Kucing Pantherette

Kucing Pantherette adalah salah satu ras kucing hibrida yang masih dalam pengembangan. Tujuan pengembangan kucing ini adalah untuk menciptakan kucing yang terlihat mirip dengan Black Panther. Ras ini masih tergolong baru dan dalam pengembangannya menggunakan kucing Bengal Melanistic (Hitam) sebagai dasarnya.

Pantherette berasal dari persilangan antara kucing Bengal dengan warna Melanistic dengan kucing Maine Coon atau Pixie Bob ekor penuh hitam untuk menciptakan kucing berbulu pendek dengan badan yang besar dan berotot. Untuk membentuk otot, kucing bengal melanistic disilangkan dengan kucing Maine Coon.

Jenis Ras Kucing Pantherette

Setelah dihasilkan kucing yang sesuai, maka kucing ini pun disilangkan kembali dengan kucing bengal untuk menghilangkan sifat bulu panjang. Gen bulu panjang bersifat resesif dan tidak akan pernah dihilangkan dari breed, karena tujuannya adalah kucing bulu pendek berwarna hitam dan padat maka hal ini perlu untuk dilakukan.

Dikatakan orang-orang yang tekag mengembangkan kucing ini tidak terburu-buru untuk membuat kucing ini dikenal oleh banyak orang, ketika kucing ini sudah siap secara keseluruhan maka bukan Black Bengal yang akan terlihat, namun kucing jenis lain yang unik dan memiliki nama Pantherette. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Pantherette

Ras ini memiliki nama Pantherette karena nama ini dipilih untuk menggambarkan seperti apa kucing ini nantinya (Menyerupai Black Phanter) dan nama ini tidak ada hubungannya dengan genetika kucing ini. Di tempat lain tidak ada Panther (Macan Tutul Hitam) yang digunakan dalam proses pengembangan kucing ini.

Saat melakukan breeding dengan Bengal dan sukses selama bertahun-tahun, Mike dan Marie Bloodgood memperoleh Black F2 (Generasi kedua) Bengal domestik yang diberi nama Mica, mereka kagum karena kemiripan Mica dengan miniatur Black Panther. Hampir semua orang yang melihat kucing ini memiliki perasaan kagum yang sama dan tentu saja banyak juga yang menginginkannya.

Sejarah Ras Kucing Pantherette

Karena komplikasi dari pembiakan warna sloid (non agouti) dalam breed Bengal dan beberapa kecurigaan berlebihan terhadap pembiakan Black Bengal dalam anggota bagian breed TICA, Mike dan Marie merasa akan lebih baik untuk memulai breed baru dengan menggunakan Melanistic Bengal sebagai salah satu ras dasar.

Melalui beberapa tahun seleksi yang cermat dan ujia pemuliaan jenis Pantherette akhirnya berhasil dikembangkan oleh Mike dan Marie dari Bamboo Cattery. Mereka adalah pendiri Pantherette yang merupakan ras baru dan terdaftar di International Progressive Cat Breeders Alliance (IPCBA).

Pantherette adalah breed baru yang diakui dalam pengembangan dan nama kucing ini memiliki perlindungan yang dimiliki oleh para pendiri. Banyak yang menyebutkan Bengal Melanistic adalah Pantherette dan hal ini salah, Black Bengal bukanlah Pantherette dan kucing ini tifak pernah menjadi Pantherette.

Ras kucing Pantherette ini masih dalam pengembangan dan dikatakan tidak ada kucing Pantherette yang dijual atau dilepas ke publik. Para pengembang telah melakukan banyak percobaan persilangan dan juga mendapatkan hasil yang beragam. Salah satu kucing yang pernah digunakan adalah kucing Gurun Mojave.

Menurut pengambang, menciptakan breed dengan benar membutuhkan dedikasi, pengorbanan, investasi dan penelitian selama bertahun-tahun. Mereka tidak hanya meniru tampilan Phanter berotot besar menjadi kucing rumah dengan ukuran kecil, tetapi mereka juga meneliti tentang kesalahan dan juga kelemahan genetik yang diwariskan.



Karakteristik Kucing Pantherette

Pantherette adalah kucing hibrida domestik merupakan kucing peliharaan yang hebat, namun hal yang perlu diingat adalah kucingnini memiliki sisi liar dan mereka terkadang bisa mencoba untuk melarikan diri. Ukuran kucing ini tentu saja akan lebih besar dari kucing biasa dan merupakan kucing yang benar-benar cantik.

Kucing ini memiliki bentuk kepala yang membulat, lebih panjang dari lebarnya dan memiliki tampilan kuat dan berbeda dari kucing biasanya. Telinganya berukuran kecil hingga sedang, relatif pendek dengan pangkal lebar dan ujung yang membulat. Matanya berbentuk oval namun hampir membulat dan memiliki ukuran sedang.

Karakter Ras Kucing Pantherette

Pada bagian dagu terlihat kuat dan sejajar dengan ujung hidung pada profil kucing. Moncong kucing ini terlihat penuh, berbentuk persegi dan lebar dengan bantalan kumis besar yang menonjol dan tulang pipi yang menonjol juga. Hidungnya besar dan lebar dengan kulit hidung sedikit mengembang.

Pantherette memiliki leher yang besar, berotot dan proporsional dengan kepala serta tubuhnya. Tubuhnya panjang dan besar, tidak oriental, punggung agak melengkung dengan kantong perut lebih disukai. Umumnya ukuran yang dimiliki kucing jantah akan lebih besar dari kucing betina Pantherette pada umumnya.

Kaki kucing ini berotot dan kuat, panjangnya sedang dan ukuran kaki belakang akan lebih panjang daripada kaki bagian depan. Cakarnya besar dan bulat, jari menonjol dengan 5 jari pada bagian depan dan 4 jari dibagian belakang. Ekor memiliki panjang sedang, tebal, sedikit meruncing dan membulat pada bagian ujungnya.

Pantherette adalah kucing yang sangat berotot terutama pada kucing jantan. Bulunya memiliki ukuran pendek hingga sedang dengan tekstur padat, mewah dan lembut dan halus ketika disentuh. Dalam pewarnaan bulunya tentu saja akan memiliki warna hitam berkilau, beberapa ada yang memiliki pola pada tubuhnya dan tabby termasuk didalamnya.

Pada anak kucing Pantherette yang masih kecil kemungkinan pola ini akan terlihat lebih jelas, tetapi akan menjadi lebih gelap, halus dan juga hitam seiring bertambahnya usia kucing. Kulit hidung dan bantalan kaki hitam dengan sedikit coklat diperbolehkan, namun pada Pantherette dewasa harus berwarna hitam dengan kemilau yang tinggi yang memiliki lapisan perak di bawahnya.

Tidak disebutkan dengan jelas bagaimana kepriadian atau perilaku dari kucing Pantherette ini, karena ini merupakan persilangan dari kucing bengal maka kemungkinan kucing ini akan menjadi kucing yang aktif, suka bermain, namun ketika berurusan dengan anak-anak harus tetap membutuhkan pengawasan.



Perawatan Kucing Pantherette

Minimnya informasi yang didapatkan dari kucing ini membuat tidak ada informasi terkait bagaimana cara memberikan perawatan atau ada tidaknya perawatan khusus yang harus diberikan, karena hal ini maka cara merawat kucing Pantherette ini akan diberikan dengan perawatan kucing lain pada umumnya yang tentunya catlovers juga sudah sering membacanya.

Untuk menjaga kesehatan bulu kucing tetap sehat maka berikan penyikatan atau penyisiran mingguan untuk membantu kucing mengurangi jumlah bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali. Memandikan kucing perlu dilakukan sesekali guna menjaga kesehatan bulu dan juga kulitnya.

Perawatan Ras Kucing Pantherette

Potonglah kuku atau cakar kucing dengan teratur, umumnya hal ini dilakukan seminggu atau dua minggu sekali. Lakukan kebiasaan hal ini sejak kucing masih kecil supaya mudah untuk dilakukan, jika hal ini dimulai ketika kucing sudah dewasa maka kemungkinan kucing belum terbiasa dan akan menjadi agak sulit.

Bersihkan gigi kucing untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing) yang sering terjadi. Kebersihan harian gigi kucing memanglah yang terbaik dan perlu dilakukan, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing, penumpukan kotoran yang ada di telinga kucing bisa menjadi penyebab infeksi, selain itu telinga kucing yang kotor juga menjadi salah satu tanda kucing terkena earmites. Bersihkan telinga kucing dengan teliti dan perlahan, periksa setiap bagian dari telinga kucing dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Pemberian obat kutu pada kucing perlu untuk dilakukan, hal ini akan menghindari kucing dari kutu dan juga beberapa penyakit kulit yang biasanya terjadi. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adala obat kutu kucing tetes yang pemberiannya diteteskan pada tengkuk kucing. Obat ini dikatakan selain bisa membasmi seluruh kutu juga bisa membasmi telur kutu pada tubuh kucing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksinasi pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus tertentu, karena hal inilah vaksin sangat penting untuk kucing. Berikan vaksin dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Pantherette

Semua jenis ras kucing entah itu ras kucing hasil persilangan ataupun ras kucing alami yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali pasti bisa memiliki kemungkinan untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi panyakit dari kedua orang tuanya.

Dikatakan kucing Pantherette telah menderita cacat genetik yang dimana cacat ini seringkali memerlukan pembedahan. Seekor kucing Pantherette juga membutuhkan diet terbaik supaya tetap memiliki berat badan yang ideal. Orang yang mengembangkan kucing ini memberikan informasi bahwa mereka sering mengalami masalah penyakit radang usus dan juga diare. 



Harga Kucing Pantherette

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Pantherette Import -
Harga Kucing Pantherette Lokal -
Harga Kitten Pantherette -
Harga Kucing Pantherette Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas terkait harga kucing Pantherette, karena itu saya juga tidak akan memberikan perkiraan harga seperti biasanya. Jika ada salah satu catlovers yang mengetahui informasi terkait ras ini silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah supaya catlovers lain mengetahuinya. Demikian informasi mengenai kucing Pantherette, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Pantherette"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel