Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Biru Rusia merupakan jenis ras kucing yang berasal dari Rusia. Sesuai dengan namanya, tentu saja semua catlovers sudah tahu dari mana kucing ini berasal. Russian Blue memiliki bulu berwarna Blue (abu abu) yang sangat mirip dengan kucing BSH (British Shorthair) dan merupakan salah satu warna terfavorit di kalangan catlovers semuanya.

Russian Blue banyak dicari karena memiliki warna bulu yang menarik dan juga kepribadiannya yang disukai. Selain warna bulunya yang banyak difavoritkan, kucing ini juga terkenal dengan bulunya yang tebal atau lebat. Dengan ukuran bulunya yang pendek, kucing ini akan memiliki tingkat perawatan yang rendah, tentu saja semua catlovers pasti akan menyukai hal ini.

Jenis Ras Kucing Russian Blue

Pada anak kucing Russian Blue yang masih kecil atau baru saja lahir dikatakan sering dilahirkan dengan garis-garis hantu yang terlihat seperti tanda pada anak kucing dan kemudian menghilang seiring bertambahnya usia kucing menjadi kucing dewasa. Karena muncul pada saat masih kecil dan hilang pada saat sudah dewasa inilah mungkin garis ini disebut dengan garis hantu. 

Jika catlovers mencari kucing yang lembut, pendiam dan juga cerdas maka kucing Russian Blue adalah pilihan yang tepat. Dengan kepribadiannya yang bagus dan tidak terlalu menuntut maka kucing ini bisa menjadi kucing peliharaan yag tepat hampir utuk semua anggota keluarga yang suka dengan kucing dan bisa memberikan perhatian.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Russian Blue

Teori sejarah dari kucing Russian Blue yang paling umum adalah kucing ini dulunya dibawa ke Inggris Raya pada tahun 1960 oleh pelaut Inggris dari kota pelabuhan Laut Putih Archangel (Arkhangelsk) di Rusia Utara. Teori ini berdasarkan dari bulu kucing Russian Blue yang tebal diperkirakan karena mereka tumbuh pada iklim yang dingin sesuai dengan daerah diatas.

Russian Blue tidak diyakini terkait dengan tiga ras berbulu biru dan juga berbulu pendek lainnya yaitu kucing Korat dari Thailand, kucing Chartreux dari Prancis dan kucing British dari Inggris. Keempat ras kucing ini memiliki perbedaan yang berbeda dalam jenis bulunya dan juga kepribadian meski Korat, Chartreux dan Russian Blue memiliki kilau perak yang sama.

Sejarah Ras Kucing Russian Blue

Karena keempat ras kucing ini telah ada begitu lama maka nenek moyang dari mereka juga diselimuti oleh legenda dan dugaan jika keempat kucing ini memiliki nenek moyang yang sama masih ada kemungkinan meski belum ada bukti yang jelas. Pada tahun 1871 ada seekor Russian Blue yang ditampilkan pada sebuah show kucing pertama di Crystal Palace, London dengan nama Archangel Cat.

Menurut informasi yang dideskripsikan, kucing Russian Blue pada saat itu adalah kucing berbulu pendek berwarna biru solid dengan tipe tubuh yang asing. Kucing ini memiliki bulu tebal, padat, mengkilap dan berwarna biru keperakan muda. Kucing ini berkompetisi dengan kucing blue shorthair lainnya, namun karena pada saat itu BSH memiliki tipe tubuh yang bulat dan banyak disukai oleh kebanyakan orang maka kucing Russian Blue pun jarang menjadi pemenang.

Setelah show tersebut selesai dan selang beberapa waktu, akhirnya GCCF mengakui breed Russian Blue ini dan pada tahun 1912 kucing ini diberikan kelas mereka sendiri. Ras kucing ini kemudian membuat kemajuan hingga Perang Dunia II terjadi dan membuat ras kucing ini hampir punah sama seperti banyak ras kucing lainnya yang mengalami kejadian serupa.

Russian Blue tiba di Amerika pada awal tahun 1900an, namun baru pada tahun 1947 upaya pengembangan yang serius dilakukan dengan tujuan membuat kucing ini semakin dikenal dan juga program promosi di Amerika Serikat pun juga dimulai. Pada masa tersebut Russian Blue telah diterima dengan status kejuaraan di semua kucing yang ada di Amerika Utara. 



Karakteristik Kucing Russian Blue

Russian Blue adalah kucing berukuran sedang dengan bulu berukuran pendek yang tebal dan juga padat. Karena bulu kucing ini sangat padat dan juga lebat, tubuh kucing ini pun menjadi terlihat tampak lebih besar dan juga berisi. Dikatakan kucing ini juga memiliki tingkat alergen yang rendah, karena hal ini maka banyak orang yang berpendapat bahwa kucing ini termasuk dalam kucing hipoalergenik.

Salah satu hal yang paling menarik dari penampilan kucing Russian Blue ini adalah mata mereka yang bisa berubah warna dari kuning menjadi hijau seiring bertambahnya usia kucing. Anak kucing Russian Blue dilahirkan dengan mata kuning muda atau emas dan warna ini akan berubah menjadi kuning dengan semua hijau sekitar usia 4 bulan dan akhirnya menjadi hijau terang ketika kucing menjadi dewasa.

Karakter Ras Kucing Russian Blue

Tubuh Russian Blue memiliki ukuran yang panjang, berotot namun juga anggun. Kepalanya memiliki moncong yang tumpul dengan ukuran yang sedang. Panjang kepala bagian atas harus lebih besar dari panjang hidungnya. Wajahnya lebar di mata karena mata lebarnya disertai dengan lehernya yang panjang dan ramping tetapi tampak pendek karena efek dari bulu tebal yang dimilikinya.

Russian Blue memiliki telinga yang lebar pada bagian dasar dengan tipe lebih meruncing daripada membulat. Bagian luar telinga sedikit tertutupi dengan bulu pendek yang sangat halus dengan kulit yang terlihat. Kaki kucing ini berukuran panjang dengan tulang yang halus, cakarnya kecil dan agak membulat. Jari kaki lima di bagian depan dan empat pada bagian belakang.

Ekor kucing ini berukuran panjang yang terlihat proporsional dengan tubuhnya, bentuknya meruncing dari dasar disertai dengan bulu yang cukup tebal. Seperti yang sudah disebutkan diatas, kucing ini memiliki bulu yang berukuran pendek, padat, halus dan juga mewah. Bulu gandanya menonjol dari tubuh karena tingkat kepadatan yang dimilikinya.

Kucing Russian Blue dikenal sebagai kucing yang pendiam, lembut dan juga sopan. Ketika ada orang asing datang, mereka cenderung akan diam saja, namun ketika kucing ini hanya bersama orang yang dicintainya maka kucing ini akan menjadi kucing yang menyenangkan dan juga penuh kasih sayang.

Mereka adalah kucing yang aktif tetapi tidak terlalu aktif, tidak ada waktu yang lebih menyenangkan untuk kucing ini selain menerkam mainan favoritnya dan juga mengejar sinar matahari. Kucing ini bisa bermain sendiri, namun jika harus memilih tentu saja mereka akan memilih bermain dengan orang yang mereka sayangi.

Russian Blue sangat suka dengan rutinitas harian yang biasa mereka lakukan dan tidak begitu menyukai perubahan yang terjadi dengan rumah mereka atau lingkungan tinggalnya seperti hal sepela tentang jadwal pemberian makan, tempat liter box dan juga beberapa hal lainnya. 



Perawatan Kucing Russian Blue

Dari kebutuhan grooming, Russian Blue memiliki tingkat perawatan yang cukup rendah. Kucing ini membutuhkan sedikit mandi dan hanya perlu diberikan penyikatan atau penyisiran mingguan untuk membantu bulu kucing ini tetap sehat. Penyisiran yang dilakukan berguna untuk mengurangi jumlah bulu mati yang ada pada tubuh dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Pemotongan kuku atau cakar kucing perlu dilakukan secara teratur. Pada awalnya hal ini mungkin akan sulit untuk dilakukan karena mungkin kucing belum terbiasa. Jika kebiasaan ini sudah dilakukan sejak dini mungkin akan mudah, namun jika dilakukan ketika kucing sudah dewasa maka membiasakan kucing perlu dilakukan.

Cara Merawat Ras Kucing Russian Blue

Bersihkan bagian sela mata kucing ketika terlihat ada kotoran, gunakan tisu atau kain yang berbeda pada saat membersihkan untuk mengurangi resiko infeksi yang bisa terjadi. Kebersihan bagian tubuh lain juga perlu diperhatikan secara khusus seperti kebersihan gigi dan juga telinga.

Periksa kebersihan telinga kucing dengan rutin, jika terlihat ada kotoran maka segera bersihkan. Telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan terjadinya infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu kotoran pada telinga juga menjadi tanda kucing terkena earmites (kutu telinga kucing). Bersihkan telinga kucing dengan teliti, lakukan secara perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Guna mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi) maka kebersihan gigi juga perlu dijaga. Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat baik sekali daripada tidak pernah membersihkan gigi kucing sama sekali.

Russian Blue termasuk dalam kucing yang cerdas, karena itu kucing ini juga bisa dilatih untuk melakukan beberapa permain seperti lem[ar tangkap dan lainnya. Kebersihan lingkungan kucing juga perlu dijaga, bersihkan litter box, perlengkapan makan dan minum setiap hari.

Semua jenis ras kucing pasti bisa terkena kutu, karena itu pemberian obat anti kutu pada kucing harus diberikan supaya kucing terbebas dari kutu atau telur kutu yang ada pada tubuhnya. Obat anti kutu yang bagus biasanya adalah obat kutu kucing tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini biasanya selain bisa membasmi kutu juga bisa membasmi telur kutu tersebut.

Hal terakhir yang perlu diberikan supaya kucing memiliki kesehatan yang baik adalah dengan memberikan vaksinasi pada kucing. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus kucing yang bebahaya dan bisa menyebabkan kematian pada kucing. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali. 



Kesehatan Kucing Russian Blue

Semua jenis ras kucing pasti memiliki kemungkinan untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing hasil persilangan ataupun ras kucing murni yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Russian Blue umumnya dianggap sebagai kucing yang sehat dengan masa hidup mencapai 15 tahun sampai dengan 20 tahun yang dimana umur panjang dari kucing ini juga disebabkan karena fakta ras kucing ini termasuk dalam ras kucing alami yang dalam perkembangannya tidak dicampuri oleh manusia.

Beberapa masalah kesehatan yang sering terlihat dari ras kucing ini diantaranya adalah:

  • PRA atau Atrofi Retina Progresif yang merupakan kerusakan degeneratif retina atau pusat penglihatan mata.
  • PKD atau Ginjal Polikistik yang dimana ginjal menjadi penuh dengan ruang berisi cairan dan menghalanginya untuk bekerja.

Selain penyakit tersebut dikatakan kucing Russian Blue juga sangat suka sekali dengan makan, karena itu kucing ini juga rentan dengan obesitas. Beberapa penyakit umum lainnya juga masih bisa terjadi pada kucing ini, karena itu tetap berikan perawatan yang terbaik supaya kucing tetap dalam kondisi sehat dan juga selalu dalam kondisi terbaiknya. 



Harga Kucing Russian Blue

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Russian Blue Import 20.000.000
Harga Kucing Russian Blue Lokal 15.000.000
Harga Kitten Russian Blue 10.500.000
Harga Kucing Russian Blue Dewasa 13.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing Russian Blue ini, rata-rata biaya adopsinya berkisar antara $800 sampai dengan $1.200. Dari harga tersebut maka kemungkinan harga kucing Russian Blue akan mirip seperti harga diatas. Harga yang tertera merupakan kurs dengan 14.000 dan belum ada tambahan biaya untuk kucing import seperti biaya pengiriman dan juga lainnya.

Harga yang ditampilkan diatas hanya bersifat kurang lebih, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga paten karena harga kucing Russian Blue asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Russian Blue kali ini, semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Russian Blue"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel