Kucing Arabian Mau

Kucing Arabian Mau atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing mau arab merupakan kucing domestik alami yang berasal dari kucing gurun dari Jazirah Arab. Arabian Mau yang termasuk ras alami berarti dalam perkembangannya ras kucing ini sama sekali tidak ada campur tangan dari manusia.

Arabian Mau dikenal sebagai sebagai kucing yang energik, suka bermain dan mudah bergaul. Karena kucing ini berasal dari gurun maka postur yang dimilikinya sangat atletis, tubuhnya agak besar dan berotot namun tidak terlalu ramping. Cakarnya berbentuk oval disertai dengan kaki yang relatif panjang.

Ras Kucing Arabian Mau

Ditempat kucing ini berasal mungkin kucing ini akan ditemukan di beberapa tempat penampungan atau juga di beberapa breeder kucing tertentu. Tentunya jika Catlovers (Cl) berkunjung kesana jangan lupa untuk mengadopsi kucing yang satu ini karena kucing ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan dirumah.

Arabian Mau terkenal ramah mudah percaya, jadi kucing ini sangat mudah sekali terikat dengan kehidupan manusia meski terkadang kucing ini juga menuntut untuk diberikan perhatian. Kucing ini sangat suka berinteraksi dengan orang, jadi Arabian Mau perlu hidup dengan keluarga untuk selalu bisa berinteraksi dengannya. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Arabian Mau

Arabian Mau merupakan salah satu ras kucing tertua didunia, dikatakan kucing ini sudah ada sejak 1.000 tahun yang lalu dan kebanyakan kucing ini berasal dari Arab Saudi atau Uni Emirat Arab. Beberapa ahli yang meneliti kucing ini mengatakan bahwa ada gen dari kucing liar afrika yang dimiliki kucing Arabian Mau dalam garis keturunannya.

Meski termasuk ras kucing tertua namun nama Arabian Mau masih baru saja dikenali sebagai ras kucing yang sebenarnya. Kucing ini umum dijumpai di Jazirah Arab, termasuk  Uni Emirat Arab, Kuwait, Oman, Qatar, dan Arab Saudi. Meski kebanyakan kucing ini hidup di jalanan namun Arabian Mau termasuk kucing yang sangat cocok dijadikan sebagai kucing peliharaan.

Asal Usul Arabian Mau

Mau yang ada pada nama kucing ini merupakan arti kata kucing dalam bahasa mesir, kucing ini lebih aktif dimalam hari dan kebanyakan dari mereka akan tidur di siang hari untuk menghindari panasnya matahari di gurun seperti yang nenek moyang mereka lakukan.

Arabian Mau diyakini sebagai kucing yang telah berevolusi dari kucing liar afrika pada awalnya, berasal dari daerah pegunungan yang gersang mereka menuju pemukiman manusia untuk mencari makanan. Berawal dari sini kucing ini mulai dibudidayakan dan dipelihara oleh manusia yang akhirnya kucing ini menjadi ras kucing populer di Timur Tengah.

Banyak yang mempercayai awalnya kucing ini dikembangkan oleh Ms. Petra Mueller yang pada masa tersebut pernah memelihara 50 kucing Arabian Mau dirumahnya. Arabian Mau juga merupakan kucing pertama yang diakui oleh WCF (World Cat Federation) dalam lebih dari satu dekade, hal ini terjadi pada tahun 2008. 



Karakteristik Kucing Arabian Mau

Salah satu ciri khas dari kucing Arabian Mau adalah telinganya yang besar dan juga runcing, dikatakan bentuk telinga ini digunakan untuk membantu kucing Arabian Mau melepaskan panas berlebih dari tubuhnya yang sangat berguna bagi kucing yang tinggal di gurun seperti kucing ini.

Secara umum Arabian Mau adalah kucing berukuran sedang dengan tubuhnya yang ramping, dengan postur yang dimilikinya ini maka kucing ini akan lebih mudah untuk berburu mangsa dengan lebih gesit. Pada bagian kaki ukurannya panjang disertai dengan otot yang kuat, ekornya berukuran sedang dan agak meruncing keujung.

Sifat Arabian Mau

Kucing Arabian Mau jantan umumnya memiliki berat badan 4kg hingga 7.5kg dan pada kucing Arabian Mau betina berat badan secara umum berkisar antara 3.5kg hingga 6kg. Berat tersebut merupakan berat secara umum, jadi beberapa kucing Arabian Mau juga ada yang memiliki berat yang lebih kecil dan yang lebih besar dari rata rata.

Arabian Mau secara alami bisa hadir dalam beragam pola dan juga warna karena karakteristik kucing yang bisa berbaur dengan berbagai lingkungan. Meski begitu secara umum warna pada kucing Arabian Mau yang paling sering dijumpai adalah kombinasi warna coklat, merah, hitam dan juga putih.

Mau adalah kucing yang aktif, atletis dan juga cerdas, jadi memberikan kucing ini mainan adalah pilihan yang tepat. Meski memiliki sifat aktif namun kucing ini juga memiliki sifat yang ramah, karena kucing ini sangat suka menjadi pusat perhatian jadi memiliki anggota keluarga yang aktif sangat direkomendasikan.

Hal yang perlu dicatat adalah meski kucing ini senang berada didekat manusia dan suka berinteraksi namun Arabian Mau bukanlah kucing yang suka duduk di pangkuan dan meringkuk sepanjang hari. Jadi dalam pemeliharaannya dengan anak anak tetap dibutuhkan pengawasan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 



Perawatan Kucing Arabian Mau

Arabian Mau merupakan kucing yang aktif, jadi memberikan kucing ini sebuah condo atau garukan merupakan sebuah pertimbangan yang penting untuk dilakukan. Dengan memberikan conco pada Arabian Mau maka kucing ini akan bisa naik turun dan bisa memuaskan kucing ini dalam hal menjelajah yang merupakan kebutuhan bawaan mereka.

Bulu Arabian Mau bisa datang dalam berbagai pola dan warna meski secara umum warna yang paling sering terlihat adalah kombinasi hitam, putih dan cokelat. Bulu pendek yang dimiliki kucing ini sering dikatakan memiliki kesan yang mengkilap saat disentuh, jadi untuk perawatannya harus dilakukan secara teratur untuk menjaga kondisi bulu tersebut.

Cara Merawat Arabian Mau

Menyisir atau menyikat bulu setidaknya harus dilakukan dua kali seminggu, selain menjaga bulu kucing tetap sehat hal ini juga bisa mengurangi rambut yang kusut serta hairball. Pengecekan kebersihan tubuh juga harus dilakukan mulai dari telinga, gigi, dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Bersihkan bagian telinga, gigi dan juga wajah secara teratur, jangan sampai terjadi penumpukan kotoran yang beresiko menyebabkan terjadinya infeksi. Potong kuku atau cakar kucing secara berkala, biasakan melakukan hal ini dengan teratur supaya kucing menjadi terbiasa dan supaya kedepannya lebih mudah untuk dilakukan.

Dalam hal cuaca umumnya kucng ini bisa mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi, namun Arabian Mau lebih menyukai kondisi yang hangat karena memang kondisi bawaan kucing ini. Berikan vaksinasi lengkap dan juga obat kutu untuk mengendalikan parasit pada tubuh kucing. 



Kesehatan Kucing Arabian Mau

Arabian Mau memiliki kesehatan yang baik, anak kucing Arabian Mau umumnya dilahirkan dengan kondisi kesehatan yang sehat dan juga kuat karena pada umumnya kucing ini memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Penyakit spesifik atau genetik tidak ada dalam dokumentasi ras ini baik dalam pemeliharaan dan juga breed.

Ras kucing Arabian Mau baik yang keturunan langsung atau persilangan dari ras lain mungkin memiliki beberapa masalah genetik terkait keturunannya, namun secara umum Arabian Mau adalah kucing yang sangat sehat. Hal ini juga mungkin disebabkan karena Arabian Mau termasuk kucing ras alami yang dimana perkembangannya tidak ada campur tangan manusia. 



Harga Kucing Arabian Mau

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Arabian Mau Import 15.000.000
Harga Kucing Arabian Mau Lokal 5.000.000
Harga Kitten Arabian Mau 3.500.000
Harga Kucing Arabian Mau Dewasa 6.000.000

Rata rata biaya adopsi kucing Arabian Mau adalah $500 hingga 700$, harga ini didapat dari beberapa situs yang memberikan informasi tentang kucing Arabian Mau. Demikian informasi mengenai kucing Arabian Mau, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Arabian Mau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel