Kucing Selkirk Rex

Kucing Selkirk Rex adalah salah satu ras kucing yang memiliki bulu bergelombang, hal ini tentu saja sudah bisa dilihat dari nama kucing ini yaitu Rex yang selalu menjadi nama penyerta bagi kucing dengan bulu keriting atau bergelombang. Berbeda dengan beberapa kucing Rex lainnya, kucing ini memiliki dua versi ukuran bulu dan tentu saja versi berbulu panjang dan versi berbulu pendek.

Kucing berbulu keriting merupakan hasil dari mutasi genetik spontan dan tentu saja kucing Selkirk Rex ini adalah salah satunya. Selkirk Rex adalah kucing yang dikembangkan dari kucing berbulu keriting yang ditemukan di tempat penampungan pada tahun 1987. Nama Selkirk Rex sendiri diambil dari nama pegunungan Selkirk yang ada didekat tempat kucing ini berasal.

Jenis Ras Kucing Selkirk Rex

Selkirk Rex dihargai karena kucing ini memiliki bulu keriting yang tidak biasa, namun selain bulunya, kucing ini juga memiliki kumis keriting yang menambah pesona mereka. Meski memiliki bulu keriting namun anak kucing dengan bulu yang lurus seperti kucing biasa masih bisa dihasilkan dari perkawinan kucing ini, dan hal ini sama seperti yang terjadi pada kucing munchkin yang bisa melahirkan anak berkaki panjang.

Dengan kepribadian Selkirk Rex yang lembut dan juga mudah bergaul maka kucing ini sangat cocok untuk rumah manapun yang memiliki anggota keluarga yang bisa mencintai kucing dan juga merawatnya. Dia adalah kucing yang penyayang dan suka berpelukan dan hal ini tentu saja menjadikannya pilihan yang baik untuk keluarga meski dengan anak kecil sekalipun. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Selkirk Rex

Selkirk Rex adalah kucing yang berbeda dari semua jenis kucing Rex lainnya seperti kucing Devon Rex dan juga Cornish Rex, selain kucing ini memiliki dua varietas yaitu berbulu panjang dan berbulu pendek, mereka juga memiliki bulu panjang yang normal dan tidak sebagian bulunya hilang.

Mereka juga berbeda dari LaPerm karena bulu Selkirk Rex lebih mewah dan sedikit lebih tebal. Mengenai gen, gen LaPerm adalah dominan sederhana dan gen Selkirk (Se) bertindak sebagai dominan tidak lengkap yang membuatnya mungkin memiliki bulu lebih penuh dan juga memiliki ikal yang lebih rapat dan voulme bulu lebih sedikit.

Sejarah Ras Kucing Selkirk Rex

Selkirk Rex berasal dari Montana, Amerika Serikat. Pada tahun 1987 ada seekor anak kucing yang lahir dari kucing yang diselamatkan. Satu-satunya anak kucing yang memiliki bulu luar biasa inipun akhirnya dipelihara oleh peternak kucing bernama Jri Newman.

Kucing ini kemudian diberi nama Miss DiPesto yang diambil dari nama karakter berambut keriting dalam serial TV Moonlighting (dimainkan oleh Allyce Beasley). Kucing ini kemudian dikawinkan dengan Persia jantan berwarna hitam dan melahirkan tiga ekor kucing berbulu keriting dan tiga kucing berbulu normal.

Dari hasil tersebut diketahui bahwa gen tersebut memiliki mode pewarisan automasal dominan. Semua Selkirk Rex yang ada saat ini bisa ditelusuri dengan hasil pasti Miss DiPesto yang menjadi nenek moyangnya. Jeri Newman kemudian memberikan nama ayah tirinya kepada kucing ini yaitu Selkirk yang menjadikannya sebagai kucing yang diberi nama dari nama orang sebenarnya untuk pertama kali.

Ras Selkirk Rex telah dikembangkan dalam dua versi bulu yaitu bulu panjang dan juga pendek. American Shorthairs , Persia , Himalayan , Exotic Shorthairs , dan British Shorthairs adalah ras kucing yang digunakan untuk pengembangan awal kucing ini. Kemudian ASH dihentikan sebagai persilangan kecuali di TICA (The International Cat Association)

Selkirk Rex diterima oleh TICA (The International Cat Association) pada tahun 1992, berlanjut dengan ACFA (American Cat Fanciers Association) pada tahun 1998 dan juga CFA (Cat Fanciers' Association) pada tahun 2000. Di Australia dan juga CFA (Cat Fanciers' Association) semua persilangan terhadap kucing ini dijadwalkan digentikan pada tahun 2015. 



Karakteristik Kucing Selkirk Rex

Selkirk Rex adalah kucing berukuran sedang hingga besar dengan berat yang bisa mencapai 7kg. Meski berukuran besar namun tubuhnya seimbang, tubuh berotot, berbentuk mirip seperti persegi panjang namun juga tidak terlalu panjang dan punggungnya lurus dengan sedikit naik ke bagian belakang.

Kepala kucing ini bulat, lebar dan memiliki pipi penuh pada kucing jantan dan juga betina. Moncong memiliki lebar yang sedang, struktur tulang dibawahnya dibulatkan dengan bantalan kumis yang empuk untuk memberi kesan persegi. Hidung memiliki kemiringan kebawah dengan dagu yang berkembang dengan baik dan proporsional dengan bagian kepala lainnya.

Karakter Ras Kucing Selkirk Rex

Telinga berukuran sedang, lebar di pangkap, meruncing dan terpisah dengan baik diatas kepala kucing. Mata besar bulat dengan sudut luar diatur sedikit lebih tinggi dari sudut dalam yang memberikan ekspresi manis pada wajahnya. Menuju kaki, ukurannya sedang hingga panjang, ukuranya besar, bulat dan kooh dengan lima jari didepan dan empat dibelakang.

Ekor memiliki panjang sedang dan proporsional dengan tubuh. Berat di pangkal, tidak tumpul atau runcing diujungnya. Selkirk Rex memiliki bulu lembut, penuh dan tentu saja keriting, karena bulunya yang unik inilah mereka kadang juga disebut dengan kucing berbulu domba.

Memiliki dua versi varian bulu yaitu panjang dan juga pendek dengan keriting yang bervariasi tergantung dari panjang bulu, jenis kelamin dan usia kucing itu sendiri. Semua warna dan pola yang mungkin secara genetik mungkin ada pada kucing ini dan tentunya mereka semua hadir dalam bulu keritingnya yang unik.

Sesuai dengan keturunan orang tuanya, Selkirk Rex adalah kucing yang cenderung sabar, penuh kasih sayang dan toleran. Dia menyenangkan, suka untuk dipeluk tetapi tidak terlalu aktif atau menuntut perhatian sehingga kucing ini tidak akan membuat pemiliknya menjadi lelah.

Untungnya kucing ini adalah kucing yang ramah, karena semua orang yang melihat kucing ini pasti akan berusaha menyentuh bulunya yang unik maka akan sulit jika kucing ini galak. Kucing ini juga bisa bisa dengan mudah bergaul dengan anak-anak, anjing yang ramah dengan kucing dan memperlakukanya dengan baik.

Selkirk Rex memiliki sisi yang konyol dan terkadang digambarkan sebagai bafut. Dia suka menjadi kucing pangkuan dan akan senang mengobrol bersama pemiliknya dengan suara yang pelan. Meski kucing ini tidak menuntut perhatian yang berlebihan namun mereka tidak senang untuk ditinggal sendirian atau diabaikan.

Dia mungkin kucing yang santai, tapi Selkirk Rex juga pintar. Jangan kaget ketika dia belajar membuka pintu atau laci untuk mencari mainan atau beberapa barang favoritnya. Mereka termasuk kucing yang mudah untuk dilatih untuk beberapa permainan, untuk mempermudah hal ini maka sebaiknya gunakan sistem reward dengan menggunakan makanan favorit kucing ini. 



Perawatan Kucing Selkirk Rex

Perawatan yang rutin adalah bagian terpenting dalam merawat kucing Selkirk Rex. Dala perawatannya direkomendasikan untuk melakukan penyisiran atau penyikatan bulu mingguan untuk menjaga bulu kucing ini tidak kusut, dan tetap sehat. Lakukan penyisiran secara perlahan dan periksa secara menyeluruh.

Perawatan pada bulu yang diberikan ini digunakan untuk mengurangi jumlah bulu mati pada tubuh kucing dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali. Mandi sesekali dibutuhkan untuk kucing ini, mandikan kucing ketika bulunya terlihat kotor atau juga bisa membuat jadwal mandi yang rutin untuknya.

Perawatan Ras Kucing Selkirk Rex

Banyak yang mengatakan bahwa kucing ini termasuk kucing hipoalergenik, namun hal ini salah. Sebagian besar alergi disebabkan oleh bulu kucing dan bukan jenis bulu yang dimiliki kucing. Namun karena ras ini tergolong jarang mengalami kerontokan maka mungkin sebagian besar orang menjadi tidak terlalu bereaksi dengan alergi yang disebabkan kucing ini.

Jagalah kebersihan gigi kucing untuk mencegah penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Perhatikan selalu bagian sela mata kucing, jika ada kotoran yang terlihat maka segera bersihkan untuk menghindari pembentukan noda pada mata yang sering terlihat pada kucing Persia. Pada saat membersihkan usahakan untuk menggunakan kain atau tisu yang berbeda demi mencegah kemungkinan terjadinya infeksi.

Periksa juga kebersihan telinga kucing setiap minggu, telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Periksa seluruh bagian telinga kucing, bersihkan semua bagian tersebut dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan rutin, biasanya hal ini dilakukan setiap seminggu atau dua minggu sekali. Sebaiknya kebiasaan ini dilakukan sejak dini (kucing masih kecil) karena dengan begitu ketika kucing sudah beranjak dewasa maka hal ini akan tetap mudah untuk dilakukan.

Pemberian obat anti kutu pada kucing ini harus dilakukan, tidak lucu jika bulunya yang unik ini menjadi sarang kutu dan juga mengalami permasalahan pada kulitnya. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, dikatakan obat ini selain bisa membasmi kutu juga bisa membasmi telur kutu yang ada.

Jaga agar litter box yang digunakan Selkirk Rex tetap bersih. Seperti semua kucing ras lain, kucing ini juga sangat memperhatikan kebersihan lingkungannya. Selain litter box bersihkan juga perlengkapan makan dan minum, jangan lupa untuk selalu mengganti air minum yang diberikan ketika telihat kotor.

Dalam pemeliharaannya sebaiknya kucing ini dijadikan sebagai kucing indoor atau dalam ruangan saja, hal ini dilakukan untuk mencegah resiko penularan penyakit atau virus dari kucing liar, serangan dari hewan lain, kecelakaan kecil yang tidak diinginkan dan bahkan resiko kucing dicuri oleh orang asing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus tertentu yang berbahaya, karena itu vaksin sangat penting untuk kucing. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Selkirk Rex

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Kucing Selkirk Rex dikenal memiliki sedikit masalah kesehatan, karena kucing ini pernah mengalami persilangan dengan kucing Persia (pada awal pengembangan) maka kucing ini juga bisa mengembangkan penyakit ginjal polikistik dan juga kardiomiopati hipertrofik di kemudian hari.

Masalah kesehatan ini bukanlah masalah kesehatan umum yang sering terjadi pada kucing Selkirk Rex karena memang mereka dianggap sebagai ras kucing yang sehat. Displasia pinggul juga mungkin terjadi, namun sama dengan sebelumnya, ini bukanlah penyakit umum untuk kucing ini.

Selain beberapa masalah kesehatan yang sudah disebutkan diatas, tentu saja kucing ini masih bisa menderita beberapa penyakit umum lainnya seperti flu, jamur, kutu, penyakit gigi, dan lainnya. Berikan perawatan yang maksimal, karena kesehatan kucing selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan.



Harga Kucing Selkirk Rex

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Selkirk Rex Import 30.000.000
Harga Kucing Selkirk Rex Lokal 18.000.000
Harga Kitten Selkirk Rex 12.500.000
Harga Kucing Selkirk Rex Dewasa 15.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini, biaya adopsi Selkirk Rex berkisar antara $600 sampai dengan $1.500 tergantung dari kualitas kucing yang ada. Dari harga tersebut maka perkiraan harga kucing Selkirk Rex kemungkinan seperti harga diatas. Harga kucing Selkirk Rex import yang tertera belum ditambahkan biaya pengiriman dan juga biaya lain ya catlovers semua.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga karena selain harga tersebut cuma perkiraan, harga Selkirk Rex asli bisa lebih mahal ataupun juga bisa lebih murah. Demikian informasi tentang kucing Selkirk Rex, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Selkirk Rex"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel