Kucing Wila KrungThep

Kucing Wila KrungThep adalah kucing yang mengalami mutasi baru pada tahun 2014 yang ditemukan pada populasi kucing asli dari Thailand. Nama kucing ini sendiri yaitu Wila KrungThep memiliki arti Kucing untuk Wila dan Bangkok untuk KrungThep, karena nama ini maka kucing ini pun terkadang disebut juga sebagai Kucing Bangkok.

Konsep penamaan untuk kucing ini melibatkan penggunaan Wila yang berasal dari bahasa Thailand lama sebagai lawan dari Maew yang memiliki arti sama namun dari bahasa Thailand Modern. KrungThep atau Bangkok yang merupakan ibu kota dari Thailand adalah tempat pertama kali kucing ini ditemukan.

Jenis Ras Kucing Wila KrungThep

Kemungkinan besar mutasi ini merupakan mutasi yang sudah lama, namun baru saja ditemukan di era Bangkok modern. Kucing pertama yang ditemukan ini diberi nama Mai Thong yang memiliki arti Sutra Emas. Nama ini diberikan karena kucing ini memiliki bulu yang tampak keemasan dan tidak biasa.

Nama yang sebelumnya memang mencerminkan warna bulu pada kucing ini, dan setelah kucing ini memiliki nama Wila KrungThep maka warna pada kucing ini pun menjadi disebut Si Mai Thong atau 'warna sutra emas. Banyak sekali ras kucing yang berasal dari Thailand, mereka semua adalah ras kucing yang menarik dan tentu saja salah satunya adalah kucing ini. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Wila KrungThep

Mai Thong adalah kucing pertama yang ditemukan di Thailand pada tahun 2014 yang menampilan warna bulu yang tidak biasa. DNA Mai Thong diuji di laboratorium genetika veteriner (VGL) yang menunjukkan bahwa seharusnya kucing ini adalah kucing hitam (CC BB DD).

Pada masa penemuan awal tidak ada kucing lain dengan warna ini yang diketahui dan baru beberapa tahun setelahnya lebih banyak kucing ditemukan di Thailand yang sekarang aktif untuk digunakan dalam program pemuliaan dengan tujuan untuk lebih memahami sifat dan interaksi mutasi baru.

Sesuai dengan tradisi Thailand, untuk penamaan warna lain seperti Si Sawat (Korat/warna biji sawat) dan Si Thong Daeng (Suphalak/warna tembaga), nama Si Mai Thong diterjemahkan menjadi warna sutra emas. Nama ini dipilih untuk menggambarkan warna dari kucing ini.

Pewarnaan dari mutasi baru terletak pada gen tirosinase, gen yang sama dengan mutasi siam (cs) dan burma (cb) berada. Penamaan tantatif untuk mutasi baru ini adalah (cm) dimana m adalah singkatan dari Mai Thing atau nama lama Mocha telah disarankan oleh peternak di AS.

Meski telah diberikan saran penamaan, namun peternak dan masyarakat umum di Thailand lebih memilih nama Thailand untuk penemuan baru ini. Oleh karena itu Wila KrungThep dan Si Mai Thong telah dipilih masing-masing sebagai nama dan juga warna breed untuk kucing ini. 



Karakteristik Kucing Wila KrungThep

Tidak ada informasi yang jelas mengenai kucing Wila KrungThep ini mulai dari penampilan dan juga perilaku yang umum dari ras ini. Beberapa situs yang membahas kucing ini tidak menjelaskan hal tersebut. Karena keterbatasan informasi maka dalam karakteristik kucing kali ini tidak ada yang bisa dijelaskan, jadi jika diantara salah satu catlovers mengetahui informasi terkait silahkan memberikan komentar pada kolom komentar dibawah supaya catlovers lain juga mengetahuinya.



Perawatan Kucing Wila KrungThep

Sama halnya dengan karakteristik kucing, tidak ada informasi mengenai cara merawat kucing Wila KrungThep ini. Apakah ada perawatan khusus atau tidak hal ini tidak diketahui, namun dalam masalah perawatan kucing ini akan tetap dituliskan cara merawat kucing umum seperti biasanya.

Dalam masalah perawatan, kucing Wila KrungThep ini akan sama dengan kucing umum lain. Merawat bulu cukup dengan memberikan penyisiran atau penyikatan bulu mingguan untuk membantu kucing mengurangi jumlah bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh lebih cepat kembali.

Jaga kebersihan gigi kucing untuk mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya.

Periksa kebersihan telinga kucing dengan teratur. Telinga kucing yang kotor bisa menjadi penyebab infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Periksa seluruh bagian telinga kucing dengan teliti, bersihkan area yang kotor dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan rutin, hal ini biasanya dilakukan seminggu atau dua minggu sekali. Sebaiknya kebiasaan ini dilakukan sejak dini (sejak kucing masih kecil), dengan begitu ketika kucing sudah beranjak dewasa maka pemotongan kuku atau cakar tetap mudah untuk dilakukan.

Berikan obat kutu pada kucing dengan rutin, tidak lucu bukan jika bulu kucing ini menjadi sarang kutu yang menyebalkan. Selain obat kutu jangan lupa memberikan obat cacing pada kucing sejak dini. Dengan memberikan kedua obat tersebut dengan benar maka kucing akan terbebas dari kutu dan juga masalah pencernaan yang disebabkan oleh cacing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan daya tahan terhadap beberapa virus berbahaya, karena hal inilah vaksin sangat penting dan dibutuhkan kucing. Beriksan vaksin dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Wila KrungThep

Semua jenis ras kucing entah itu ras kucing hasil dari persilangan ataupun ras kucing alami yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Tidak banyak informasi terkait masalah kesehatan kucing ini, karena ras kucing ini termasuk ras kucing yang masih baru maka tidak diketahui apakah kucing ini memiliki masalah kesehatan khusus atau tidak. Beberapa penyakit kucing umum sudah bisa dipastikan masih bisa terjadi, namun dengan perawatan yang baik maka hal ini akan mudah untuk diatasi.



Harga Kucing Wila KrungThep

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Wila KrungThep Import -
Harga Kucing Wila KrungThep Lokal -
Harga Kitten Wila KrungThep -
Harga Kucing Wila KrungThep Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas mengenai biaya adopsi kucing Wila KrungThep ini, karena hal ini maka saya juga tidak akan memberikan perkiraan harga untuk ras ini. Jika ada salah satu catlovers yang mengetahui informasi mengenai hal ini maka silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah supaya catlovers lain juga mengetahuinya. Demikian informasi mengenai kucing Wila KrungThep, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Wila KrungThep"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel