Kucing American Wirehair

Kucing American Wirehair atau dalam bahasa indonesia disebut dengan Kucing Bulu Dawai Amerika merupakan salah satu ras kucing domestik yang berasal dari bagian utara New York, Amerika Serikat. Kucing ini adalah kucing yang mengalami mutasi genetik. Karena mutasi tersebut bulu kucing American Wirehair menjadi berkerut yang dimana kucing ASH juga berperan dalam penyempurnaan sifat genetiknya.

American Wirehair yang memiliki bulu unik ini dikatakan tidak membutuhkan perawatan yang khusus, selain itu diketahui kucing ini juga tidak memiliki kelainan genetik dan masa hidupnya bisa mencapai 12 hingga 14 tahun dalam hitungan rata rata. Beberapa orang mengatakan bulu kucing ini bersifat Hipoalergenik karena tekstur yang dimilikinya, namun ternyata hal itu tidak benar.

American Wirehair

Alergi yang disebabkan bulu kucing tidak dipengaruhi oleh jenis bulu tertentu namun disebabkan oleh bulu tersebut. Tidak ada bukti apapun yang menyatakan bahwa ras kucing kurang memicu alergi dari kucing lainnya, namun alergi yang dimiliki beberapa orang akan memiliki reaksi lebih ringan terhadap beberapa kucing. Hal ini tapi juga tidak menjamin bahwa kucing tersebut hipoalergenik.

Beberapa fakta mengenai kucing American Wirehair adalah bulu kucing ini terkesan harus dirawat dengan ekstra namun ternyata tidak demikian, kucing ini memiliki bulu dengan tekstur tebal dan kasar dan bisa datang dengan berbagai pola warna, ras ini sangat terkait dengan kucing American Shorthair karena memang keduanya sering disilangkan. 

Daftar Isi


Sejarah Kucing American Wirehair

Sejarah kucing American Wirehair dimulai pada tahun 1966, pada tahun tersebut seorang peternak kucing bernama Joan O'Shea mengadopsi anak kucing di Council Rock Farm yang terletak di Vernon. Anak kucing yang diadopsi tersebut diduga adalah American Wirehair karena bulunya yang berbeda dengan kucing lainnya, karena hal ini juga Joan pun tertarik untuk mengembangkannya.

Joan yang merupakan peternak ras kucing Rex mengatakan bahwa anak kucing jantan yang diadopsinya tersebut akan mewakili generasi baru dari kucingnya, yang dimana kucing tersebut memiliki warna putih dan merah  dan juga terlihat berantakan. Peternak kucing sebelumnya ternyata mengehasilkan 2 ekor anak kucing American Wirehair dari induk yang juga American Wirehair bernama Council Rock Farm Adam of Hi-Fi.

Asal Usul American Wirehair

Kedua anak kucing yang merupakan kucing Council Rock Farm Adam of Hi-Fi akhirnya diadopsi juga oleh Joan, dan keduanya diberi nama Abby dan Amy. Supaya perkembangan pada ras ini menjadi lebih cepat, akhirnya Joan menjual Amy pada peternak kucing Rex lainnya bernama Bill dan Madeline Beck dan harapan Joan pun akhirnya terwujud.

Amy yang dikembangkan oleh peternak ini kemudian melahirkan beberapa anak kucing American Wirehair yang diantaranya diberi nama Barberry Ellen, anak kucing yang dilahirkan Amy ini adalah ras kucing American Wirehair homozigot (semacam gen dominan) yang pertama kali lahir. 

Pada tahun 1967, Madeline mengajukan permintaan pada CFA (Cat Fanciers' Association) supaya ras kucing American Wirehair bisa terdaftar pada organisasi tersebut dan hasilnya CFA menyetujui hal tersebut dan ras kucing American Wirehair diberikan status sebagai ras kucing percobaan atau eksperimental.

Sejak populasi dari ras kucing American Wirehair meningkat, Joan mulai berpikir mengenai standar bulu yang harus dimiliki ras kucing ini. Pemikirannya berujung pada kucing ASH, yang dimana bulu dari American Wirehair harus menyesuaikan dengan kucing tersebut. Mulai dari sinilah ras kucing American Wirehair berubah dan perubahan tersebut ditunjukkan pada generasi American Wirehair selanjutnya.

Sekitar tahun 1970 Joan telah berhenti sebagai peternak kucing dan begitu pula dengan Madeline. Namun beberapa peternak lainnya masih berusaha untuk mengembangkan American Wirehair dan pada tahun 1978 akhirnya ras kucing American Wirehair diberikan status Championship oleh CFA. Ada sekitar 74 ekor kucing yang terdaftar di CFA pada tahun 1995. 


Karakteristik Kucing American Wirehair

Bulu yang dimiliki American Wirehair dikatakan berbeda dengan bulu yang dimiliki oleh kucing Cornish Rex. Pada ras kucing American Wirehair bulunya ada 3 jenis (melintir/tergulung/membengkok), selain itu gen dominan dari American Wirehair tidak seperti gen resesif seperti Cornish Rex dan juga Devon Rex, jadi kucing American Wirehair sama sekali tidak berkaitan dengan kedua kucing tersebut.

American Wirehair adalah kucing yang penuh kasih sayang dan juga perhatian, kucing ini tergolong aktif namun tidak terlalu aktif (hiper aktif), selalu ingin mengikuti kegiatan pemiliknya dan juga cerdas. Banyak yang mengatakan bahwa kucing ini selalu mengerti perasaan pemiliknya dan bisa membuat pemiliknya menjadi nyaman karena kelakukan dari kucing ini.

Sifat American Wirehair

American Wirehair terlihat seperti memiliki rasa humor, dia suka menghibur dan membuat orang tertawa, selain itu kucing ini juga seperti suka menjadi pusat perhatian. Dia bisa mudah beradaptasi dengan hewan peliharaan lain, lincah, gesit namun juga merupakan kucing yang tenang karena kesannya yang penddiam karena jarang mengeong.

American Wirehair termasuk kucing yang berukuran sedang dengan berat badan yang umum bisa mencapai 4.5kg hingga 5kg, berikut adalah beberapa atribut fisik dari kucing American Wirehair.


Tubuh

Ukuran tubuh kucing ini bisa sedang sampai besar. Punggungnya jenjang, lebar bahu dan pinggul sama, batang tubuh bulat dan proporsional.


Kepala

Kepalanya proporsional dengan tubuh. Struktur tulang di bawahnya berbentuk bulat dengan tulang pipi yang menonjol dan moncong serta dagu yang berkembang dengan baik. 


Telinga

Ukurannya sedang, agak membulat di ujung, lebar dan tidak terlalu terbuka di pangkalnya.


Mata

Pada bagian mata ukurannya besar, bulat, cerah, dan jernih. Warnanya mencerminkan intensitas, dan melengkapi warna kucing.


Kaki

Kakinya dan tulang sedang, berotot dan proporsional dengan tubuh. Cakar kokoh, penuh dan bulat, dengan bantalan yang berat. Jari kaki, lima di depan dan empat di belakang.


Ekor

Ekornya proporsional dengan badan, meruncing dari pantat yang bulat hingga ke ujung, tidak tumpul maupun lancip.


Bulu

Tekstur bulunya kenyal, kencang, panjang sedang. Bulu bisa sangat padat, ulet, berkerut, dan kasar, dan kumis kadang bisa keriting.


Warna

Warna atau pola apapun bisa ada dalam ras ini


Perawatan Kucing American Wirehair

Ketika dilihat memang bulu kucing American Wirehair terlihat seperti membutuhkan perawatan yang ekstra, tetpai ternyata bulu kucing ini hampir tidak perlu disisir kecuali pada musim rontoknya bulu. Kucing ini memiliki bulu yang berkerut dengan tekstur yang tebal dan juga kasar, namun perawatannya masih bisa dikatakan mudah.

Bulu kucing ini mirip dengan bulu kucing ASH karena memang keduanya sering disilangkan, tebal, halus, padat dan keras. Perawatan bulu cukup dengan melakukan penyisiran secara berkala, jika ingin bulu pada kucing ini lebih sehat dan juga indah maka pemberian supplemen atau vitamin tambahan untuk bulu bisa diberikan.

Perawatan American Wirehair

Sama seperti kucing lainnya, kebersihan telinga, wajah terutama pada bagian mata dan juga kebersihan gigi perlu diperhatikan. Telinga yang kotor bisa beresiko kucing terkena kutu telinga, gigi yang dibiarkan kotor juga bisa menyebabkan penyakit yang berkaitan dengan infeksi gigi. Selalu lakukan pengecekan secara berkala, dan jika terlihat kotor segera bersihkan untuk mencegah terjadinya penyebaran atau semakin parah.

Pemberian vaksinasi dan juga pengendalian parasit pada kucing harus dilakukan, dengan memberikan vaksin lengkap dan mengulangnya setiap tahun maka kucing akan terbebas dari virus kucing yang mematikan. Berikan obat tetes kutu kucing dan juga obat cacing supaya kucing terhindar dari serangan parasit yang umum menyerang kucing peliharaan.


Kesehatan Kucing American Wirehair

Tidak ada catatan khusus mengenai kesehatan kucing American Wirehair, namun setaip kucing pasti memiliki kemungkinan yang berkaitan dengan penyakit keturunan atau genetik. Kucing yang masih dalam pengembangan dan sering disilangkan dengan kucing lain ada kemungkinan membawa penyakit turunan, namun umumnya kucing American Wirehair adalah kucing yang sehat.


Harga Kucing American Wirehair

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing American Wirehair Import 21.000.000
Harga Kucing American Wirehair Lokal 8.000.000
Harga Kitten American Wirehair 4.500.000
Harga Kucing American Wirehair Dewasa 7.000.000

Biaya adopsi rata rata untuk kucing American Wirehair adalah berkisar dari $600 hingga $1200, tentunya biaya ini bisa lebih murah lagi. Demikian informasi mengenai kucing American Wirehair, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing American Wirehair"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel