Kucing Havana Brown

Kucing Havana Brown sering disebut sebagai kucing Havana atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kucing Cokelat Havana merupakan salah satu ras kucing yang berasal dari Thailand. Meski kucing ini berasal dari Thailand, namun pengembangan kucing ini pertama kali dilakukan di Inggris.

Seperti namanya yaitu Havana Brown, kucing ini memiliki bulu cokelat yang mirip dengan tembakau dan bahkan banyak yang mengatakan bulu kucing ini menyerupai pembungkus ceturu kuba yang bagus. Dari warna nya yang unik inilah kucing ini memiliki cerita bagaimana dia mendapatkan nama Havana Brown.

Jenis Kucing Havana Brown

Jangan pernah berfikir untuk mengadopsi kucing ini jika catlovers tidak berencana untuk menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi dengan kucing karena kucing ini merupakan kucing yang suka berorientasi (lebih mengenal) dengan manusia, menyenangkan dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Kucing Havana Brown juga memiliki beberapa fakta singkat yang perlu diketahui, berikut adalah beberapa fakta tentang kucing ini. Havana Brown adalah kucing yang sangat langka, diperkirakan kucing ini hanya ada 1.000 ekor kucing didunia ini. Telinga kucing Havana Brown besar, berbentuk bulat dan miring kedepan yang membuat kesan kucing ini selalu dalam mode waspada.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Havana Brown

Havana Brown adalah kucing berwarna cokelat yang merupakan kucing dari negara kucing Siam berasal yaitu Thailand. Kucing berwarna cokelat pekat telah digambarkan dalam The Cat-Book Poems yang merupakan sebuah manuskrip syair dan lukisan yang ditulis di kota Ayutthaya antara 1350 M ketika kerajaan didirikan dan 1767 M  ketika kota itu dihancurkan oleh penjajah dari Burma.

Pada manuskrip tersebut, kucing cokelat ini muncul bersama dengan kucing Siam, kucing bicolor hitam dan putih dan kucing Korat biru dan silver. Orang Thailand menganggap kucing cokelat ini adalah kucing yang cantik dan dipercaya bisa melindungi pemiliki kucing dari kejahatan.

Sejarah Ras Havana Brown

Kucing berwarna cokelat solid adalah salah satu kucing yang pertama datang ke Inggris dari Thailand (dulunya Siam) pada akhir tahun 1800an. Catatan awal yang ditemukan menggambarkan kucing ini sebagai kucing Siam yang diyakini salah satu dari kucing Burma, Tokinese, atau kucing Havana Brown.

Sulit untuk membedakan semua kucing tersebut hanya dengan deskripsi saja, namun yang diketahui adalah kucing cokelat ini dipamerkan di Eropa selama akhir tahun 1800an dan pada awal tahun 1900an. Seekor kucing cokelat berhasil memenangkan kejuaraan pada tahun 1888 yang dimana hal ini menunjukkan bahwa para peternak kucing menghargai dan tertarik pada kucing berwarna cokelat.

Pada sebuah show kucing yang diadakan tahun 1928, klub kucing siam Inggris memberikan penghargaan khusus untuk kucing dengan tubuh cokelat terbaik. Penulis menggambarkan kucing kucing ini adalah kucing Siam dengan warna cokelat atau berwarna cokelat solid.

Setelah kejadian tersebut kucing cokelat ini pun mengalami kemunduran karena kucing dengan warna cokelat solid yang warna matanya tidak biru dilarang mengikuti show atau kontes kucing. Hal ini mengakibatkan kucing ini dilarang untuk ikut berkompetisi dan menghilang karena dianggap tidak bisa ikut serta dalam sebuah perlombaan.

Pada awal tahun 1950an, para peternak kucing yang menganggap kucing cokelat masih cantik mulai mengembangkannya kembali. Pada awalnya pengembangan ini dilakukan secara terpisah dan kemudian bersama ketika mempelajari pewarisan gen cokelat untuk memulia program pengembangan yang sesungguhnya.

Dalam pengembangannya para peternak menggunakan kucing Siam, Russian Blue dan beberapa kucing domestik. Mereka berusaha untuk menghasilkan kucing berwarna solid dalam pewarnaan warna poin dari siam, yang dimana anak kucing berwarma cokelat solid pertama lahir pada tahun 1952 di Inggris.

Anak kucing tersebut dihasilkan dari perkawinan antara kucing siam yang memiliki gen cokelat dengan kucing hitam berbulu pendek. Russian Blue dan Burma mungkin juga berperan dalam pengembangan Havana Brown (hubungannya dengan cerutu kuba adalah kemiripan warna kucing Havana yang bagus), namun dalam artikel dari CFA pada tahun 1982 menyebutkan bahwa pembiakan yang paling berhasil adalah menggunakan kucing Siam pembawa gen cokelat dengan kucing hitam berbulu pendek.

Kucing kucing ini juga dikenal dengan sebutan Chestnut Foreign Shorthair yang kemudian kucing ini diekspor ke Amerika Serikat pada tahun 1950an dan berawal dari ini dua arah yang berbeda terjadi pada kucing ini. Di Inggris kucing ini dianggap sebagai kucing Oriental Shorthair Cokelat dan di AS kucing ini dikenal sebagai kucing Havana Brown dan memiliki tipe tubuh dan kepala yang berbeda dengan saudaranya dari Inggris.

Cat Fanciers Association (CFA) mengakui kucing ini pada tahun 1964. Karena kucing ini memiliki keragama genetik pada awalnya, maka program pengembangan lanjutan dilakukan pada tahun 1998. Pembiakan yang dilakukan disarankan untuk menggunakan kucing hitam berbulu pendek atau oriental shorthair dan siam. Anak kucing yang memiliki warna Havana bisa dilanjutkan dan yang tidak maka tidak dapat diteruskan.



Karakteristik Kucing Havana Brown

Havana Brown adalah kucing berukuran sedang yang memiliki tubuh ramping dan juga anggun. Berat umum untuk kucing ini berkisar antara 2.5kg hingga 6kg dengan panjang mencapai 50cm hingga 70cm. Umumnya kucing Havana Brown jantan cenderung lebih besar daripada kucing betina, namun dalam masalah tubuh semua kucing ini memiliki leher yang berukuran sedang dan proporsional dengan tubuhnya.

Pada bagian kepala, jika dilihat dari atas kepalanya akan lebih panjang dari lebarnya. Bentuknya menyempit menjadi moncong bulat dengan sedikit celah yang jelas pada kedua sisi belakang bantalan kumis. Moncong yang agak sempit dan kumis yang patah merupakan ciri khas breed ini dan harus terlihat pada jenis pengembangannya.

Karakter Ras Havana Brown

Pada profil kucing Havana Brown akan ada perhentian yang berbeda di maya, ujung moncongnya tampak hampir persegi yang diperkuat dengan bentuk dagu dari kucing ini. Idealnya kucing ini harus memiliki garis yang hampir tegak lurus dari bagian ujung hidung dan dagu dengan bulu tipis pada dagu atau tepatnya dibawah bibir bagian bawah.

Havana Brown memiliki telinga yang besar, ujungnya bulat dan melengkung di bagian dasar. Telinganya terlihat melebar dan sedikit dimiringkan kedepan yang membuat penampilan waspada pada kucing ini. Mata kucing ini berbentuk oval berukuran sedang dan biasa hadir dalam warna hijau cerah yang semakin dalam warnanya akan semakin baik.

Kucing ini adalah kucing yang penuh kasih sayang, lembut, sangat cerdas dan pendiam tidak seperti kucing Siam. Kucing ini termasuk kucing yang mudah beradaptasi dan juga menyenangkan. Karena memiliki sifat tenang dan rasa percaya diri yang tinggi maka kucing ini bisa menyesuaikan diri dengan mudah hampir dalam semua situasi yang ada.

Havana harus memiliki interaksi dengan manusia jika ingin hidup sehat dan juga bahagia, kucing ini akan selalu mendambakan perhatian dari pemiliknya dan tidak akan puas jika tidak berada disisi orang tersebut. Dia akan sering menyentuh orang yang paling disayanginya dimana hal ini dilakukan untuk meminta perhatian dari orang tersebut.

Lempar tangkap merupakan salah satu permainan dari kucing ini, dia sering ditemukan membawa mainan dan beberapa benda lain pada mulutnya. Karena itu jangan sembarangan meletakkan benda yang sekiranya bisa dibawa oleh kucing ini karena jika hilang kemungkinan besar benda tersebut bisa ditemukan pada tempat dimana kucig Havana tidur.



Perawatan Kucing Havana Brown

Dalam hal perawatan bulu, Havana Brown memiliki bulu pendek yang halus sehingga bulu kucing ini mudah dirawat dengan penyisiran atau penyikatan mingguan yang tepat. Menyisir bulu dengan teratur akan membantu kucing dalam mengurangi jumlah bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk lebih cepat tumbuh kembali.

Beberapa pengelapan bulu juga bisa dilakukan untuk membuat bulu kucing ini menjadi lebih mengkilap. Karena perawatan bulu yang mudah maka mandi jarang diperlukan untuk kucing ini. Untuk mencegah kucing ini terkena penyakit periodontal maka bersihkan gigi kucing dengan teratur. Kebersihan gigi harian memang yang terbaik, namun menyikatnya sesekali tetap bagus daripada tidak melakukannya sama sekali.

Perawatan Ras Havana Brown

Selalu jaga kuku atau cakar kucing ini tetap pendek, lakukan pemotongan kuku secara teratur dan lakukan sampai kucing terbiasa. Bersihkan area sela mata kucing jika terlihat ada kotoran, pada saat membersihkan gunakan kain yang berbeda guna menghindari infeksi yang bisa terjadi pada kucing.

Selalu periksa kebersihan telinga kucing untuk mengetahui tanda tanda earmites (kutu telinga kucing) atau penumpukan kotoran pada telinga yang bisa menyebabkan infeksi. Bersihkan telinga kucing ketika mulai terlihat kotor, lakukan pembersihan dengan hati hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Selain kebersihan badan kucing, kebersihan lingkungan kucing juga perlu dijaga. Selalu bersihkan area kucing tinggal dan juga perlengkapan yang digunakan. Bersihkan kandang, alas kandang, litter box dan juga tempat makan minumnya. Selalu jaga air minum kucing supaya tetap bersih, lakukan pergantian air 2 hari sekali atau setiap hari juga lebi bagus.

Supaya kucing terhindar dari beberapa masalah kulit dan juga kutu maka berikan obat anti kutu untuk kucing. Obat kutu kucing biasanya berupa obat tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain membasmi kutu yang ada juga bisa membasmi telur kutu yang ada pada tubuh kucing. Supaya hasil maksimal dan kucing selalu bebas dari kutu jangan lupa untuk mengulang pemakaian secara rutin.

Havana brown termasuk kucing yang suka bermain dan suka berinteraksi dengan manusia, karena hal tersebut mengajak kucing ini untuk bermain merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan. Berikan ruang kucing untuk bermain, berikan beberapa mainan dan juga lakukan interaksi dengan kucing ketika ada waktu luang supaya kucing lebih bahagia karena mendapatkan perhatian.

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah memberikan vaksinasi untuk kucing. Dengan memberikan vaksin untuk kucing maka kucing akan memiliki kesehatan yang lebih terjamin, kucing memiliki daya tahan terhadap beberapa virus yang berbahaya dan juga daya tahan tubuh kucing akan tetap terjaga. Berikan vaksinasi untuk kucing secara lengkap, lakukan sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Havana Brown

Setiap kucing memiliki potensi untuk mengembangkan beberapa masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu kucing ras murni ataupun juga kucing hasil persilangan dari 2 ras kucing atau lebih. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Pada umumnya kucing Havana Brown adalah kucing yang sehat namun beberapa kucing ini rentan terkena (mengembangkan) batu kalsium oksalat pada saluran kemihnya. Meski hal ini bisa terjadi pada beberapa kucing ini namun hal ini merupakan penyakit yang sering diketahui saja dan tidak semua kucing Havana Brown bisa terkena penyakit ini.

Selain masalah kesehatan pada saluran kemihnya, kucing ini masih bisa terkena penyakit umum yang biasa menyerang kucing seperti flu, jamur dan beberapa penyakit lainnya. Oleh karena itu, supaya kucing tetap terjaga kesehatannya selalu berikan perawatan yang maksimal dan pastikan kebutuhan nutrisinya tercukupi.



Harga Kucing Havana Brown

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Havana Brown Import 27.000.000
Harga Kucing Havana Brown Lokal 15.000.000
Harga Kitten Havana Brown 9.500.000
Harga Kucing Havana Brown Dewasa 11.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas tentang kucing Havana Brown biaya adopsi kucing ini berkisar antara $800 sampai dengan $1.500. Dari rata rata harga tersebut maka kemungkinan harga kucing Havana Brown akan seperti harga diatas, untuk harga kucing impor akan lebih mahal karena dikenakan biaya pengiriman dan juga biaya karantina tentunya.

Harga Havana Brown diatas merupakan harga rata rata dan perkiraan saja, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga paten karena harga kucing havana brown bisa lebih mahal atau bisa juga lebih murah. Demikian mengenai kucing Havana Brown kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Havana Brown"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel