Kucing Bambino

Kucing Bambino merupakan ras kucing campuran dari hasil persilangan kucing Munchkin dengan kucing Sphynx. Dari hasil persilaangan ini Bambino memiliki ciri dari kedua kucing tersebut, yaitu berkaki pendek mirip dengan kucing munchkin dan tidak berbulu mirip dengan kucing sphynx.

Bambino adalah jenis kucing yang kontroversial dalam perkembangannya, selain itu Bambino adalah ras kucing yang masih baru, karenanya masih belum banyak orang yang mengetahui ras kucing ini. Kepribadiannya yang menyenangkan, energik dan penuh kasih sayang membuat banyak orang menyukai kucing ini.

Kucing Bambino

Meski dikatakan tidak berbulu namun sebenarnya kucing ini masih memiliki bulu, namun karena bulu yang ada pada tubuhnya sangat halus dan lembut maka terlihat seperti tidak memiliki bulu. Beberapa bagian tubuh kucing ini terkadang memiliki bulu yang terlihat dengan jelas, yaitu pada bagian ekor, wajah dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Bambino disebut dengan kucing miniatur, karena kucing ini termasuk kucing yang kerdil. Meski memiliki tubuh kecil, namun kucing ini bisa mudah bergaul dengan siapapun mulai dari anggota keluarganya, kucing lain dan bahkan hewan peliharaan lainnya. Bambino sangat suka bermain, mereka akan senang didalam rumah dengan mainan atau bahkan dengan anak anak. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Bambino

Nama Bambino dari kucing ini merupakan kata yang diambil dari bahasa Italia yang memiliki arti Bayi. Karena kucing ini memiliki fisik kaki pendek dan tidak berbulu yang mirip dengan bayi maka nama tersebut mungkin adalah nama yang paling cocok untuk kucing yang satu ini.

Dalam perkembangannya Bambino mengundang banyak kontroversi karena meski kucing ini sangat menarik dan memiliki kepribadian yang bagus beberapa orang meyakini bahwa kucing ini akan dapat meningkatkan kemungkinan masalah kesehatan yang bisa dialaminya.

Asal Usul Bambino

Bambino adalah salah satu dari beberapa ras kucing kerdil yang juga dikenal sebagai kucing miniatur. Dikatakan orang yang mengembangkan Bambino pertama kali adalah Stephanie dan Pat Osborne dari HolyMoly Cattery, mereka dengan sengaja menyilangkan kucing Munchkin dengan kucing Sphynx untuk menciptakan kucing Bambino.

Setelah melakukan pembiakan secara selektif maka lahirlah anak kucing yang memiliki ciri dari kedua kucing tersebut, yaitu berkaki pendek mirip dengan kucing Munchkin dan tidak memiliki bulu seperti kucing Sphynx. Bambino dianggap ras kucing yang masih baru, kucing ini baru didaftarkan pertama kali pada tahun 2005.

Pada tahun 2006 TICA (Asosiasi Kucing Internasional) menetapkan Bambino sebagai ras kucing baru, selanjutnya kepopuleran kucing ini semakin meningkat dengan cepat. Karena dihasilkan dari pembiakan kelainan genetik dari kucing Munchkin dan Sphynx kucing ini sempat diperdebatkan oleh para profesional kucing dan menimbulkan kontroversi dalam masalah kesehatannya. 



Karakteristik Kucing Bambino

Bambino dikenal nakal namun dalam segi positif, kucing ini akan senang bermain diseluruh lingkungan rumah, berlarian, melompat kesana kemari seperti kucing berukuran normal pada umumnya. Kucing ini sangat lucu untuk dipandang, beberapa orang bahkan sering membandingkan kucing Bambino dengan monyet kecil.

Dengan kepribadian kucing Munchkin yang suka bermain dan kucing Sphynx yang manja maka Bambino memiliki komposisi yang sesuai dengan kepribadiannya saat ini. Bambino sangat mudah untuk membuat sebuah ikatan dengan manusia, selain membutuhkan perhatian dari manusia kucing ini juga sangat suka berinteraksi dengan seluruh kegiatan yang ada.

Karakter Bambino

Bambino adalah kucing kecil, namun standar ukuran yang ada pasti bisa berbeda. Kebanyakan kucing ini mempunyai berat badan berkisar antara 3kg hingga 5kg untuk kucing berkelamin jantan dan pada kucing Bambino betina kebanyakan lebih rendah dari berat tersebut. Ukuran tersebut hanya berat umum, beberapa kucing Bambino lain bisa memiliki berat yang lebih dari rata rata yang ada.

Hal yang membuat Bambino unik adalah kakinya yang pendek dan juga tubuhnya yang tergolong hairless atau tidak berbulu. Ketika kucing ini berjalan mereka akan memiliki goyangan yang khas dari langkahnya. Meski begitu ketika kucing ini mulai berlari maka kecepatannya tidak kalah dengan kucing berkaki panjang yang lain.

Tubuh Bambino memiliki kulit bekerut dan kendur dan juga akan menampilkan sedikit bulu lembut dan halus yang tidak terlihat jika dilihat dari kejauhan, namun beberapa kucing Bambino juga memiliki bulu yang terlihat jelas untuk dilihat seperti di bagian ekor, punggung dan kadang berada di wajahnya.

Telinga Bambino berukuran besar dan menghadap kedepan, biasanya pada ujung telinganya terdapat bulu dengan jumlah yang sedikit. Matanya lebar dan sering digambarkan menyerupai bentuk lemon. Ekor Bambino harus panjang, lentur, meruncing dari pangkal ke ujung, beberapa kucing ini terkadang memiliki sedikit jambul (bulu) pada ekornya. 



Perawatan Kucing Bambino

Meski kucing Bambino termasuk kucing yang tidak berbulu bukan berarti kucing ini tidak membutuhkan perawatan pada tubuhnya sama sekali. Kebanyakan orang mungkin berfikir jika merawat kucing tanpa bulu akan lebih mudah, namun justru kebalikannya karena mungkin mereka akan terkejut dengan perawatan yang diperlukan untuk membuat tubuh kucing ini tetap sehat.

Bambino yang tidak memiliki bulu secara alami tidak akan menyerap minyak yang dihasilkan oleh kulit, karena hal ini maka tubuhnya akan cenderung berminyak dan mudah kotor jika dibandingkan kucing berbulu lainnya. Untuk menjaga badannya tetap bersih maka mandi secara teratur sangat diperlukan, namun bisa juga dengan membersihkan menggunakan kain lembab.

Perawatan Bambino

Seluruh bagian tubuh Bambino akan mudah kotor karena minyak yang ada, jadi bersihkan semua bagian tubuhnya mulai dari telinga, kaki, mata dan bagian lain. Selain berminyak kulit Bambino juga rentan terhadap suhu panas, dingin dan mudah untuk terluka, jadi selalu perhatikan suhu dan keseharian kucing Bambino ada di lingkungan rumah.

Karena Bambino tidak memiliki bulu maka kebanyakan orang percaya bahwa kucing ini termasuk kucing hipoalergenik (tidak menyebabkan alergi) namun meski bulunya hanya sedikit dan tidak sebanyak kucing berbulu lain, bulu mereka masih bisa memicu alergi pada beberapa orang yang alergi terhadap bulu kucing.

Untuk menghindari virus kucing yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian maka berikan vaksinasi pada kucing bambino secara lengkap, dan jangan lupa untuk mengulang setiap tahun. Karena kondisi kulit yang serba sensitif sebaiknya kucing ini dipelihara dalam ruangan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. 



Kesehatan Kucing Bambino

Karena Bambino termasuk kucing ras yang tergolong baru maka tidak banyak informasi yang tentang kemungkinan kondisi yang bisa diwariskan, namun untuk lebih mudahnya kita bisa mengasumsikan bahwa Bambino bisa mengembangkan beberapa masalah kesehatan yang ada pada kucing Sphynx dan juga kucing Munchkin.

Kondisi kulit yang mirip dengan kucing Sphynx akan cenderung lebih mudah untuk mengembangkan infeksi bakteri karena kulitnya tidak memiliki kemampuan untuk mengatur jumlah minyak yang ada sehingga lebih mudah terkena kotoran dan peningkatan jumlah lipatan pada kulit yang sering terjadi.

Lordosis adalah kondisi yang bisa terjadi pada semua kucing namun penyakit ini sangat umum terjadi pada kucing Munchkin yang memiliki kaki pendek. Penyakit ini melibatkan tulang belakang yang terlalu melengkung kedalam dan memberi tekanan pada beberapa organ vital didalam tubuh kucing, dalam beberapa kasus penyakit unu bisa berakibat fatal.

Pectus Excavatum adalah kondisi lain yang telah terbukti terjadi pada kucing Munchkin, yaitu tulang dada yang masuk kedalam dengan berlebihan. Kucing dengan masalah ini dapat memiliki dampak parah pada kualitas hidupnya seperti masalah pernapasan, hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan dan bahkan bisa kematian.



Harga Kucing Bambino

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Bambino Import 50.000.000
Harga Kucing Bambino Lokal 23.000.000
Harga Kitten Bambino 18.500.000
Harga Kucing Bambino Dewasa 20.000.000

Biaya adopsi Bambino berkisar antara $1500 hingga $3000 menurut beberapa situs, selain itu di Indonesia sendiri sudah ada beberapa yang memelihara kucing Bambino dan melepas adopsinya. Harga Bambino diatas merupakan harga rata rata untuk kucing ini, jadi mungkin bisa lebih murah atau bahkan bisa lebih mahal. Demikian mengenai kucing Bambino kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Bambino"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel