Kucing Safari

Kucing Safari adalah ras kucing yang termasuk dalam ras yang paling langka didunia ini (pada masa awal pendaftaran) yang dikatakan jumlahnya hanya ada 70 ekor yang terdaftar di Asosiasi Kucing Internasional. Kucing ini adalah hasil persilangan dari kucing Geoffreys dengan kucing domestik (moggy) dan dianggap sebagai Rolls Royce kucing eksotis.

Pengembangan yang dilakukan pada kucing ini dilakukan pada tahun 70an, namun pengembangan yang dilakukan ini sempat berhenti untuk sementara waktu karena pembatasan yang terjadi pada kucing Geoffrey. Akibat pembatasan yang dilakukan terhadap ini maka para pengembang pun mengalami kesulitan untuk menghasilkan kucing Safari.

Jenis Ras Kucing Safari

Pemberian nama Safari pada kucing ini dikarenakan warna bulunya yang bervariasi tergantung pada lokasi geografisnya. Mulai dari hitam, abu-abu perak hingga orange tua. Mereka adalah hewan yang sangat gesit sama seperti kucing dan merupakan karnivora yang memakan hewan pengerat, reptil, seranggga tanah atau bahkan di pohon.

Saat mengembangkan kucing Safari generasi pertama (F1), perawatan harus dilakukan karena beberapa kasus menunjukkan bahwa kucing Geoffrey jantan dapat menyerang indukan betina. Karena kasus ini maka kebanyakan peternak akhirnya menggunakan persilangan antara kucing Geoffrey Betina dengan kucing domestik jantanyang lebih aman. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Safari

Kucing Safari adalah hibrida dari kucing Geoffroys yang berasal dari Amerika Selatan. Mereka adalah kucing tidak biasa yang memberikan tampilan liar dengan kasih sayang yang jarang ditemukan pada kucing domestik. Dikatakan pengembangan pertama untuk kucing ini dilakukan pada tahun 1970an.

Pada masa ini pengembangan yang dilakukan dibagi menjadi dua, beberapa digunakan untuk menciptakan hewan peliharaan dan beberapa juga digunakan untuk penelitian Leukimia oleh Washington State University. Sebagian orang menyebut Geoffroy adalah versi yang lebih kecil dari Margay atau Ocelot.

Pada awal pengembangannya ras kucing ini disebut dengan Criollo dan kemudian Appaloosa, namun seiring berjalannya waktu nama Safari lah yang dpilih karena nama ini menjurus kepada sifat kucing ini yang eksotis. Dengan adanya penelitian tersebut pun akhirnya pengembangan pada kucing ini dilakukan.

Setelah melakukan beberapa percobaan mengenai penelitian tersebut, hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Karena orang dari universitas ini merasa hal tersebut terlalu rumit maka pengembangan yang ditujukan terhadap penelitian pun akhirnya ditinggalkan dan akhirnya yang berjalan hanya program pengembangan ras kucing ini.

Setelah penelitian ditinggalkan, para peternak segera mengambil alih pengembangan breed yang dilakukan. Namun karena ada masalah kesuburan diantara ras kucing Safari jantan maka ras ini pun menjadi sulit untuk dikembangkan. Hal inilah yang menyebabkan ras kucing ini menjadi langka sampai sekarang.



Karakteristik Kucing Safari

Penampilan kucing Safari sangatlah memukau karena perkawinan silang yang dilakukan dengan nenek moyang kucing liarnya. Karena kelangkaan jenis ras kucing ini yang disebabkan masalah kesuburan pada kucing jantan maka tidak ada standar ras untuk kucing Safari

Kucing Safari adalah kucing berukuran sedang hingga besar, beberapa generasi awal kucing ini memiliki berat sekitar 15kg. Seiring pengembangan yang dilakukan dan beberapa generasi terlewati maka berat kucing ini pun menjadi semakin kecil dan kecil lagi. Pada saat ini dikatakan berat untuk kucing ini berkisar antara 11kg.

Karakter Ras Kucing Safari

Tipe tubuh kucing Safari sangat mirip dengan induk liarnya yaitu kucing Geoffroy. Mereka adalah kucing yang berotot dan terlihat kompak, kepalanya indah dan tampak liar. Telinga berukuran kecil dan bulat, kepala lebar dan hidung besar yang tumpul. Tanda pola pada tubuhnya biasanya berupa spotted atau rosetted atau bisa juga terdiri dari keduanya.

Safari memiliki warna bulu yang bervariasi mulai dari hitam, abu-abu perak, hingga orange tua. Semua pola warna yang ada kecuali yang hitam (melanistik) memiliki bintik mata putih (ocelli) di bagian belakang setiap telinga kecilnya yang membulat. Ciri ini adalah ciri yang juga dimiliki oleh kucing Savannah yang sama-sama berasal dari kucing liar.

Terkadang kucing hasil persilangan dari kucing liar akan lebih suka untuk menghabiskan energinya untuk aktivitas fisik daripada dipeluk, namun hal tersebut berbeda dengan kucing Safari yang sangat penyayang. Mereka biasanya akan menikmati sesi permainan kecil yang menghibur dan merangsang mereka untuk bergerak.

Jika kebutuhan mereka untuk aktivitas fisik terpenuhi mereka akan bersantai dengan pemiliknya kapanpun mereka mau. Dalam hal ini pastikan untuk memiliki tempat yang tinggi untuk mereka beristirahat. Safari adalah kucing yang hedat dalam belajar serta waspada terhadap orang asing.

Ketakutan atau kewaspadaan terhadap orang asing sangatlah bervariasi dari kucing satu dan lainnya, akan tetapi karena umumnya kucing ini sangat energik dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi maka mereka biasanya mudah beradaptasi dengan hal-hal baru termasuk hal ini.

Selalu penting untuk memastikan kucing mendapatkan aktivitas fisik dan stimulasi yang cukup apapun jenisnya. Jadi selama Safari tumbuh di lingkungan yang lengkap maka mereka akan mampu mengatasi kesendirian.Ras kucing hibrida tertentu bisa sedikit lebih cerewet dari ras lain pada umumnya, dan dalam hal ini kucing Safari juga termasuk.



Perawatan Kucing Safari

Dalam hal perawatan, sama seperti kebanyakan ras kucing lainnya. Diperlukan penyikatan atau penyisiran mingguan pada bulunya untuk menjaga kesehatan bulunya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah bulu mati pada tubuh kucing dan juga merangsang pertumbuhan bulu baru.

Tidak ada perawatan khusus yang harus diberikan pada ras kucing ini, jadi selanjutnya perawatan yang diberikan akan sama dengan perawatan kucing lain. Potonglah kuki atau cakar kucing dengan teratur, dalam hal ini sebaiknya dibiasakan sejak kucing masih kecil supaya ketika kucing sudah dewasa pmotongan kuku bisa dilakukan dengan mudah.

Perawatan Ras Kucing Safari

Kebersihan gigi kucing perlu untuk dijaga supaya kucing terhindar dari penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Membersihkan gigi setiap hari adalah yang terpenting, namun membersihkannya sesekali juga sudah sangat bagus daripada tidak pernah membersihkan gigi kucing sama sekali.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing ini, telinga kucing yang dibiarkan kotor bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi salah satu tanda kucing terkena earmites. Periksa seluruh bagian telinga kucing dengan teliti, bersihkan bagian yang kotor dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Obat kutu juga harus diberikan pada ras kucing ini, hal ini dilakukan supaya kucing bebas dari ancaman kutu dan juga berbagai macam penyakit kulit lainnya. Obat kutu yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, dikatakan obat ini selain bisa membasmi kutu juga bisa membasmi seluruh telur kutu yang ada.

Karena kucing ini termasuk kucing yang memiliki banyak energi maka dalam pemeliharannya sebaiknya diberikan ruangan yang cukup besar supaya kucing bisa leluasa dalam beraktivitas. Menyediakan beberapa mainan juga sangat disarankan, dengan begitu ketika kucing sedang ditinggal sendirian dirumah ada kesibukan yang membuatnya nyaman.

Hal terakhir yang perlu diberikan supaya kucing terjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus tertentu yang berbahaya dan bahkan mematikan, jadi dengan vaksinasi maka kucing tidak akan rentan terkena virus ini. Berikan vaksin pada kucing secara lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali. 



Kesehatan Kucing Safari

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengambangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing hasil persilangan ataupun ras kucing murni yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Mengembangkan sebuah breed untuk berkembang biak bukanlah tugas yang mudah. Kucing Safari jantan memiliki masalah dalam kesuburan yang sama seperti kucing Bengal dan kucing Savannah. Kucing Safari betina yang subur sering menjadi kucing berkembang biak sedangkan untuk kucing Safari jantan sering dijual sebagai hewan peliharaan.

Secara umum kucing Safari adalah kucing yang sehat dan memiliki masa hidup sekitar 15 tahun dan tentu saja hal ini tergantung dari perawatan yang diberikan. Karena kurangnya informasi maka sulit untuk menentukan masalah kesehatan kucing ini dan beberapa masalah kesehatan juga tidak diketahui karena kucing ini tergolong kucing yang langka. 



Harga Kucing Safari

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Safari Import -
Harga Kucing Safari Lokal -
Harga Kitten Safari -
Harga Kucing Safari Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas mengenai perkiraan harga kucing Safari ini, yang jelas, sama seperti kebanyakan ras kucing keturunan liar lainnya, semakin mendekati generasi awal maka kemungkinan harga akan semakin mahal. Karena sulitnya mencari gambar atau foto kucing ini maka gambar yang ada diatas menggunakan kucing Geffroy yang merupakan moyang dari kucing Safari.

Jika ada salah satu catlovers yang mengetahui mengenai informasi harga kucing ini silahkan menambahkannya pada kolom komentar yang ada dibawah supaya catlovers lain juga mengetahuinya. Demikian informasi mengenai kucing Safari, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Safari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel