Kucing Aphrodite atau Kucing Aphrodite Giant

Kucing Aphrodite atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing Afrodit Siprus termasuk jenis kucing alami yang artinya perkembangan kucing ini sama sekali tidak ada campur tangan manusia seperti beberapa ras kucing lainnya. Siprus adalah asal dari kucing ini, dan diketahui kucing ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2005.

Karena badannya yang tergolong besar kucing ini juga disebut dengan Raksasa Aphrodite, badan dari kucing Aphrodite tidak hanya besar namun juga terlihat berotot. Dengan tubuhnya yang besar ini namun kucing Aphrodite termasuk kucing yang memiliki sifat lembut, penyayang dan juga cerdas.

Kucing Aphrodite Giant

Mungkin jika kita berkunjung ke siprus kucing ini bisa ditemukan di beberapa tempat penampungan hewan atau tempat pembiakan kucing tertentu, meski begitu kucing Aphrodite tetaplah pilihan terbaik untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan dirumah. Jadi jika catlovers (CL) kesana maka jangan lupa untuk mengadopsi kucing Aphrodite untuk dibawa kerumah.

Aphrodite adalah kucing peliharaan yang sangat cocok untuk keluarga, selain cerdas kucing ini juga bisa dekat dengan anak anak. Kucing ini sangat ramah dengan anggota keluarga dan juga bisa ramah dengan hewan peliharaan lainnya selain kucing, meski begitu Aphrodite juga tergolong kucing yang aktif jadi jangan lupa untuk mengajaknya bermain atau memberikan teman bermain untuknya.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Aphrodite

Aphrodite atau Aphrodite Giant adalah kucing yang berasal dari Siprus, kucing ini adalah salah satu dari dua ras kucing yang tumbuh secara alami di Siprus. Beberapa spekulasi mengatakan bahwa kucing ini awalnya ditemukan tinggal di dataran tinggi pegunungan, hal ini didasari dari fisiknya yang besar dan juga berotot.

Dengan kaki panjang yang dimilikinya maka hal tersebut membantu kucing ini untuk menguasai medan dan juga mengintai mangsanya. Bulu kucing Aphrodite sangat tebal, hal ini juga membantu kucing ini untuk hidup di iklim pegunungan yang dingin. Dikatakan kucing Aphrodite termasuk ras kucing tertua yang telah ada hampir 10.000 tahun.

Asal Usul Kucing Aphrodite

Meski termasuk salah satu ras kucing tertua namun kucing Aphrodite adalah jenis kucing yang relatif baru dalam dunia kucing. Di tahun 2004 seorang Arkeolog dari Prancis bernama Prof. Jean Guillain menemukan sebuah kerangkan kucing yang berusia lebih dari 9.500 tahun, yang dimana kerangka tersebut melebihi bukti dari mesir yang diperkirakan berusia 4.000 tahun.

Cerita kuno mengatakan bahwa dulunya St. Helen membawa dua kapal penuh dengan kucing yang berasal dari Mesir menuju ke Palestina untuk memerangi serangan ular di sebuah biara. Karena dikembangkan bebas untuk berkembang maka kucing ini menjadi jenis yang unik, kuat dan hangat hingga memiliki penampilan seperti sekarang.

Pada tahun 2007 kucing Aphrodite pertama kali ditampilan dalam suasana formal dan kemudian pada tahun 2009 kucing ini ditampilkan pada acara dari WCF (World Cat Federation) di Berlin. WCF mengakui kucing Aphrodite Giant sebagai ras kucing sendiri pada tahun 2012, lalu pada tahun 2014 ACF (Australian Cat Federation) mengakui Aphrodite sebagai ras kucing serta menghilangkan nama Giant dari nama resmi kucing ini. 



Karakteristik Kucing Aphrodite

Seperti nama awal dari kucing ini yaitu Aphrodite Giant maka ciri yang jelas dimiliki kucing ini adalah tubuhnya yang besar. Sebagian kucing ini memiliki tubuh besar, berotot dan bertulang besar meski ada beberapa yang bertubuh ramping. Ekor kucing ini berukuran sedang hingga panjang yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Sifat Kucing Aphrodite

Aphrodite memiliki kepala berbentuk segitiga dengan dagu menonjol serta telinga yang berukuran sedang yang besar dan lebar dipangkal. Bulunya lembut dan bisa hadir dalam berbagai pola warna, satu catatan yang ada mengenai warna kucing ini adalah warna solid pada kucing ini harus tanpa warna putih.

Kucing Aphrodite termasuk kucing dengan pertumbuhan yang lambat, pada umumnya kucing ini akan mencapai kematangan penuh sampai mereka berusia hingga 5 tahun. Kucing Aphrodite jantan umumnya memiliki berat badan sekitar  10kg hingga 11kg dan kucing berina berat badannya berkisar antara 5kg hingga 7kg.

Kebanyakan orang mungkin akan berfikir ketika melihat kucing ini dengan tubuh yang besar akan memiliki sifat yang sesuai dengan fisiknya, namun hal ini salah. Aphrodite adalah kucing yang tenang dan manis, banyak yang mengatakan bahwa kucing ini adalah kucing raksasa yang lembut. Kucing ini bisa rukun dengan hewan peliharaan lain dan juga akrab dengan anggota keluarganya. 



Perawatan Kucing Aphrodite

Dalam hal perawatan bulu kucing Aphrodite akan membutuhkan perawatan yang berbeda tergantung musim yang ada. Secara umum penyisiran bulu kucing ini harus dilakukan 2 kali seminggu, dengan melakukan hal ini maka bulu kucing Aphrodite akan tetap sehat dan bagus. Pada musim rontoknya bulu disarankan untuk menyisir atau menyikat bulu 2 kali sehari supaya bulu mati terangkat dan segera tumbuh bulu yang baru.

Aphrodite memiliki dua jenis bulu yaitu pendek dan juga semi panjang, tentunya dalam hal perawatan bulu kucing semi panjang akan membutuhkan perhatian ekstra. Kerontokan bulu biasanya terjadi pada bagian tubuh saja, dan pada bagian bulu ekornya kucing ini umumnya bisa bertahan tetap lebat dan terlihat sehat.

Cara Merawat Kucing Aphrodite

Aphrodite termasuk kucing yang cerdas, jadi menyediakan ruang yang cukup besar untuk bermain perlu dilakukan. Berikan beberapa mainan supaya kucing ini bisa memiliki mental yang bagus. Untuk cuaca pada umumnya kucing ini bisa bisa beradaptasi dengan berbagai iklim, cukup pastikan tempat yang ada teduh dan ada cukup air untuk Aphrodite minum.

Periksa kebersihan semua anggota tubuh kucing Aphrodite, lakukan pemeriksaan secara menyeluruh mulai dari wajah, telinga, dan bagian tubuh lain. Bersihkan mulai dari sela wajah jika ada kotoran, selanjutnya bagian telinga juga harus dibersihkan secara teratur. Kucing dengan telinga kotor bisa memiliki resiko infeksi, selain itu juga ada kemungkinan terkena kutu telinga atau earmites.

Potong kuku atau cakar kucing secara berkala, untuk mencegah penyakit periodntal menyikat gigi juga harus dilakukan. Lakukan secukupnya, tidak perlu terlalu sering karena lebih bagus daripada tidak dilakukan sama sekali. Berikan vaksinasi kucing dan juga obat kutu untuk pengendalian parasit, dengan begitu kucing akan terbebas dari virus berbahaya dan juga berbagai parasit yang sering menyerang kucing.



Kesehatan Kucing Aphrodite

Pada umumnya kucing Aphrodite dianggap sebagai kucing yang sehat, namun meski begitu kucing ini juga harus tetap melakukan pengecekan kesehatan pada dokter hewan yang ada. Beberapa masalah kesehatan umum yang paling sering dijumpai pada kucing ini adalah infeksi telinga, Obesitas atau kegemukan dan juga hairball. 



Harga Kucing Aphrodite

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Aphrodite Import 19.000.000
Harga Kucing Aphrodite Lokal 8.000.000
Harga Kitten Aphrodite 4.500.000
Harga Kucing Aphrodite Dewasa 6.000.000

Harga adopsi kucing Aphrodite ini diambil dari harga rata rata dari $800 yang tercantum di beberapa situs adopsi kucing luar, karena impor akan dikenakan biaya tambahan jadi kemungkinan biaya yang harus dikeluarkan kurang lebih seperti diatas. Demikian informasi mengenai kucing Aphrodite, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Aphrodite atau Kucing Aphrodite Giant"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel