Kucing German Rex

Kucing German Rex atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Rex Jerman merupakan salah satu ras kucing yang berasal dari Jerman. Kucing ini juga disebut sebagai Rex Prusia, dan seperti yang bisa dilihat dari namanya kucing ini merupakan kucing jenis Rex yang diakibatkan oleh mutasi genetic.

Kucing ini merupakan kucing yang dikenal penyayang, setia dan suka bermain. Karena memiliki sifat tersebut maka kucing ini adalah kucing yang sangat cocok untuk dijadikan teman untuk sebuah keluarga. Kucing ini tidak hanya toleran terhadap manusia saja, namun mereka juga toleran terhadap kucing lain dan juga hewan peliharaan lain.

Jenis Kucing German Rex

Pada masanya, kucing ini pernah mengalami kepunahan dan kucing ini sangat jarang untuk ditemukan. Namun pada masa sekarang ini, kucing ini sudah bukan kucing yang langka karena sudah banyak orang yang mengembangkannya. Masa kepunahan kucing ini terjadi kurang lebih pada tahun 1970an.

Kucing ini memang sering dikaitkan dengan kucing Rex lainnya, yaitu Cornish Rex. Namun meski sering dikaitkan, penampilan kucing German Rex dan Cornish Rex tidaklah sama. German Rex memiliki tubuh yang lebih berat, akan tetapi tidak bisa dipungkiri jika Cornish Rex juga berperan dalam pengembangan kucing German Rex.

Daftar Isi



Sejarah Kucing German Rex

Sejarah German Rex dimulai pada tahun 1950an, dimana pada saat itu seorang dokter bernama Rose Scheuer-Karpin menemukan seekor kucing berbulu keriting yang berwarna hitam putih di taman rumah sakit tempat dimana dia berkerja. Dr Scheuer-Karpin bekerja di Buch (pada masa tersebut) yang sekarang Pankow, Berlin.

Dr Scheuer-Karpin yang tertarik dengan keunikan kucing tersebut akhirnya memutuskan untuk memeliharanya dan dia memberikan nama Lammchen pada kucing itu. Nama Lammchen yang diberikan itu memiliki arti Domba Kecil yang mencerminkan penampilan dari kucing tersebut, dan setelah itu Dr Scheuer-Karpin mulai mengembangkan kucing ini.

Sejarah Ras German Rex

Untuk memperbaiki gen bulu keriting yang dimiliki kucing ini, Dr Scheuer-Karpin memutuskan untuk mengawinkan Lammchen dengan anak kucing jantan yang merupakan keturunannya. Berawal dari sinilah program pengembangan kucing German Rex dimulai.

Setelah beberapa proses pengembangan yang dilakukan, breed ini masih mengalami beberapa masalah (tidak disebutkan masalah apa yang terjadi) dan setelahnya pengembangan yang dilakukan diputuskan untuk menggunakan kucing Cornish Rex untuk membantu penyempurnaan dari kucing German Rex ini.

Pada tahun 1986 ada seorang peternak kucing yang juga berasal dari Jerman memutuskan untuk mengadopsi tiga keturunan yang tersisa dari Lammchen (Domba Kecil) untuk menyelamatkan keturunan yang ada dan melanjutkan pengembangan untuk kucing German Rex.

Kucing German Rex kemudian diakui oleh TIFF (The International Feline Foundation) sebagai kucing ras baru. Setelah itu kucing ini juga diakui oleh CFA, namun CFA masih mengasosiasikan kucing German Rex dengan kucing Cornish Rex. Pada masa ini kucing German Rex masih langka, namun dengan pengembangan yang dilakukan hal tersebut membuatnya menjadi tidak langka untuk masa sekarang ini. 



Karakteristik Kucing German Rex

Kucing German Rex adalah kucing berukuran kecil hingga sedang, dalam urusan standar tentunya setiap organisasi akan memiliki standar yang berbeda. Dalam hal bentuk, sebenarnya kucing ini lebih mirip dengan kucing Eropa daripada kucing Oriental, karena hal inilah penampilan yang dimiliki kucing ini cukup berbeda dengan kucing Cornish Rex.

Tubuh kucing ini berukuran rata rata dari kucing lainnya, dada mereka berkembang dengan sangat baik dan juga terlihat kuat serta berotot. Pada bagian leher, bentuknya seperti kucing umum lainnya, kakinya berukuran sedang dengan bentuk cakar yang membulat. Dikatakan ada perbedaan yang mencolok antara kucing berkelamin jantan dan juga betina.

Karakter German Rex

German Rex memiliki mata yang besar, bulat dan agak miring, Menurut standar dari kucing inim warna mata mereka bisa bervariasi mulai dari orange, kuning dan juga hijau, namun warna tersebut harus terang atau seterang mungkin pada bagian matanya.

Salah satu ciri khas yang dimiliki kucing ini adalah bulunya yang pendek dan juga halus. Bulunya berbentuk gelombang yang mengingatkan pada kucing Rex lainnya seperti Cornish Rex dan Devon Rex dengan kumis yang berukuran pendek dan keriting. Menurut standarnya, semua warna bulu bisa hadir untuk kucing ini kecuali cokelat, cinnamon, coklat kekuningan, dan lilac.

Rata rata kucing German Rex memiliki tinggi sekitar 30cm hingga 35cm, berat badan yang bisa dimiliki kucing ini berkisar antara 3kg hingga 6kg. Berat dan tinggi tersebut merupakan rata rata, jadi beberapa kucing masih mungkin memiliki berat yang lebih ataupun juga kurang.

German Rex adalah kucing yang seimbang, mereka adalah kucing yang sabar dan terkenal mudah bergaul serta beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal mereka. Kucing ini bisa menghargai kebersamaan dengan hewan lainnya, selain itu mereka juga dikenal bisa sangat dekat dengan pemiliknya yang memberikan perhatian dan kasih sayang.

German Rex adalah kucing yang suka bermain dan berlarian kesana kemari, mereka bisa menikmati berburu tikus dan beberapa hewan kecil lainnya. Karena bisa beradaptasi dengan baik, kucing ini bisa dipelihara didalam ataupun diluar ruangan tergantung dari pemilik kucing itu sendiri. 



Perawatan Kucing German Rex

Dalam hal perawatan bulu, kebanyakan dari kucing German Rex selau baik baik saja dengan pemeliharaan bulu yang dilakukan mingguan. Perawatan yang diberikan cukup dengan menyisir bulu dengan lembut dan juga hati hati, hal ini dilakukan untuk mencegah bulu membentuk bola dan membuang bulu mati pada tubuhnya.

Kucing ini sering tidak menghasilkan cukup minyak secara alami untuk menjaga kesehatan bulu dan juga kulitnya, karena hal tersebut maka kucing ini perlu dimandikan dengan teratur. Dengan memandikannya secara teratur maka sudah membantu kucing untuk mencegah tubuhnya merasa berminyak serta mencegah iritasi kulit.

Perawatan Ras German Rex

Dalam urusan iklim, kucing ini umumnya termasuk kucing yang mudah beradaptasi dengan mudah. Meski kucing ini cenderung suka dengan suhu yang hangat, namun selalu jaga kucing ini berada pada tempat yang teduh dengan air segar yang selalu bersih setiap saat.

Selalu jaga cakar atau kuku kucing ini untuk selalu pendek, kucing ini adalah kucing yang aktif jadi kuku atau cakar mereka harus dijaga dalam kondisi prima. Lakukan pemotongan kuku secara rutin, mungkin pada awalnya akan sulit, namun jika kucing sudah terbiasa maka hal ini akan menjadi lebih mudah.

Telinga kucing ini juga harus diperiksa secara teratur untuk mencari tanda tanda earmites (kutu telinga kucing) atau penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan infeksi. Lakukan pembersihan telinga secara teratur, lakukan secara perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi) maka selalu jaga kebersihan gigi kucing. Bersihkan gigi kucing sesekali, lakukan ketika ada waktu dan sampai kucing terbiasa, Melakukannya sesekali sudah sangat bagus daripada tidak melakukannya sama sekali.

Memaksimal kan kesehatan bulu kucing ini bisa dilakukan dengan memberikan obat anti kutu, dengan memberikan obat kutu maka kucing akan terhindar dari beberapa masalah infeksi yang bisa terjadi pada kulit. Obat tetes kutu yang sering digunakan biasanya adalah obat kutu yang diteteskan pada tengkuk kucing.

Hal terakhir yang perlu diberikan untuk kucing adalah vaksinasi. Vaksin untuk kucing berguna untuk memberikan daya tahan pada kucing terhadap beberapa virus yang berbahaya, dengan vaksinasi maka kucing akan menjadi lebih terjamin kesehatannya dan secara umum masa hidupnya menjadi lebih panjang karena terhindar dari penyakit yang berbahaya.



Kesehatan Kucing German Rex

Semua kucing memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik, entah itu kucing keturunan ras murni ataupun kucing hasil persilangan dari dua ras kucing yang berbeda. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

German Rex umumnya dianggap sebagai kucing yang sehat dan tidak ada masalah kesehatan khusus yang biasa dialami oleh ras kucing ini. Meski kucing ini dianggap sehat, namun beberapa masalah kesehatan umum bisa terjadi pada kucing ini, jadi perawatan yang diberikan harus maksimal supaya kucing tetap sehat.

Beberapa kemungkinan masalah kesehatan yang bisa terjadi pada kucing ini mungkin akan berkaitan dengan bulunya yang unik. Kulit kucing ini mungkin akan lebih mudah gatal dan sensitif dan juga rentan tehadap jamur kareana itu permasalah kulit dan bulu akan memerlukan perawatan khusus.



Harga Kucing German Rex

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing German Rex Import 20.000.000
Harga Kucing German Rex Lokal 13.000.000
Harga Kitten German Rex 8.500.000
Harga Kucing German Rex Dewasa 10.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas tentang kucing German Rex, biaya adopsi kucing ini berkisar antara $600 sampai dengan $1.000. Dari rata rata biaya tersebut maka kemungkinan harga kucing German Rex akan seperti harga diatas. Biaya adopsi kucing impor akan lebih mahal karena untuk kucing impor akan dikenakan beberapa biaya tambahan seperti biaya kirim dan juga karantina.

Harga German Rex diatas merupakan biaya rata rata atau perkiraan, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga yang paten karena harga kucing german rex asli bisa lebih mahal atau lebih murah. Demikian mengenai kucing german rex kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing German Rex"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel