Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Telinga Lipat Skotlandia merupakan ras kucing yang berasal dari Skotlandia. Scottish Fold atau SCF adalah ras kucing alami yang dulunya dikenal dengan nama Flops. Keunikan dari kucing ini adalah bentuk telinganya yang fold atau melipat kedepan.

Telinga melipat yang dimiliki kucing ini membuat mereka disebut sebagai ras kucing yang berwajah burung hantu atau kucing coupari. Meski memiliki telinga melipat namun keturunan atau saudara dari kucing ini masih bisa memiliki telinga lurus seperti kucing biasa dan kucing ini disebut sebagai kucing Scottish Straight atau SS.

Jenis Ras Kucing Scottish Fold

Anak kucing Scottish Fold yang baru saja lahir akan memiliki telinga seperti anak kucing lain pada umumnya. Lalu seiring dengan bertambahnya usia kucing maka telinga tersebut akan mulai menekuk kedepan, hal ini biasanya terjadi pada saat usia kucing menyentuh 3 sampai dengan 4 minggu.

Telinga dari kucing ini berasal dari mutasi genetik spontan seperti bulu keriting pada kucing dan telinga kucing ini berasal dari mutasi semacam itu. Scottish Fold bisa hadir dalam berbagai warna dan pola pada bulunya yang bisa berukuran pendek ataupun panjang. Varian berbulu panjang dari kucing ini dikenal sebagai kucing Highland Fold.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Scottish Fold

Sejarah Scottish Fold dimulai dari seekor kucing bernama Susie yang ditemukan pada tahun 1961 di peternakan McRae dekat Cougar Angus yang merupakan sebuah kota di Perth dan Kinros, Skotlandia. Semua kucing Scottish Fold yang ada dapat dilacak silsilahnya dan semua pasti akan kembali ke kucing ini.

Susie adalah kucing berwarna putih dan memiliki bentuk telinga yang unik, bentuknya terlipat dan berbeda dari telinga kucing pada umumnya. Peternak kucing British Shorthair yang bernama William dan Mary Ross tertarik dengan kucing yang tidak biasa ini dan melihat adanya potensi Susie untuk menjadi ras kucing baru.

Sejarah Ras Kucing Scottish Fold

William dan Ross bertanya kepada McRae apakah bisa mengadopsi kucing itu, namun mereka hanya dijanjikan akan diberikan anak pertama dari Susie. Ibu Susie adalah kucing putih dengan telinga lurus biasa dan ayahnya tidak diketahui, jadi tidak jelas apakah Susie adalah kucing telinga lipat pertama atau bukan karena ayahnya yang tidak diketahui.

Pada tahun 1963, Susie melahirkan dua anak kucing yang memiliki telinga melipat dan sesuai janji McRae, salah satu dari kedua anak kucing tersebut akhirnya diberikan kepada William dan Ross. Anak kucing ini berwarna putih dan memiliki telinga terlipat yang cantik seperti ibunya, lalu dia pun diberi nama Snooks.

Atas saran dari ahli genetika Inggris yang bernama Peter Dyte, Ross memulai program pengembangan dengan menggunakan kucing Biritish Shorthair yang ada di catterynya dan beberapa kucing domestik yang dibesarkan secara acak. Mereka mengambil nama Denisla sebagai Cattery yang diambil dari nama dua sungai, Den dan Isla yang mengalir melewati kediaman mereka.

Setelah beberapa pengembangan yang dilakukan, William dan Ross segera menyadari bahwa gen telinga melipat itu dominan dan hanya satu orang tua saja yang membutuhkan gen untuk mewariskan sifat unik tersebut. Setiap kucing yang memiliki gen ini akan memiliki kemungkinan sekitar 50% untuk melahirkan anak kucing dengan telinga melipat.

Pada awalnya Ross menyebut kucing ini Lops karena melihat jenis kelinci dengan telinga yang sama yaitu Lop-ear. Namun pada tahun 1966 mereka mengganti nama tersebut menjadi kucing Scottish Fold untuk menghormati sifat uniknya dan juga negara tempat kucing ini pertama kali ditemukan.

Di tahun yang sama yaitu 1966, keluarga Ross mendaftarkan kucing Scottish Fold mereka ke GCCF (Governing Council of the Cat Fancy). Bersama dengan para penggemar dari kucing ini yang telah ada selama pengembangan akhirnya keluarga Ross memulai proses penerimaan untuk kucing telinga lipat mereka.

Sejumlah breeder sangat antusias dengan breed baru ini, namun GCCF segera memberikan informasi terkait potensi infeksi telinga, infestasi tungau telinga dan ketulian meski hal ini sama sekali tidak berdasar. Selanjutnya hal yang menjadi kesulitan pun menjadi nyata terkait masalah genetik dari kucing ini yang diumumkan GCCF.

Pada tahun 1971, GCCF menutup pendaftaran kucing Scottish Fold dan melarang lebih lanjut. Karena masalah ini maka Scottish Fold pun berpindah ke Amerika Utara demi menuju pengakuan. Scottish Fold diterima untuk pendaftaran di CFA pada tahun 1973, status sementara pada tahun 1977 dan pada tahun 1978 mendapatkan pengakuan penuh.

Dalam waktu yang singkat kucing ini diterima oleh semua asosiasi kucing Amerika Utara dan menjadi salah satu ras kucing terpopuler. Versi bulu panjang dari ras ini tidak diakui secara resmi sampai pertengahan tahun 1980an meskipun anak kucing dengan bulu panjang sudah muncul sejak awal pengembangan kucing ini.

Susie yang merupakan kucing yang asal usulnya tidak diketahui mungkin membawa gen resesif untuk bulu panjang, selain itu penggunaan kucing Persia di pengembangan awal juga membantu gen bulu panjang ini. Beberapa asosiasi menerima kucing ini sebagai varian, namun beberapa juga mengakui sebagai breed terpisah dan disebut dengan Highland Fold atau Longhair Fold.



Karakteristik Kucing Scottish Fold

Scottish fold adalah kucing berukuran sedang yang memiliki berat badan rata-rata 4 hingga 6 kg untuk kucing jantan dan 3 hingga 4kg untuk kucing betina. Berat ini merupakan berat rata-rata, jadi kemungkinan masih ada kucing Scottish fold yang memiliki berat lebih besar dari berat tersebut.

Tubuhnya berukuran sedang, bulat dan penampilan keseluruhan untuk kucing ini adalah bulat dengan telinga yang sedang. Tidak hanya tubuh, kepalanya juga berbentuk bulat dengan dagu dan rahang yang kokoh dan moncong memiliki bantalan kumis yang bulat. Lehernya berukuran pendek yang menyatu dengan baik bersama kepalanya.

Karakter Ras Kucing Scottish Fold

Ada dua jenis telinga pada kucing ini, untuk kucing Scottish dengan telinga fold bentuk telinganya berukuran pendek dan terlipat kedepan yang terlihat menutupi lubang telinganya. Sedangkan satunya lagi adalah Scottish Straight yang memiliki bentuk telinga normal dan sama seperti dengan kebanyakan kucing umumnya.

Mata Scottish terbuka lebar dan memberikan ekspresi manis. Besar, bulat dan dipisahkan dengan hidung yang lebar. Warna mata pada kucing ini biasanya akan sesuai dengan warna bulunya, untuk warna mata biru dan juga odd eye bisa muncul dalam semua pola putih seperti van dan juga bicolor.

Kaki tergolong pendek, jari-jari kaki rapi dan bulat dengan lima jari pada bagian depan dan empat pada bagian belakang. Ekor berukuran sedang hingga panjang, bentuknya sangat proporsional dengan tubuh, meruncing dan mungkin juga berujung pada ujung yang membulat.

Scottish bisa hadir dalam pola apapun kecuali warna yang menunjukkan bukti hibridisasi yang menghasilkan warna cokelat, lavender, pola himalaya dan kombinasi warna tersebut dengan warna putih. Bulu kucing ini padat, mewah dan memiliki tekstur yang lembut, sedangkan untuk Highland Fold (Scottish Fold longhair) bulunya berukuran sedang hingga panjang.

Kucing Scottish Fold yang baru saja lahir tidak langsung memiliki telinga yang melipat. Ketika baru lahir, anak kucing akan memiliki telinga seperti biasanya, lalu seiring bertambahnya usia kucing lipatan akan terlihat semakin jelas. Tidak semua anak kucing ini akan memiliki telinga yang fold, beberapa akan memiliki telinga lurus yang disebut dengan kucing Scottish Straight.

Biasanya lipatan yang terjadi pada telinga kucing akan terlihat pada usia 21 hari, namun untuk peternak yang sudah berpengalaman mungkin bisa mengetahuinya lebih cepat. Tingkat lipatan pada telinga kucing ini pun juga bervariasi, dalam jenisnya tingkatan tersebut ada 3 kelas, yaitu :

Single Fold

Telinga kucing scottish yang hanya melipat pada bagian ujungnya saja, jika dilihat secara sekilas telinga kucing hanya seperti sedikit menekuk kebagian depan.

Double Fold

Untuk telinga ini lipatan yang ada akan terlihat jelas namun tidak begitu tajam, telinga kucing yang melipat ini akan sedikit terangkat dan menyisakan ruang antara telinga dengan kepala.

Triple Fold

Tipe ini adalah tipe telinga yang banyak dicari orang, karena bentuk telinga yang ini sangat melipat dan bahkan tidak menyisakan ruang antara telinga dan kepala yang membuat kesan semua lubang telinga kucing tertutup.

Semua jenis telinga diatas adalah jenis telinga kucing Scottish yang terlipat dan untuk yang bertelinga lurus biasa tentu saja disebut dengan Straight. Ketiga jenis telinga diatas juga berlaku untuk kucing Gaelic, namun yang membedakan kedua jenis ini hanya ukuran kaki yang dimana Gaelic memiliki kaki pendek atau cebol.

Baca Artikel Utama : Kucing Gaelic atau Kucing Scottish Kilts

Banyak kasus yang terjadi pada kitten Scottish, pada awal usia 3 bulanan telinganya sangat bagus (fold), namun seiring bertambahnya usia kucing telinga ini berubah menjadi lurus atau straight. Ini adalah kejadian yang umum dan bahkan kucing Scottish import juga banyak yang mengalaminya.

Faktor perubahan bentuk telinga ini bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah cuaca dan juga suhu yang sangat mempengaruhi. Scottish import yang berasal dari cuaca dingin dan dibawa ke Indonesia yang panas akan mengalami perubahan bentuk telinga karena perubahan suhu yang ada (menurut saya pribadi), namun beberapa litter yang sudah berkembang di Indonesia juga tidak mengalaminya.

Kucing Scottish biasanya cerdas, pemarah, memiliki suara yang lembut dan mudah untuk beradaptasi dengan orang dan situasi baru. Mereka adalah kucing yang setia dan cenderung akan terikat dengan satu orang dalam sebuah keluarga. Biasanya orang ini adalah orang yang memberikan makan dan perawatan harian pada mereka.

Meski sering terikat dengan satu orang saja, namun kucing ini juga akan bisa untuk dipeluk orang lain, namun keterikatannya akan terlihat jelas ketika kucing ini melihat orang yang mereka sayangi. Mereka berkembang dengan perhatian, namun juga tidak menuntut untuk selalu dipangkuan dan lebih memilih duduk bersebelahan saja.

Kucing ini juga akan menikmati beberapa permainan seperti menangkap beberapa mainan, bermain dengan anggota keluarganya dan tetap menjaga sisi menyenangkan ini hingga mereka beranjak dewasa. Dikatakan lipatan pada telinga kucing ini akan terlihat kurang jelas (berkurang) saat kucing sedang marah, sakit atau stress.



Perawatan Kucing Scottish Fold

Dalam hal perawatan kucing Scottish fold yang memiliki bulu lebat yang perlu disikat secara rutin. Berikan penyikatan atau penyisiran bulu mingguan untuk membantu merawat bulu kucing ini supaya tetap sehat. Perawatan yang diberikan ini berguna untuk mengurangi jumlah bulu mati pada tubuh kucing dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Potong kuku atau cakar kucing setiap beberapa minggu dan jika memungkinkan sediakan tiang garukan. Kebiasaan memotong kuku kucing sebaiknya dilakukan sejak dini atau pada saat kucing masih kecil, dengan membiasakan hal ini sejak dini maka ketika kucing sudah dewasa hal ini akan tetap mudah untuk dilakukan.

Perawatan Ras Kucing Scottish Fold

Pertahankan selalu kebersihan gigi kucing untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi). Kebersihan harian gigi kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat baik sekali daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Perhatikan kebersihan telinga kucing setiap saat, telinga kucing yang kotor bisa menjadi penyebab infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi salah satu tanda kucing terkena earmites. Periksa kebersihan telinga dengan teliti, bersihkan kotoran secara perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Obat kutu juga harus diberikan pada kucing ini guna mencegah kucing kutuan atau terkena beberapa masalah kulit lainnya. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, dikatakan obat ini selain bisa membasmi seluruh kutu juga bisa membasmi telur kutu pada tubuh kucing.

Scottish fold termasuk dalam kucing yang aktif, karena itu sebaiknya pemeliharaannya disediakan ruangan yang cukup luas dan juga beberapa mainan yang bisa membuatnya sibuk. Jika ada waktu berikan juga waktu bermain untuknya, hal ini selain bisa membuat kucing senang juga bisa mempererta hubungan dengan kucing.

Jagalah selalu kebersihan lingkungan kucing tinggal, bersihkan semua perlengkapan setiap hari mulai dari litter box, perlengkapan makan dan minum dan juga beberapa perlengkapan lain. Perlengkapan yang kotor bisa menjadi penyebab masalah kesehatan kucing terkait bakteri atau kotoran, karena itu hal ini juga penting.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahahan terhadap beberapa virus yang berbahaya atau bahkan mematikan, karena itulah vaksinasi sangat penting untuk kucing. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa melakukan pengulangan setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Scottish Fold

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Scottish Fold termasuk ras kucing yang rentan dengan penyakit ginjal polikistik atau PKD dan juga kardiomiopati hipertrofik serta penyakit sendi degeneratif yang paling sering mempengaruhi ekor, pergelangan kaki dan juga lutut yang dapat mengakibatkan berkurangnya rentang gerak kucing.

Selain beberapa penyakit tersebut, menurut beberapa informasi yang ada kucing ini juga bisa terkena osteochondrodysplasia, dan juga beberapa penyakit umum lain termasuk dengan obesitas. Semua hal mengenai kesehatan kucing pasti merujuk ke perawatan yang diberikan, karena itu selalu berikan perawatan pada kucing secara maksimal dan penuh tanggung jawab. 



Harga Kucing Scottish Fold

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Scottish Fold Import 40.000.000
Harga Kucing Scottish Fold Lokal 25.000.000
Harga Kitten Scottish Fold 15.000.000
Harga Kucing Scottish Fold Dewasa 18.000.000
Harga Kucing Scottish Straight 10.000.000
Harga Kucing Scottish Fold Mix 5.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing Scottish Fold, biaya adopsi untuk kucing ini berkisar antara $700 hingga $2.000. Dari rata-rata tersebut maka kemungkinan harga Scottish Fold akan seperti harga diatas. Harga Scottish Fold import yang tertera diatas belum ditambahkan dengan biaya pengiriman dan biaya lainnya ya catlovers.

Meski di Indonesia sendiri sudah banyak yang mengembangkan kucing ini, namun harga kucing Scottish Fold masih sangat tinggi. Tentunya harga tersebut juga tergantung dari kualitas kucing dan juga kebijakan breeder kucing itu sendiri. Beberapa ras kucing juga sudah disilangkan dengan kucing ini, karena itu jika ada Scottish Fold murah maka kemungkinan kucing ini sudah tidak pure atau bisa juga tidak memiliki sertifikat.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena selain harga yang ada hanya perkiraan, harga kucing Scottish Fold asli bisa lebih murah ataupun lebih mahal. Demikian informasi mengenai kucing Scottish Fold, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Scottish Fold"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel