Tahapan Perkembangan Anak Kucing Munchkin yang Perlu Diketahui

Pada artikel kali ini kunucats akan membahas mengenai perkembangan anak kucing munchkin, meski pada dasarnya perkembangan pada anak kucing munchkin ini akan sama dengan anak kucing pada umumnya, namun karena mereka memiliki kaki yang lebih pendek maka akan ada perbedaan meski hanya sedikit.

Sama seperti dengan anak kucing pada umumnya, anak kucing munchkin yang baru saja lahir kedunia akan memiliki kemampuan adaptasi yang sangat terbatas. Dengan kakinya yang lebih pendek dari kucing umum, maka mereka tentu saja akan lebih mengalami kesulitan dalam beberapa hal.

Perkembangan Anak Kucing Munchkin

Kemampuan adaptasi yang ada ini akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia kucing, mulai dari hari dan beberapa minggu kedepan yang harus dilewati kucing dengan aman karena pada ini adalah masa paling kritis dan menentukan apakah anak kucing akan hidup atau tidak.

Anak kucing munchkin harus menyesuaikan kondisi tubuhnya dengan lingkungan yang ada karena pada awal kelahirannya mereka masih belum bisa mengatur suhu tubuh mereka dengan baik. Sebagai pemilik kucing tentu informasi ini akan sangat berguna dalam perawatan, berikut adalah perkembangan awal pada anak kucing munchkin.

Tahap Pertumbuhan Anak Kucing Munchkin

Tahap perkembangan pada anak kucing munchkin ini akan dibahas dalam jarak waktu mingguan, mulai dari minggu pertama sampai dengan minggu ke 12. Dibawah ini adalah tahapan perkembangan anak kucing munchkin dari minggu ke minggu.

1. Minggu Pertama

Hari 1 sampai hari ke 3

Anak kucing munchkin yang baru lahir akan memiliki berat badan sekitar 90-150gr, namun jika berat yang dimiliki anak kucing kurang dari berat tersebut kemungkinan bisa disebabkan karena nutrisi yang kurang pada induk saat masa kehamilan. Berat dibawah standar akan memerlukan perhatian lebih tetapi ada juga resiko kematian.

ASI dari induk kucing merupakan konsumsi terbaik pada masa awal karena selain memiliki nutrisi yang dibutuhkan anak kucing juga memberikan antibodi yang membantu tubuh dari berbagai masalah. Kemampuan anak kucing menyerap ASI induk dan antibodinya akan meningkat setelah 24 jam sampai 48 jam.

Perkembangan Anak Kucing Munchkin Minggu Pertama

Ingat, anak kucing munchkin yang memiliki kaki pendek akan kesulitan untuk menyusu pada induknya pada awal kelahiran hingga menuju usia lepas adopsi (untuk breeder). Anak kucing munchkin standar dengan saudaranya non standar akan memiliki tingkat pertumbuhan yang berbeda karena perbedaan kemampuan dalam menyusu.

Anak kucing yang baru lahir ini bisa mengelami penurunan berat badan yang disebabkan air ketuban selama dalam rahim induknya mulai menghilang dari tubuh, namun pada hari selanjutnya maka berat badan anak kucing ini akan terus bertambah hingga berkali lipat. Pada umumnya perhari anak kucing akan mengalami kenaikan berat badan yang berkisar antara 10gr hingga 30gr.

Baca Juga : Tanda Kucing akan Melahirkan dan Prosesnya

Selalu perhatikan kondisi susu untuk anak kucing munchkin, pengecakan ini bisa dilakukan pada hari-hari awal dengan tujuan memastikan semua anak kucing mendapatkan susu secara merata. Jika munchkin standar dirasa kalah dalam menyusu maka sebaiknya untuk yang ns dipindahkan terlebih dahulu, jika standar sudah kenyang maka ns bisa dikembalikan supaya pertumbuhannya seimbang antara keduanya.

Induk kucing sendiri biasanya bisa melahirkan anak hingga 10 ekor, namun jumlah tersebut akan diluar kemampuannya. Idealnya induk kucing dapat mengasuh 4 ekor anak kucing, namun terkadang ada juga yang bisa mengasuh lebih dari jumlah tersebut. Jumlah anak lebih dari 4 ekor akan membuat induk sulit untuk menangani anak, sehingga peran dari pemilik kucing sangat diperlukan.

Hari 4 sampai hari ke 7

Pada masa hari ke 4 hingga hari ke 7 cobalah untuk melakukan pengecekan terhadap tali pusar anak kucing. Biasanya tali pusar ini akan lepas sendirinya ketika kering, dan ketika sudah terlepas maka catlovers harus memastikan tidak ada infeksi pada daerah tersebut.

Mendekati hari ke 7, berat badan anak kucing kemungkinan besar sudah bertambah hingga dua kali lipat dari berat kelahirannya. Pengecekan berat badan ini bisa dilakukan setiap hari untuk memastikan pertumbuhan mereka serempak atau sama antara anak kucing yang satu dengan yang lainnya.

Pada anak kucing munchkin standar, biasanya ukurannya akan lebih kecil dari munchkin ns. Hal ini dikarenakan mereka kalah dalam perlombaan menyusu dari induknya. Jika BB anak munchkin standar tidak merata maka sebaiknya perbanyak jam menyusu untuk mereka, pisahkan munchkin ns terlebih dahulu dan kembalikan ketika munchkin standart sudah kenyang.

Baca Juga : Mengetahui Pneumonia pada Kucing

Biasanya mata anak kucing akan membuka dengan perlahan dari akhir minggu pertama, namun ada juga yang terkadang terlambat. Periksa mata anak kucing dengan lembut, pastikan tidak ada kotoran atau penyakit yang terlihat. Usia awal merupakan usia yang sangat rentan, apalagi jika musim penghujan yang merupakan musim penyakit bagi manusia dan juga kucing.

Jika terlihat ada kotoran pada mata kucing maka segera bersihkan dengan perlahan. Penyakit mata pada anak kucing juga bisa terjadi, kebanyakan hal ini disebabkan karena virus, penularan dari induk atau juga bisa dari kucing lainnya. Daya tahan tubuh anak kucing memang kurang begitu bagus, karena itu hal ini sangatlah wajar bagi mereka.

Meski anak kucing sudah membuka mata pada usia ini, namun mereka masih belum bisa melihat dengan sempurna. Jarak pandang anak kucing ini masih sangat terbatas, dan tidak akan mengetahui bahkan jika catlovers meletakkan makanan disampingnya. Iris mata anak kucing yang baru membuka matanya biasanya berwarna biru keabuan.

2. Minggu Kedua

Memasuki minggu kedua catlovers harus mulai memperhatikan perkembangan anak kucing, jika dirasa susu dari induk kucing kurang maka catlovers bisa memberikan susu tambahan untuk mereka. Ini hanya merupaka sebuah pilihan, karena memberikan susu tambahan pada anak kucing juga ada resiko apalagi jika mereka sampai tersedak.

Puting susu induk kucing biasanya akan memiliki kerak susu pada usia ini, bersihkan kerak susu tersebut supaya tidak menjadikan jamur atau penyakit lain yang berhubungan dengan bakteri pada anak kucing. Umumnya kerak susu ini akan berwarna coklat dan bisa dibersihkan dengan kain basah, tisu atau kapas yang dibasahi.

Anak Kucing 1 Bulan bisa apa

Ukuran kaki anak kucing munchkin sendiri sangatlah bervariasi, mulai dari pendek dan juga agak panjang. Untuk munchkin yang sangat pendek biasanya memiliki kaki belakang yang lurus dan jika berjalan terlihat menyeret, karena hal inilah mereka kesulitan bersaing untuk menyusu pada induknya.

Pantau selalu apakah munchkin yang berkaki pendek ini mendapatkan susu dari induknya dalam jumlah banyak, hal ini akan terus dilakukan hingga minggu ke 3 sampai dengan minggu ke 4 karena memang pada satu bulan pertama merupakan usia yang sangat rawan untuk kitten munchkin yang berkaki pendek.

Makanan yang diberikan pada induk kucing harus ditambahkan dengan frekuensi yang lebih sering daripada biasanya. Nafsu makan induk kucing sudah pasti sangat tinggi, untuk menghasilkan asi untuk anaknya mereka harus mendapatkan makanan yang bernutrisi dan tentunya dengan jumlah yang lebih banyak daripada biasanya.

3. Minggu Ketiga

Memasuki minggu ketiga, anak kucing sudah dapat pup sendiri tanpa diberikan rangsangan oleh induknya. Pada awal kelahirannya, induk kucing harus menjilati bagian pantat anak kucing untuk mengeluarkan pip dan pupnya dan kemudian induk kucing akan menelannya. Catlovers juga bisa membantu induk kucing dengan menggunakan tisu dan gesekkan pada pantat anak kucing.

Hal ini akan menjadi pengejaran pertama bagi anak kucing untuk mulai pup pada pasir yang disediakan. Jika induk kucing merupakan induk kucing yang pintar maka anak kucing ini pasti akan mengikutinya dan tidak perlu diajari, namun terkadang ada juga anak kucing yang kurang paham dan membuang kotorannya pada sembarang tempat.

Baca Juga : Cara Menggemukkan Kucing Peliharaan

JIka anak kucing terlihat membuang kotorannya pada sembarangan tempat maka catlovers harus mulai mengajarinya. Perhatikan selalu hal ini, latihlah anak kucing untuk berada pada pasir, pastikan anak kucing tidak makan pasir tersebut, buatlah mereka terbiasa untuk hal ini dan selanjutnya induk kucing akan membantu catlovers.

4. Minggu Keempat

Umumnya anak kucing yang sudah berusia 4 minggu atau 1 bulan sudah bisa berdiri dan mulai berjalan, bahkan beberapa dari mereka juga sudah bisa mulai makan. Anak kucing yang sudah tertarik dengan makanan akan mengganggu induk mereka ketika jadwal makan tiba, sedangkan anak kucing yang belum tertarik atau belum bisa akan tetap menunggu puting induknya.

Mereka mulai bisa melakukan beberapa hal tanpa bantuan dari induknya seperti pup pada tempatnya, bermain dengan saudaranya dan berbagai hal kecil lainnya. Meski beberapa sudah bisa makan, namun anak kucing ini masih akan tetap mencari puting induknya untuk menyusu.

Biasanya perbedaan anak kucing munchkin standar dan juga ns sudah terlihat dengan jelas pada usia ini. Kebanyakan ns akan selalu lebih besar dari yang standar, lebih bisa melakukan hal kecil dan lebih aktif. Periksa perbedaan tubuh antara ns dan standar, jika perbedaan terlalu jauh maka catlovers bisa membantunya dengan susu atau makanan tambahan.

5. Minggu Kelima

Pada usia ini anak kucing sudah bisa mulai dilepaskan dari kandang (jika dikandangkan) suaya mereka bisa bermain dengan kucing lainnya, ini merupakan pengenalan awal pada anak kucing untuk bermain dan merasakan kegiatan lainnya. Kebanyakan anak kucing juga pasti sudah memiliki gigi yang tumbuh, dan tentu saja makanan induk mulai tidak aman.

Anak Kucing pup umur berapa

Ketika anak kucing mulai merusuh makanan dari induknya maka ketika jam makan, mulai pisahkan induk dan anaknya supaya induk bisa makan dengan tenang. Catlovers juga bisa mulai melatih anak kucing untuk makan, jika makanan anak kucing sudah ditentukan maka catlovers bisa memberikannya pada anak kucing.

Hal termudah yang bisa dilakukan untuk melatih anak kucing adalah dengan cara menempatkan makanan pada tempat biasanya induk makan, jika diperlukan gunakan tempat makan yang biasa digunakan oleh induk mereka. Anak kucing pada usia ini belum bisa melihat dengan jelas, mereka hanya menghafal kegiatan induknya dan menggunakan penciuman mereka.

6. Minggu Keenam

Memasuki minggu keenam, iris mata anak kucing akan mulai berubah warna. Perubahan yang sama juga akan terjadi kembali ketika anak kucing menginjak usia 2 bulan. Pada usia ini anak kucing juga bisa mengalami pergantian gigi mereka, sama halnya dengan anak kecil pada umumnya, gigi susu akan diganti menjadi gigi dewasa.

Pada minggu keenam ini anak kucing munchkin masih tetap akan menyusu pada induknya, namun jika pelatihan makan yang sudah dijelaskan diatas sudah dilakukan maka catlovers sudah bisa mulai memberikan makanan untuk mempersiapkan masa sapih pada anak kucing.

7. Minggu Ketujuh

Pada usia 7 minggu, anak kucing sudah bisa untuk dimandikan. Memandikan anak kucing sebenarnya bisa dilakukan kapanpun, bahkan ketika baru saja lahir mereka bisa saja dimandikan. Hal ini memang terlihat aneh, namun beberapa breeder kucing memang melakukannya membuat anak kucing menjadi bersih.

Pelatihan untuk mandi memang sebaiknya dilakukan sejak dini, hal ini akan sangat berpengaruh untuk kedepannya. Ketika sejak kecil anak kucing sudah dibiasakan untuk mandi maka ketika mereka sudah dewasa maka kucing ini pun menjadi mudah untuk dimandikan.

Baca Juga : Jenis Ras Kucing Didunia

Tentunya catlovers pasti pernah menjumpai kucing yang sulit untuk dimandikan, hal ini dikarenakan kucing tersebut belum terbiasa. Biasakan semua kebiasaan yang akan catlovers lakukan sejak dini mulai dengan mandi, mengeringkan kucing dengan blower dan berbagai hal lainnya.

Untuk memandikan anak kucing, disarankan menggunakan air hangat. Air hangat akan membuat kucing lebih tenang, mandikan kucing dengan teliti dan biasakan untuk menjemurnya walau hanya sebentar. Hal yang perlu diingat adalah, mandikan anak kucing hanya ketika mereka terlihat kotor atau perlu dibersihkan.

8. Minggu Kedelapan

Ketika anak kucing mencapai usia 8 minggu atau 2 bulan, mereka sudah bisa disapih dari induknya. Kebanyakan catlovers atau breeder juga melakukan penyapihan anak kucing pada usia ini. Pada masa ini sebenarnya susu induk masih produksi, namun puting yang bengkak tersebut akan naik kebadan induk jika tidak ada anak yang menyusu.

Masa sapih anak kucing akan lebih mudah jika pelatihan makan sudah dilakukan sejak awal. Jika pada hari pertama dan kedua anak kucing terlihat gelisah maka biarkan saja, ini merupakan hal yang wajar karena mereka berpisah dari induknya yang biasanya merawatnya. Kegelisahan anak kucing ini akan semakin berkurang seiring bergantinya hari.

Usia Berapa Anak Kucing Makan Dry Food

Di usia ini tentunya tubuh anak kucing sudah besar, periksa semua berat badan anak kucing tersebut. Ketika berat anak kucing sudah mencapai 600gr hingga 800gr sebenarnya vaksinasi sudah bisa dilakukan, namun karena terkadang beberapa orang sering khawatir maka vaksinasi dilakukan ketika mereka lebih dewasa (usia 3 bulan).

Selain vaksinasi, pemberian obat cacing pada anak kucing juga  bisa dilakukan pada usia ini. Beberapa pengobatan lain juga sudah bisa dilakukan seperti pemberian antibiotik, obat jamur dan lainnya. Jika catlovers masih merasa kurang yakin dengan pemberian obat, maka catlovers bisa konsultasikan dengan drh terdekat.

Berikan jam bermain untuk anak kucing, mulailah mengajak mereka bermain menggunakan beberapa mainan. Pada awalnya mereka mungkin belum mengerti dan takut, namun jika kebiasan ini terus dilakukan mereka akan menjadi senang dan mencari sebuah benda untuk digunakan bermain.

9. Minggu Kesembilan sampai Minggu Kedua Belas

Memasuki minggu-minggu ini, berat badan anak kucing akan semakin terus bertambah dan tubuhnya membesar seiring dengan pertumbuhan mereka. Catlovers harus lebih waspada pada beberapa penyakit, meski sebenarnya pada usia 4 minggu sampai dengan 8 minggu anak kucing sudah bisa terserang penyakit atau virus.

Lakukan pemberian vaksinasi pada anak kucing ini, dengan memberikan vaksinasi maka kucing akan memiliki ketahanan terhadap beberapa virus dan juga memiliki daya tahan tubuh yang baik. Jika vaksinasi sudah diberikan, jangan langsung melepaskan kucing begitu saja, biarkan mereka istirahat terlebih dahulu supaya antibodi terbentuk dengan sempuna.

Perkembangan Anak Kucing Munchkin sampai dengan Usia 3 Bulan

KUNUCATS Youtube Channel, Jangan Lupa SUBSCRIBE

Pasca vaksinasi biasanya anak kucing ada yang mengalami penurunan nafsu makan, dan beberapa hal lainnya. Jika anak kucing mengalami drop pasca vaksin maka berikan penanganan dengan cepat. Pancing nafsu makan menggunakan makanan basah, berikan air yang bersih dan selalu perhatikan perkembangannya.

Istirahat pasca vaksinasi sangatlah bervariasi, bisa seminggu, dua minggu atau bahkan lebih, namun saya pribadi menyarankan untuk istirahat selama 21 hari atau 3 minggu. Jika kondisi kucing sudah mulai membaik, maka kucing bisa dibiarkan untuk bermain bersama dengan teman-temannya atau kucing lain.

Ketika kucing sudah berusia 3 bulan maka ini adalah usia lepas adopsi bagi para breeder kucing, segera lakukan pemotretan pada anak kucing untuk dilepas adopsikan. Usia 4 minggu sampai dengan 8 minggu adalah usia yang rawan untuk kucing munchkin, jadi selalu pantau anak kucing di usia tersebut. Demikian informasi mengenai perkembangan anak kucing munchkin, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Tahapan Perkembangan Anak Kucing Munchkin yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel