Mengetahui Tanda Kucing akan Melahirkan dan Proses Kelahirannya

Dalam perkembangannya, kucing akan berkembang biak dengan kawin, lalu hamil dan kemudian melahirkan anak kucing yang lucu. Tentunya bagi catlovers yang sudah lama memelihara hal ini pasti mengetahui proses kelahiran anak kucing dan tidak sedikit juga yang bisa memberikan bantuan saat kucing melahirkan.

Secara umum, kucing betina bisa melakukan persalinan tanpa menerima bantuan dari siapapun, dan hal ini terbukti pada kucing liar yang sering berkembang biak dengan cepat. Namun, bagi orang yang memelihara kucing dan kucingnya akan melakukan kelahiran pertamanya maka proses persalinannya akan menjadi hal yang ditunggu.

Ciri Kucing Segera Melahirkan

Terkadang beberapa kucing seringkali mengalami kesulitan pada saat mengalami kelahiran pertama anak kucing mereka. Ada yang tidak bisa membersihkan anak kucing dengan benar, ada yang tidak bisa memberikan perawatan, dan berbagai hal lainnya yang membuat anak kucing tersebut kemudian mati.

Hal tersebut tidak terjadi pada semua kucing yang ada, namun kebanyakan selalu seperti itu. Saya pribadi juga sering mengalami beberapa masalah ketika induk kucing pertama kali lahiran. Sebagai orang yang memelihara kucing tentunya kita perlu mengetahui hal ini, jadi supaya lebih jelas silahkan simak artikel selengkapnya dibawah ini.

Tentang Kehamilan Kucing

Sebelum hamil, proses yang harus dilewati kucing adalah memasuki masa birahi terlebih dahulu. Ketika kucing sudah birahi maka kucing sudah siap untuk dibuahi dan bisa dikawinkan dengan pejantan kucing. Perkawinan kucing bisa dilakukan dengan pejantan milik sendiri atau juga bisa melalui jasa pemacakan kucing tertentu yang disediakan oleh breeder didaerah catlovers.

Ciri Kucing sedang Bunting

Setelah kucing kawin, maka hitunglah dari tanggal kawin terakhir kucing untuk menentukan hpl (hari perkiraan lahir) kucing tersebut. Masa kehamilan kucing itu sendiri umumnya berkisar antara 60 hari, namun ada juga yang bisa kurang atau bahkan lebih. Kelahiran kucing bisa mundur hingga 12 hari (biasanya sampai dengan 72 hari), jadi jika catlovers kebetulan kucingnya hamil tapi tidak kunjung melahirkan maka jangan khawatir.

Pada awal kehamilan kucing memang biasanya tidak banyak yang bisa dilihat atau diketahui ciri kucing tersebut sedang hamil atau tidak, namun seiring bertambahnya usia kehamilan kucing biasanya ada beberapa ciri yang bisa diketahui apakah kucing sedang hamil atau tidak.

Ciri Kucing Hamil

  • Penurunan nafsu makan pada usia awal kehamilan
  • Muntah
  • Bertambahnya nafsu makan kucing pada 1 atau 2 minggu usia kehamilan
  • Puting susu kucing mulai berubah warna dan semakin membesar
  • Bulu pada sekitar puting susu mulai berkurang
  • Perut kucing mulai membesar (biasanya usia kehamilan 1 bulan sudah terlihat dengan jelas)

Tanda Kucing akan Melahirkan

Setelah usia kehamilan kucing memasuki 60 hari atau dua bulan, maka tentunya ciri kucing hamil diatas sudah terjadi semua pada kucing catlovers. Lalu apakah catlovers semuanya sudah mengetahui ciri kucing akan melahirkan? Bagi catlovers yang belum mengetahuinya maka silahkan simak dibawah ini.

Puting susu kucing terlihat penuh

Perubahan puting susu memang terlihat pada usia 1 bulan kehamilan kucing atau bahkan bisa kurang. Hal ini sangat gampang untuk diketahui, apalagi jika sudah pernah menangani kucing hamil sebelumnya. Ketika mendekati usia kelahiran, puting ini akan menjadi semakin besar mulai dari ukuran puting dan daerah disekitarnya, tentunya ctalovers pasti mengetahui perubahan ini seiring bertambahnya usia kehamilan kucing.

Kucing terlihat gelisah

Ciri kucing akan melahirkan selanjutnya adalah mereka akan terlihat gelisah, bingung dan bahkan panik. Hal ini kemungkinan menjadi sebuah alasan mereka untuk mencari tempat persalinan yang kucing inginkan atau merasakan sesuatu lainnya. Perilaku ini akan terlihat jelas untuk kucing yang pemeliharaannya dimasukkan kedalam kandang.

Baca Juga : Review Obat Cacing Kucing Albenworm

Untuk kucing yang pemeliharaannya dilepaskan dilingkungan rumah, mungkin hal ini tidak begitu terlihat karena kucing bisa saja langsung mencari tempat mereka melahirkan. Hal ini kemungkinan bisa terjadi memasuki minggu terakhir kucing akan melahirkan, jadi catlovers harus waspada ya.

Nafsu makan kucing berkurang

Penurunan nafsu makan kucing akan terjadi menjelang hari kelahiran, biasanya ini akan terlihat pada 1 atau 2 hari sebelum kucing lahiran. Ketika kucing masih memiliki nafsu makan yang besar maka berikan makanan untuk mencukupi kebutuhannya, karena begitu mendekati kelahiran mereka tidak akan mau makan sampai semua anak kucing berhasil keluar.

Kucing lebih sering mengeong daripada biasanya

Kucing yang mengeong lebih sering biasanya terjadi ketika masa birahi, namun hal ini juga akan terjadi ketika kucing mendekati waktu kelahirannya. Hal ini sangat terkait erat dengan gelisahnya kucing untuk mencari tempat kelahiran dan merasakan sesuatu, walau suaranya tidak begitu keras seperti masa birahi namun hal ini juga bisa menjadi salah satu ciri kucing akan melahirkan.

Kucing tidak pup seharian

Hal inilah yang saya pribadi sering jadikan tanda untuk hari kelahiran kucing peliharaan. Ketika hari kelahiran kucing, mereka pasti tidak akan buang air besar sedikitpun (kebanyakan kucing demikian) dan ketika hal ini terjadi maka catlovers harus bersiap siap dalam persiapan kelahiran kucing.

Perlu diingat, ini hanya akan efektif bagi kucing yang berada didalam kandang karena pemantauan lebih mudah, berbeda dengan kucing yang dilepaskan, mereka bisa saja buang air besar ditempat lain tanpa sepengetahuan pemiliknya. Selalu perhatikan hal ini, ketika mendekati hpl dan hal ini terjadi maka kemungkinan besar hari tersebut kucing akan melahirkan.

Air ketuban kucing pecah

Hal kedua yang bisa dipastikan menjadi tanda hari kucing akan melahirkan adalah pecahnya air ketuban kucing. Ketika sudah mendekati hpl dan kucing mengalami rembes atau basah pada bagian belakangnya maka hari tersebut merupakan hari kelahiran anak kucing yang catlovers tunggu-tunggu.

Sama halnya dengan manusia, kucing juga memiliki air ketuban. Ketika ketuban ini pecah maka air tersebut akan keluar dan merembes membasahi area kucing tersebut berada, Ini tidak akan terlihat jika kucing melahirkan ditempat sesuai keinginannya, namun jika kelahiran kucing berada dalam kandang atau tepat yang sudah catlovers sediakan maka catlovers pasti mengetahuinya.

Kucing mengalami kontraksi

Tanda kucing akan melahirkan yang terakhir adalah kontraksi yang terjadi pada kucing. Hubungkan semua tanda diiatas dan ini akan menjadi yang terakhir karena ketika kucing sudah mengalami kontraksi maka ini akan menjadi tanda awal keluarnya anak kucing yang ada dalam kandungan.

Ketika kucing sudah tidak pup seharian, ada air ketuban yang keluar atau rembes maka selanjutnya tinggal menunggu kucing mengalami kontraksi dan proses persalinan kucing akan dimulai. Beberapa hal perlu dipersiapkan untuk hal ini, lalu apa sajakah hal yang perlu dipersiapkan untuk membantu kucing lahiran? 

Persiapan Kucing Melahirkan

Persiapa awal yang harus dilakukan ketika kucing akan melahirkan adalah mempersiapkan tempat yang aman dan nyaman untuk kucing. Ketika kucing sudah menemukan tempatnya sendiri maka segera cari tahu temapt tersebut, hal ini sangat beresiko apalagi bagi kucing yang pertama kali melahirkan.

Sediakan kardus atau box plastik yang besar untuk tempat melahirkan kucing. Berikan alas berupa handuk, koran atau underpad yang bisa menyerap air atau darah pada saat kucing melahirkan. Beberapa perlengkapan lain yang perlu disediakan adalah tisu, gunting, alas cadangan dan juga antibiotik.

Persiapan Kelahiran Anak Kucing

Carilah tempat yang nyaman dan sepi supaya kucing bisa tenang dan bisa lekas segera melahirkan. Ketika tempat yang diberikan tidak sesuai atau tidak nyaman bagi kucing maka kemungkinan besar kucing akan pergi dan mencari tempat lainnya, karena itu selalu perhatikan ekspresi dan juga pergerakan kucing. 

Ketika kucing sudah merasa nyaman, maka mereka akan segera berbaring dan tidak banyak bergerak. Hal ini akan menjadi tanda kucing merasa nyaman dan bisa memulia proses kelahiran anaknya. Setelah semua persiapan selesai dilakukan maka selanjutnya adalah proses kucing akan melahirkan.

Proses Kucing Melahirkan

Pada saat kucing sudah mengalami kontraksi maka kelahiran anak pertama kucing pasti segera akan terjadi dengan variasi waktu antara 10 menit sampai dengan 30 menit dan hal ini akan disusul dengan anak kucing kedua dan seterusnya dengan jarak waktu antara 10 menit sampai dengan 60 menit.

Umumnya anak kucing terlahir dengan terselubung selaput tipis yang harus disobek atau dijilati oleh induk kucing untuk membuatnya bersih dan membantu anak kucing untuk bernapas. Karena hal inilah maka ketika pertama kali membantu persalinan kucing hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan selaput tersebut terutama pada bagian wajahnya.

Proses Kelahiran Anak Kucing

Kucing yang pertama kali melahirkan terkadang akan kebingungan dengan hal ini, ada beberapa resiko anak kucing akan dibiarkan saja tanpa dibersihkan. Bantulah anak kucing dengan membersihkan selaput tersebut, bersihkan bagian muka sampai anak kucing mengeluarkan suara dengan jelas tanpa campuran seperti tersela adanya cairan.

Jika suara anak kucing masih terdengar seperti ada cairan pada hidungnya maka sebaiknya cairan tersebut catlovers sedot dengan menggunakan mulut seperti yang dilakukan pada anak kecil yang sedang flu. Perbantuan ini sifatnya membantu, dan jika merasa jijik tidak perlu untuk dilakukan juga tidak masalah.

Masing-masing anak kucing akan keluar bersama dengan plasenta. Keluarnya plasenta ini sangat bervariasi, bisa selang beberapa menit dengan anak kucing, bisa bersamaan dan dalam beberapa kasus ada juga yang keluar plasenta terlebih dahulu sebelum anak kucing keluar.

Hitunglah jumlah plasenta yang keluar bersama dengan anak kucing, pastikan jumlah plasenta sesuai dengan jumlah anak kucing yang keluar. Hal ini terlihat sepele, namun ini dilakukan untuk mengurangi resiko infeksi karena plasenta yang tertinggal didalam perut induk kucing yang melahirkan.

Baca Juga : Review Makanan Kucing Minino Plus

Umumnya anak kucing akan keluar dengan posisi kepala terlebih dahulu, namun dalam beberapa kasus ada juga yang keluar ekor atau kaki belakang terlebih dahulu (anak kucing keluar sungsang). Hal tersebut masih dianggap normal, namun biasanya ini akan memakan waktu yang lebih lama daripada biasanya.

Perbantuan yang diberikan pertama kali adalah membersihkan anak kucing mulai dari anak pertama sampai dengan seterusnya. Pisahkan terlebih dahulu anak kucing yang sudah bersih dengan induk kucing yang masih dalam proses melahirkan, lakukan hal ini sampai semua anak kucing yang ada keluar.

Proses Induk Kucing Munchkin Melahirkan


KUNUCATS Youtube Channel, Jangan Lupa SUBSCRIBE 

Induk kucing yang sudah berpengalaman akan membersihkan plasenta dan bagian pusar anak kucing dengan bersih, namun jika bagian tali pusar ini belum dipotong oleh induk kucing maka catlovers bisa membantu memotongnya dengan gunting. Sebelum mengguntingnya, pastikan tali pusar sudah berwarna putih, jika masih ada warna kemerahan tunggu dulu karena bisa menyebabkan keluarnya darah.

Jika tali pusar sudah berwarna putih maka catlovers bisa mengguntingnya, ketika sudah digunting berikan antibiotik pada ujung yang terpotong untuk mencegah terjadinya infeksi. Setelah selesai, bersihkan kembali anak kucing tersebut dan jika sudah taruh terlebih dahulu ditempat yang bersih.

Ketika proses melahirkan anak kucing, pastikan induk kucing selalu dalam kondisi yang nyaman. Jika induk kucing merasa tidak nyaman, hal ini akan mempengaruhi waktu atau jeda keluarnya anak kucing berikutnya. Dalam proses ini sebenarnya anak kucing bisa bersama induknya untuk diberikan susu, namun memindahkannya terlebih dahulu akan menjaga anak kucing tetap bersih dan meringankan kerja induknya.

Waktu kelahiran seluruh anak kucing ini bisa sangat bervariasi, bisa hanya 1 jam, 2 jam dan bahkan berjam-jam. Pengalaman pribadi ada anak pertama yang keluar pada jam 12 siang dan keluarnya anak kedua baru terjadi 6 jam kemudian karena saya memindahkan tempat lahiran induk kucing saya.

Baca Juga : Review Makanan Kucing Kitchen Flavor Kitten

Lakukan pembersihan anak kucing sampai semua anak kucing keluar semuanya, jika sudah maka bantulah induk kucing tersebut untuk membersihkan diri. Berikan tempat yang baru dan bersih, letakkan induk kucing bersama anaknya su[aya induk kucing segera menyusui semua anak kucing tersebut.

Lakukan semua hal tersebut dengan hati-hati dan perlahan, jangan sampai membuat induk kucing menjadi streess dan tidak mau untuk menyusui anaknya. Segera sediakan minum dan makanan untuk induk kucing ketika semuanya selesai. Ketika proses kelahiran dirasa ada masalah maka segera bawa kucing kedokter supaya diberikan penanganan yang tepat.

Kucing Pasca Melahirkan

Setelah kucing sudah selesai melahirkan semua anaknya maka berikan tempat yang nyaman untuk mereka. Kehangatan suatu tempat sangat diperlukan karena anak kucing tersebut akan mudah untuk kedinginan. Normalnya kehangatan ini akan didapatkan dari induk kucing, namun pasca melahirkan induk kucing terkadang kelelahan dan bantuan dari catlovers sangat dibutuhkan.

Ketika induk kucing kelelahan, terkadang mereka bisa mengabaikan anak-anaknya. Ketika hal ini terjadi maka catlovers harus segera tanggap, berikan kain bersih yang membuat anak kucing menjadi hangat, jika diperlukan berikan lampu penghangat pada bagian atas tempat anak kucing.

Arahkan induk kucing untuk menyusui anaknya, jika induk kucing sudah berbaring maka bantulah anak kucing untuk menemukan puting dari induknya supaya segera menyusu. ASI dari induk kucing sangatlah bagus untuk anak kucing, karena itu pastikan anak kucing mendapatkan susu dari induknya demi pertumbuhan yang baik.

Lakukan pengecekan setiap hari ketika usia awal kelahiran, pastikan anak kucing selalu menyusu dan induk kucing mendapatkan asupan makanan yang baik untuk menghasilkan susu. Setelah itu maka catlovers akan mendapatkan anak kucing yang lucu dan menggemaskan. Demikian informasi mengenai tanda kucing melahirkan dan lainnya, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Mengetahui Tanda Kucing akan Melahirkan dan Proses Kelahirannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel