Kucing Ocicat

Ocicat merupakan satu-satunya ras kucing domestik berbintik yang dikembangkan secara selektif untuk meniru kucing liar. Ras kucing ini menampilkan tampilan hewan yang athletis, berotot, padat namun anggun dan luwes. Dengan tubuh berdada penuh serta bintik pada tubuhnya maka kucing ini menjadi terkenal dengan penampilan liarnya.

Banyak pecinta kucing yang suka dengan kucing berpenampilan liar untuk dijadikan sebagai pendamping atau teman dirumah. Ocicat ini diciptakan untuk menjawa keinginan tersebut, dia tidak liar sama sekali karena kucing ini adalah kucing hasil persilangan dari kucing Abyssinian, kucing Siamese dan ASH atau American Shorthair.

Jenis Ras Kucing Ocicat

Meski disilangkan menggunakan kucing domestik, namun bintik pada tubuhnya ini memberikan suasana eksotis yang sulit untuk ditolak. Kucing ini bisa cocok pada rumah manapun yang mencintainya dan bersedia memberikan perawatan untuknya, tentu saja kepribadian kucing ini juga sangat cocok sebagai kucing peliharaan.

Faklta singkat tentang kucing ini adalah tubuh kucing ini ditutupi oleh bintik besar berbetuk ibu jari yang memberi kesan liar. Beberapa anak kucing dari hasil perkawinan Ocicat terkadang bisa muncul warna Tabby Klasik dan warna tersebut tidak memenuhi syarat untuk berkompetisi dalam sebuah show kucing untuk kucing ini.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Ocicat

Sejarah Ocicat dimulai ketika Ocicat pertama yang lahir secara tidak disengaja pada tahun 1964. Kucing Ocicat pertama ini bernama Tonga yang merupakan kucing eksperimental dari Virginia Daly yang mencoba membuat kucing berwarna Abypoint (Siam dengan warna poin dari kucing Abbysinian) dari persilangan antara kucing Siam dengan kucing Abbyssinian.

Proses pengembangan awal ini menggunakan seekor Abyssinian jantan kemerahan bernama Dalai Deta Tim dari Selene yang disilangkan dengan Siam bernama Dalay Tomboy Patter. Persilangan ini menghasilkan litter yang dianggap Abyssinian Dalai Dia, dan betina dari litter ini kembali disilangkan dengan Siam Cokelat bernama Whitehad Elegante Sun dan menghasilkan keturunan anak kucing Siam dengan warna poin Abyssinian.

Sejarah Ras Kucing Ocicat

Setelah persilangan berulang yang dilakukan, lahirlah anak kucing dengan bintik-bintik emas yang diberi nama Tonga. Putri Daly menyebut Tonga tampak seperti ocelot dan mengatakan bahwa kucing ini harus disebut dengan Ocicat. Karena pada saat itu Daly tidak tertarik untuk membuat ras kucing jenis baru maka Tonga pun akhirnya dikebiri dan diberikan kepada kerumah baru (maksudnya mungkin orang lain dengan lingkungan baru).

Seorang ahli genetika bernama Dr. Clyde Keeler tertarik pada kucing domestik yang tampak seperti ocelot dan ingin melihat kucing yang bisa menyerupai beberapa kucing liar yang telah menghilang ini. Karena hal tersebut akhirnya Daly pun mengulangi persilangan yang dia lakukan sebelumnya dan menghasilkan anak kucing jantan berbintik kuning kecoklatan yang dia beri nama Dalai Dotson.

Anak kucing bernama Dalai Dotson inilah yang digunakan dalam proyek pengembangan kucing Ocicat. Langkah selanjutnya yang diambil pada proses ini adalah memperkenalkan American Shorthair ke campuran gen untuk memperkenalkan warna perak dari kucing ini. Karya Daly ini direplikasi oleh orang lain dan bari baru untuk kucing Ocicat pun dikembangkan.

Dalai Dotson dianggap kucing pertama dari jenis Ocicat ini, nama Ocicat sendiri muncul karena kucing ini mengingatkan pada kucing liar tutul yang disebut ocelot. Pada tahun 1966, CFA menerima Ocicat untuk status Registered dan kucing ini pun terdaftar di CFA. Pada tahun 1980an tersiar kabar tentang keindahan dan kepribadian ras ini dan karena hal ini semakin banyak orang yang menjadi suka dengan Ocicat.

Pada bulan Mei 1986, Ocicat mancapai status sementara lalu hanya satu tahun kemudian kucing ini diberikan status Championship di CFA. TICA memberikan status Championship pada kucing ini pada tahun 1987 dan setelahnya hampir semua organisasi kucing Amerika Utara mengakui Ocicat untuk kejuaraan dan ras ini pun telah mendapatkan popularitas dan memiliki penggemar yang kuat. 



Karakteristik Kucing Ocicat

Ocicat adalah kucing yang berukuran sedang hingga besar dengan kucing berkelamin jantan biasanya memiliki berat antara 5kg sampai dengan 7kg sedangkan untuk kucing berkelamin betina beratnya berkisar antara 3kg sampai dengan 5.5 kg. Berat ini adalah berat umum, jadi kemungkinan masih ada yang lebih besar atau lebih berat lagi.

Kucing ini memiliki tubuh padat, keras dan agak panjang. Perkembangan tulang dan otot sangatlah baik dan memberikan kesan atletis pada tubuh kucing ini, jika memperkirakan berat badannya dengan penampilan yang ada maka kucing ini pasto memiliki berat yang mengejutkan. Banyak kucing Ocicat yang atletis, kuat dan juga lentur, catatannya adalah kucing betina umumnya lebih kecil dari kucing jantan.

Karakter Ras Kucing Ocicat

Pada bagian kepala, kucing ini memiliki moncong yang lebar dan terdefinisi dengan baik dengan kesan persegi dan di profil menunjukkan panjang yang baik. Dagunya kuat dan rahangnya juga kokoh. Jepitan kumis sedang dan tidak terlalu parah, kepalanya berada pada leher yang melengkung dan terlihat anggun.

Telinganya berukuran cukup besar, memberikan kesan waspada dan diatur sedemikian rupa sehingga menyudutkan bagian atas dimensi luar kepala. Tidak terlalu tinggi dan rendah dengan jumbai telinga memanjang secara vertikal dari ujung telinga. Mata besar berbentuk almond yang bisa datang dalam berbagai warna kecuali warna biru.

Kaki kucing ini memiliki bentuk yang baik dan berotot, panjangnya sedang, kuat dan pasti proporsional dengan tubuhnya. Kakinya berbentuk oval yang kompak dengan lima jari didepan dan empat dibelakang. Ekornya cukup panjang, ramping sedang dan hanya sedikit lancip dengan ujung ekor berwarna gelap.

Ocicat memiliki bulu berukuran pendek, halus dan juga berkilau. Mereka bisa hadir dalam warna poin dengan kombinasi dari warna kecoklatan, kayu manis, coklat kekuningan, biru, dan berbagai warna lain yang tersedia untuk warna poin. Warna yang paling terang biasanya terdapat pada wajah sekitar mata, dagu dan rahang bawah, sedangkan warna paling gelap terdapat pada ujung ekornya.

Dilihat dari penampilan kucing ini memang kucing ini terlihat memiliki sifat yang liar, akan tetapi kucing ini adalah kucing yang penuh kasih sayang, mudah beradaptasi, memiliki rasa ingin tahu yang besar dan juga suka bermain. Mereka adalah kucing yang memiliki pengabdian yang kuat terhadap sahabat manusianya.

Sangat cerdas, aktif, dan memiliki rasa sosial yang tinggi. Kucing ini dapat dengan cepat belajar, merespon nama panggilan mereka dengan baik, bisa diajari beberapa trik termasuk datang ketika dipanggil dan juga mengeluarkan suara ketika mereka merasa lapar atau waktunya makan telah tiba.

Ocicat adalah kucing yang cenderung terikat dengan satu orang dan akan lebih suka ditemani orang itu daripada bersama orang lainnya. Meskipun mereka ramah dan penuh kasih sayang pada orang lain yang ada pada lingkungan rumahnya. Kucing ini bisa rukun dengan manusia atau hewan peliharaan lain, bahkan dia akan suka ditemani teman hewannya ketika sedang ditinggal oleh keluarganya.

Seperti nenek moyang mereka dari Abyssinian, Ocicat akan suka melakukan tarian tap yang berani diatas rak buku untuk hiburannya, Kucing ini adalah jenis yang aktif dan membutuhkan banyak ruang dan mainan untuk membuatnya tetap sibuk. Seperti nenek moyang Siamnya, mereka sangat vokal (cerewet) namun tidak mengganggu.

Suaranya memang tidak serak seperti Siam yang menurut sebagian besar orang mengganggu, namun kucing ini tetaplah jenis yang vokal. Dengan sifatnya ini maka beberapa teguran keras dapat melukai perasaan mereka yang sensitif dan bahkan bisa merusak kepercayaan dari kucing ini, karena itu hati-hatilah ketika melakukan teguran pada kucing yang satu ini. 



Perawatan Kucing Ocicat

Dalam hal perawatan karena kucing Ocicat memiliki bulu pendek yang padat maka mereka termasuk kedalam tingkat perawatan yang rendah. Berikan penyisitan atau penyikatan mingguan untuk membantu kucing ini mengurangi jumlah bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk lebih cepat tumbuh kembali.

Sesekali melakukan pengelapan pada bulu kucing juga diperlukan untuk membuat kilau bulu pada kucing ini menjadi semakin terlihat. Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan teratur, hal ini sebaiknya dibiasakan sejak dini karena jika dilakukan ketika kucing sudah dewasa akan sulit sebab kucing belum terbiasa denga hal ini.

Perawatan Ras Kucing Ocicat

Pemberian tiang garukan  atau penggaruk dari karton sangatlah diperlukan untuk membuat kucing ini sibuk dan tentu saja mengamankan perabotan rumah yang beresiko terkena cakarannya. Berikan ruangan yang cukup untuk mereka bergerak, sediakan juga beberapa mainan yang bisa membuatnya tidak mudah bosan dan membakar energi untuk kegiatan mereka sehari-hari.

Guna mencegah kucing ini terkena penyakit peridontal (infeksi gusi pada kucing) maka bersihkan gigi kucing dengan teratur. Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik namun membersihkan gigi kucing sesekali sudahlah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing setiap saat. Telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang ada, selain itu telinga kotor juga menjadi salah satu tanda kucif terkena earmites. Bersihkan telinga kucing jika terlihat kotor, lakukan dengan teliti dan perlahan serta jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Pencegahan kutu perlu dilakukan supaya kucing terhindar dari beberapa penyakit kulit dan luka pada tubuhnya. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain membasmi kutu yang ada juga bisa membasmi telur kutu pada tubuh kucing.

Hal terakhir yang perlu diberikan untuk menjaga kucing tetap sehat adalah vaksinasi. Vaksin pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya dan bahkan bisa mematikan. Karena hal inilah maka vaksinasi sangat penting untuk kucing. Berikan vaksin pada kucing sejak dini, berikan dengan lengkap dan jangan lupa untuk melakukan pengulangan setiap tahun. 



Kesehatan Kucing Ocicat

Semua jenis ras kucing entah itu ras kucing alami yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali ataupun ras kucing hasil dari persilangan pasti memiliki kemungkinan untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Ocicat umumnya adalah kucing yang sehat, namun ada beberapa penyakit yang sering terlihat pada kucing ini atau dalam kata lain kucing ini terkadang rentan dengan beberapa penyakit dibawah ini.

  • Amiloidosis hati atau ginjal yang kemungkinan penyakit keturunan dan terjadi ketika protein tidak larut disebut amiloid disimpan di organ seperti ginjal atau hati. Hal ini akan menghasilkan lesi, disfungsi dan akhirnya kegagalan ginjal.
  • Kardiomiopati hipertrofik dimana kondisi jantung umum yang mempengaruhi banyak ras kucing dan menyebabkan dinding jantung khususnya ventrikel kiri menebal
  • Penyakit periodontal atau infeksi gusi

Selain beberapa penyakit diatas, Ocicst juga bisa menderita beberapa penyakit umum lainnya dan bahkan serangan dari virus berbahaya. Maka dari itu supaya kucing ini bisa memiliki kesehatan yang maksimal dan selalu dalam kondisi terbaiknya, selalu berikan perawatan yang baik disertai tunjangan nutrisi yang baik pula.



Harga Kucing Ocicat

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Ocicat Import 16.000.000
Harga Kucing Ocicat Lokal 8.000.000
Harga Kitten Ocicat 6.500.000
Harga Kucing Ocicat Dewasa 7.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini, harga kucing berkisar antara $800 sampai dengan $1.200. Dari harga tersebut maka kemungkinan harga untuk Ocicat akan seperti harga diatas. Harga yang tertera adalah harga kurs, jadi untuk kucing import belum termasuk biaya pengiriman, karantina dan juga biaya lainnya.

Jangan menjadikan harga yang ada diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan harga yang ada sebagai acuan harga saja karena harga kucing Ocicat asli bisa lebih murah ataupun lebih mahal. Demikian informasi mengenai kucing Ocicat kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Ocicat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel