Kucing Savannah atau Kucing Sabana

Kucing Savannah atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kucing Sabana adalah salah satu ras kucing hibrida hasil persilangan dari Serval dan beberapa kucing domestik lainnya. Savannah adalah salah satu ras kucing terpoluler di Amerika Serikat dan tentu saja karena kepopulerannya maka harga kucing Savannah menjadi sangat mahal.

Sama seperti leluhurnya yang liar, Savannah adalah kucing yang tinggi dan kurus dengan kaki panjang, telinga besar serta leher yang panjang. Bulunya menunjukkan pola berbintik yang khas dari kucing liar dengan disertai warna latar emas atau kuning kecoklatan. Meski memiliki kaki panjang tetapi ukuran dari kucing ini hampir sama dengan kucing domestik besar lainnya.

Jenis Ras Kucing Savannah

Bintik yang ada pada tubuhnya bisa berupa bintik tebal, padat, coklat tua hingga hitam dengan bentuk bulat, lonjong atau juga memanjang. Serangkaian garis-garis paralel menyebar sedikit kebelakang dan pola bercak mengikuti garis dari bahu melanjutkan panjang tubuh. Ada juga bintik kecil yang menutupi wajah dan juga kakinya.

Jika catlovers ingin memelihara kucing ini maka yang mereka butuhkan adalah aktivitas, karena jika kucing ini tidak memiliki aktivitas mereka akan bosan dan bersenang-senang sendiri yang berarti perilaku ini bisa merusak dan mungkin bahkan juga bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan dilingkungan rumah. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Savannah

Sejarah Savannah dimulai pada 7 April 186 dimana pada masa ini ada seorang peternak bernama Judee Frank yang mengawinkan Serval jantan milik Suzi Woods dengan seekor kucing Siam untuk menghasilkan kucing Savannah generasi pertama. SEtelahnya pengembangan pun tetap dilakukan untuk menyempurnakan kucing Savannah.

Pada tahun 1996, Patrick Kelley dan Joyce Sroufe menulis versi standar breed dari Savannah dan mempresentasikannya kepada dewan TICA, hasilnya dewan menerima breed ini pada tahun 2001. Meski kucing Savannah bisa hadir dalam berbagai warna dan pola, namun standard breed dari TICA hanya menerima pola berbintik dengan kombinasi warna tertentu saja.

Sejarah Ras Kucing Savannah

Dalam pengembangannya, Savannah dalam jarak dekat memiliki tanda noda air mata pada bagian bawah matanya yang dilihat dari F1 Savannah (generasi pertama) yang berusia 4 bulan. Tubuhnya yang tinggi dan ramping memberi mereka tampilan ukuran yang lebih besar dari berat sebenarnya. Ukuran pada kucing terganting dari generasi dan kelamin yang biasanya ukuran pada F1 adalah yang terbesar.

Generasi awal pada kucing ini tentu saja akan memiliki pengaruh genetik yang lebih kuat dari sifat nenek moyangnya yaitu Serval Afrika, dan karena hal ini maka kebanyakan generasi F1 dan juga F2 memiliki ukuran yang terbesar. Sebagian besar generasi pertama ini akan memiliki sifat eksotis dari Serval dan sifat ini akan semakin berkurang pada generasi selanjutnya.

Generasi awal dari Savannah bisa memiliki berat berkisar antara 4.5 sampai dengan 11kg dengan berat terbesar biasanya dimiliki oleh Savannah jantan yang dikebiri karena masalah genetika. Generasi selanjutnya biasanya memiliki berat 3.5 sampai dengan 7.7kg dan dalam hal ini ukuran akan sangat bervariasi.

Persilangan yang dilakukan sejak awal tahun 1990 telah sangat mempengaruhi perkembangan dari breed Savannah dalam sifat yang tidak diinginkan dan tidak diinginkan. Pada tahun 2012 peternak hanya menggunakan perkawinan Savannah x Savannah dan hanya menggunakan persilangan keluar untuk kucing yang kurang diinginkan. 



Karakteristik Kucing Savannah

Savannah digambarkan sebagai ras kucing berukuran sedang hingga besar, seperti biasanya berat pada kucing jantan akan lebih besar daripada kucing betina dengan berat rata-ratanya berkisar antara 4kg sampai dengan 9kg dan tentu saja masih ada kemungkinan kucing Savannah memiliki berat yang lebih besar.

Tidak perlu dikatakan semua orang yang suka dengan kucing liar pasti mengetahuinya, mereka adalah kucing yang memiliki penampilan luar dan buas. Akan tetapi jangan salah, hal liar tersebut hanya ada pada penampilannya karena kucing ini adalah kucing yang baik dan juga ramah.

Karakter Ras Kucing Savannah

Kucing ini memiliki bulu yang tebal dan padat, tubuhnya besar, tinggi, ramping dan juga lentur dengan telinga yang berbentuk segitiga dan kaki yang panjang. Generasi awal untu k ras ini memiliki warna bulu dengan beberapa bercak gelap, namun warna standar yang ditetapkan oleh organisasi sekarang ini tidak demikian.

Jika catlovers ingin memelihara kucing pangkuan yang manis dan pendiam maka sebaiknya jangan memilih kucing ini. Savannah adalah kucing yang aktif dan suka berpetualang, tubuhnya yang atletis memungkinkan dia untuk melompat ketempat yang sangat tinggi. Mereka adalah kucing yang percaya diri, waspada, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi namun juga ramah.

Savannah adalah kucing yang cantik dan penuh dengan kepribadian, namun mereka bukanlah jenis ras kucing untuk semua orang atau orang yang memelihara kucing pertama kali. Mereka adalah kucing yang membutuhkan banyak interaksi dan akan menemukan cara untuk mengajak pemiliknya untuk bermain.

Kucing ini juga adalah kucing dengan selera humor dan suka lelucon yang bagus. Dia suka untuk memanjat tempat tinggi, mendorong barang-barang kebawah pemiliknya, bersembunyi dan juga suka membawa barang favoritnya untuk dijatuhkan kedekat pemiliknya untuk menerima perhatian.

Dengan pemeliharaan yang sesuai, kucing ini juga bisa berbagi tempat tidur dengan pemiliknya, dia akan meringkuk dibawah selimut ketika kedinginan. Ini adalah kucing yang membutuhkan banyak wilayah vertikal, karena mereka banyak memanjat maka memberikan kucing ini sebuah cat tree merupakan pilihan yang tepat.

Selain atletis, Savannah juga sangat cerdas dan menikmati perhatian yang datang kepadanya. Berikan mereka beberapa pelatihan untuk mempelajari beberapa trik ketika bermain, seperti kebanyakan kucing lainnya, hal ini akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan sistem reward makanan kesukaan mereka.



Perawatan Kucing Savannah

Dalam masalah perawatan, kucing Savannah yang memiliki bulu pendek, mewah dan juga lembut akan mudah diberikan perawatan. Untuk membantu bulu kucing ini tetap sehat dan terawat maka berikan penyisiran atau penyikatan bulu mingguan, lakukan dengan perlahan dan periksa semua bagian tubuh secara menyeluruh.

Perawatan bulu kucin yang diberikan ini akan membantu kucing mengurangi jumlah bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali. Mereka akan menyukai perhatiannya jika pemilik kucing menyisir lebih sering, dan hal ini tentu saja akan membuat ikatan antara kucing dan pemilik menjadi semakin kuat.

Perawatan Ras Kucing Savannah

Tidak ada perawatan khusus yang perlu diberikan pada kucing Savannah dan untuk selanjutnya perawatan yang ada hanya perawatan umum yang biasa dilakukan pada kucing lainnya. Potong kuku atau cakar kucing dengan rutin, hal ini biasanya dilakukan seminggu atau dua minggu sekali.

Pemotongan kuku atau cakar kucing memang terlihat sepele, namun hal ini penting untuk dilakukan. Kebiasaan memotong kuku kucing sebaiknya dibiasakan sejak dini (sejak kucing masih kecil), karena dengan begitu ketika kucing sudah dewasa mereka akan tetap terbiasa dan catlovers tidak akan mengalami kesulitan.

Untuk menghindari kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing) maka kebersihan gigi kucing perlu untuk dijaga. Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak membersihkannya sama sekali.

Periksa kebersihan telinga kucing setiap waktu, karena jika telinga kucing kotor akan ada kemungkinan infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor pada kucing juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Periksa semua bagian telinga kucing dengan teliti, bersihkan secara perlahan dan jangan sampai membuat terlinga kuicng terluka.

Pemberian obat kutu pada kucing perlu untuk dilakukan, karena kucing memiliki pola yang khas maka tidak lucu jika pola ini rusak gara-gara terjadi masalah pada kulit. Obat kutu yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes kucing yang diteteskan pada tengkuk. Dikatakan obat ini selain bisa membasmi kutu pada tubuh juga bisa membasmi telur kutu yang ada.

Savannah adalah kucing yang aktif dan sangat suka bermain, karena itu dalam pemeliharannya sebaiknya disediakan ruangan yang cukup supaya mereka bisa memenuhi kebutuhan gerak hariannya. Menyediakan beberapa mainan sangat disarankan, karena hal ini bisa membuat mereka sibuk dan memancing untuk terus bergerak.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus tertentu yang berbahaya, karena hal inilah vaksin sangat penting. Berikan vaksinasi pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Savannah

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Kucing Savannah umumnya dianggap sebagai kucing yang sehat, namun tentu saja dengan beberapa ras kucing lain, ras kucing ini juga rentan terkena beberapa masalah kesehatan. Kucing ini dikatakan rentan dengan kardiomiopati hipertrofik, kondisi jantung yang umum pada kucing ini menyebabkan penebalan ventrikel kiri jantung dan dapat menyebabkan gagal jantung.

Selain itu, juga ditemukan kemandulan jantan untuk kucing ini pada generasi F4 atau lebih yang mengakibatkan kucing ini menjadi tidak bisa menghasilkan keturunan. Selain beberapa penyakit tersebut kucing ini tentu saja juga bisa menderita beberapa penyakit umum lain, karena itu selalu berikan perawatan yang maksimal supaya kucing tetap sehat dan dalam kondisi terbaiknya.



Harga Kucing Savannah

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Savannah Import 200.000.000
Harga Kucing Savannah Lokal 80.000.000
Harga Kitten Savannah 50.000.000
Harga Kucing Savannah Dewasa 70.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing Savannah, biaya adopsi untuk kucing ini tergantung dari generasinya dan semakin awal maka biaya adopsinya akan semakin mahal. Dikatakan biaya adopsi kucing ini berkisar antara $1.000 sampai dengan $20.000 dimana yang paling mahal adalah generasi F1 dengan kelamin betina.

Jadi untuk Savannah generasi F1 akan memiliki biaya adopsi $10.000 keatas dan akan semakin turun hingga F5 yang memiliki harga paling murah. Tentu saja dalam hal ini tidak hanya memperhetikan generasi saja, namun juga kualitas kucing itu sendiri. Untuk biaya adopsi kucing import diatas belum dikenakan biaya pengiriman dan lainnya ya catlovers semuanya.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan acuan harga saja karena selain harga yang ada hanya perkiraan, harga kucing Savannah asli juga bisa lebih mahal ataupun lebih murah dari harga tersebut. Demikian informasi mengenai kucing Savannah kali ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Savannah atau Kucing Sabana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel