Kucing American Ringtail

Kucing American Ringtail atau dalam bahasa indonesia disebut dengan Kucing Ekor Cincin Amerika merupakan salah satu ras kucing yang memiliki ciri khas unik di bagian ekornya. Ekor yang dimiliki American Ringtail melengkung, yang sesuai dengan namanya ekornya berbentuk lingkaran yang mirip dengan sebuah cincin. Ekor yang dimiliki American Ringtail bukan cacat namun hal itu alami dan kucing ini termasuk dalam kucing generasi baru.

American Ringtail adalah kucing yang berukuran lumayan besar, postur tubuhnya tergolong panjang dan berotot. Kucing ini bisa hadir dengan berbagai macam pola warna pada tubuhnya dan juga warna matanya sangat bervariasi. Keunikan pada bentuk ekornya yang unik mememiliki daya tarik tersendiri bagi para Catlovers (CL), hal ini juga yang membuat kucing ini menjadi populer.

American Ringtail

Meski kucing American Ringtail yang besar memiliki ekor yang mirip dengan cincin, namun anak kucing American Ringtail yang baru lahir tidak demikian. Ketika baru saja lahir ekor pada anak kucing akan berbentuk lurus seperti kucing pada umumnya, dan seiring bertambahnya usia anak kucing perlahan ekornya tersebut akan mulai melengkung kebelakang seperti yang dimiliki induknya.

Ekor American Ringtail terlihat berotot dan juga lebar terutama di bagian pangkal ekornya, karena hal ini jangkauan gerakan ekornya sangat luas. Dikatakan American Ringtail lebih sering menggunakan ekornya daripada kucing lain pada umumnya, ekor pada kucing sendiri selain digunakan untuk menjaga keseimbangan tubuh juga bisa digunakan untuk memperlambat kecepatan turun dari ketinggian dan juga kecepatan berlari. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing American Ringtail

Sejarah kucing American Ringtail dimulai dari kucing bernama Solomon. American Ringtail termasuk kucing eksperimental yang cukup baru, kucing ini juga dikenal sebagai Ringtail Sing-a-Ling. Pada tahun 1998 seorang bernama Susan Marley menemukan kucing yang berusia 2 hari, pada kondisi tersebut anak kucing sangat membutuhan susu untuk bertahan hidup karenanya Susan membawanya pulang untuk dirawat.

Asak Usul Kucing American Ringtail

Kucing yang ditemukan tersebut kemudian diberi nama Solomon, ketika memasuki usia 4 minggu Susan melihat keunikan pada ekor Solomon, bentuk ekornya terlihat akan melingkar di bagian punggung. Karena Susan merasa aneh maka dia membawa Solomon untuk diperiksa oleh dokter, hasilnya adalah tidak ada masalah kesehatan terkait dengan bentuk ekor yang dimilikinya.

Solomon yang memiliki ekor melengkung seperti cincin ini terlihat sangat nyaman dan tidak ada masalah, bahkan ketika sedang santai dia sering memainkan ekornya dengan nyaman. Pada tahun 1999, Susan memulai program pengembangan pada Solomon. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk membuat kucing dengan ekor yang melengkung supaya lebih dikenal oleh semua orang dimulai dari kucing sekitar tempat tinggalnya, yaitu di California Utara. Pada tahun 2005 beberapa peternak yang tertarik mulai bekerja sama dengan Susan, berawal dari sinilah American Ringtail mulai banyak diketahui orang.

American Ringtail yang memiliki ekor melengkung atau keriting disilangkan dengan beberapa kucing ras murni lainnya seperti American Shorthair, karena persilangan ini maka ada beberapa perubahan pada beberapa tubuhnya yang ada pada American Ringtail saat ini. Pada tahun yang sama yaitu 2005, TICA (The International Cat Association) memberikan status pada kucing American Ringtail yaitu Hanya Registrasi.



Karakteristik Kucing American Ringtail

American Ringtail adalah kucing yang memiliki badan yang besar dengan ukuran panjang bulu yang sedang dan juga ada yang pendek. Pada kucing American Ringtail jantan, berat badanya berkisar antara 3kg hingga 7kg dan pada kucing betina berat yang umum adalah 5kg. Ekor yang dimiliki kucing American Ringtail terlihat seperti meringkuk di bagian punggung, kesan inilah yang membuat kebanyakan orang tertarik pada ras ini.

Sifat Kucing American Ringtail

Kucing American Ringtail adalah kucing dengan penampilan yang anggun, namun juga atletis. Sama dengan yang sudah disebutkan diatas, American Ringtail bisa hadir dalam berbagai macam pola warna pada tubuhnya. Meski kucing ini masih sangat baru dan masih dalam proses eksperimental namun kucing ini sudah populer karena penampilan dan juga kepribadian yang dimilikinya.

American Ringtail dikenal sebagai kucing yang ramah, setia dan juga penyayang, meski begitu kucing ini masih sedikit malu dengan orang baru atau orang asing yang baru mereka ketahui. Kucing ini bisa akrab dengan anak anak, dan bahkan dia juga bisa memiliki ikatan yang kuat pada salah satu anggota keluarga tertentu yang dekat dengan nya.

Kucing ini memiliki rasa penasaran yang tinggi, karenanya dia dangat suka menjelajah di berbagai tempat di lingkungan rumahnya. Terkadang American Ringtail suka bermain di tempat yang ada air yang mengalir, dan ada juga kebiasaan kucing ini untuk menyembunyikan makanannya untuk dimakan nanti. Mungkin sifat tersebut adalah sifat bawaan dari akar keturunan kucing ini. 



Perawatan Kucing American Ringtail

American Ringtail bisa memiliki bulu yang pendek dan juga sedang, jadi untuk kucing dengan bulu berukuran sedang akan lebih membutuhkan perawatan lebih banyak untuk bulunya. Umumnya perawatan bulu seperti menyisir harus dilakukan dua kali seminggu untuk bulu kucing dengan ukuran sedang dan seminggu sekali untuk yang berukuran pendek.

Perawatan Kucing American Ringtail

Apabila CL termasuk orang yang sibuk dan tidak banyak waktu, CL hanya perlu memberikan penanganan bulu seminggu sekali untuk membantu bulunya tetap sehat dan menghilangkan bulu yang mati. American Ringtail termasuk ras kucing yang tidak merontokkan bulunya terlalu banyak, jadi dengan sedikit perawatan tambahan sudah akan membantu kesehatan bulunya.

Lakukan pengecekan kebersihan telinga, gigi dan mata ketika ada waktu luang. Telinga yang kotor pada kucing ada kemungkinan kucing terkena kutu telinga, kebersihan gigi perlu dijaga supaya kucing terhindar dari penyakit periodontal, selalu bersihkan sela mata jika ada kotoran pada daerah tersebut.

Supaya kucing terhindar dari virus maka berikan vaksinasi lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun, selain itu juga harus ada kontrol parasit pada kucing dengan menggunakan obat kutu tetes kucing dan juga obat cacing kucing. Jika kucing sakit segera berikan penanganan, dan apabila kondisi tidak membaik maka CL wajib membawa kucing kedokter hewan.



Kesehatan Kucing American Ringtail

Tidak ada catatan kesehatan khusus untuk ras kucing American Ringtail, selain masih ras baru kucing ini juga masih dalam pengembangan dan juga ekperimental. Perlu diketahui bahwa semua kucing memiliki kemungkinan untuk mewarisi penyakit keturunan dari induknya, jadi masih ada kemungkinan American Ringtail memiliki masalah penyakit tertentu.



Harga Kucing American Ringtail

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing American Ringtail Import 25.000.000
Harga Kucing American Ringtail Lokal 13.000.000
Harga Kitten American Ringtail 6.500.000
Harga Kucing American Ringtail Dewasa 9.000.000

Biaya adopsi kucing American Ringtail diatas adalah rata rata dari informasi yang ada, perkiraan harga kucing ini berkisar antara $500 hingga $1.000 dan tentunya untuk import akan dikenakan biaya tambahan. Demikian informasi mengenai kucing American Ringtail, semoga informasi bermanfaat dan bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing American Ringtail"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel