Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Kucing dalam Masa Perkembangannya

Jika membahas mengenai anak kucing, maka tentu saja kebutuhan nutrisi mereka akan berbeda dengan kucing yang sudah dewasa. Pada umumnya makanan yang dikonsumsi oleh kucing akan digunakan sebagai sumber energi, namun tidak itu saja. Makanan ini juga bagian dari sistem metabolisme yang diperlukan oleh tubuh kucing itu sendiri.

Dalam hal tersebut, untuk anak kucing menjadi hal yang penting karena mereka harus mendapatkan nutrisi yang sesuai untuk pertumbuhannya. Kucing yang masih kecil atau baru saja lahir pasti akan mendapatkan nutrisi lengkap dari susu atau asi induknya selama masa awal perkembangannya.

Bayi Kucing Makan apa

ASI dari induk kucing memang yang terbaik untuk anak mereka dan anak kucing akan menyusui dengan maksimal kurang lebih selama 4 minggu. Setelah 4 minggu maka anak kucing ini kemudian akan memasuki masa sapih dan mengharuskan mereka mendapatkan nutrisi yang sesuai supaya perkembangannya bagus.

Masa sapih adalah masa mereka untuk belajar makan, dan pada masa ini beberapa nutrisi tambahan harus diberikan pada anak kucing supaya mereka mencapai pertumbuhan optimal, memiliki kekebalan tubuh yang baik dan meminimalkan potensi untuk terjadi obesitas. Lalu apa saja kebutuhan nutrisi yang bagus untuk anak kucing?

Tahapan Nutrisi untuk Anak Kucing

Seperti yang sudah dibahas diatas, pada bulan pertama makanan yang dibutuhkan anak kucing adalah susu dari induknya. Memberikan susu fornula pada anak kucing juga bisa dilakukan, namun sebaiknya hal ini menjadi pilihan alternatif karena memang asi induk kucing adalah asupan nutrisi terbaik untuk anak kucing pada awal pertumbuhannya.

Dari usia 3 sampai dengan 5 minggu, anak kucing bisa diberikan makan dengan menggunakan susu formula untuk membantu proses penyapihan yang nantinya dilakukan. Pada masa ini catlovers bisa menambahkan makanan yang dicampur susu formula supaya menjadi lembab dan mudah dimakan anak kucing.

Kitten 1 Bulan Makan apa

Pada usia 6 sampai dengan 8 minggu anak kucing biasanya sudah bisa mulai mengunyah makanan sendiri, dan kebanyakan dari mereka akan mulai mengganggu makanan induknya. Pada masa ini catlovers mulai bisa mengajari mereka makan dengan calon makanan yang akan digunakan pada anak kucing.

Pada makanan yang akan diberikan pada anak kucing, biasanya dibutuhkan beberapa kandungan nutrisi yang diperlukan supaya pertumbuhannya menjadi optimal (akan dibahas dibagian bawah), karena itu pemberian makanan yang tepat akan sangat membantu proses pertumbuhan anak kucing itu sendiri.

Baca Juga : Vaksinasi untuk Kucing dan Keterangannya

Obesitas pada kucing dapat menyebabkan banyak penyakit, peningkatan berat badan diatas berat yang seharsunya dapat menimbulkan berbagai penyakit pada kucing. Perlu diketahui, sismtem pencernaan kucing itu akan bardaptasi dengan pola makan berbasis daging, mereka adalah karnivora sejati, jadi makanan yang diberikan harus dipilih dengan hati-hati. 

Kandungan Nutrisi yang Bagus untuk Makanan Anak Kucing

  • Mengandung banyak kalori, protein dan juga lemak jika dibandingkan dengan makanan khusus untuk kucing dewasa supaya bisa memenuhi kebutuhan tubuh mereka yang sedang tumbuh
  • Memiliki kandungan asam lemak dan juga DHA yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak serta penglihatan anak kucing
  • Beberapa kandungan bitamin dan juga mineral seperti Vitamin E, selenium adalah antioksidan yang bermanfaat untuk membantu perkembangan sistem kekebalan tubuh anak kucing
  • Kandungan lain yang dibutuhkan dalam makanan mereka adalah kalsium serta fosfor yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang anak kucing dengan tepat

Apakah Anak Kucing Boleh Makan Makanan Mentah?

Pemberian makanan mentah pada anak kucing memang memiliki beberapa manfaat untuk mereka, namun tentu saja ada hal yang herus diperhatikan dalam hal ini. Kebanyakan pemilik kucing biasanya akan memberikan makanan dari daging mentah yang dibuat sendiri dengan berbagai bahan lainnya, istilah ini biasanya disebut dengan Raw Food.

Susu untuk Anak Kucing

Tidak sedikit juga pemilik kucing yang membelikan daging sembarangan dan hanya memikirkan budget supaya pemberian makan menjadi lebih murah melalui makanan buatan sendiri. Kebanyakan dari kucing memang menyukai ini, dan bahkan banyak yang mengatakan bahwa kucing akan menjadi lebih cepat gemuk daripada biasanya.

Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah pemberian makanan buatan sendiri tidak akan menjamin kandungan nutrisi didalamnya akan sesuai dengan kebutuhan anak kucing. Pada makanan kucing yang ada dipasaran sudah dilakukan perhitungan nutrisi yang spesifik dan keseimbangan gizinya sudah pasti terjaga.

Baca Juga : Review Cleo Adult Tuna Cat Food

Sebagian besar makanan yang dibuat oleh pemilik kucing akan cenderung kekurangan salah satu dari beberapa nutrisi yang penting atau dibutuhkan oleh anak kucing. Tidak hanya itu saja, makanan mentah juga memiliki kemungkinan untuk terkontaminasi dengan bakteri dan bisa menyebabkan masalah pada kucing itu sendiri.

Jika diberikan apakah anak kucing boleh diberikan makanan mentah, tentu saja saya akan menjawab boleh. Mereka adalah karnivora, jadi memakan daging sudah pasti akan menjadi makanan favoritnya, namun selalu perhatikan makanan mentah apa yang diberikan dan apakah makanan tersebut akan baik untuk kucing.

Kapan Waktu Mengganti Makanan Anak Kucing?

Pergantian makanan kucing sepenuhnya tentu saja akan dilakukan ketika memasuki masa sapih, dalam hal ini makanan yang diberikan sudah harus ditentukan dengan baik dan tentu saja harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak kucing. Banyak sekali merk makanan kucing yang dikhususkan untuk kucing yang masih kecil dan memiliki kelebihannya, jadi pilihlah salah satu makanan ini dengan bijak.

Pemberian awal pada kucing selalu perhatikan pertumbuhan dan juga perkembangan anak kucing itu sendiri, jika dalam keseharian pemakaian dan juga efek pada kucing bagus maka lanjutkan menggunakan makanan tersebut. Namun jika ada masalah seperti diare, kerontokan bulu dan beberapa masalah lain maka cobalah untuk melakukan pergantian dengan makanan lain.

Kebanyakan dari catlovers yang ada selalu menggunakan makanan kering atau dry food sebagai makanan utama untuk kucingnnya. Memang menggunakan dry food sangatlah praktis dan mudah, namun perlu diketahui bahwa kandungan air pada dry food sangatlah sedikit, jadi selalu sediakan air bersih untuk kucing supaya mereka tidak kebingungan dengan air.

Pemberian makanan kucing khusus untuk kitten harus dilakukan sesuai dengan usia kucing, jika kucing sudah mencapai usia dewasa maka pergantian makanan kucing juga harus dilakukan. Selain kebutuhan nutrisinya yang berbeda, harga makanan untuk kucing dewasa akan menjadi lebih murah, jadi hal ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk catlovers semuanya.

Kucing dihitung mencapai usia dewasa ketika mereka sudah berusia 12 bulan atau 1 tahun, jika dibawah usia tersebut maka kucing masih akan disebut kitten. Pilihlah makan yang terbaik untuk kucing, karena hal ini akan sangat berpengaruh untuk mereka. Demikian informasi mengenai kebutuhan nutrisi anak kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Kucing dalam Masa Perkembangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel