Jenis Vaksin Kucing dan Manfaat serta Harga Vaksin Kucing

Tentunya bagi semua catlovers yang memelihara kucing sudah mengetahui tentang vaksin yang wajib diberikan pada setiap kucing peliharaan. Meski banyak yang sudah mengetahuinya, namun masih banyak juga catlovers yang tidak memberikan vaksinasi pada kucing sehingga kucingnya menjadi sering terkena virus atau sakit.

Memberikan vaksinasi pada kucing merupakan hal yang harus dilakukan supaya kucing menjadi tetap sehat serta terhindar dari beberapa virus berbahaya dan juga penyakit. Tentunya hampir seluruh catlovers yang ada dan yang membaca artikel ini pasti ingin memiliki kucing yang sehat dan juga jarang sakit.

Jenis Vaksinasi pada Kucing Peliharaan

Vaksin yang diberikan pada kucing itu berguna untuk memberikan ketahanan pada tubuh kucing terhadap beberapa virus yang berbahaya atau bahkan mematikan. Banyak kasus kematian kucing akibat virus, namun banyak juga yang mengira hal tersebut hanyalah penyakit biasa karena kurangnya informasi yang ada.

Terkadang banyak yang masih bingung mengenai berapa harga vaksin kucing, jenis vaksin kucing dan juga beberapa hal lainnnya. Karena hal inilah maka dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai vaksinasi yang diberikan pada kucing berdasarkan pengalaman saya pribadi dan juga rangkuman informasi yang ada, selengkapnya silahkan simak dibawah ini.

Jenis Jenis Vaksin Kucing

Vaksin yang diberikan pada kucing itu tidak hanya ada satu jenis ya catlovers, namun ada beberapa jenis dan bahkan beberapa juga membedakan menjadi vaksin inti dan juga vaksin non inti. Dibawah ini merupakan jenis vaksin kucing yang umum digunakan.

Vaksin Tricat

Vaksin tricat adalah vaksin yang biasanya diberikan pertama kali pada kucing ketika kucing sudah memenuhi syarat untuk diberikan vaksin. Ini digolongkan menjadi vaksin inti pada kucing dan didalamnya terdapat tiga jenis virus, yaitu virus Feline Panleucopenia, Feline Rhinotracheitis, dan Feline Calicivirus.

Tricat sendiri menunjukkan jumlah virus yang ada didalamnya, yaitu 3 virus dan bukan merupakan sebuah merk vaksin. Vaksin tricat bisa terdapat pada beberapa merk vaksin kucing yang diantaranya adalah Felocell 3, Nobivac, dan juga Purevax. Vaksin tricat sendiri juga sering disebut dengan vaksin F3 untuk kucing, meski penyebutannya berbeda namun artinya masih sama.

Vaksin Tetracat

Kalau vaksin tricat terdiri dari tiga virus, maka dalam vaksin tetracat ini terdiri dari 4 virus yang 3 diantaranya sama dengan satu tambahan virus yang berbeda. Virus yang ada didalam vaksin ini adalah virus Feline Panleucopenia, Feline Rhinotracheitis, Feline Calicivirus dan juga Clamydia (sering disebut dengan Klamedia).

Berapa Kali Suntik Vaksinasi pada Kucing

Semua virus yang ada pada vaksin ini sangatlah berhubungan, bahkan terkadang memiliki gejala yang sama dan sulit untuk dibedakan. Mungkin ada yang bertanya kenapa tidak langsung diberikan vaksin tetracat daripada tricat? Daya tahan tubuh kucing berbeda-beda ya catlovers, jadi sebaiknya menggunakan vaksin yang ringan terlebih dahulu sama halnya dengan vaksin pada manusia juga.

Tetracat juga sering disebut dengan vaksin F4 dan biasanya cenderung digunakan sebagai vaksin Booster setelah kucing diberikan vaksin F3. Vaksin booster tidak harus menggunakan F4, namun pengulangan F3 juga diperbolehkan menurut beberapa dokter yang saya berikan pertanyaan.

Baca Juga : Review Makanan Kucing Meo Adult Tuna

Untuk kucing yang belum menerima vaksinasi dan sudah mencapai usia dewasa maka bisa diberikan vaksin ini, namun jika kucing masih kecil (usia vaksin awal) sebaiknya jangan diberikan langsung karena ada resiko kucing tidak kuat dan bisa mati (meski beberapa bisa bertahan hidup). Sepengetahuan saya pribadi, vaksin tetracat ini hanya ada pada Felocell 4.

Vaksin Rabies

Rabies adalah virus yang sering terdengar pada anjing, namun virus ini juga bisa terjadi pada kucing. Seperti dengan nama dari vaksin ini, vaksin rabies digunakan untuk menangani virus rabies yang bisa ada pada kucing, meski hal ini jarang terjadi namun pemberian vaksin rabies pada kucing juga termasuk penting.

Rabies sendiri termasuk virus yang bisa menular pada manusia, penyebaran juga cepat antara kucing satu dengan yang lain. Jika pemeliharaan kucing dilepaskan maka sebaiknya diberikan vaksin ini, namun jika pemeliharaan kucing didalam kandang maka hal ini tergantung keputusan dari pemilik kucing itu sendiri.

Vaksin Non Inti

Beberapa jenis vaksin yang disebutkan diatas sering digolongkan menjadi vaksin inti, namun ada juga sejumlah vaksin yang biasanya akan diberikan pada kucing untuk memberikan perlindungan terhadap beberapa virus atau penyakit tertentu dan diantaranya adalah:

  • Chlamydophila Felis yang merupakan jenis bakteri dan dapat menyebabkan konjungtivitis pada kucing (sudah ada dalam vaksin F4)
  • Bordetella Bronchiseptica merupakan infeksi yang memberikan dampak pada saluran pernapasan bagian atas
  • Feline Immunodeficiency disebut juga dengan FIV, merupakan virus yang mirip seperti virus AIDS pada manusia dan menyebabkan penurunan daya tahan tubuh kucing seiring bertambahnya usia hingga menyebabkan kematian jika tidak diberikan penanganan
  • Leukemia (FeLV) dari namanya saja pasti diketahui bahwa jenis vaksin ini merupakan vaksin yang digunakan untuk penyakit leukimia pada kucing

Manfaat Vaksin untuk Kucing

Mengenai manfaat vaksin pada kucing sebenarnya sudah dibahas pada bagian atas tadi, namun supaya lebih jelas lagi maka beberapa kelebihan atau manfaat vaksin bagi kucing antara lain adalah:

  • Kucing akan memiliki ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh kucing
  • Meski tidak 100% kucing akan aman dari virus namun penanganan yang diberikan akan lebih mudah daripada kucing yang tidak diberikan vaksinasi
  • Kucing menjadi tidak gampang sakit
  • Ketika melahirkan anak kucing akan aman dari penularan virus yang tidak diketahui
  • Mencegah penularan virus pada kucing lainnya
  • Memiliki umur yang lebih panjang karena tidak rentan terkena virus

Jadwal Vaksin Kucing

Pemberian vaksinasi pada kucing sendiri tidak boleh dilakukan secara sembarangan, sebaiknya hal ini dikonsultasikan dengan dokter yang catlovers kenal. Untuk pemberian vaksinasi umum atau vaksin awal yang diberikan pada kucing biasanya dilakukan pada usia kucing menginjak 8 minggu (2 bulan).

Dalam usia tersebut pun tidak semua kucing bisa diberikan vaksin, namun terlebih dahulu harus dipastikan kondisi kucing itu sendiri. Menurut saya pribadi, ketika berat badan kucing sudah mencapai 600-800gr dan kucing dalam kondisi sehat maka kucing ini sudah bisa diberikan vaksinasi.

Kapan Waktu Vaksin Kucing

Seperti yang catlovers ketahui, kondisi semua kucing itu tidak sama, jadi meski kucing sudah memenuhi persyaratan diatas namun kucing belum tentu memiliki kondisi yang sama. Beberapa resiko yang bisa terjadi pada kucing yang drop dalam masa vaksinasi dalah sakit dan bahkan juga mati.

Karena hal tersebutlah maka kebanyakan orang yang memelihara kucing selalu memberikan vaksinasi pada kucingnya setelah menginjak usia 2.5 bulan atau bahkan 3 bulan supaya kucing lebih aman. Pemelihara kucing yang baik pasti mengetahui kondisi kucingnnya dengan baik pula, jadi vaksinasi awal yang diberikan semuanya tergantung catlovers sendiri.

Baca Juga : Review Silver Pets Wound Spray & Gel

Setelah menerima vaksin awal (vaksin F3) maka dalam selang waktu 1 bulan kedepan (kurang lebih 4 minggu) maka kucing akan diberikan vaksin booster. Vaksin booster adalah vaksin yang diberikan untuk menjaga atau menaikkan efektivitas vaksin awal yang diberikan supaya bekerja lebih baik lagi pada tubuh kucing.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, vaksin booster bisa menggunakan vaksin F4, namun bisa juga menggunakan vaksin F3. Beberapa breeder kucing yang memelihara kucing dalam jumlah banyak selalu memberikan vaksin booster pada kucingnya, hal ini juga berlaku untuk kucing yang dilepas adopsikan.

Untuk vaksin awal sering disebut dengan vaksin pertama pada kucing dan untuk vaksin booster juga sering disebut dengan vaksin kedua pada kucing. Setelah vaksin pertama dan kedua telah diberikan maka vaksin yang diberikan selanjutnya adalah vaksin rabies pada kucing.

Untuk pemberian vaksin rabies sebaiknya konsultasikan dengan dokter ketika memberikan vaksin kedua. Banyak program vaksin gratis yang sering diadakan terutama untuk vaksin rabies ini, jadi jika daerah tempat catlovers tinggal kebetulan mengadakan acara seperti itu sebaiknya catlovers mengikutinya.

Beberapa vaksin non inti lain juga bisa diberikan pada kucing dengan melihat kondisi kucing itu sendiri. Jangan lupa untuk melakukan pengulangan vaksin setiap tahun sekali. Supaya lebih jelas silahkan mambaca brosur vaksin yang diberikan, karena setiap virus memiliki masa ketahanan yang berbeda mulai dari 1 tahun hingga 3 tahun.

Efek Vaksin pada Kucing

Setelah diberikan vaksinasi, biasanya kucing akan mengalami beberapa efek yang sering terlihat. Hal ini akan terjadi pada kucing yang sedang tidak dalam kondisi fit, dan untuk kucing yang sedang dalam kondisi baik biasanya tidak akan mengalami efek yang terlihat dengan jelas. Berikut adalah beberapa efek pada kucing pasca vaksinasi.

  • Berkurangnya nafsu makan kucing
  • Suhu tubuh kucing menjadi agak tinggi (demam)
  • Kesulitan bernafas
  • Kucing terlihat lemas
  • Muntah
  • Diare
  • Ruam
  • Terliat seperti sedang sakit

Efek samping diatas tidak terjadi pada semua kucing ya catlovers, meski beberapa kucing ada yang mati pasca vaksin namun hal ini bukan karena vaksin yang diberikan. Hal tersebut kemungkinan memang karena kondisi kucing yang sedang tidak baik dan ditambahkan kondisi lingkungan kucing itu sendiri.

Wajibkah Vaksinasi untuk Kucing

Setelah diberikan vaksinasi kucing tidak boleh dimandikan kurang lebih selama 7 hari, karena pasca vaksinasi kucing sangat rentan jadi memandikan kucing akan membuatnya menjadi drop. Biarkan kucing istirahat dengan baik supaya pembentukan antibodi dalam tubuhnya menjadi sempurna. 

Harga Vaksin Kucing

Pertanyaan yang sering diajukan adalah berapa harga vaksin kucing atau berapa biaya vaksin kucing, karena itulah maka disini akan saya berikan perkiraan harga vaksin berdasarkan harga vaksin kucing di kota saya sendiri. Harga ini bisa berbeda ya dengan tempat catlovers tinggal, jadi jadikan harga ini sebagai perkiraan harga saja dan untuk lebih pastinya silahkan bertanya pada vet atau drh di tempat catlovers tinggal.

Keterangan Harga Vaksin Kucing
Harga Vaksin Kucing Purevax 190.000
Harga Vaksin Kucing Felocell 3 170.000
Harga Vaksin Kucing Felocell 4 180.000
Harga Vaksin Kucing Nobivac 160.000
Harga Vaksin Rabies Kucing -+ 100.000
Harga Vaksin Non Inti Kucing Bervariasi

Hal yang membedakan harga vaksin selain daerah juga merk, beberapa merk terkadang memiliki harga yang berbeda. Breeder kucing sendiripun terkadang juga hanya menggunakan merk tertentu karena menurut mereka diantara merk vaksin kucing yang ada memiliki kelebihan sendiri, meski pada dasarnya fungsinya sama.

Vaksinasi sangat penting untuk kucing peliharaan dirumha, karena itu jangan lupa untuk memberikan vaksin pada kucing catlovers semuanya. Demikian informasi mengenai jenis vaksin kucing, manfaat dan juga harganya, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Vaksin Kucing dan Manfaat serta Harga Vaksin Kucing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel