Kucing Ural Rex

Kucing Ural Rex merupakan ras kucing yang asli berasal dari Rusia dan merupakan ras kucing yang relatif baru. Dari namanya tentu saja catlovers sudah mengetahui bahwa kucing ini memiliki bulu jenis Rex atau keriting yang sama dengan beberapa jenis kucing Rex lainnya seperti Devon Rex dan juga Cornish Rex.

Kucing dengan bulu berlapis dan bergelombang ini lahir di dekat Yekaterinburg, yang merupakan kota besar Rusia yang terletak di kaki Pegunungan Ural. Pengambangan kucing ini dilakukan dengan hati-hati selama tiga dekade, dan setelahnya kucing ini menjadi populer di kalangan peternak kucing Rusia dan bahkan juga di Jerman.

Jenis Ras Kucing Ural Rex

Ural Rex memiliki bulu berukuran sedang atau pendek, dengan bulunya yang keriting ini mereka menjadi memiliki penampilan yang tidak biasa dan juga menarik. Ras kucing Rex yang satu ini memang belum banyak dikenal oleh orang, namun dengan kepribadian yang dimilikinya maka kucing ini akan cocok untuk sebagian besar rumah.

Bulu kucing ini padat, halus dan memiliki lapisan ganda dengan gelombang yang khas pada tubuhnya. Perkembangan kucing ini pun juga tergolong lambat, karena mereka membutuhkan waktu setidaknya dua tahun untuk berkembang sepenuhnya. Ural Rex digambarkan sebagai kucing yang pendiam dan baik hati, karena itu mereka bisa menjadi teman dalam rumah tangga yang baik. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Ural Rex

Selama bertahun-tahun dalam sejarahnya, breed alami dari Rusia ini telah dikembangkan menjadi kucing ke tingkat yang lebih menarik. Hal ini karena kerja yang disengaja dari para peternak dari klub kucing dan juga penggemar kucing ini. Meskipun kucing ini termasuk salah satu ras kucing alami dari Rusia, namun kucing ini tidak tersebar luas dan popular seperti Siberia.

Kucing dengan bulu keriting dari desa Ural telah dikenal sejak 30-40 tahun sebelumnya. Kemungkinan kucing ini muncul dari anak kucing peliharaan yang mengalami mutasi secara spontan. Kucing-kucing ini menjadi sangat sedikit selama terjadinya Perang Dunia II sehingga setelahnya kucing ini pun dianggap menghilang.

Sejarah Ras Kucing Ural Rex

Tahun 1988 dapat dianggap sebagai titik balik dalam sejarah breed ini. Kucing yang menjadi awal untuk ras ini adalah kucing berwarna hitam bicolor dengan bulu keriting yang bernama Vasilij. Kucing ini lahir pada tahun 1988 di Zarechniy tidak jauh dari Svedlovsk, yang sekarang menjadi Yekaterinburg, Rusia.

Pengembangan selanjutnya Vasilij dikawinkan kembali dengan ibunya yang bernama Mura, hal ini dilakukan untuk membantu memperbariki sifat bulu keriting yang ada. Ibunya adalah seekor kucing berbulu pendek dengan bintik hitam putih. Perkawinan ini menghasilkan satu anak kucing betina bernama Murka dan satu jantang yang diberi nama Mars.

Perkawinan sedarah (inbreeding) lebih lanjut kembali dilakukan dan dalam hal ini termasuk perkawinan antara Murka dengan Vasilij. Tidak ada anomaly (keanehan) yang ditemukan dalam program perkawinan sedarah, dan untuk memperluas gen dari kucing ini maka persilangan dengan kucing Shorthair Eropa juga dilakukan.

Semua Ural Rex modern adalah keturunan sebenarnya dari kucing yang disebutkan diatas. Gen bulu keriting yang ada pada kucing ini berbeda dari gen yang dimiliki oleh Cornish Rex, karena itu maka kucing ini pun diberikan nama dari tempat asalnya yaitu Ural dan menjadi kucing Ural Rex.

Ural Rex pertama kali dijelaskan pada tahun 1991 oleh Olga Mironova. Standar breed diakui oleh SFF dan RFA pada tahun 1994. WCF adalah organisasi kucing international pertama yang mengakui breed ini pada tahun 2006. Sebagian besar organisasi lain belum memberikan respon karena pada masa itu ras ini masih tergolong langkan dan hanya popular di Rusia dan juga Jerman. 



Karakteristik Kucing Ural Rex

Dalam hal penampilan, Ural Rex memberi kesan kucing berukuran rata-rata, berbadan tegap dengan bulu keriting yang berukuran sedang. Ras kucing ini dipengaruhi oleh dimorfisme seksual yang menyebabkan kucing Ural Rex jantan akan terasa lebih berat dibandingkan dengan kucing Ural Rex betina.

Kepala Ural Rex berbentuk agak pendek yang proporsional dengan tubuhnya. Dahi membulat dan terlihat jelas ada pengehentian yang agak mendadak pada tingkat kelopak mata bawah. Hidung lebar dan rata, garis rahang menonjol dengan moncong lebar bulat dan bantalan kumisnya.

Karakter Ras Kucing Ural Rex

Mata agak lebar, berbentuk almond, cerah, jernih dan terbuka lebar dengan kelopak mata atas yang bulat dan lurus. Pada masalah warna, warna apapun diijinkan untuk kucing ini. Telinga berukuran sedang dengan ujung membulat yang terletak tinggi di kepala dan tegak.

Bagian tubuh sudah dikatakan diatas bahwa ukurannya masuk kedalam rata-rata, berotot, padat namun memiliki kesan yang elegan. Batang tubuhnya dan juga tulang rusuk terlihat bulat dan berkembang dengan baik. Kaki tebal dan juga kuat serta sangat proporsional dengan tubuh, cakar bulat dan rapi disertai dengan ekor dengan panjang rata-rata yang meruncing pada ujung yang membulat.

Bulu Ural Rex berukuran pendek, tebal, halus dan juga lembut. Tubuhnya tertutup rapat dalam bulu bergelombang, halus dengan keriting yang menonjol dan juga terlihat kenyal. Dalam perkembangan bulu uralnya ini bisa dikatakan lambat, karena dikatakan bulu ural kucing ini akan baru sepenuhnya berkembang pada usia kucing 2 tahun.

Pada kucing Ural Rex, semua warna dapat diterima kecuali warna cokelat, kayu manis dan warna-warna lemah serupa, yang tidak diterima dam pola dan juga kombinasi apapun. Sejumlah warna putih juga diperbolehkan dengan kombinasi warna dan pola yang disetujui.

Ural Rex dikenal karena sifatnya yang manis dan tidak wajar. Kucing ini sangat menyenangkan dan lembut, bisa rukun dengan kucing lain atau bahkan hewan peliharaan lainnya. Dengan perhatian yang sesuai maka kucing ini akan cepat akrab dengan anggota keluarganya.

Kucing ini dikenal dengan tidak agresif pada lingkungan rumahnya, jika dilihat cukup compang camping dan tidak membutuhkan banyak perawatan kecuali perhatian. Kebanyakan dari mereka pendiam, namun dengan naluri berburu yang tajam. Mereka selalu bisa menjadi ibu yang hebat untuk anak-anaknya dan biasanya kebanyakan dari mereka melahirkan 2 sampai dengan 4 ekor anak.



Perawatan Kucing Ural Rex

Dalam hal perawatan, meski kucing Ural Rex memiliki bulu yang unik namun pada kenyataannya kucing ini muda dirawat. Cukup berikan penyisiran atau penyikatan bulu seperti biasa, namun dengan ditambahkan agak hati-hati dalam melakukannya supaya bulu uniknya ini tidak menjadi rusak.

Dikatakan pada saat kucing ini sakit, mereka akan kehilangan bulunya secara bertahap. Meski dikatakan demikian, sebagai ras alami mereka adalah kucing yang cukup sehat. Hal ini akan menjadi tanda yang bagus mengenai kesehatan kucing, jadi ketika terjadi masalah pada bulu sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada kucing untuk mengetahui tanda-tanda penyakit.

Perawatan Ras Kucing Ural Rex

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan rutin, hal ini biasanya dilakukan seminggu atau dua minggu sekali tergantung kondisi kucing. Sebaiknya kebiasaan ini dilakukan sejak dini (sejak kucing masih kecil), dengan begitu ketika kucing sudah beranjak dewasa maka pemotongan kuku atau cakat tetap mudah dilakukan.

Jaga atau usahakan untuk membersihkan gigi kucing dengan teratur supaya kucing terhindar dari kemungkinan terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus daripada tidak membersihkannya.

Periksa kebersihan telinga kucing setiap saat. Telinga kucing yang kotor bisa menjadi penyebab infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Periksa telinga kucing secara menyeluruh, bersihkan area yang kotor dengan hati-hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Berikan obat kutu pada kucing ini, tidak lucu bukan jika bulu keritingnya ini menjadi sarang kutu. Selain obat kutu jangan lupa untuk memberikan obat cacing sejak dini. Dengan memberikan kedua obat tersebut dengan benar maka kucing akan terbebas dari serangan kutu dan juga masalah pencernaan akibat cacing.

Dalam pemeliharaannya sebaiknya kucing Ural Rex dijadikan sebagai kucing dalam ruangan saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan kucing terttular penyakit atau virus dari kucing liar, serangan dari hewan lain, beberapa kecelakaan kecil yang tidak terduga dan juga resiko dicuri oleh orang asing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya, karena hal inilah vaksin sangat penting untuk kucing dan disarankan memberikannya sejak dini.



Kesehatan Kucing Ural Rex

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Ural Rex umumnya dianggap sebagai kucing yang sehat dan gen yang menghasilkan bulu menariknya tidak sama dengan milik Cornish Rex. Meski dikatakan tidak memiliki masalah kesehatan, bukan berarti kucing ini tidak bisa sakit sama sekali. Beberapa penyakit umum seperti muntah, flu, jamur, diare pasti masih bsa terjadi.

Hal yang perlu diingat adalah, kesehatan dari kucing peliharaan akan selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan. Karena itu jika pemilik kucing ingin kucingnya memiliki kesehatan yang baik selalu berikan perawatan yang maksimal mulai dari makanan, perawatan harian atau mingguan, kasih sayang dan juga pehatian. 



Harga Kucing Ural Rex

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Ural Rex Import -
Harga Kucing Ural Rex Lokal -
Harga Kitten Ural Rex -
Harga Kucing Ural Rex Dewasa -

Tidak ada informasi yang menjelaskan berapa biaya adopsi kucing Ural Rex ini, pada beberapa situs yang membahas kucing ini tidak diberikan keterangan mengenai biaya adopsinya. Karena hal tersebut maka saya juga tidak akan memberikan perkiraan harga untuk kucing ini. Jika ada salah satu catlovers yang mengetahui informasi terkait hal ini silahkan berkomentar pada kolom komentar supaya catlovers lain juga mengetahuinya. Demikian informasi mengenai kucing Ural Rex, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Ural Rex"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel