Kucing Ukrainian Levkoy

Kucing Ukrainian Levkoy atau dalam Bahasa Indonesai disebut dengan kucing Levkoy Ukraina merupakan ras kucing hasil persilangan antara kucing Scottish Fold yang memiliki telinga melingkup dan juga kucing Don Sphynx yang terkenal tidak memiliki bulu pada tubuhnya.

Dari persilangan dua kucing tersebut maka kucing Ukrainian Levkoy menjadi memiliki penampilan yang mirip seperti anjing. Mereka tidak memiliki bulu sama seperti kucing Don Sphynx dan memiliki telinga melingkup kedepan mirip seperti telinga yang dimiliki oleh kucing Scottish Fold.

Jenis Ras Kucing Ukrainian Levkoy

Meski dikatakan tidak memiliki bulu, namun sebenarnya kucing ini masih memiliki bulu pada tubuhnya yang akan terasa ketika disentuh. Karena bulu yang ada pada tubuhnya ini sangat lembut dan kontras dengan warna kulitnya maka ketika dilihat kucing ini menjadi terkesan tidak memiliki bulu.

Penampilan kucing Ukrainian Levkoy sangatlah unik, jadi bagi catlovers penggemar kucing varian hairless harus mengetahuinya dan untuk yang tidak begitu menyukai kucing varian hairless maka cobalah untuk melihat kucing ini, mungkin pendapat sebelumnya akan berubah dari tidak suka menjadi suka. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Ukrainian Levkoy

Seiring perkembangan yang terjadi pada ras kucing, minat pada breed yang tidak berbulu seperti kucing Sphynx, Donskoy dan lainnya menjadi mode tersendiri dan juga memiliki peminat yang banyak. Peternak di seluruh dunia menjadi ingin mencoba melakukan persilangan baru untuk mencapai tampilan kucing tanpa bulu yang dinginkan dan unik.

Sejarah Ukrainian Levkoy dimulai pada tahun 200 sampai dengan 2001 di  Ukraina. Pada tahun ini ada seorang peternak kucing sekaligus orang yang menciptakan kucing Ukrainian Levkoy bernama Elena Biriukova melakukan persilangan terhadap ras kucing untuk membuat kucing yang dia inginkan.

Sejarah Ras Kucing Ukrainian Levkoy

Elena mulai menyilangkan kucing Scottish Fold jantan dengan kucing Donskoy betina, dari persilangan inilah lahir anak kucing yang tidak memiliki bulu dan juga memiliki telinga melipat yang merupakan ciri khusus dari kucing Scottish Fold. Persilangan yang dilakukan ini tentunya tidak instan, namun harus melalui proses dan membutuhkan waktu.

Dalam pengembangannya, Ukrainian Levkoy tidak hanya disilangkan dengan kedua kucing tersebut saja, namun kucing ini juga disilangkan dengan kucing berjenis Oriental dan juga kucing domestik lainnya dengan tujuan menghasilkan karakteristik ras kucing Ukrainian Levkoy yang diinginkan.

Pada awal pengembangannya, Ukrainian Levkoy hanya diakui oleh organisasi-organisasi pecinta kucing di Rusia dan Ukraina saja. Pada tahun 2005, Ukrainian Levkoy pertama kali diakui oleh ICFA RUI (Rolandus Union International) di Ukraina dan pada tahun 2010 diakui di Rusia dibawah ICFA WCA.

Sejak September 2010, Rolandus Union International) sudah diperbolehkan mengikuti show kucing di Ukraina. Kemudian pada tahun 2011, Ukrainian Levkoy kucing ini juga diperbolehkan mengikuti show di Rusia. Pada masa ini beberapa organisasi kucing lainnya masih memasukkan ras Ukrainian Levkoy sebagai kucing eksperimental saja.

Nama Ukrainian Levkoy sendiri diberikan pada kucing ini dengan menggabungkan Ukraina sebagai negara tempat kucing ini pertama kali dikembangkan dan Levkoy sendiri diambil dari bentuk telinganya yang tampak seperti membungkuk dan menyerupai dau tanaman Levkoy. Dari kombinasi inilah nama ras Ukrainian Levkoy terbentuk. 



Karakteristik Kucing Ukrainian Levkoy

Ukrainian Levkoy adalah kucing berukuran sedang, namun ukuran standar dari setiap ras kucing mungkin akan berbeda. Kebanyakan dari kucing ini memiliki berat berkisar antara 3.5kg hingga 6kg untuk kucing berkelamin jantan, dan untuk kucing betina biasanya sering terliat lebih kecil daripada jantan.

Dalam struktur dan penam[ilan, Ukrainian Levkoy sering disamakan dengan kucing Siam yang gundul atau kucing Sphynx. Mereka memiliki tubuh yang panjang dan proporsional dengan kaki panjang yang gesit dan ekor yang meruncing. Kepala berbentuk seperti baji, telinganya besar dan melingkup, mata agak miring dengan kulit keriput dan tidak berbulu.

Karakter Ras Kucing Ukrainian Levkoy

Mungkin kucing ini sering dikatakan tidak memiliki bulu, namun sebenarnya tubuhnya ditutupi oleh bulu tipis seperti beludru yang memberikan sedikit perlindungan pada kucing ini. Pada awal pengembangan mungkin ada anak kucing yang masih memiliki bulu, namun seiring perkembangan dilakukan maka standar akan tercapai dan semua keturunan akan menjadi tidak berbulu.

Selain adanya bulu, untuk Ukrainian Levkoy yang sudah standar. Dalam perbiakannya kucing ini masih akan bisa memiliki keturunan bertilinga lurus seperti kucing Sphynx. Hal ini juga terjadi pada kucing Scottish Fold, namun jika pada kucing SCF kucing yang bertelinga lurus disebut dengan SS atau Scottish Straight maka apa sebutan yang tepat bagi ras ini?

Keturunan yang tidak memiliki bulu ini akan lebih rentan dalam hal apapun seperti terkena sinar matahari secara langsung, suhu yang dingin dan juga rentan dengan terluka dari benda yang ada disekitarnya. Selain hal tersebut, kucing ini juga perlu dimandikan lebih teratur dibandingkan beberapa ras lainnya karena perbedaan dalam bulu.

Ukrainian Levkoy digambarkan sebagai orang yang sangat penyayang dengan perilaku yang santai dan juga menyenangkan. Mereka adalah kucing yang cerdas dan juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kucing ini akan selalu mengunkap apa yang pemiliknya sembunyikan entah itu camilan, makanan anjing, atau barang lainnya.

Untuk menjaga kucing ini tetap terhibur dan juga terstimulasi sepanjang hari maka pastikan untuk menyediakan berbagai mainan untuknya. Kucing ini bisa cocok dengan anak-anak dan juga hewan peliharaan lainnya. Menyenangkan dan bisa rumah tangga manapun asalkan kebutuhan mereka bisa tercukupi dengan baik. 



Perawatan Kucing Ukrainian Levkoy

Ukrainian Levkoy adalah kucing varian hairless yang dikatakan tidak memiliki bulu dan terlihat seperti makhluk asing dan lucu. Dalam hal perawatannya kucing ini tidak seperti merawat kucing berbulu, namun meski begitu perawatan yang diberikan padanya harus lebih ekstra lagi.

Karena kucing ini memiliki bulu yang lembut maka kulitnya cenderung akan mengeluarkan minyak yang membuat banyak kotoran menjadi mudah menempel dan badannya menjadi kotor. Tidak hanya badannya saja, namun juga beberapa bagian tubuh lain seperti pada cakar dan juga telinga.

Perawatan Ras Kucing Ukrainian Levkoy

Untuk membersihkan bagian tubuhnya, pemilik bisa melakukan pengelapan menggunakan kain basah secukupnya pada seluruh bagian tubuh. Namun supaya bersih secara keseluruhan maka sangat disarankan menggunakan degreaser saat mandi untuk mengangkat minyak pada tubuh dan membersihkannya dengan maksimal.

Lakukan pemotongan kuku dengan teratur, hal ini biasanya dilakukan seminggu atau dua minggu sekali tergantung kondisi kucing. Kebiasaan ini sebaiknya dilakukan sejak dini (sejak kucing masih kecil), dengan begitu ketika kucing sudah dewasa pemotongan tetap mudah dilakukan. Pada saat akan memotong jangan lupa juga membersihkan kotoran pada sela kuku atau cakar yang terlihat.

Jagalah kebersihan gigi kucing untuk mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebanyakan kucing hairless sangat rentan terhadap penyakit ini, oleh karena itu menjaga kebersihan gigi sangatlah penting. Membersihkan sesekali saja bukan masalah, karena hal ini sudah bagus daripada tidak membersihkannya.

Periksa kebersihan telinga kucing dengan rutin. Telinga kucing yang kotor bisa menjadi penyebab infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, karena kucing ini sangat rentan dengan telinga yang kotor maka lakukan pengecekan sesering mungkin. Periksa bagian telinga secara menyeluruh, bersihkan area yang kotor dengan hati-hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Ras hairless seperti kucing Ukrainian Levkoy ini harus membakar sejumlah besar energi untuk menjaga diri mereka untuk tetap hangat, Meski ras ini terlihat langsing, namun dalam urusan makan kemungkinan kucing ini akan membutuhkan lebih banyak porsi daripada kucing biasanya.

Pastikan makanan apapun yang dipilih entah itu makanan basah, buatan sendiri atau makanan kering bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya pada tahap perkembangan  kucing. Jangan lupa juga memberikan obat cacing supaya kucing terhindar dari permasalahan pencernaan yang dikatakan rentan pada ras hairless.

Ukrainian Levkoy adalah kucing yang sangat suka untuk bermain, karena itu memberikan ruangan yang cukup dan juga beberapa mainan sangatlah disarankan untuk memenuhi kebutuhan gerak mereka. Luangkan waktu juga untuk mengajak kucing bermain, hal ini selain bisa membuat kucing senang juga bisa mempererat ikatan dengan pemiliknya.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing ini untuk menjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya atau bahkan mematikan. Vaksin sangat penting untuk kucing, karena itu berikan vaksin dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Ukrainian Levkoy

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing hasil persilangan ataupun ras kucing alami yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Ukrainian Levkoy umumnya dianggap sebagai kucing yang sehat, meskipun mereka dapat cenderung memiliki kondisi masalah kesehatan yang dimiliki oleh kucing Donskoy atau kucing Scottish Fold. Tidak ada masalah kesehatan khusus dari breed ini, akan tetapi selalu perhatikan kondisi kucing untuk memastikan kesehatannya.

Ingat, kesehatan kucing peliharaan selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan, karena itu selalu berikan perawatan terbaik untuk mulai dari makanan yang diberikan, perawatan harian atau mingguan, perhatian dan juga kasih sayang. Dengan perawatan yang maksimal, maka kucing akan selalu sehat dan dalam kondisi terbaiknya. 



Harga Kucing Ukrainian Levkoy

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Ukrainian Levkoy Import 40.000.000
Harga Kucing Ukrainian Levkoy Lokal 20.000.000
Harga Kitten Ukrainian Levkoy 12.500.000
Harga Kucing Ukrainian Levkoy Dewasa 15.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas tentang kucing ini, biaya adopsi Ukrainian Levkoy berkisar antara $1.000 sampai dengan $1.200. Dari rata-rata tersebut maka saya memberikan perkiraan harga seperti diatas. Beberapa breeder Indonesia sudah ada yang memiliki kucing ini (termasuk di kota saya), namun karena belum banyak maka harga pasarannya saya pun kurang begitu mengetahuinya. Harga diatas hanya perkalian kurs saja ya catlovers, jadi untuk harga Ukrainian Levkoy import belum dikenakan biaya pengiriman dan biaya lainnya.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja, karena selain hanya perkiraan, harga kucing Ukrainian Levkoy asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Ukrainian Levkoy, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Ukrainian Levkoy"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel