Kucing Ojos Azules

Kucing Ojos Azules adalah salah satu ras kucing yang memiliki penampilan yang cantik dengan mata birunya sangat sangat dalam. Mata kucing ini bisa membuat para penggemar kucing jatuh hati. Mungkin nama kucing ini terlihat sulit untuk diucapkan, namun dalam bahasa Spanyol Ojos Azules memiliki arti Mata Biru yang sesuai dengan kucing ini.

Ojos Azules termasuk kucing yang sangat langka, tentu jika ada orang yang memeliharanya sebagai kucing peliharaan maka orang tersebut sangat beruntung. Mereka tidak hanya sangat menarik, ramah, setia, suka bermain, singkatny Ojos Azules adalah segalanya yang dirindukan banyak orang tentang kucing.

Jenis Ras Kucing Ojos Azules

Kucing ini sangatlah menghargai teman-teman mereka dalam sebuah keluarga entah itu orang dalam keluarga tersebut ataupun hewan peliharaan lainnya, karena hal ini maka kucing ini menjadi tidak bisa ditinggal sendirian terlalu lama. Dikatakan kucing ini juga bisa dengan mudah bergaul bersama anak anak meski dalam hal ini pengawasan tetap dibutuhkan.

Beberapa fakta menarik tentang kucing Ojos Azules adalah kucing ini terdengar memiliki varietas berbulu panjang namun belum ada informasi yang jelas. Sampai dengan hari ini masih tidak diketahui berapa banyak jumlah kucing Ojos Azules yang ada didalam dan sekitar Amerika Serikat. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Ojos Azules

Nama Ojos Azules diterjemahkan menjadi mata biru dalam bahasa Spanyol dan nama kucing ini sangat sesuai karena kucing ini memiliki mata biru yang berwarna biru tua yang indah. Sejarah Ojos Azules dimulai ketika ada kucing bermata biru tua telah ditemukan di New Mexico diantara populasi kucing liar.

Kucing Ojos Azules pertama ditemukan pada tahun 1984 adalah kucing berwarna tortie bernama Cornflower. Kucing ini kemudian dibesarkan dan dikawinkan dengan kucing domestik biasa  dan terbukti dominan seperti yang ditunjukkan oleh semua anak kucingnya. Seperti yang sudah disebutkan, ras ini diberi nama Ojos Azules karena warna biru pada matanya.

Sejarah Ras Kucing Ojos Azules

Ojos Azules adalah kucing yang luar biasa karena mata birunya yang dalam. Berbeda dengan mata biru yang terlihat terkait dengan gen pada kucing bicolor dan kucing dengan warna poin yang keduanya menekan pigmentasi, gen ini tidak terkait dengan warna atau pola bulu tertentu dan memberikan kesempatan untuk memiliki kucing dengan bulu gelap bermata biru.

Kedalaman warna mata pada kucing ini digambarkan lebih besar daripada yang terlihat pada kucing Siam dan tidak menyebabkan mata juling atau tuli. Setelah penyelidikan genetik oleh Solveig Pflueger, pengembangan kucing ini dilanjutkan dengan cara kecil supaya kucing Ojos Azules tidak mengalami cacat genetik yang mematikan.

Ditemukan bahwa ketika gen homozigot menyebabkan kelainan bentuk tengkorak, bulu putih, ekor kecil melengkung dan lahir mati. Namun ketika gen tersebut heterozigot mutasi genetik yang mematikan itu menjadi tidak bermanifestasi. Dari hal ini maka kesimpulan yang didapat, peternak harus mengawinkan kucing bermata biru dengan kucing biasa (tidak bermata biru) dengan hasil 50:50 anak kucing bermata biru atau tidak.

Warna mata biru yang terlihat seperti kucing Siam dan Ojos Azules adalah karena fenomena fisik yang sama yaitu tidak adanya melanin di iris. Penyebab tidak adanya pigmen berbeda antara kucing Siam, kucing putih dan Ojos Azules, tetapu hasil akhirnya adalah hilangnya pigmen dan mata biru.

Ojos Azules termasuk jenis ras kucing yang langka, ditemukan pada tahun 1980 dan pada tahun 1992 hanya ada sepuluh ekor yang diketahui. Ojos Azules bisa hadir dalam varian bulu pendek dan juga panjang. Kucing ini diterima di TICA pada tahun 1991 dengan standar breed ini tertanggal 5 Januari 2004 dengan kucing yang hanya berwarna biru tua yang disebut Ojos Azules. 



Karakteristik Kucing Ojos Azules

Ojos Azules adalah kucing berukuran sedang dengan matanya yang kebiruan, besar dan agak bulat. Lehernya melengkung, kepala agak segitiga, dengan ekor yang proporsional dengan tubuhnya. Kucing ini memiliki dahi yang agak membulat, moncong yang bersudut, hidung memiliki sedikit istirahat dengan bulu pendek, halus, lembut dan berkilau.

Lapisan bawah bulu pada kucing ini tidak terlalu berkembang tetapi sebagian besar berwarna pekat. Semua warna diperbolehkan dengan tanda putih diperbolehkan pada sebagian besar ekstrimitas (ujung ekor, moncong, dan cakar) namun jika ada bintik pada dada, perut tidak dapat diterima dan dianggap sebagai kesalahan.

Karakter Ras Kucing Ojos Azules

Secara khusus kucing Ojos Azules memiliki ujung ekor putih, bulu putih solid tidak diinginkan karena tidak dapat dibedakan dari kucing putih bermata biru biasa. Perhatikan, Ojos Azules berwarna putih tidak tuli seperti seperti kucing bermata biru dengan warna putih pada umumnya. Selain ras Ojos Azules, hanya ada kucing berwarna putih atau colorpoint yang bisa memiliki warna mata biru.

Kucing ini adalah jenis kucing baru, ditambah lagi ini adalah ras kucing yang cukup langka, karena itu informasi mengenai kepribadian kucing ini juga terbatas.  Pemilik yang memiliki kucing ini mengatakan bahwa kucing ini adalah kucing yang sangat penyayang, setia, cerdas dan yang terpenting sangat cantik dan juga menawan.

Kucing ini akan selalu ingin bermain dengan pemiliknya dan akan membuat pemiliknya sibuk karena sifatnya yang aktif. Selain suka bermain, kucing ini juga bisa menjadi kucing pangkuan yang akan datang kepada pemiliknya dan menghibur pemiliknya sepanjang waktu.

Ojos Azules tidak akan mengganggu pemiliknya, namun akan lebih baik jika pemiliknya memberinya perhatian yang tepat. Jika catlovers sedang mencari kucing yang sangat baik hati dan juga sangat menarik maka kemungkinan besar kucing Ojos Azules adalah kucing yang tepat untuk catlovers pelihara.

Dikatakan kucing Ojos Azules adalah kucing yang mudah untuk bergaul dengan hewan peliharaan lain atau kucing lainnya. Selain hal tersebut kucing ini juga dikatakan bisa dengan mudah bergaul bersama anak-anak, jadi jika pemilik kucing memiliki anak dalam keluarganya, maka pemilik kucing jadi tidak perlu khawatir.

Kucing Ojos Azules adalah kucing yang menuntut perhatian, namun mereka juga bisa bersenang-senang sendirian jika pemilikna memberi sesuatu yang tepat seperti mainan atau beberapa benda lain untuk dimainkan. Jika pemilik kucing termasuk orang yang suka bepergian maka memberikan beberapa mainan merupakan pilihan yang tepat untuk membuat kucing ini sibuk. 



Perawatan Kucing Ojos Azules

Dalam hal perawatam, kucing Ojos Azules dianggap mudah untuk diberikan perawatan karena kucing ini tidak perlu sering disikat dan masalah kerontokan bulu kucing ini juga dianggap biasa saja. Kucing ini bisa hadir dalam bulu ukuran pendek dan juga panjang, yang bulunya sering digambarkan sebagai sutra, lembut, halus dan juga berkilau.

Berikan perawatan bulu pada kucing ini untuk mempererat hubungan dengan kucing, lakukan penyisiran mingguan pada bulunya untuk membantu kucing mengurangi jumlah bulu mati, merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali dan juga menjaga bulu kucing ini untuk tetap bersih dan juga halus.

Perawatan Ras Kucing Ojos Azules

Tidak ada perawatan khusus yang harus diberikan pada kucing ini, karena itu selanjutnya akan seperti perawatan kucing pada umumnya. Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan teratur, biasakan hal ini sejak dini atau pada saat kucing masih kecil sehingga ketika kucing sudah dewasa maka hal ini akan tetap mudah untuk dilakukan.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing, telinga kucing yang kotor bisa menjadi penyebab infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi salah satu ciri kucing terkena earmites (kutu telinga kucing). Bersihkan telinga kucing ketika terlihat kotor, periksa dengan teliti, lakukan pembersihan dengan hati-hati dan jangan sampai membuat kucing terluka.

Untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing) maka kebersihan gigi kucing perlu untuk dijaga. Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudahlah sangat bagus sekalu daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Pemberian obat kutu pada kucing merupakan hal yang penting, selain mencegah kucing kutuan hal ini juga bisa mengurangi resiko kucing terkena penyakit kulit. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, selain membasmi kutu pada tubuh kucing obat ini juga bisa membasmi telur kutu tersebut.

Hal terakhir yang perlu diberikan untuk menjaga kucing tetap sehat adalah vaksinasi. Vaksinasi pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya dan bahkan bisa membahayakan nyawa kucing. Karena itu pemberian vaksin pada kucing sangatlah penting dan tentu saja pengulangan setiap tahun tetap perlu untuk dilakukan.



Kesehatan Kucing Ojos Azules

Semua jenis ras kucing pasti memiliki kemungkinan untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Tidak banyak informasi mengenai kesehatan kucing Ojos Azules ini, namun dikatakan kucing ini tidak memiliki kebutuhan nutrisi khusus. Meski tidak memiliki kebutuhan khusus, tetaplah berikan makanan kucing terbaik untuk kucing ini, dengan begitu kucing akan memiliki kesehatan yang baik dan tentu saja terhindar dari obesitas.



Harga Kucing Ojos Azules

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Ojos Azules Import 8.000.000
Harga Kucing Ojos Azules Lokal 5.000.000
Harga Kitten Ojos Azules 2.500.000
Harga Kucing Ojos Azules Dewasa 4.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini, harga adopsi kucing Ojos Azules berkisar antara $300 sampai dengan $600. Dari harga tersebut maka perkiraan harga kucing Ojos Azules mungkin akan seperti harga diatas. Harga yang tertera adalah harga kurs saja (dikalikan dengan kurs sekarang) jadi untuk kucing import belum dikenakan tambahan biaya seperti biaya pengiriman dan karantina.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga karena harga kucing Ojos Azules asli bisa lebih murah ataupun lebih mahal. Demikian informasi mengenai kucing Ojos Azules kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Ojos Azules"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel