berikan obat anti kutu pada kucing ini, dengan begitu kesehatan bulu dan kulitnya akan selalu terjaga dan bebas dari parasit yang meresahkan.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada genetta adalah vaksinasi. Dengan memberikan vaksinasi maka kucing akan tahan terhadap beberapa virus kucing yang mematikan, memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan memiliki jaminan kesehatan yang lebih baik. Berikan vaksinasi dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini, dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Genetta

Semua kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu kucing hasil persilangan ataupun kucing ras murni. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya, begitupun juga dengan kucing genetta.

Secara umum genetta adalah kucing yang sehat, namun karena kucing ini merupakan kucing persilangan dari dua kucing yang berbeda maka beberapa penyakit bisa dialami oleh kucing ini. Sulit untuk menentukan potensi masalah kesehatan untuk kucing ini, namun dibawah ini merupakan panyakit yang sering ditemui pada kucing berkaki pendek dan juga kucing bengal.

  • Masalah pada tulang belakang atau lordosis sering ditemui pada kucing berkaki pendek
  • Dada cekung atau pectus excavatum yang membutuhkan pembedahan
  • Penyakit jantung seperti kardiomiopati hipertrofik dimana kondisi otot jantung menebal termasuk masalah kesehatan pada kucing bengal
  • Masalah mata yang sering dialami juga oleh kucing bengal, atrofi retina progresif yang menyebabkan batang dan kerucut mata kucing memburuk dan bisa menyebabkan kebutaan
  • Anestesi yang sensitif sering dialami oleh kucing bengal, selama proses anestesi (jika terjadi) maka kucing ini bisa mengalami reaksi alergi atau bahkan serangan jantung

Beberapa penyakit diatas hanya merupakan penyakit yang biasa terlihat pada kucing munchkin dan bengal, jadi bukan berarti kucing genetta akan terkena penyakit tersebut. Secara umum kucing munchkin dan bengal adalah kucing yang sehat, jadi kemungkinan besar kucing genetta pun juga demikian.

Beberapa penyakit umum bisa diderita oleh kucing ini, jadi pemberian perawatan terbaik tetap harus dilakukan supaya kucing tetap dalam kondisi yang sempurna. Berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan kucing, atur porsi makan yang diberikan untuk menjaga berat badan yang ideal dan selalu bersihkan lingkungan kucing untuk menghindari bakteri atau kotoran yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.



Harga Kucing Genetta

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Abyssinians Import 33.000.000
Harga Kucing Abyssinians Lokal 22.000.000
Harga Kitten Abyssinians 17.500.000
Harga Kucing Abyssinians Dewasa 19.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing biaya adopsi kucing genetta berkisar antara $1.200 hingga $2.000, dari biaya tersebut maka harga kucing genetta mungkin akan mirip seperti harga diatas. Harga tersebut tentu saja berdasarkan dari kualitas kucing genetta ini, dan untuk harga kucing genetta non standar pasti akan lebih murah daripada harga genetta standar.

Harga diatas merupakan harga rata rata untuk kucing ini, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena harga kucing genetta asli bisa lebih mahal atau lebih murah. Demikian mengenai kucing genetta kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Genetta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel