Kucing York Chocolate

Kucing York Chocolate atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan kucing Cokelat York adalah salah satu ras kucing yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Nama untuk kucing ini yaitu York Chocolate berasal dari gabungan antara York dari New York dan Chocolate yang merupakan warna bulu dari kucing ini.

Pada awal pengembangannya dikatakan peternak kucing menggunakan kucing berwarna bintik hitam putih dikawinkan dengan kucing hitam dengan bulu yang panjang, dari perkawinan tersebut keluarlah anak kucing yang memiliki warna cokelat yang merupakan dasar dari kucing York Chocolate.

Jenis Ras Kucing York Chocolate

Mereka adalah kucing yang sempurna untuk rumah tangga yang sibuk dan memiliki anak atau kucing lain didalamnya. Mereka akan mengikuti pemiliknya kemanapun mereka pergi, selain itu kucing ini juga bisa menjadi pemburu yang baik untuk mengincar hama atau menggunakan mainan kucing yang ada. 

York Chocolate dikatakan tidak diakui secara luas oleh organisasi kucing yang ada, pada tahun 2015 hanya ada 1 breeder yang terdaftar. Selanjutnya pada tahun 2016 tidak ada registri yang membawa standar breed ras ini, karena itu mereka dianggap punah. Meski pada saat ini ada banyak kucing yang mirip, namun tanpa dokumen silsilah yang jelas maka kucing tersebut bukan kucing York Chocolate. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing York Chocolate

Sejarah York Chocolate dimulai pada tahun 1983, di peternakan sapi perah, kambing milik Janet Cheifari di Grafton, New York. Seekor kucing hitam dan putih berbulu panjang bernama Blacky telah melakukan perkawinan dengan kucing tom hitam berbulu panjang bernama Smokey.

Perkawinan tersebut menghasilkan anak kucing yang termasuk satu cokalet berbulu panjang dan anak kucing betina putih bernama Brownie. Anak kucing ini memiliki warna menarik dan juga kepribadian yang menawan. Pada musim panas berikutnya, Brownie dikawinkan dengan ayahnya dan menghasilkan anak kucing yang salah satunya adalah Minky, seekor kucing hitam jantan dan berbulu panjang.

Sejarah Ras Kucing York Chocolate

Pada taun 1985, Brownie dikawinkan dengan anaknya yang sudah dewasa yaitu Minky. Perkawinan ini menghasilkan dua anak kucing, Teddy Bear yang merupakan kucing jantan coklat berbulu panjang dan juga Cocoa, kucing betina coklat dan putih berbulu panjang. Pada masa ini peternakan milik Janet Cheifari telah menumbuhkan banyak kucing berbulu panjang yang berkilau.

Sebagai peternak kambing, awalnya Cheifari hanya mengetahui sedikit ilmu mengenai kucing dan bahkan dia hanya mengetahui bahwa kucing akan selalu pintar dalam membersihkan lumbung dari hewan pengerat. Setelah banyaknya kucing yang ada, akhirnya dia pun mulai membaca setiap buku tentang genetika kucing yang bisa dia temukan.

Pada tahun 1989, Cheifari telah mengubah terasnya menjadi cattery yang dia beri nama Upon the Rock. Dia memulai pengembangan dengan Brownie, Minky, Teddy Bear, Kakao dan semua keturunan yang berwarna cokelat, sedangkan 10 ekor kucing lain yang tidak digunakan dalam pengembangan ditempatkan pada rumah yang bertanggung jawab merawatnya.

Secara mengejutkan, kucing-kucing ini berkembang dengan benar dan menghasilkan kucing cokelat berbulu panjang yang padat, bicolor dengan bulu halus serta tidak kusut. Dalam pengembangan ini, Chiefari selalu mencatat bentuk kepala, tipe tubuh, dan tipe bulu semua kucing tersebut sangat konsisten sejak awal.

Karena bulu panjang diatur oleh gen resesif, dan kedua induk memiliki bulu panjang, berarti masing-masing memiliki dua salinan gen bulu panjang. Oleh karena itu, satu-satunya hasil yang mungkin anak aanak kucing dengan bulu yang panjang juga. Selain itu, Blacky dan Smokey masing-masing harus memiliki satu salinan gen dominan hitam (B) dan satu salinan alel cokelat resesif (b) untuk menghasilkan Brownie.

Untuk mengekspresikan pewarnaan cokat, kucing coklat harus mewarisi dua salinan gen b, satu dari setiap induknya. Setelah itu, setiap kali dua kucing coklat dikawinkan bersama maka semua anak kucing akan berwarna coklat atau coklat putih tergantung pada pewarisan gen faktor bercak putih yang bisa membuat sarung tangan dan bercak putih lainnya.

Di musim panas tahun yang sama (1989), Cattery Chiefari memiliki dua puluh tujuh kucing coklat solid berbulu panjang atau bicolor dengan warna putih. Dia sangat antusias dengan jenis barunya ini dan membuatnya mencari cara untuk mempromosikannnya supaya lebih dikenal orang luas.

Pada bulan Juli 1989, dokter hewan Chiefari mengenalkannya dengan Nancy Belser yang merupakan peternak dan juga hakim dari CFF (Cat Fanciers' Federation). Belser pergi ke cattery Chiefari dan mengkonfirmasi kucing yang dibicarakan dan memastikan kucing ini tidak seperti kucing lainnya.

Nancy Belser mendorong Cheifari untuk memamerkan kucingnya di CFF. Latar belakang Cheifari yang hanya mencintai kucingnya dan percaya, tidak mengetahui tugas berat dalam pendaftaran ras kucing baru dan hanya berangkat dengan ketidaktahuan total dalam wawancara yang dia hadapi.

Septermber itu, Cheifari membawa Prince yang merupakan seekor kucing jantan berwarna cokelat berusia 6 bulan ke show kucing CFF dalam kategori peliharaan rumah tangga (HHP). Pada show pertama itu, Prince memenangkan 4 rosette dan mengambil piala pada tempat pertama.

Karena bersemangat dengan respon hangat yang dia terima, Chiefari memulai proses pendaftaran ras baru ini ke CFF dan juga ACFA. Karena ras ini belum memiliki nama, maka dia memberikan nama York Chococlate yang diambil dari York untuk New York dari mana kucing ini berasal dan Chocolate untuk warna bulu kucing ini. Dengan bantuan dari CFF dan ACFA, dia menulis standar breed pertama untuk kucing York Chocolate.

Pada bulan Maret 1990, York Chocolate diterima sebagai breed eksperimental di CFF dan ACFA. Selang beberapa waktu, anak kucing Lavender pertama lahir. Ketika seekor kucing mewarisi dua salinan gen warna encer resesif d, satu dari setiap induk, alih-alih gen D yang padar, warna coklat menjadi abu-abu lembut yang dikenal sebagai lavender, karena hal ini maka lavender dan lavender bicolor dimasukkan ke dalam standar breed.

Untuk diterima di asosiasi, dibutuhkan lebih dari satu peternak. Karena hal ini, Cheifari mulai merekrut peternak lain mulai dari kerabat, teman dan juga tetangga mendapatkan tawaran untuk mengembangkan kucing ini. Jumlah peternak York Chocolate meningkat pesat, dan hanya dalam waktu dua tahun (1992), York Chocolate diberikan status Championship di CFF.

Peternak dari Kanada, Michèle dan Frank Scott juga memiliki peran penting dalam pengembangan kucing ini. Bersama dengan anggota York Chocolate Society yang baru saja dibentuk, mereka mendapatkan pengakuan dari CCA (Canadian Cat Association) dan pada tahun 1995, CCA memberikan status kejuaraan pada kucing ini.

Anna dan Francesco Baldi dari Verona, Italia adalah peternak Eropa pertama dari York Chocolate. Mereka membeli beberapa kucing York Chocolates dari Michèle dan Frank Scott di Kanada, dan Emile Belisle dan Pat Chew di Amerika Serikat untuk mendirikan cattery mereka sendiri.

Meski pada akhirnya Baldis tidak lagi mengembangkan kucing ini, namun mereka memiliki peran penting dalam pendirian IYCF (International York Chocolate Federation) yang merupakan organisasi berbasis di Italia dengan dedikasi melestarikan dan mempromosikan kucing York Chocolate.

Pada tahun 1997 anggota IYCF dan breeder dan fancier lainnya berhasil mendapatkan penerimaan York Chocolate dengan World Cat Federation (WCF) yang berbasis di Jerman, dan asosiasi internasional dan Eropa lainnya termasuk World Felinological Federation (WFF) di Moskow, Rusia, International Aliansi Peternak Kucing Progresif di Upton. 



Karakteristik Kucing York Chocolate

Dalam hal penampilan, kucing York Chocolate adalah kucing yang memiliki tubuh berukuran sedang hingga besar. Tubuhnya bertipe lonjong dan panjang dengan garis tubuh yang mengalir mulus. Leher berukuran pendek hingga sedang, dada penuh dan bulat. Ukuran kucing jantan akan lebih besar, bertulang lebih berat dan lebih berotot dari kucing betina.

Kepala berukuran sedang dan sebanding dengan ukuran tubuhnya. Ukurannnya lebih panjang daripada lebar dengan bentuk kepala yang dimodifikasi seperti baji mulai dari hidung dan menyebar keujung telinga. Mereka memiliki moncong yang bulat, tidak pendek atau runcing dan dagu yang ujungnya rata dengan ujung bibir bagian atas.

Karakter Ras Kucing York Chocolate

Telinga York Chocolate berukuran besar, runcing, agak miring kedepan, lebar pada bagian dasar dan dipisahkan dengan baik diatas kepalanya. Telinga yang berumbai ada di bagian dalam sedangkan ada bulu kecil di bagian luar telinga. Mata berukuran sedang, berbentuk almond, sedikit miring kearah hidung dan biasanya berwarna emas, hijau atau hazel.

Kaki berukuran sedang hingga panjang dan juga berotot. Kaki belakang sedikit lebih panjang daripada kaki bagian depan, cakarnya besar, bulat dan sedikit berumbai. Ekor berukuran sedang hingga panjang yang sesebanding dengan panjang tubuh kucing ini. Bentuknya lebar pada bagian pangkal dan meruncing ke ujung yang membulat.

Bulu York Chocolate berukuran sedang, halus dan mengkilap. Teksturnya lembut dan halus sampai ke akar, tanpa lapisan bawah bulu yang seperti wol. Bulu pada bagian wajah, perut, dan kaki bagian bawah berukuran lebih pendek dan pada punggung, samping, kaki bagian atas akan lebih panjang. 

Dalam masalah warna bulu tentu saja warna yang ada akan seperti namanya, yaitu cokelat, namun dengan perkembangannya mereka juga memiliki warna lavender dan juga bicolor dengan kombinasi putih dan kedua warna tersebut. Warna coklat pada kucing ini akan lambat berkembangdan seiring bertambahnya usia kucing warna ini menjadi semakin terlihat.

York Chocolate adalah ras kucing yang sangat ramah namun juga pemarah. Mereka memiliki keseimbangan yang baik antara energi tinggi dan juga pengabdian terhadap keluarganya. Seperti kebanyakan kucing lainnya, mereka juga pasti akan suka untuk duduk di pangkuan pemiliknya dan mendengkur serta menerima belaian.

Umumnya kucing York Chocolate tidaklah vokal, mereka hanya akan mengeluarkan dengkuran yang antusias dan terkadang ada suara mendengung ketika membutuhkan sesuatu seperti makanan yang kosong pada tempatnya. Pada sebuah keluarga, kucing ini biasanya akan terikat dengan satu orang saja yang mereka pilih.

Kebanyakan dari mereka akan sangat menikmati untuk dipeluk, mereka adalah kucing yang ramah, penuh kasih sayang pada keluarganya (termasuk anak-anak) dan juga hewan peliharaan lainnya seperti kucing lain atau anjing. Cerdas dan juga energik adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kucing ini.

Mereka akan mengikuti manusia favoritnya dari kamar ke kamar dan berbagai tempat lain untuk mengawasi aktivitas yang dilakukan. Kucing ini juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, karena ras inilah kucing ini menjadi selalu ingin terlibat dengan semua kegiatan dari pemiliknya.

Hal yang menarik lainnya adalah York Chocolate juga tertarik dengan air dan akan mengambil setiap kesempatan untuk bermain ketika melihat air. Karena latar belakangnya, kucing ini termasuk kuat dan memiliki kesehatan yang bagus. Berikan mainan untuknya, dan mereka akan menjadi pemeran yang aktif dalam kehidupan rumah tangga pemiliknya. 



Perawatan Kucing York Chocolate

Dalam masalah perawatan, karena kucing York Chocolate memiliki bulu berukuran panjang maka perawatan nya akan berada pada tingkat sedang. Penyisiran atau penyikatan bulu kucing ini perlu dilakukan lebih sering untuk menjaga bulunya tetap sehat dan juga tidak kusut.

Lakukan penyisiran atau penyikatan bulu pada kucing ini dua hingga tiga kali seminggu untuk membantu kucing ini mengurangi jumlah bulu mati dan juga membantu bulu baru untuk lebih cepat tumbuh kembali. Ketika kucing mulai terlihat kusam atau kotor, maka memandikan kucing ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Perawatan Ras Kucing York Chocolate

Jagalah kebersihan gigi kucing untuk mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar dengan teratur, hal ini biasanya dilakukan seminggu atau dua minggu sekali tergantung kondisi kucing. Sebaiknya kebiasaan ini dilakukan sejak dini (ketika kucing masih kecil), dengan begitu ketika kucing sudah beranjak dewasa maka hal ini akan tetap mudah untuk dilakukan,

Periksa kebersihan telinga kucing dengan rutin. Telinga kucing yang kotor bisa menjadi penyebab infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Periksa telinga kucing secara menyeluruh, bersihkan bagian yang kotor dengan hati-hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Berikan obat kutu pada kucing ini dengan rutin, tidak lucu bukan jika bulu cokelatnya yang indah ini menjadi sarang kutu. Selain obat kutu berikan juga obat cacing pada kucing sejak dini. Dengan memberikan kedua obat tersebut dengan benar maka kucing akan terbebas dari kutu dan juga masalah pencernaan yang disebabkan oleh cacing.

Dalam pemeliharaannya sebaiknya kucing York Chocolate dijadikan sebagai kucing dalam ruangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan kucing tertular penyakit atau virus dari kucing liar, terkena serangan dari hewan lain, beberapa kecelakaan yang mungkin terjadi dan juga resiko dicuri oleh orang asing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kesehatannya tetap terjaga adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan daya tahan terhadap beberapa virus yang berbahaya atau bahkan mematikan. Vaksin sangatlah penting bagi kucing, karena itu berikan dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing York Chocolate

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing hasil dari persilangan ataupun ras kucing alami yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

York Chocolate umumnya dianggap senbagai kucing yang sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan khusus. Meski begitu, kucing ini tentu saja masih bisa terkena beberapa masalah kesehatan umum yang sering terjadi pada kucing. Kesehatan kucing peliharaan selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan, dan tentu saja hal ini terkait dengan semua jenis ras kucing yang ada. 



Harga Kucing York Chocolate

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing York Chocolate Import 14.000.000
Harga Kucing York Chocolate Lokal 8.000.000
Harga Kitten York Chocolate 3.500.000
Harga Kucing York Chocolate Dewasa 6.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing ini, biaya adopsi York Chocolate rata-rata berkisar antara $600 sampai dengan $1.000. Dari rata-rata tersebut maka saya membuat perkiraan harga seperti tabel diatas. Harga yang tertera merupakan perkalian kurs saja, jadi untuk harga kucing York Chocolate import belum dikenakan biaya pengiriman dan juga biaya lainnya.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja, karena selain hanya merupakan perkiraan, harga kucing York Chocolate asli bisa lebih mahal lagi ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing York Chocolate kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing York Chocolate"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel