Kucing Ussuri

Kucing Ussuri adalah salah satu ras kucing yang langka, mereka adalah ras hibrida alami yang berasal dari wilayah sungai Amur di Rusia. Kata langka yang diberikan pada kucing ini adalah fakta, mereka adalah salah satu ras paling langka di planet ini yang bahkan di negara asalnya yaitu Rusia kucing ini pun sulit untuk ditemukan.

Ussuri adalah ras hibrida alami, sangat sedikit sekali informasi terkait asal usul ras ini. Beberapa orang berpendapat mereka adalah kucing hasil persilangan dari kucing liar kecil (kucing hutan Amur) dan subspesies dari kucing macan tutul Asia (kucing Amur Leopard). Sebagian besar informasi yang ada tentang kucing ini memang didasarkan dari penampilan mereka.

Jenis Ras Kucing Ussuri

Mereka adalah kucing yang memiliki tampilan liar dan memiliki tubuh atletis serta tampilan yang anggun. Meski banyak keterangan tentang kucing ini namun tidak banyak tang melihat kucing ini karena kelangkaannya. Di negara asalnya yaitu Rusia, ras kucing ini telah mengalami penurunan secara signifikan setelah kawin silang dengan kucing domestik setempat.

Ussuri bukanlah kucing yang tepat untuk dijadikan kucing pangkuan, naluri mereka untuk berburu membuat kucing ini menjadi kandidat buruk untuk hidup sebagai kucing peliharaan. Menurut pendapat dari beberapa orang, jika tidak dilakukan program pengembangan pada kucing ini untuk melestarikannya maka kemungkinan ras kucing ini akan segera mengalami kepunahan

Daftar Isi



Sejarah Kucing Ussuri

Mengenai sejarah Ussuri, sangat sedikit yang diketahui mengenai perkembangan kucing yang langka ini. Meskipun diyakini berasal dari wilayah Sungai Amur Rusia dimana kemungkinan besar kucing ini pernah bertemu dengan kucing liar atau yang lebih dikenal sebagai kucing Hutan Amur.

Banyak teori seputar perkembangan breed, meskipun ada sedikit bukti nyata untuk mengatakan teori ini. Kepercayaan umum yang ada adalah kucing Ussuri adalah hibrida dari kucing hutan amur dan ras domestik yang sering mengunjungi wilayah sungai.

Selama bertahun-tahun, Ussuri telah diamati di Rusia dan dikatakan populasi kucing ini semakin berkurang. Diperkirakan hal ini disebabkan karena perkawinan sedarah dan juga kurangnya program pemuliaan pada kucing ini. Jika hal ini menjadi berkelanjutan, maka ada kemungkinan Ussuri akan punah. 



Karakteristik Kucing Ussuri

Dalam hal penampilan, kucing Ussuri cenderung berukuran sedang. Seekor kucing Ussuri dewasa mungkin akan memiliki berat antara 5kg sampai dengan 7kg dan tingginya berkisar antara 9 sampai dengan 11 inci. Karena kelangkaan kucing ini, sangat sedikit yang diketahui mengenai struktur tubuh dan juga penampilannya.

Beberapa informasi yang didapatkan dari orang yang pernah memelihara kucing ini adalah kucing ini ciri-cirinya mirip dengan Bengal yang memiliki tubuh kekar, atletis, kaki panjang dan bulunya lembut. Ussuri kemungkinan memiliki kedekatan alami dengan air dilihat dari wilayah kucing ini berkembang.

Setelah berevolusi di wilayah Sungai Amur di mana dia mungkin belajar untuk berenang dan juga bertahan hidup. Selain hal tersebut, hanya sedikit yang diketahui mengenai kucing ini. Atribut fisiknya hanya bisa dispekulasikan dengan deskripsi umum dari kucing liar Asia kecil yang memiliki struktur tubuh berotot, telinga lynx, kaki belang, ekor bercincin dan berbagai pola pada bulunya.

Kepribadian kucing hibrida sulit untuk diukur, dan karena kucing Ussuri ini sangat langka maka hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan perilaku dari kucing ini pada lingkungan domestik. Jika kucing Bengal adalah kucing yang memberikan tantangan pada pemiliknya, rata-rata Ussuri cenderung menuntut perhatian dan persahabatan.

Mereka ingin terus menerus bersama dengan pemiliknya dan tidak akan puas menghabiskan waktu sendirian dalam waktu lama. Kucing ini juga bisa merespon dengan baik anak-anak serta hewan peliharaan lain, namun tentu saja hal ini membutuhkan tahap perkenalan dan pendekatan. 



Perawatan Kucing Ussuri

Dalam hal perawatan, kucing Ussuri yang memiliki bulu berukuran pendek dengan lapisan bawah bulu yang tebal akan membutuhkan perawatan minimal. Kerontokan bulu kucing ini bersifat musiman, jadi pemilik kucing hanya perlu memberikan penyikatan atau penyisiran mingguan untuk mempertahankan penampilannya yang mengkilap.

Kebanyakan dari kucing Ussuri ini sangatlah mandiri dan bisa merawat dirinya sendiri, hal ini mungkin karena darah liarnya. Karena hal ini maka sebaiknya semua perawatan dasar untuk kucing yang ada disarankan mulai dilakukan sejak dini, karena jika tidak mereka ada kemungkinan akan menolak untuk diberikan perawatan tambahan.

Perawatan Ras Kucing Ussuri

Jagalah kebersihan gigi kucing dengan benar, hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkannya sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya.

Periksa kebersihan telinga kucing dengan teratur. Telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang ada, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Periksa telinga kucing secara menyeluruh, bersihkan bagian yang kotor dengan hati-hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Potong kuku atau cakar kucing dengan teratur, hal ini biasanya dilakukan seminggu atau dua minggu sekali tergantung kondisi kucing. Sebaiknya kebiasaan ini dilakukan sejak dini (sejak kucing masih kecil), dengan begitu ketika kucing sudah beranjak dewasa pemotongan kuku akan tetap mudah untuk dilakukan.

Berikan obat kutu pada kucing dengan rutin, tidak lucu jika bulu kucing yang indah ini menjadi sarang dari para kutu. Jangan lupa juga memberikan obat cacing dengan teratur pada kucing. Dengan memberikan kedua obat tersebut dengan benar maka kucing akan terbebas dari kutu dan juga masalah pencernaan yang disebabkan cacing.

Kucing ini mempertahankan kebutuhan nutrisi liar dari leluhurnya, karena itu kebanyakan dari mereka tidak bisa bertahan dengan makanan kibble komersial yang banyak dijual dipasaran. Mereka membutuhkan daging segar dan suplemen nutrisi yang bagus, karena itu perhatikan hal ini dan sebaiknya gunakan resep yang sesuai untuknya.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan daya tahan terhadap beberapa virus yang berbahaya, jadi pemberian vaksin sangat penting supaya kucing menjadi lebih sehat dan memiliki umur panjang. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Ussuri

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing hasil dari persilangan ataupun ras kucing alami yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Ussuri umumnya dianggap sebagai kucing yang sehat dan memiliki masa hidup rata-rata mencapai 12 hingga 15 tahun. Dikatakan kucing ini tidak mudah sakit sesering kucing domestik pada umumnya dikarenakan kumpulan genetik dari ras ini yang luas. Mereka tidak terkait dengan kondisi kesehatan secara genetik.

Meskipun jarang, ras kucing ini tentu masih bisa menderita penyakit umum yang sering terjadi pada kucing lainnya seperti flu, jamur, diare, muntah dan lainnya. Ingat, kesehatan seekor kucing selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan, karena itu selalu berikan perawatan yang maksimal untuk kucing supaya mereka selalu sehat dan dalam kondisi terbaiknya.



Harga Kucing Ussuri

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Ussuri Import 20.000.000
Harga Kucing Ussuri Lokal 10.000.000
Harga Kitten Ussuri 6.500.000
Harga Kucing Ussuri Dewasa 8.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas ras kucing ini, biaya adopsi rata-ratanya berkisar antara $800 sampai dengan $1.500. Dari rata-rata tersebut maka saya memberikan perkiraan harga seperti diatas. Harga yang tertera diatas hanya merupakan perkalian kurs saja ya catlovers semuanya, jadi untuk harga kucing Ussuri import belum dikenakan biaya pengiriman dan juga biaya lainnya.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja, karena selain hanya perkiraan harga, harga kucing Ussuri asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Ussuri, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Ussuri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel