Kucing Anatolian

Kucing Anatolian atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing Anatolia merupakan salah satu kucing ras murni yang berasal dari Turki atau tepatnya dari Anatolia. Dalam bahasa Turki kucing ini disebut dengan Anadolu kedisi dan kucing ini adalah jenis kucing dengan bulu yang pendek mirip dengan beberapa kucing domestik lainnya.

Kucing Anatolian sudah tersebar ke berbagai negara di Eropa dan juga Amerika, namun sayangnya kebanyakan dari kucing Anatolian terdaftar sebagai kucing Van Turki atau Anggora Turki. Karena hal inilah beberapa peternak kucing yang ada didunia berusaha untuk mengembangkan ras ini supaya lebih dikenal dan diketahui sebagai ras yang berbeda dari kucing Anggora.

Anatolian atau Turkish Shorthair

Kucing ini memang mirip dengan kucing Anggora, karenanya banyak orang yang mengira kucing ini adalah kucing Anggora. Turkis Shorthair adalah sebutan untuk kucing ini, di sebagian besar daerah di Turki kucing ini sering disebut sebagai Van Kedisi yang berarti kucing berambut pendek.

Anatolian dikenal sebagai kucing yang suka bermain dengan air, karena memang kucing ini berbeda dari kucing biasanya yang takut dengan air. Selain itu kucing ini juga terkenal senang melompat, karena tubuhnya yang bisa dikatakan besar dengan kepribadian lembutnya maka kucing ini juga disebut sebagai kucing Raksasa yang Lembut. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Anatolian

Tidak terlalu banyak informasi sejarah yang beredar mengenai kucing Anatolian, karena kebanyakan orang juga menyebut kucing ini sebagai kucing Anggora jadi mungkin sebagian besar sejarah yang pada bisa ikut kedalam kucing Anggora Turki. Organisasi kucing yang mengakui kucing Anatolian pertama kali adalah WCF (World Cat Federation), dan hal ini terjadi pada tahun 2001.

Anatolian juga disebut dengan Kucing Shorthair Turki, Anadolu Kedisi yang dimana kucing ini termasuk jenis kucing alami dan mirip dengan Van Turki. Meski ras kucing ini berasal dari Turki namun untuk sekarang sudah banyak ditemukan di berbagai belahan negara seperti Amerika Serikat dan juga Eropa. 



Karakteristik Kucing Anatolian

Anatolian adalah kucing yang sangat penyayang, dengan ukuran tubuhnya yang bisa dikatakan besar kucing ini memang pantas jika disebut sebagai Raksasa Lembut terutama untuk anak anak. Anatolian bisa mudah bergaul dengan anggota keluarga dan juga hewan peliharaan lainnya, jadi kucing ini juga mudah berkembang dan beradaptasi.

Anatolian termasuk kucing yang lembut dan pendiam, dia akan lebih memilih menikmati istirahatnya entah di kandang atau bahkan bisa dipangkuan pemiliknya. Hal ini sering terjadi pada waktu istirahat, namun ketika Anatolian sudah selesai bermalas malasan maka kucing ini akan dengan penuh semangat melompat kesana kemari sampai di bagian tertinggi di lingkungan rumah.

Sifat Kucing Anatolian

Ras kucing yang satu ini bisa dikatakan termasuk ras kucing yang unik karena kucing ini suka dengan air. Kebanyakan kucing akan takut dengan air, namun Anatolian mirip dengan kucing Van Turki yang terlihat seperti terpesona dengan air dan tertarik padanya. Jadi ketika Catlovers (CL) memelihara kucing ini dan mendadak dia ingin membasahi tubuhnya dengan air maka CL tidak boleh terkejut.

Anatolian termasuk kucing berukuran sedang, meski begitu sebagian juga memiliki tubuh yang besar, berotot dan terlihat cukup kuat. Ciri khas yang dimiliki kucing ini adalah ukuran kaki belakangnya sedikit lebih panjang dari kaki bagian depan, karenanya kucing ini lebih mudah untuk melakukan ketempat yang lebih tinggi.

Kaki yang dimiliki Anatolian tergolong besar, ekornya panjang dan terkesan berotot, kepalanya lebar dengan pipi kuat dan matanya berbentuk almond. Meski kucing ini memiliki tubuh yang besar namun pertumbuhannya lambat, jadi untuk mencapai ukuran penuh dari kucing ini mungkin membutuhkan waktu yang lama atau kira kira ketika kucing ini berusia 4 hingga 5 tahun.

Dalam hal warna Anatolian sangat mirip dengan kucing Turkish Anggora dan Turkish  Van, kucing ini memiliki berbagai macam warna alami yang bisa ada pada tubuhnya. Beberapa kucing Anatolian bahkan bisa memiliki ciri khas dari kedua kucing tersebut, dan pada kucing Anatolian berwarna putih solid bisa memiliki mata odd eye yang dimana biasanya satu berwarna biru satunya berwarna kuning. 



Perawatan Kucing Anatolian

Anatolian adalah kucing dengan bulu yang pendek, dengan tanpa adanya bulu bagian bawah maka perawatan dasar sudah bisa dianggap cukup. Dengan melakukan penyisiran bulu seminggu sekali dengan teratur akan membantu menjaga kesehatan bulu untuk tetap sehat dan juga lembut karena menyisir kucing selain mengurangi bulu mati juga merangsang bulu untuk tumbuh lebih cepat.

Selain perawatan bulu pada kucing ini maka selanjutnya adalah perawatan dasar pada kucing seperti pada kucing pada umumnya karena memang kucing Anatolian selain sehat juga hampir tidak adanya bedanya dengan kucing lain. Selalu lakukan pengecekan seluruh bagian tubuh mulai dari wajah, telinga, gigi dan beberapa bagia tubuh lainnya.

Perawatan Kucing Anatolian

Ketika ada bagian tubuh yang kotor maka segera bersihkan, bersihkan bagian telinga kucing dengan bersih supaya tidak ada resiko kucing terkena kutu telinga, gigi juga harus dirawat supaya terhindar dari penyakit infeksi gusi, jangan lupa untuk memotong cakar atau kuku kucing Anatolian dengan teratur.

Periksa seluruh bagian tubuh kucing, jika ada jamur atau bekas gigitan kutu maka segera berikan penanganan supaya tidak menyebar. Berikan obat kutu kucing dan salep jamur kucing jika ada jamur pada tubuhnya, lakukan vaksinasi dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun supaya kucing terhindar dari virus mematikan.



Kesehatan Kucing Anatolian

Tidak ada laporan atau catatan khusus mengenai kesehatan kucing Anatolian, dengan informasi yang terlalu sedikit maka tidak mungkin untuk membahas kesehatan seekor kucing. Semua kucing pasti memiliki kemungkinan untuk memiliki penyakit yang berkaitan dengan keturunan atau genetik, namun pada umumnya kucing Anatolian adalah kucing yang sehat. 



Harga Kucing Anatolian

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Anatolian Import -
Harga Kucing Anatolian Lokal -
Harga Kitten Anatolian -
Harga Kucing Anatolian Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas mengenai biaya adopsi kucing Anatolian ini, mungkin jika ada beberapa dari catlovers yang mengetahuinya bisa menambahkannya di kolom komentar. Demikian informasi mengenai kucing Anatolian, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Anatolian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel