Kucing Oriental Bicolor

Kucing Oriental Bicolor atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Dua Warna Oriental adalah kucing yang termasuk dalam jenis Oriental. Baik kucing berbulu panjang atau berbulu pendek dan dalam pola apapun termasuk colorpoint pada sebagian besar organisasi tetap akan masuk kedalam kucing Oriental.

Oriental Bicolor bukan termasuk dalam standar breed atau jenis kucing tersendiri, akan tetapi ini merupakan varian warna bulu dari breed kucing Oriental pada sebagian besar  organisasi kucing. Namun, pengecualian untuk GCCF yang berbasis di Inggris. Mereka telah mendefinisikan Oriental Bicolor sebagai breed terpisah dengan nama tersebut.

Jenis Ras Kucing Oriental Bicolor

Kucing ini merupakan ras campuran dan juga kucing hasil persilangan, mereka adalah kucing hasil persilangan dari kucing ASH atau American Shorthair dan juga kucing Siamese.  Ras campuran ini sangat sosial dan ingin selalu berada disekitar manusia dalam hidupnya, selain itu mereka juga bisa membentuk ikatan yang kuat dengan anak-anak.

Oriental Bicolor adalah kucing domestik dengan tubuh ramping yang memiliki bulu pendeka atau panjang. Bisa dikatakan kucing ini memiliki bentuk yang khas dan jika catlovers melihat kucing ini maka catlovers pasti langsung bisa mengetahui bahwa ini termasuk dalam jenis kucing Oriental. Mereka adalah kucing yang cocok untuk sebuah keluarga, jadi jika catlovers sedang mencari kucing peliharaan yang sesuai maka kucing ini mungkin adalah salah satu pilihan terbaik. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Oriental Bicolor

Sejarah Oriental Bicolor dimulai pada tahun 70an dimana pada masa ini para peternak kucing telah melakukan eksperimental dalam membuat ras ini. Tidak ada informasi yang jelas mengenai para peternak yang melakukan pengembangan ini, dan beberapa sumber lain mengatakan bahwa pencipta kucing ini adalah orang bernama Lindajean Grillo yang berasal dari Amerika Serikat.

Pengembangan yang dilakukan  LindaJean Grillo ini dilakukan pada tahun 1979 dimana pada tahun ini dia menyilangkan kucing American Shorthair dengan pola Bicolor dengan kucing Siam. Proses yang dilakukan ini tidak langsung jadi begitu saja, karena pada awalnya keturunan yang dihasilkan tidak memiliki warna yang dia inginkan.

Sejarah Ras Kucing Oriental Bicolor

Tujuannya adalah menciptakan kucing Oriental yang memiliki warna Bicolor. Dia kemudian menyilangkan kembali keturunan yang belum jadi tersebut dengan kucing Siam. Tidak disebutkan dengan pasti berapa kali proses persilangan ini dilakukan, namun setelah melalui proses yang ada akhirnya dia berhasil menciptakan kucing Oriental Bicolor.

Setelah itu, sepanjang tahun 1980an para peternak kucing di Eropa khususnya Belanda dan Prancis juga memulai program pengembangan terhadao kucing Oriental Bicolor. Berbeda dengan LindaJean Grillo, para peternak ini menggunakan kucing jalanan betina Maroko putih dan merah dan juga kucing Cornish Rex hitam dan putih.

Setelah itu lebih banyak kucing kemudian diimpor ke Amerika Serikat karena tujuannya adalah untuk membuat garis keturunan yang berbeda untuk kucing ini. Kucing bicolor yang ada akan dikawinkan dengan kucing bicolor lainnya untuk menciptakan bulu yang memiliki proporsi putih yang tepat didalamnya serta menghindari perkawinan sedarah yang berlebihan.

Ras kucing ini telah diakui oleh TICA (The International Cat Association) sejak tahun 1983 dan FIFe (Fédération Internationale Féline) pada tahun 2003. Pada tahun 2004 kucing ini diimpor ke Inggris dan pada tahun 2008 kucing ini diakui dengan status sementara oleh GCCF (The Governing Council of the Cat Fancy) karena mereka menjadi populer dengan cepat.



Karakteristik Kucing Oriental Bicolor

Kucing Oriental bicolours adalah kucing jenis Oriental Modern dengan tubuh panjang ramping dan ekor runcing seperti cambuk. Salah satu hal pertama yang akan catlovers lihat ketika melihat kucing ini adalah wajahnya yang runcing atau bersudut yang jika kucing ini dilihat dari depan akan terlihat bahwa kucing ini memiliki kepala berbentuk segitiga.

Kucing ini memang memiliki bentuk kepala segitiga yang terbuat dari garis lurus dengan profil samping lurus dan telinga yang besar dan juga lebar. Ekspresinya sangat cerdas dan juga waspada, jika dilihat dari samping hidung kucing ini lurus sementara dagunya kuat dan memiliki gigitan yang rata dengan ujung hidung akan sejajar dengan ujung dagunya.

Karakter Ras Kucing Oriental Bicolor

Telinga kucing ini besar, lebar pada pangkalnya, lehernya ramping dan juga panjang dan bulunya mengkilap dan licin. Tubuh seimbang dan proporsional, ramping, panjang namun ukuran kucing keseluruhan akan termasuk sedang. Kakinya terlihat panjang dengan ekor yang juga panjang dan juga meruncing.

Mata kucing ini akan miring ke arah hidung, biasanya berwarna hijau kecuali pada kucing berwarna poin. Bulu pada kucing yang berbulu pendek akan licin dan mengkilap sedangkan untuk yang berbulu panjang akan halus, lembut, berbaring rata ke tubuh tanpa lapisan bawah yang tebal dan membentuk bulu di ekor.

Berbagai macam warna yang terlihat pada kucing Siam dan Oriental diperbolehkan, namun ciri khas dari breed ini adalah mereka harus memiliki warna putih. Dalam kualitas show warna putih pada tubuhnya setidaknya harus mencakup setidaknya sepertiga dari tubuh dan distribusinya mungkin acak dan unik seperti cat yang terciprat.

Oriental bicolours  adalah salah satu kucing paling sosial yang ada, ras yang ramping ini suka berada di sekitar manusia dan memiliki ikatan yang sama kuatnya dengan seluruh anggota keluarga yang ada. Kucing ini terlihat selalu menuntut untuk menjadi pusat perhatian, karena hal ini maka mereka tidak bisa ditinggal sendirian terlalu lama.

Oriental bicolours termasuk kucing yang cerdas, mereka akan senang hati menghibur diri mereka sendiri dengan menemukan mainan interaktif dan menjelajahi sust atau celah baru. Menyediakan ruangan yang cukup  dan beberapa mainan sangat disarankan supaya kucing ini bisa memenuhi kegiatan hariannya. 



Perawatan Kucing Oriental Bicolor

Dalam masalah perawatan, kucing Oriental bicolours yang dapat memiliki bulu pendek halus mengkilap atau bulu panjang sedang memiliki tingkat perawatan yang rendah. Penyisiran atau penyikatan mingguan adalah hal yang tepat untuk menjaga bulu kucing ini agar tetap sehat dan terlihat indah.

Penyisiran pada bulu kucing ini akan membantu kucing menghilangkan bulu mati (bulu yang lepas) dengan mudah, merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali, dan bahkan hal ini juga bisa menambah kedekatan kucing dengan pemiliknya karena pada saat melakukan penyisiran akan melakukan sentuhan lembut yang bisa membuat kucing senang.

Perawatan Ras Kucing Oriental Bicolor

Ras kucing ini termasuk ras kucing yang energik, gesit dan juga atletis. Kucing ini akan selalu menyibukkan diri dan ingin selalu terlibat aktivitas apapun. Beberapa mainan perlu diberikan pada kucing ini, misalkan pohon kucing yang bisa memuaskan naluri memanjat, puzzle yang bisa merangsang otak kucing dan berbagai mainan lainnya.

Biasakan memotong kuku atau cakar kucing sejak dini (pada saat kucing masih kecil), dengan begitu ketika kucing sudah dewasa maka pemotongan kuku kucing bisa dilakukan dengan mudah. Potonglah kuku atau cakar kucing secukupnya, hal ini dilakukan untuk membuat cakar kucing lebih bagus dan mengamankan perabotan yang ada dirumah.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing, ketika telinga kucing kotor dan terjadi penumpukan kotoran didalam telinga maka hal ini bisa menyebabkan infeksi, selain itu telinga kotor pada kucing juga menjadi salah satu tanda kucing terkena earmites. Jika ada kotoran yang terlihat maka segera bersihkan, lakukan dengan teliti dan hati-hati serta jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Kebersihan gigi kucing juga perlu dijaga, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Berikan obat kutu pada kucing untuk mencegah kucing kutuan atau terkena beberapa penyakit kulit lainnya. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes (ada berbagai macam merk) yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain bisa membasmi semua kutu juga bisa membasmi telur kutu yang ada pada tubuh kucing.

Selain kebersihan tubuh kucing, kebersihan lingkungan kucing juga perlu dijaga kebersihannya. Bersihkan selalu lingkungan kucing tinggal mulai dari kandang (jika dikandangkan), litter box dan juga perlengkapan makan minum kucing setiap hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit dari kotoran atau bakteri yang ada.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaganya tetap sehat adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan kucing ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya, dengan memberikan vaksin maka kucing akan menjadi lebih sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Berikan vaksin sejak dini, berikan dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Oriental Bicolor

Semua jenis ras kucing pasti memiliki kemungkinan untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Oriental Bcilor dianggap sebagai kucing yang sehat dan memiliki masa hidup rata-rata mencapai 8 hingga 12 tahun. Beberapa masalah kesehatan yang umum terlihat pada kucing ini diantara lain adalah:

  • Gangguan pernapasan seperti asma dan bronkitis kucing
  • Masalah pencernaan seperti megaesophagus
  • Penyakit jantung bawaan seperti stenosis aorta
  • Mata juling

Selain beberapa masalah kesehatan diatas, kucing ini tentu saja masih bisa menderita beberapa penyakit umum yang sering terjadi pada kucing. Karena itu, berikan makanan yang bergizi (yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi pada kucing) dan juga perawatan serta perhatian pada kucing supaya kucing tetap sehat dan selalu dalam kondisi terbaiknya.



Harga Kucing Oriental Bicolor

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Oriental Bicolor Import 25.000.000
Harga Kucing Oriental Bicolor Lokal 20.000.000
Harga Kitten Oriental Bicolor 17.500.000
Harga Kucing Oriental Bicolor Dewasa 18.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini, harga rata-rata Oriental Bicolor berkisar antara $800 sampai dengan $1.500. Dari harga ini maka perkiraan harga Oriental Bicolor kemungkinan akan seperti harga tertera diatas. Harga yang ada untuk kucing import hanya menurut kurs, jadi belum ditambahkan dengan biaya pengiriman dan juga karantina.

Jangan menjadikan harga yang ada sebagai harga paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena harga Oriental Bicolor bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Oriental Bicolor, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Oriental Bicolor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel