Mengetahui Manfaat, Syarat, dan Biaya Steril Kucing

Kucing yang merupakan hewan peliharaan populer serta banyak disukai orang ini akan selalu memiliki siklus birahi ketika mereka sudah dewasa. Ketika masa birahi ini tiba, kucing akan membutuhkan perkawinan dengan kucing jantan atau sebaliknya dan tentu saja setelah itu kucing akan memiliki banyak anak yang lucu-lucu.

Meski kebanyakan catlovers mengharapkan kucing mereka akan hamil dan memiliki beberapa anak kucing yang lucu, namun ada juga yang tidak menyukainya. Beberapa catlovers terkadang hanya ingin memelihara kucing tunggal dan tidak ingin membiakkannya, karena hal inilah sterilisasi pada kucing akan menjadi pilihan yang tepat.

Steril pada Kucing Peliharaan

Mungkin sudah banyak yang akrab dengan istilah steril kucing, namun pasti juga ada yang belum mengetahuinya. Biaya steril kucing yang tergolong mahal membuat banyak catlovers menjadi tidak menginginkan hal tersebut, padahal steril kucing sangat penting an banyak sekali manfaatnya untuk kucing peliharaan.

Terkadang, pada beberapa daerah juga sering dilakukan program steril kucing gratis dan hal ini tentu saja bertujuan untuk menekan jumlah populasi kucing yang ada supaya menjadi lebih terkendali. Nah, supaya catlovers semuanya menjadi jelas mengenai steril kucing, silahkan simak informasinya dibawah ini.

Apakah Sterilisasi Kucing itu?

Steril atau sterilisasi kucing merupakan tindakan untuk menetralkan seekor kucing supaya mereka tidak bisa lagi bereproduksi. Sterilisasi ini dilakukan dengan cara mengangkat organ reproduksi kucing entah itu berkelamin jantan ataupun betina agar mereka tidak bisa beranak atau menghasilkan keturunan atau membuahi.

Prosedur yang dilakukan untuk steril kucing jantan dan juga steril kucing betina akan berbeda. Istilah steril kucing sendiri sebenarnya lebih digunakan untuk kucing berkelamin betina, sedangkan untuk kucing jantan mungkin kebanyakan orang lebih mengenalnya dengan istilah kebiri.

Proses Sterilisasi pada Kucing

Sterilisasi kucing ini tidak bisa dilakukan asal-asalan, hanya orang yang sudah berpengalaman saja yang bisa melakukannya. Tentu saja dalam hal ini yang dimaksudkan adalah dokter hewan. Karena dalam proses sterilisasi ini kucing harus diberikan bius, maka dalam kucing sendiri akan dalam keadaan tidak sadarkan diri.

Setelah sterilisasi pada kucing selesai dilakukan, kucing masih harus masuk dalam ketahap pemulihan atau recovery. Beberapa waktu dibutuhkan supaya mereka bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Steril pada kucing sendiri dikatakan memiliki banyak manfaat, lalu apa sajakah itu?

Manfaat Sterilisasi Kucing

Banyak sekali alasan orang yang memelihara kucing melakukan sterilisasi pada kucingnya, namun dibalik itu semua masih banyak juga yang menentang steril kucing. Penolakan ini kemungkinan besar dikarenakan biaya sterilisasi kucing yang tidak murah, namun jangan salah, banyak sekali manfaat dari steril kucing yang diantaranya adalah:

Menjaga Populasi Kucing

Seperti yang  catlovers ketahui, kucing biasanya akan memiliki dua sampai dengan 5 anak ketika mereka melahirkan. Jika semua anak kucing tersebut dipelihara oleh seseorang maka hal ini tidak menjadi masalah besar, namun apa yang terjadi jika semua kucing tersebut menjadi kucing liar yang hidup dijalanan.

Meski banyak orang yang suka dengan kucing, namun jumlah kucing ini akan terus bertambah dengan cepat. Terkadang beberapa orang juga melakukan street feeding (memberi makan kucing dijalanan) dijalanan atau tempat tertentu, jika hal ini tidak diimbangi dengan steril maka tentu saja jumlah kucing akan menjadi semakin banyak.

Baca Juga : Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Kucing

Ctalovers sendiri bisa membayangkan, jika satu ekor kucing menghasilkan 5 ekor anak dan semua anak tersebut melahirkan anak kembali maka berapa jumlah kucing yang bertambah dijalanan atau tempat lainnya? Ketika semua anak kucing ini diberikan street feeding, maka mereka akan terus berkembang dan jumlahnya menjadi tidak terkendali.

Hal ini pun juga bisa terjadi pada orang yang memelihara kucing, ketika jumlah populasi kucing yang dipelihara membengkak, terkadang ada orang yang membuang kucing dipasar, jalan karena biaya makanan yang tidak tercover. Karena semua hal inilah sterilisasi pada kucing perlu untuk dilakukan dan menjadi pilihan yang tepat. 

Kucing akan Menjadi Lebih Sehat

Manfaat lain yang didapatkan dari melakukan steril pada kucing adalah bisa membuat kucing menjadi lebih sehat. Menurut informasi yang ada, ketika kucing berkelamin betina disteril maka kucing tersebut akan memiliki hidup lebih lama dan juga lebih sehat, sedangkan untuk kucing jantan bisa digunakan untuk mencegah kanker testis dan masalah prostat.

Berbeda dengan kucing yang tidak disteril, mereka terkadang akan mengalami stress ketika sedang masa birahi dan tidak segera dikawinkan. Sedangkan untuk kucing yang sudah disterilisasi, mereka akan kehilangan hormon reproduksi dan membuatnya menjadi beralih pada hormon perkembangan.

Semua kucing yang sudah disteril akan memiliki badan yang lebih bagus daripada yang belum. Tubuhnya lebih cepat gemuk, dan tentunya kucing juga lebih sehat karena terbebas dari penyakit yang berkaitan dengan hormon. Kucing ini juga akan mengalami perubahan kepribadian dan menjadi kucing rumahan yang menyenangkan.

Mencegah Kucing Berkelahi

Pada lingkungan kucing liar dimana jumlah pejantan kucing yang sangat banyak bisa menjadi penyebab perkelahian karena perebutan daerah kekuasaan atau karena hal lainnya. Dengan melakukan steril pada kucing jantan maka hal ini bisa dihindari karena kucing akan menjadi tidak begitu agresif.

Perkelahian Kucing Peliharaan

Perkelahian kucing merupakan hal yang umum, namun resiko perkelahian ini juga besar. Selain menyebabkan luka pada tubuh kucing, perkelahian juga menjadi sarana penularan penyakit atau virus dari kucing satu ke kucing lainnya. Beberapa penyakit dan virus sangat berbahaya, apalagi rabies yang bisa menular pada manusia.

Kucing Menjadi Lebih Betah Dirumah

Kebanyakan kucing peliharaan yang tidak dimasukkan kandang lebih suka untuk keluar rumah entah itu mencari makanan atau mencari jodoh mereka. Catlovers pasti sering mengetahui ada kucing di lingkungan catlovers yang berkeliaran dan memiliki kalung atau pemilik, kucing ini akan bermain dan pulang ketika sudah waktunya.

Baca Juga : Mengetahui Informasi Vaksin untuk Kucing

Ini merupakan perilaku alami dari kucing, beberapa kucing bahkan bisa tidak pulang untuk beberapa hari ketika mereka sedang keluar rumah. Hal ini akan menjadi berubah ketika steril dilakukan pada kucing. Kucing yang sudah disteril akan cenderung lebih senang berada didalam rumah, lebih cepat gemuk dan suka bermalas-malasan.

Sifat Kucing Menjadi Lebih Baik

Kucing dengan kelamin jantan biasanya akan menandai wilayah kekuasaannya dengan menggunakan urin atau pipis yang dimana hal ini disebut dengan spraying. Ini merupakan hal umum pada kucing jantan dan juga merupakan kebiasaan mereka bahkan ketika kucing sedang berada didalam kandang.

Spraying pada kucing sendiri juga bisa memnacing birahi untuk kucing betina. Hal ini biasanya akan mengganggu pemilik kucing karena kucing bisa pipis dimanapun termasuk didalam rumah. Dengan melakukan sterilisasi pada kucing maka spraying ini bisa dihindari dan kucing akan menjadi memiliki sifat yang lebih baik. 

Manfaat Sterilisasi Kucing Jantan

  • Memiliki sifat yang lebih tenang
  • Terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan hormon
  • Tidak memiliki kebiasaan spraying
  • Terhindar dari perkelahiran antara kucing jantan karena sifatnya menjadi tidak agresif
  • Kucing menjadi lebih sehat
  • Perubahan kepribadian dari kucing itu sendiri
  • Kucing menjadi lebih cepat gemuk
  • Dapat terhindar dari resiko kanker testis
  • Memiliki sifat kucing rumahan yang ideal
  • Dikatakan juga mengurangi resiko kucing terkena leukimia dan FIV 

Manfaat Sterilisasi Kucing Betina

  • Kucing menjadi lebih sehat
  • Teriakan pada masa birahi menjadi tidak ada lagi
  • Terhindar dari lahirnya anak yang tidak diinginkan
  • Mencegah kucing mengembangkan tumor pada kelenjar susu
  • Menurun resiko pengembangan tumor pada ovarium atau rahim kucing
  • Terhindar dari resiko penyakit pyometra pada kucing
  • Kucing menjadi lebih cepat gemuk

Biaya Sterilisasi Kucing Betina dan Jantan

Biaya sterilisasi kucing itu sendiri sangatlah bervariasi dan akan berbeda pada daerah satu dengan yang lainnya. Kebanyakan orang berfikir jika biaya steril atau harga steril kucing itu mahal, karena itulah mereka menjadi enggan untuk melakukan steril pada kucing peliharaannya.

Berapa Biaya Kebiri Kucing

Jika catlovers memiliki dokter hewan langganan maka kemungkinan catlovers bisa mendapatkan biaya steril kucing murah karena ada potongan harga, namun jika tidak biaya steril kucing akan tetap normal. Supaya catlovers semuanya memiliki gambaran harga steril kucing maka silahkan simak estimasi biaya sterilisasi kucing dibawah ini.

Keterangan Biaya Sterilisasi Kucing
Biaya Steril Kucing Jantan 300.000 an
Biaya Steril Kucing Betina Diatas 500.000
Biaya Steril Kucing Subsidi 200.000 an
Biaya Steril Kucing Gratis -

Biaya steril kucing diatas merupakan gambaran saja, jadi jangan menjadikannya sebagai biaya paten, cukup jadikan sebagai acuan karena biaya steril kucing pada setiap daerah bisa berbeda tergantung dari dokter yang menangani dan beberapa faktor lainnya. 

Syarat Sterilisasi Kucing

Setelah mengetahui apa saja kelebihan steril kucing diatas, tentunya ada beberapa catlovers yang mungkin menjadi berminat untuk melakukan sterilisasi pada kucingnnya. Namun sebelum itu, catlovers harus mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat-syarat yang diperlukan untuk melakukan sterilisasi pada kucing.

Jika catlovers baru pertama kali melakukan sterilisasi pada kucing, maka disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan terdekat. Hal ini dilakukan supaya catlovers mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dan juga dipersiapkan sebelum steril pada kucing dilakukan. Dibawah ini adalah beberapa persyaratan umum steril kucing yang perlu catlovers ketahui.

  • Kucing yang disteril minimal harus berusia 6 bulan dan memiliki berat sekitar 2kg untuk kucing jantan dan juga betina
  • Kucing dalam kondisi sehat dan tidak memiliki penyakit
  • Khusus kucing betina tidak boleh dalam keadaan hamil atau menyusui
  • Disarankan kucing sudah diberikan vaksininasi dan juga obat cacing
  • Bagi kucing yang berusia 5 tahun keatas, harus menyertakan hasil pemeriksaan darah dan surat layak untuk operasi
  • Sama seperti manusia, kucing harus puasa makan dan minum kurang lebih sekitar 6 jam sampai 8 jam
  • Pemilik kucing harus membawa kucing ke tempat dokter dengan membawa pet cargo atau kandang

Bagi kucing yang sudah disteril biasanya akan diberikan tanda sayatan pada telinga mereka. Tanda ini mirip seperti huruf v yang memberikan kesan telinga kucing terlihat seperti terpotong dan hal ini biasanya juga dilakukan pada kucing liar yang sudah disterilisasi sebagai tanda.

Tentunya setelah dilakukan sterilisasi, kucing tidak bisa langsung melakukan aktivitas seperti biasanya. Mereka membutuhkan masa pemulihan dan biasanya berkisar antara 14 hari. Setelah masa pemulihan dilakukan, jangan lupa melakukan pengecekan pada kucig tersebut, jika tidak ada tanda yang mencurigakan maka kucing akan baik-baik saja.

Baca Juga : Tanda Kucing akan Melahirkan Beserta Prosesnya

Waktu yang dibutuhkan untuk steril kucing sendiri sangat bervariasi tergantung dari jenis kelamin kucing. Untuk kucing jantan, biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan untuk kucing betina akan membutuhkan waktu lebih lama karena proses yang lebih rumit. Karena hal inilah biaya steril kucing betina juga lebih mahal dari kucing jantan. 

Sterilisasi Kucing Gratis

JIka catlovers ingin mendapatkan steril kucing gratis maka catlovers bisa menunggu program yang diadakan oleh pemerintah ataupun para pecinta kucing yang ada didaerah catlovers tinggal. Acara ini memang tidak sering diadakan, namun terkadang ada program yang memfasilitasi sterilisasi kucing gratis atau vaksinasi gratis yang diadakan.

Bagi catlovers yang tidak begitu sering berkumpul dengan catlovers lain mungkin akan kesulitan mengetahui informasi ini, karena itu sering-seringlah bergabung dengan komunitas catlovers setempat entah itu berkumpul atau hanya berada pada grup di sosial media untuk mengetahui informasi mengenai acara yang akan diadakan.

Umumnya acara ini akan diadakan 2 kali dalam setahun, namun tentu saja tidak semua daerah akan mengadakannya. Beberapa kota besar seperti jakarta dikatakan sering diadakan acara seperti ini, hal ini kemungkinan karena populasi kucing yang ada diperkotaan sangat banyak dan mengharuskan acara steril kucing gratis dala jangka waktu tertentu.

JIka catlovers sendiri memiliki komunitas, maka catlovers juga bisa mengajukan kegiatan ini pada pemerintah daerah. Berikan proposal yang bagus dan tujuannya, dengan begitu ada kemungkinan acara steril kucing gratis bisa terealisasi didaerah catlovers. Demikia informasi mengenai sterilisasi kucing kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga  bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Mengetahui Manfaat, Syarat, dan Biaya Steril Kucing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel