Kucing Tennessee Rex

Kucing Tennessee Rex adalah jenis kucing mutasi alami baru yang dimulai pada tahun 2004 dan berasal dari Amerika Serikat atau tepatnya dari Tennessee seperti nama dari kucing ini. Seperti yang diketahui dari nama kucing ini, mereka adalah jenis kucing Rex atau kucing yang memiliki bulu keriting. 

Nama Tennessee Rex muncul pada survei ras kucing Rex pada tahun 2002, namun ras ini dianggap sebagai kesalahan karena tidak ada varietas seperti itu. Pada tahun 2004 ada 2 ekor anak kucing yang lahir dari seekor kucing liar di Tennessee dan berawal dari sinilah kucing Tennessee Rex muncul.

Jenis Ras Kucing Tennessee Rex

Orang pertama yang menemukan kucing Tennessee Rex adalah Franklin Whittenburg yang dimana pada saat itu dia menemukan kucing normal untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Kedua kucing Rex yang lahir tersebut berasal dari kucing yang ditemukan Franklin ini.

Secara keseluruhan kucing Tennessee Rex adalah kucing yang bisa menjadi pilihan hewan peliharaan baru dengan keunikan tersendiri. Beberapa ras kucing Rex lain seperti Devon Rex dan juga Cornish Rex pun juga demikian, jadi bagi penggemar kucing unik atau kucing berbulu keriting maka Tennessee Rex mungkin bisa menjadi salah satu pilihan. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Tennessee Rex

Kucing Tennessee Rex yang pertama dilahirkan oleh seekor kucing betina semi liar yang tidak diketahui asal-usulnya. Kucing ini melahirkan anaknya secara kebetulan di beranda belakang milik keluarga Whittenburg yang dimana dikatakan kucing ini melahirkan di bawah dek mesin pemotong rumput yang membahayakan.

Untungnya pada waktu kelahiran tersebut musim pemotongan rumput sudah berakhir dan mesin tersebut sedang tidak digunakan. Bahaya selanjutnya datang dari kucing luar jantan berukuran besar yang telah membunuh anak kucing sebelumnya di area yang sama.

Sejarah Ras Kucing Tennessee Rex

Setelah anak-anak kucing ini sudah cukup besar, induk kucing ini pun akhirnya membawa semua anaknya ke teras belakang atau tepatnya dibelakang freezer. Anak kucing ini akan berlarian dan bermain di teras belakang dan ketika ada orang datang mereka akan berlari ke belakang freezer untuk bersembunyi dan membuatnya sulit untuk ditangkap.

Karena terfikir mengenai keselamatan anak kucing yang terjebak didalam freezer dan resiko kucing tersebut bermain dengan kabel atau bahkan mengunyahnya akhirnya Franklin Whittenburg memutuskan untuk mengadopsi mereka dan membawanyake tempat yang lebih layak untuk ditinggali.

Franklin kemudian membawa anak kucing tersebut ke dokter untuk dibersihkan dan juga diperiksa. Bulu kucing ini yang unik segera menarik perhatiannya, faktanya hampir semua orang yang melihat kucing ini untuk pertama kali pasti akan terkejut dan memberikan kesan WOW.

Franklin berpendapat mereka semua adalah kucing yang cantik, secara pribadi dia merasa harus memuliakan ciptaan Tuhan yang sangat unik ini. Efek satin pada bulu kucing ini memberi kucing kemampuan untuk memantulkan sinar matahari dengan bulunya yang memberi kucing kililauan ketika dibawah sinar matahari.

Karena daerah asal kelahiran kucing ini tidak jauh dari Sungai Tennessee yang terletak didaerah Chattanooga, maka kucing ini pun diberikan nama sesuai dengan nama sungai tersebut dengan ditambahkan karakter unik dari bulunya, dan akhirnya kucing ini menjadi dikenal dengan nama Tennessee Rex.

Sementara beberapa ras Rex lain memiliki bulu kawat yang agak kasar, kucing Tennessee Rex memiliki bulu satin yang lembut. Kucing ini memiliki bulu ikal kecil yang rapat seperti anak kucing, namun ketika bulu ini tumbuh menjadi semakin panjang maka ikal ini pun akan menjadi seperti pembuka botol yang panjang. Tidak hanya bulunya, bahkan kumis kucing ini pun juga keriting.

Tennessee Rex memiliki sejarah dengan banyak bahaya yang dialami oleh breed sejak awal, namun karena ketahanan dan jalur yang dilewatinya akhirnya kucing ini menjadi kucing yang mewah dan akan membawa banyak kesenangan bagi banyak orang. Mereka sudah memiliki banyak penggemar di Inggris, Brazil, Belgia dan juga Afrika Selatan.

Tennessee Rex juga disebut dengan T-Rexes untuk jangka pendek dan cattery yang terkenal terkait ras kucing ini adalah Utrex Cattery. Untuk membantu mempromosikan kucing Tennessee Rex ini, Franklin R. Whittenburg menulis sebuah buku yang berjudul A New Creation: The saving of the Tennessee Rex yang akan dijual melalui Utrex Cattery.

Buku tersebut berisikan seluruh kisah Tennessee Rex dari asalnya sebagai anak kucing halaman belakang hingga reproduksi gen yang berhasil. Ditulis dengan sentuhan pribadi dengan ditambahkan penelitian murni dan mencakup semua sejarah mengenai ras kucing Tennessee Rex dari awal hingga pengembangan breed. 



Karakteristik Kucing Tennessee Rex

Pada awal ditemukannya Tennessee Rex dan masa pengembangannya, kucing ini masih dalam tahap eksperimental di TICA. Ada sangat sedikit peternak yang mengembangkan kucing ini, bahkan kucing ini mendapatkan banyak dukungan dari orang-orang baru yang ikut untuk mengembangkannya.

Tennessee Rex bisa hadir dalam warna apa saja, tetapi kebanyakan dari mereka memiliki warna merah atau merah dengan kombinasi putih. Efek satin yang terdapat pada bulu kucing ini akan jelas terlihat pada warna yang lebih terang, namun juga bisa terlihat pada warna yang lebih gelap sampai batas tertentu.

Karakter Ras Kucing Tennessee Rex

Mereka adalah kucing berukuran sedang dengan tampilan yang khas dengan kucing pedesaan. Saat orang melihat kucing ini, mereka pasti akan tertarik dengan fitur satin yang membuat bulu kucing ini berkilau. Standar breed dari Tennessee Rex ditulis untuk mencoba menjaga tampilan asli dari kucing liar yang manis dan pertama kali melahirkan awal dari breed ini. 

Beberapa orang benar-benar berfikit bahwa ada produk yang membuat bulu berkilau ditambahkan pada bulu kucig ini dan bahkan ada beberapa yang mencoba menghapusnya. Tapi, kilau adalah fitur unik dan juga bagian dari bulu dan meningkatkan warna keseluruhan bulu kucing.

Tennessee Rex adalah kucing yang penyayang dan merupakan kucing pangkuan. Mereka akan selalu ingin berada di pangkuan orang yang memberikannya perawatan, kucing ini juga ingin menjadi bagian dari keluarga dan berusaha untuk berada di tempat tidur, sofa atau mengikuit pemiliknya disekitar rumah.

Kucing ini bisa akrab dengan hewan peliharaan lain, namun hal ini membutuhkan waktu untuk mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan dan hewan baru tersebut. Secara keseluruhan mereka adalah kucing yang pendiam, namun mereka akan mengeluarkan suara ketika merasa lapar, menginginkan perhatian dan beberapa hal lainnya.

Informasi terkait karakteristik ras kucing ini sangatlah sedikit, karena itu hal yang dapat dituliskan hanya ada beberapa hal diatas. Jika ada catlovers yang mengetahui informasi yang lebih jelas mengenai hal terkait maka silahkan menambahkannya kedalam kolom komentar dibawah supaya catlovers lain juga mengetahuinya.



Perawatan Kucing Tennessee Rex

Tidak ada perawatan khusus yang dijelaskan terkait cara merawat kucing ini, meski mereka adalah kucing yang memiliki bulu unik namun dalam hal perawatan akan sama dengan kucing lain pada umumnya. Penyisiran atau penyikatan bulu dapat dilakukan seminggu sekali atau dua kali melihat kondisi bulu kucing itu sendiri.

Karena bulunya yang berbeda dari kucing biasanya, maka ketika melakukan penyisiran atau penyikatan haruslah lebih perlahan dan hati-hati. Perawatan ini dilakukan untuk membuat bulu kucing tetap sehat, mengurangi jumlah bulu mati pada tubuh kucing dan juga merangsang bulu baru untuk lebih cepat tumbuh kembali.

Perawatan Ras Kucing Tennessee Rex

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan teratur, umumnya hal ini dilakukan seminggu atau dua minggu sekali melihat kondisi kucing. Sebaiknya hal ini dibiasakan sejak dini (ketika kucing masih kecil), dengan begitu ketika kucing sudah beranjak dewasa maka hal ini akan tetap mudah untuk dilakukan.

Jaga selalu kebersihan gigi kucing untuk mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat baik sekali daripada tidak pernah membersihkannya.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing dengan rutin, lakukan hal ini seminggu atau dua minggu sekali. Telinga kucing yang kotor bisa menjadi penyebab infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu ini adalah ciri kucing terkena earmites. Periksa seluruh bagian telinga kucing dengan teliti, bersihkan dengan hati-hati bagian yang kotor dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Berikan juga obat kutu kucing pada Tennessee Rex, tidak lucu bukan jika bulunya yang terkesan mewah ini menjadi sarang kutu. Selain obat kutu, jangan lupa untuk memberikan obat cacing dengan teratur. Dengan melakukan kedua hal tersebut, maka kucing akan terbebas dari kutu dan juga cacing yang menjadi penyebab masalah pencernaan pada kucing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing Tennessee Rex supaya kesehatannya terjaga adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahahan terhadap beberapa virus tertentu yang berbahaya, karenanya vaksin sangat penting untuk kucing untuk membuatnya memiliki kesehatan yang lebih baik dan juga umur yang lebih panjang.



Kesehatan Kucing Tennessee Rex

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Sama seperti ras kucing rex lainnya, kucing Tennessee Rex memiliki bulu keriting yang unik, bulu inilah yang menjadi masalah karena kebanyakan memiliki bulu yang mudah rontok. Selain kerontokan, kulit kucing ini juga mudah sekali berminyak dan hal ini juga menjadi salah satu masalah.

Kulit kucing yang sering berminyak akan membuat tubuh kucing menjadi mudah kotor karena kotoran akan mudah menempel. Kotoran yang ada ini biasanya akan mengotori furnitur rumah, menumpuk pada sela kuku atau cakar dan bahkan juga menyebabkan masalah pada kulit kucing.

Selain masalah umum tersebut, tentu saja Tennessee Rex juga masih bisa menderita penyakit umum lain seperti flu, muntah, diare, jamur dan berbagai penyakit lain. Ingat, kesehatan kucing selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan, karena itu jika ingin kucing selalu sehat maka berikan perawatan yang maksimal.



Harga Kucing Tennessee Rex

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Tennessee Rex Import -
Harga Kucing Tennessee Rex Lokal -
Harga Kitten Tennessee Rex -
Harga Kucing Tennessee Rex Dewasa -

Tidak ada informasi yang pasti terkait biaya adopsi Tennessee Rex, di beberapa situs yang membahasnya tidak disebutkan perkiraan harga seperti ras kucing lain, karena itu saya juga tidak akan memberikan perkiraan harga pada kucing ini. Jika ada salah satu catlovers yang mengetahui informasi terkait hal ini maka silahkan menambahkannya pada kolom komentar dibawah supaya catlovers lain mengetahuinya. Demikian informasi mengenai kucing Tennessee Rex, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Tennessee Rex"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel