Kucing Serengeti

Kucing Serengeti adalah kucing hasil persilangan dari kucing Bengal dan juga kucing Oriental Shorthair. Pengembangan awal pada kucing ini dilakukan pada tahun 1994 dengan tujuan menghasilkan kucing yang mirip dengan Serval namun tanpa menggunakan persilangan dengan kucing liar yang dilakukan pada beberapa kucing ras lain.

Serengeti termasuk dalam kucing domestik yang pertama kali diakui oleh TICA atau The International Cat Association. Pondasi awal yang digunakan untuk menciptakan ras kucing Serengeti adalah kucing Bengal (domestik dan liar hybrid) dan juga kucing Oriental Shorthair dan tidak ada persilangan generasi pertama yang didaftarkan selain dari kedua kucing tersebut.

Jenis Ras Kucing Serengeti

Berbeda dengan pengembangan yang dilakukan pada beberapa ras kucing yang memiliki penampilan kucing liar, kucing ini tidak menggunakan ras kucing liar. Bengal adalah kucing dari hibridisasi kucing liar dan kucing domestik dan untuk saat ini kucing Bengal sudah bisa dikatakan menjadi hewan peliharaan seutuhnya.

Kebanyakan kucing Bengal yang digunakan dalam program pengembangan Serengeti banyak yang dihilangkan dalam generasinya dari asal usul kucing ini, karena hal tersebut maka dalam catatan yang ada Bengal sangat memiliki sedikit kontribusi genetik dari leluhur liar kecuali sifatnya yang mempengaruhi warna bulu Serengeti. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Serengeti

Sejarah Serengeti  dimulai ketika seorang peternak kucing yang bernama Karen Sausman dari California melakukan proyek pengembangan untuk kucing ini. Karen Sausman adalah pemilik dari Kingsmark Cattery yang ingin menciptakan breed yang sangat mirip dengan Serval Afrika namun tidak memasukkannya kedalam kumpulan gen yang ada.

Karen Sausman yang juga merupakan ahli biologi konservasi secara selektif membiakkan kucing Oriental Shorthair dengan kucing Bengal untuk mencapai tujuannya tersebut. Dari pengembangan ini dihasilkan kucing yang anggun seperti macan tutul dengan ciri unik dan juga perilaku yang ramah.

Ras Serengeti sering dibandingkan dengan Savannah, hal ini karena mungkin tujuan awal dari pengembangan kucing ini adalah Serval yang merupakan kucing yang digunakan dalam persilangan Savannah. Berbeda dengan Savannah, kucing Serengeti  tidak menggabungkan darah liar sepertinya.

Pengembangan kucing Serengeti dilakukan pertama kali pada tahun 1994 dan ras kucing ini didaftarkan di TICA (The International Cat Association) dan diberi status ras berkembang. Karena informasi mengenai kucing ini sangat minim maka penjelasan sejarah kucing ini pun juga terbatas dan tidak ada keterangan proses pada saat pengembangan dilakukan. 



Karakteristik Kucing Serengeti

Serengeti adalah ras kucing berukuran sedang dan tentu saja dalam hal ini standar ukuran yang tepat untuk setip ras kucing akan berbeda. Kebanyakan dari Serengeti memiliki berat antara 3.5kg hingga 7kg, namun banyak juga yang mengatakan banyak yang lebih kecil dan juga lebih besar dari rata-rata.

Serengeti memiliki tulang yang sedang dan merupakan pelompat yang luar biasa, dia bisa melompat hingga 7 kaki ke udara. Keterampilan ini dimungkinkan berkat kakinya yang panjang dan bahkan yang terpanjang dari semua jenis kucing peliharaan. Selain kaki ras ini yang panjang, mereka juga memiliki telinga yang besar sehingga membuat bagian kepala lainnya terlihat menjadi kecil.

Karakter Ras Kucing Serengeti

Telinga kucing ini membulat di bagian ujungnya dan tegak, hal ini memberikan kesan bahwa kucing ini selalu dalam waspada tinggi. Pola bintik tebal pada bulu kucing ini merupakan ciri khas yang membuatnya cukup eksotis dan liar serta tampak berkilauan dari kejauhan. Matanya indah dan bulat, biasanya berwarna kuning atau emas.

Kucing ini sangat mirip dengan Serval Afrika yang cantik. Bulu Serengeti memiliki tekstur yang halus dan berbeda. Dalam hal warna kebanyakan dari mereka memiliki warna emas atau kuning dengan pola bintik hitam, namun ada juga yang berwarna hitam pekat, abu-abu dengan bintik hitam.

Serengeti adalah kucing yang ramah, tetapi bukan berarti kucing ini adalah salah satu ras yang paling mudah untuk dipelihara. Bukan gaya kucing ini yang bisa langsung akrab dengan seseorang atau hewan lainnya, biasanya mereka membutuhkan waktu setidaknya satu atau dua hari untuk mulai menjalin hubungan dengan orang atau hewan lainnya.

Meski terlihat agak susah namun ketika sebuah ikatan sudah terbentuk, mereka akan menjadi kucing yang ramah dan responsif. Ras ini juga mendapat julukan sebagai kucing Velcro karena kecenderungan untuk tetap dekat dengan manusia dan mengikutinya berkeliling untuk mencari tahu kegiatan apa saja yang dilakukan.

Serengeti adalah jenis kucing yang sangat vokal, ketika ada sesuatu yang menarik perhatiannya dia tidak akan ragu untuk memberitahukan hal tersebut dengan cara mengeong atau mendengkur dengan keras. Mereka juga bisa ramah dengan anak anak meski dalam hal ini pengawasan tetap dibutuhkan.



Perawatan Kucing Serengeti

Serengeti yang memiliki bulu berukuran pendek dan ramping tidak perlu untuk sering disikat dalam perawatan bulunya. Cukup berikan penyikatan atau penyisiran mingguan untuk membantu kucing ini mengurangi jumlah bulu mati pada tubuhnya dan juga merangsang bulu yang rontok untuk tumbuh kembali.

Jagalah kebersihan gigi kucing ini untuk mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat baik sekali daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Perawatan Ras Kucing Serengeti

Saat kucing masih kecil (kitten) sebaiknya biasakan untuk memotong kuku atau cakarnya dengan teratur. Pemotongan kuku atau cakar kucing harus dilakukan dengan teratur, karena itu jika kebiasaan ini sudah dilakukan sejak dini maka seiring bertambahnya usia kucing hal ini akan tetap mudah untuk dilakukan.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing ini, telinga kucing yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan resiko infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi dan juga telinga yang kotor menjadi ciri kucing terkena earmites. Periksa dengan teliti semua bagian telinga kucing, bersihkan dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Obat kutu kucing juga perlu diberikan pada kucing ini, meski memiliki penampilan liar namun hal ini tentu tidak akan membuat kutu takut bukan. Obat kutu yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, dikatakan obat ini selain bisa membasmi kutu juga bisa membasmi seluruh telur kutu yang ada.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing supaya kesehatannya terjaga adalah vaksin. Vaksinasi pada kucing berguna untuk memberikan kucing ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya atau bahkan mematikan, jadi supaya kucing memiliki daya tahan tubuh yang baik berikan vaksin dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk melakukan pengulangan setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Serengeti

Semua jenis ras kucing entah itu ras kucing hasil dari persilangan ataupun ras kucing murni yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Serengeti adalah kucing yangs sehat secara umum, karena ras kucing ini adalah ras kucing langka dan juga relatif baru jadi dia tidak memiliki kondisi kesehatan yang bermasalah jika dibandingkan dengan kucing ras lainnya. Mengingat kucing ini adalah hasil persilangan dari Bengal dan Oriental Shorthair maka akan sangat membantu untuk mengetahui masalah kesehatan dari kedua ras kucing tersebut. 



Harga Kucing Serengeti

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Serengeti Import 30.000.000
Harga Kucing Serengeti Lokal 15.000.000
Harga Kitten Serengeti 10.000.000
Harga Kucing Serengeti Dewasa 13.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing ini, biaya adopsi Serengeti berkisar antara $650 hingga $2.500 untuk yang ada pada peternak, sedangkan jika pada penangkaran kemungkinan bisa lebih murah lagi. Dari rata-rata tersebut maka kemungkinan harga kucing Serengeti akan seperti harga yang tertera diatas.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena selain hanya perkiraan, harga kucing Serengeti asli bisa lebih murah ataupun lebih mahal lagi. Demikian informasi mengenai kucing Serengeti, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Serengeti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel