Kucing Sam Sawet

Kucing Sam Sawet adalah salah satu ras kucing yang berasal dari Thailand dan merupakan ras kucing alami. Meski ras kucing ini belum mendapatkan pengakuan dari organisasi kucing yang ada dan tidak banyak informasi terkait dari ras kucing ini namun jenis ras ini telah mendapatkan popularitas yang cukup besar di kalangan peternak kucing dunia.

Sam Sawet dalam bahasa Thailand disebut dengan แซมเศวต. Ras kucing ini merupakan ras baru yang belum lama ditemukan, karena hal ini maka ras kucing ini juga belum memiliki standar rasnya. Kucing domestik dari Thailand ini populer karena penampilan mereka yang lucu dan dalam perawatannya tidak membutuhkan banyak perhatian.

Jenis Ras Kucing Sam Sawet

Mereka adalah kucing yang memiliki tubuh proporsional dan penampilan yang halus. Bulu kucing ini tergolong halus, ekornya panjang, mata berukuran sedang dan telinganya tegak. Karena ini adalah ras kucing alami maka kucing ini bukanlah hasil persilangan dari ras kucing manapun.

Tidak banyak informasi terkait ras kucing ini, karenanya beberapa detail mengenai kucing ini tidak akan dijelaskan. Seperti yang catlovers ketahui, ras kucing yang berasal dari Thailand sangat banyak sekali dan semuanya juga menarik. Dalam hal ini tentu saja kucing Sam Sawet juga tidak kalah menarik dibandingkan dengan semua ras yang ada.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Sam Sawet

Sejarah Sam Sawet digambarkan pertama kali dalam koleksi manuskrip kuno yang disebut dengan Tamra Maew. Tamra Maew adalah sebuah buku yang berisi puisi-puisi tentang kucing yang diperkirakan berasal dari kerajaan Ayutthaya sekitar 1351 sampai 1767 M.

Selain kucing Sam Sawet, pada Tamra Maew juga digambarkan beberapa jenis ras kucing lainnya yang berasal dari Thailand seperti kucing Korat, Siam, dan kucing Khao Manee. Kucing ini belum menerima pengakuan apapun dari organisasi kucing dan tidak banyak informasi terkait ras kucing ini.

Perkembangan yang ada pada kucing ini tidak dijelaskan secara jelas, mereka juga tidak memiliki standar breed khusus dan informasinya juga terbatas, namun meski demikian kucing ini telah mendapatkan popularitas yang cukup besar di kalangan peternak kucing yang ada di seluruh dunia.



Karakteristik Kucing Sam Sawet

Sam Sawet adalah kucing berukuran sedang dengan rata-rata berat 9kg sampai degan 13kg. Tubuh kucing ini sangatlah proporsional dengan otot yang baik. Kaki berukuran sedang dan panjang, cakar berbentuk oval dengan jari-jari kaki yang jelas. Ekor kucing ini tebal pada bagian pangkalnya dan meruncing ke ujung dan membulat.

Karakter Ras Kucing Sam Sawet

Kucing ini memiliki tulang pipi yang relatif tinggi dan moncong yang sempit tanpa sejumput kumis. Dengan komposisi tersebut maka kucing Sam Sawet terlihat memiliki moncong yang sempit dan mulut yang kecil. Mereka memiliki mata lonjong dengan sudut luar yang miring ke arah telinga.

Jika dibandingkan dengan beberapa ras kucing lainnya, mata kucing Sam Sawet bukanlah ciri yang paling menonjol. Telinganya berukuran sedang, memiliki jarak yang lebar dan meruncing ke bagian ujung. Jumbai pada telinganya bisa terlihat di sepanjang sisi dalam telinga kucing ini.

Ras kucing ini memiliki lapisan bulu pendek yang lembut saat disentuh. Karena efek ticking pada bulunya maka hal ini mencerminkan kilau yang bersinar. Bulu kucing Sam Sawet biasanya berwarna cokelat, cokelat kehitaman, hitam yang mungkin ada juga warna lainnya yang belum ditemukan.

Sam Sawet adalah jenis kucing yang tidak perlu dikhawatirkan, mereka adalah kucing yang memiliki kepribadian menyenangkan. Beberapa orang mengatakan bahwa kucing ini dapat merusak perabotan rumah karena tingkahnya, sangat malu jika bertemu dengan orang asing. Namun setelah kucing ini berada pada sebuah keluarga yang suka dengan kucing mereka akan menjadi kucing yang penyayang.

Mereka bukan kucing pangkuan, namun mereka akan menghargai perhatian yang diperoleh dan tidak akan menuntut perhatian yang berlebihan. Kucing ini tergolong kucing yang mandiri dan bisa menghibur dirinya sendiri diantara waktu-waktu berkualitas dengan sebuah keluarga. 

Ras kucing ini juga adalah kucing yang cerdas dan mampu mempelajari beberapa trik dan memanipulasi teka-teki dari mainan kucingnnya. Dikatakan kucing ini juga merupakan jenis kucing yang mudah bergaul meski pergaulan dengan anak-anak dan hewan peliharaan lain masih memerlukan pengawasan. 



Perawatan Kucing Sam Sawet

Karena kucing Sam Sawet memiliki bulu berukuran pendek maka dalam hal perawatan kucing ini termasuk dalam tingkat rendah. Untuk membantu bulu kucing ini tetap sehat maka berikan penyikatan atau penyisiran mingguan untuk mengurangi jumlah bulu mati pada tubuhnya dan juga mendistribusikan minyak kulit supaya bulunya tetap berkilau.

Perawatan Ras Kucing Sam Sawet

Tidak ada perawatan khusus yang perlu diberikan pada kucing ini, karenanya perawatan selanjutnya hanya perawatan umum yang biasa diberikan pada kucing. Potonglah kuku atau cakar kucing secara teratur, hal ini biasanya dilakukan setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali tergantung kondisi kucing itu sendiri.

Menjaga kebersihan gigi kucing perlu untuk dilakukan untuk tindakan pencegahan terhadap penyakit periodontal (infeksi gusi). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing ketika ada waktu. Telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang ada, selain itu telinga kotor juga menjadi salah satu tanda kucing terkena earmites. Periksa seluruh bagian telinga kucing dengan teliti, bersihkan secara perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Kutu adalah salah satu masalah pada kucing yang perlu diatasi, jadi pemberian obat kutu pada kucing harus dilakukan. Obat kutu kucing yang bagus adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, dikatakan obat ini selain bisa membasmi kutu pada tubuh kucing juga bisa membasmi telur kutu yang sudah ada.

Kucing ini bisa bertahan hidup dengan baik baik diluar ataupun didalam ruangan, namun sebaiknya dalam pemeliharaannya dilakukan didalam ruangan supaya kucing terhindar dari penularan penyakit dari kucing liar, serangan dari hewan lain, dan bahkan juga resiko oleh dicuri oleh seseorang.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kesehatannya adalah dengan vaksinasi. Vaksinasi pada kucing berguna untuk memberikan kucing ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya atau bahkan mematikan, karena itu vaksin harus diberikan pada kucing. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Sam Sawet

Semua jenis ras kucing entah itu ras kucing hasil dari persilangan ataupun ras kucing murni yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Karena tidak ada dokumentasi tentang perkembangan dan kesehatan breed ini dan karena ras ini juga termasuk dalam ras kucing alami maka kucing ini dianggap sebagai ras kucing yang sehat. Dibawah perawatan dan diet yang tepat mereka dapat hidup hingga rata-rata 15 tahun atau bahkan bisa lebih dari itu. 



Harga Kucing Sam Sawet

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Sam Sawet Import -
Harga Kucing Sam Sawet Lokal -
Harga Kitten Sam Sawet -
Harga Kucing Sam Sawet Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas mengenai harga kucing Sam Sawet ini, jadi dengan begitu untuk perkiraan harga kucing kali ini tidak akan saya berikan. Jika salah satu diabtara catlovers yang membaca mengenathuinya maka silahkan menambahkan informasi terkait pada kolom komentar dibawah supaya catlovers lain mengetahuinya. Demikian informasi mengenai kucing Sam Sawet ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Sam Sawet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel