Kucing American Shorthair

Kucing American Shorthair atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing Bulu Pendek Amerika merupakan kucing yang berasal dari Amerika Utara. Dikatakan kucing American Shorthair atau ASH merupakan keturunan dari kucing European Shorthair dan juga British Shorthair. ASH adalah kucing versi Pedigreed (Mempunyai silsilah yang jelas) dari kucing Domestik Shorthairyang terkenal.

American Shorthair adalah kucing yang flesibel atau serbaguna karena bisa dikembangkan dengan berbagai warna dan juga pola pada tubuhnya. Mungkin salah satu dari Catlovers (CL) pernah menjumpai Domestik Shorthair, kucing yang mirip dengan American Shorthair.

American Shorthair

ASH adalah kucing yang santai, kucing ini bisa bersosialisasi dengan kucing lain dan bahkan anak kucing yang masih kecil. Mungkin sebagian besar yang masih awam dengan kucing ASH bisa lebih mengenalnya melalui gambar yang ada pada makanan kucing whiskas, kucing pada gambar setiap kemasan makanan basah adalah kucing American Shorthair.

Beberapa fakta menarik tentang American Shorthair adalah kucing ini bisa hadir dalam 80 warna dan juga pola pada tubuhnya, ASH termasuk dalam kucing berukuran sedang dan kucing betina cenderung lebih kecil dari kucing jantan, ASH adalah kucing keluarga yang ramah serta mudah beradaptasi, masa hidupnya bisa mencapai 20 tahun. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing American Shorthair

American Shorthair pada awalnya dikenal dengan nama Shorthair, pada tahun 1960an nama tersebut berubah menjadi Domestic Shorthair dan selanjutnya pada tahun 1966 namanya berubah lagi menjadi American Shorthair sampai sekarang ini.  ASH dianggap sebagai kucing yang berasal dari Amerika Serikat, namun ada kemungkinan ASH dikembangkan dari kucing Eropa.

ASH mungkin merupakan keturunan dari kucing domestik shorthair lain yang dibawa oleh Mayflower pada tahun 1620, atau mungkin juga bisa lebih awal dari orang yang bermigrasi pertama yaitu Jamestown atau juga bisa penjelajah Spanyol di Florida. Pada tahun 1634 ada publikasi yang mengatakan ASH menyelamatkan tanaman New England dari tupai.

Asal Usul Kucing American Shorthair

ASH dulunya adalah kucing pekerja yang digunakan untuk mengendalikan hama hewan pengerat seperti tikus. Karena kucing ini digunakan sebagai pekerja maka mereka dibesarkan untuk menjadi kucing yang tangguh, sehat dan juga kuat. Kebanyakan kucing ASH tinggal diluar ruangan, karena hal ini maka bulunya menjadi lebih tebal dan juga tahan terhadap cuaca dingin.

Dalam catatan yang ada pengembangan ASH terjadi pada tahun 1904, dan kucing British Shorthair menjadi salah satu induk untuk pengembangan tersebut. ASH dipamerkan di sebuah Show kucing pertama di Amerika Serikat pada tahun 1895 dan pada tahun 1906 CFA (Cat Fanciers Association) mengakui kucing ini sebagai Ras Pendiri.



Karakteristik Kucing American Shorthair

American Shorthair adalah kucing yang memiliki badan yang sedang dan beberapa juga memiliki badan yang besar, berat pada kucing ASH jantan memiliki berat badan berkisar 3.5kg hingga 5kg sedangkan untuk kucing ASH betina berat badannya berkisar antara 3kg hingga 4.5kg dan tentunya ada juga yang bisa melebihi berat tersebut.

Proses pendewasaan kucing ini lebih lama daripada kucing biasanya, untuk ASH bisa dikatakan dewasa ketika dia berusia 3-4 tahun. Tinggi badan ASH bisa mencapai 45 cm hingga 50 cm dan panjang tubuhnya bisa mencapai 35cm. American Shorthair memiliki moncong yang terlihat kotak dengan bulunya yang pendek, tebal dan juga padat.

Sifat Kucing American Shorthair

Pada keseluruhan bagian tubuh ASH terlihat gagah, kaki dan cakarnya kuat dilengkapi dengan posturnya yang besar. ASH bisa hadir dalam semua pola warna kecuali Colorpoint seperti kucing Siam. Bulu kucing ini akan menjadi lebih tebal pada musim dingin dan jika memasuki musim semi akan mengalami kerontokan.

American Shorthair adalah kucing yang cerdas, ramah, mudah beradaptasi dan suka bermain dengan anggota keluarga yang memeliharanya termasuk anak anak. Kucing ini termasuk kucing pendamping yang menyenangkan, sifatnya yang santai dan juga tenang seolah olah memang dirancang sebagai kucing peliharaan yang harus dipelihara. 



Perawatan Kucing American Shorthair

American Shorthair dengan bulunya yang tebal dan badannya yang berotot harus diberikan nutrisi yang sesuai untuk kebutuhannya. Selain itu menjaga berat badannya juga harus dilakukan karena jika kucing mengalami kelebihan berat badan akan mempengaruhi kesehatannya, untuk itu CL harus mengetahui berat badan kucing peliharaan yang ideal.

Karena kepribadian kucing ASH yang santai, alangkah baiknya jika melakukan penyisiran bulu setiap hari. Menjaga kesehatan bulu adalah hal yang penting, jadi dengan melakukan penyisiran bulu secara teratur maka bulu akan menjadi sehat dan bulu mati pada tubuh kucing akan berkurang.

Perawatan American Shorthair

Berikan makanan dengan nutrisi yang seimbang, ASH umunya adalah kucing yang sehat namun jika kebutuhan nutrisi tidak tercukupi dengan baik maka ada kemungkinan akan mempengaruhi kesehatannya. Pada usia dibawah 1 tahun berikan makanan khusus kitten dan ketika usia kucing sudah diatas 1 tahun maka berikan makanan untuk kucing dewasa.

Perhatikan kotoran pada setiap bagian tubuh, lakukan pengecekan seminggu sekali pada telinga, gigi dan kesehatan kulitnya. Bersihkan bagian tersebut ketika sudah mulai kotor supaya kucing terhindar dari kutu telinga, penyakit gigi dan beberapa parasit yang suka menyerang kesehatan kulit dan bulu kucing.

Berikan vaksinasi dengan lengkap, dengan memberikan vaksinasi pada kucing maka kucing akan lebih terjamin kesehatannya. Selain itu beberapa virus berbahaya juga tidak akan mudah menyerang kucing. Obat cacing juga harus diberikan untuk mencegah beberapa masalah pencernaan yang bisa menyerang kucing.



Kesehatan Kucing American Shorthair

American Shorthair memiliki beberapa masalah kesehatan menurut catatan yang ada, salah satunya adalah masalah kardiomiopati hipertrofik (Permasalahan otot jantung) namun masih belum diketahui dengan jelas apakah penyakit ini bisa turun menurun pada keturunannya.

Wajah datar yang dimiliki ASH juga membuat kucing ini rentan terkena masalah kesehatan mata dan juga pernapasan, selain itu secara genetik ASH juga rentan terkena penyakit yang berkaitan dengan mulut serta gusi. Sifat kucing ASH yang santai menjadikan mereka terkadang jadi kurang bergerak, hal ini juga bisa memicu obesitas terjadi lebih mudah daripada ras kucing lainnya. 



Harga Kucing American Shorthair

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing American Shorthair Import 45.000.000
Harga Kucing American Shorthair Lokal 20.000.000
Harga Kitten American Shorthair 12.500.000
Harga Kucing American Shorthair Dewasa 15.000.000

Kucing ASH yang merupakan salah satu ras kucing terpopuler tentunya memiliki biaya adopsi yang tinggi, biaya adopsi tersebut sebenarnya bisa lebih murah karena rata rata biaya adopsi di luar negeri berkisar antara $1000 hingga $1500. Demikian informasi mengenai kucing American Shorthair, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing American Shorthair"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel