Kucing Australian Mist

Kucing Australian Mist atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing Kabut Australia merupakan salah satu ras kucing yang berasal dari Australia. Kucing ini adalah kucing hasil persilangan dari ras kucing yang berbeda, dikatakan nenek moyang yang digunakan untuk mengembangkan kucing ini adalah kucing Abyssinian dan kucing Burma dan beberapa ras kucing lainnya.

Australian Mist pada awalnya dikembangkan untuk menjadi kucing peliharaan dalam ruangan yang dimana kucing tersebut akan menjadi kucing peliharaan yang cocok untuk keluarga dengan anak kecil, orang yang hidup sendirian ataupun orang yang sudah tua dan ingin memelihara kucing dirumahnya.

Kucing Australian Mist

Kucing ini termasuk kucing yang cerdas, apalagi jika sudah berurusan dengan makanan. Beberapa orang mengatakan bahwa jika meninggalkan makanan tanpa pengawasan maka makanan tersebut sudah pasti akan diambil oleh kucing ini, karena hal inilah sebagian besar orang mengatakan bahwa Australian Mist termasuk kucing yang rakus.

Australian Mist dulunya disebut dengan kucing Spotted Mist (kucing Kabut Berbintik) dan kemudian nama tersebut diubah menjadi Australian Mist. Karena merupakan ras kucing campuran dari beberapa ras kucing lain maka sifat dari kucing ini juga kebanyakan mirip dengan orang tuanya yang ramah, penyayang, dan juga energik. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Australian Mist

Sejarah Australian Mist dimulai dari seorang dokter bernama Dr. Truda Straede, dikatakan beberapa negara bagian di Australia tidak mengizinkan adanya kucing yang berkeliaran. Karena hal tersebutlah tujuan dari pengembangan kucing Australian Mist adalah membuat kucing peliharaan dalam ruangan yang bisa dipelihara oleh semua orang yang suka dengan kucing.

Pengembangan mulai dilakukan oleh Dr. Truda pada tahun 1976 dengan melakukan pembiakan yang selektif, kucing ini menggabungkan kucing Burma dan kucing Abyssinian dalam susunan genetiknya. Meski begitu ada juga peran dari beberapa ras kucing berbulu pendek lain yang berkontribusi dalam pengembangan ras ini, namun ras kucing ini tidak bisa dipastikan.

Asal Usul Kucing Australian Mist

Pada awalnya pola utama dalam pengembangan Australian Mist hanya menuju ke pola berbintik saja dengan nama kucing Spotted Mist, namun karena pola marble setelah itu diijinkan untuk ras ini maka namanya diubah menjadi Australian Mist. Dr. Truda mengajukan Australian Mist pada RASCC (Royal Agricultural Society of NSW Cat) pada tahun 1977, dan pada tahun 1980 RASCC mengakui kucing ini dan memberikan status sebagai kucing percobaan.

Pada tahun 1986 RASCC mengubah status kucing menjadi Grant Champion, pada saat ini nama kucing masih Spotted Mist. Selanjutnya pada tahun 1998 selain RASCC kucing ini juga diakui oleh WNCA (Waratah State Cat Alliance) namun pada saat ini namanya sudah menjadi Australian Mist. Berawal dari sini beberapa organisasi kucing lain juga mulai mengakui kucing Australian Mist.

NZCF (New Zealand Cat Fancy) mengakui Australian Mist dengan status Grant Championship pada tahun 1999, WCF (World Cat Federation) dan UFO (United Feline Organization) mengakui Australian Mist pada tahun 2004, bulan oktober 2011 GCCF (Governing Council of the Cat Fancy) juga mengakui kucing ini dan terakhir Australian Mist diakui dan mendapatkan status Championship di TICA (International Cat Association) pada tahun 2014. 



Karakteristik Kucing Australian Mist

Australian Mist adalah kucing berukuran sedang, namun tentunya setiap kucing memiliki standar ukuran yang berbeda beda. Berat umum kucing ini berkisar antara 3.5kg hingga 6.5kg, kucing Australian Mist betina seringkali memiliki ukuran lebih kecil dari Australian Mist jantan tentunya hal seperti ini juga mirip dengan ras kucing lainnya.

Australian Mist memiliki pola bulu Spotted (berbintik) dan Marble (marmer), penampilan ini memiliki tiga aspek penting yaitu warna dasar, pola dan kabut (mist). Penampilan berkabut ini mungkin lebih catlovers kenal dengan ticked yang warna bawah dan ujungnya terlihat berbeda, dan warna ini didapatkan dari kucing Abyssinian.

Karakter Australian Mist

Semua kucing Australian Mist memiliki mata hijau yang besar dan dipisahkan lebar untuk memberikan kesan lembut pada kucing ini. Telinganya yang bulat membuat penampilan semakin seimbang, meski kucing ini berukuran sedang namun Australian Mist termasuk kucing berotot dan seringkali berat badan kucing ini lebih berat dari penampilannya yang terlihat.

Berbicara tentang kepribadian kucing ini sebaian besar orang pasti langsung tau jika melihatnya, kucing ini adalah kucing yang lembut, toleran dan juga penyayang. Australian Mist menyukai interaksi dan perhatian dari anggota keluarga mereka, oleh karena itu kucing ini akan sering mengikuti kemanapun pemiliknya pergi dan bisa ada dipangkuan kapan saja.

Jika catlovers mencari kucing yang suka duduk meringkuk di pangkuan dengan manja maka kucing Australian Mist mungkin termasuk pilihan yang tepat, karena memang tujuan pengembangan kucing ini adalah menjadikannya kucing peliharaan dalam ruangan yang bisa hidup berdampingan dengan semua orang yang suka dengan kucing. 



Perawatan Kucing Australian Mist

Seperti semua ras kucing lain pada umumnya, kucing Australian Mist memerlukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui masalah kesehatan pada tubuhnya lebih awal. Dengan mengetahui kondisinya dengan baik maka pemberian perawatan dan penanganan akan lebih maksimal.

Perawatan Australian Mist

Dalam hal perawatan umum lain kucing Australian Mist termasuk kucing dengan perawatan rendah, bulu pendeknya bisa disikat atau disisir seminggu sekali tergantung dengan kondisinya. Dengan melakukan hal tersebut secara teratur maka bulu mati akan hilang dan merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali. Selain itu hal tersebut juga bisa mengurangi kucing mengalami hairball yang disebabkan bulu kucing.

Selain bulu seluruh anggota tubuh juga perlu diberikan pengecekan, periksa bagian telinga, wajah, kuku atau cakar, gigi dan juga beberapa bagian lainnya. Bersihkan seluruh bagian tersebut untuk mencegah beberapa penyakit seperti kutu telinga, infeksi gusi, jamur pada kulit kucing dan juga beberapa penyakit umum lainnya.

Pemberian vaksinasi harus dilakukan dengan lengkap, setelah itu jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun. Beberapa virus bisa berbahaya untuk kesehatan kucing dan bahkan bisa menyebabkan kematian, jadi vaksinasi pada kucing merupakan hal yang penting. 



Kesehatan Kucing Australian Mist

Australian Mist tidak memiliki masalah kesehatan khusus, namun pada saat pengujian DNA hari awal kucing Australian Mist di GCCF ditemukan sebagai pembawa kekurangan kinase piruvat (PKDef). Karena hal tersebut peternak kucing yang mengembangkan kucing Australian Mist selalu menguji PKDef secara rutin pada pengembangan selanjutnya.

Selain hal tersebut tidak ada lagi masalah yang serius, namun beberapa orang juga ada yang mengatakan bahwa kucing ini rentan terhadap radang gusi jadi membersihkan gigi kucing ini harus dilakukan. Berikan makanan yang berkualitas supaya kucing mudah untuk mengunyahnya, selain itu berikan juga vitamin yang berkaitan dengan kesehatan gigi jika diperlukan. 



Harga Kucing Australian Mist

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Australian Mist Import 21.000.000
Harga Kucing Australian Mist Lokal 7.000.000
Harga Kitten Australian Mist 4.500.000
Harga Kucing Australian Mist Dewasa 6.000.000

Biaya adopsi kucing Australian Mist berkisar antara $700 hingga $1000 menurut informasi yang ada, nemun ada juga website lokal yang mengatakan biaya adopsi kucing ini disana sekitar $390. Biaya adopsi diatas adalah biaya rata rata dan dengan ditambahkan beberapa biaya tambahan. Demikian mengenai kucing Australian Mist, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Australian Mist"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel