Kucing Ragamuffin

Kucing Ragamuffin adalah ras kucing domestik yang masih termasuk dalam varian dari kucing Ragdoll. Karena termasuk variannya maka penampilan yang dimiliki oleh Ragamuffin mirip dengan Ragdoll, dia adalah kucing hasil persilangan dari kucing Ragdoll dengan kucing domestik lainnya.

Catlovers jangan bingung untuk membedakan kedua kucing ini, meski termasuk dalam varian namun kucing Ragamuffin dan juga Ragdoll adalah ras kucing yang terpisah. Meski hanya sedikit yang bisa diketahui tentang perkembangan kucing Ragamuffin, namun banyak yang memperkirakan kucing ini disilangkan dengan kucing Angora Turki, Persia, Birman dan beberaoa kucing domestik berbulu panjang lainnya.

Jenis Ras Kucing Ragamuffin

Ragamuffin terkenal dengan tubuhnya yang besar, panjang dan bulunya yang super mewah. Kucing ini adalah kucing pangkuan sejati yang suka dipeluk oleh pemiliknya, karena sifatnya ini maka banyak juga yang mirip seperti anak anjing. Mereka adalah kucing peliharaan yang tepat, karena selain cerdas, kucing ini juga sangat ramah terhadap keluarganya.

Beberapa fakta tentang Ragamuffin yang perlu catlovers ketahui adalah anak kucing Ragamuffin terlahir putih sepenuhnya dan seiring bertambahnya usia pola pada tubuhnya mulai akan terlihat. Sebelum memiliki nama Ragamuffin, kucing ini disebut dengan Liebling yang diambil dari bahasa Jerman dan memiliki arti Sayang. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Ragamuffin

Menurut informasi yang ada, sejarah Ragamuffin berawal dari IRCA (International Ragdoll Cat Association). IRCA Cherubim Cats yang dikembangkan dari tahun 1971-1994 (23 tahun) digunakan sebagai dasar untuk Ragamuffin yang termasuk IRCA miracle Ragdolls, Honey Bears dan keturunan dari Maxamillion.

Sedangkan untuk sepupu mereka yaitu kucing Ragdoll, hanya menggunakan keturunan Ragdoll IRCA yang dikembangkan dari 1971-1975 (4 tahun). Latar belakang awal Ragdoll menyebutkan pada tahun 1960 ada sebuah kucing domestik berbulu panjang bernama Josephine yang tidak diketahui jenis Angora atau Persia.

Sejarah Ras Kucing Ragamuffin

Josephine yang telah menghasilkan beberapa keturunan khas pun akhirnya semakin berkembang. Berawal dari sini seorang peternak kucing bernama Ann Baker pun mulai menciptakan ras kucing yang dikenal sebagai Ragdoll sekarang ini. Beberapa hal yang tidak tercatat adalah, para pejantan yang digunakan untuk program ini merupakan keturunan dari kucing Birman dan juga Burma.

Pada tahun 1975 telah didirkan sekelompok peternak Ragdoll dengan nama IRCA. Baker memutuskan untuk menolak organisasi kucing lokal dan membuat organisasi kucing sendiri yaitu International Ragdoll Cat Association (IRCA) yang membawa nama kucing Ragdoll dan Cherubim.

Baker memberlakukan standar yang ketat pada siapa saja yang ingin mengembangkan atau menjual kucing dengan nama tersebut. Ragdoll IRCA juga tidak diizinkan untuk didaftarkan di organisasi kucing breed lain. 

Karena pembatasan yang dilakukan ini semakin ketat, pada tahun 1994 akhirnya sekelompok peternak IRCA memutuskan untuk keluar dan membentuk kelompok mereka sendiri. Karena nama Ragdoll merupakan nama yang digunakan oleh Baker maka kelompok ini pun akhirnya membuat nama yang berbeda.

Mereka memberikan nama IRCA Cherubim Cats Ragamuffins. Pada awalnya nama yang diusulkan adalah Liebling dan nama Ragamuffin diajukan sebagai alternatif oleh orang yang bernama Curt Gehm yang merupakan salah satu pendiri dari grup ini dan akhirnya nama tersebutlah yang dipilih.

Dalam semangatnya untuk memperbaiki kesehatan genetik, kepribadian dan perilaku dari kucing, kelompok ini secara selektif mengizinkan sejumlah persilangan dengan kucing domestik longhair yang tampaknya sudah sesuai degan standar kesempurnaan yang ditetapkan oleh ACFA.

Setelah persilangan dengan kucing bulu panjang lain dibatasi, persilangan yang diizinkan secara historis hanya mencakup kucing Persia. Kelompok ini juga mengizinkan untuk melakukan persilangan keluar dengan Ragdoll pada awalnya, namun hal ini berakhir pada 2010 untuk Ragamuffin yang diakui oleh ACFA.

Hanya kucing yang setidaknya memiliki satu induk dari persilangan yang diterima oleh ACFA, CFA dan juga GCCF yang memenuhi syarat untuk disebut sebagai kucing Ragamuffin asli. Organisasi kucing pertama yang memberikan pengakua penuh kepada kucing ini adalah UFO (United Feline Organization), disusul oleh ACFA (American Cat Fanciers Association) dan juga CFA (Cat Fanciers' Association) pada Februari 2003 untuk kelas Miscellaneous dan berganti ke status Championship pada Februari 2011.



Karakteristik Kucing Ragamuffin

Ragamuffin adalah kucing berukuran sedang yang memiliki berat 4.5kg sampai 6.5kg untuk kucing betina dan untuk Ragamuffin jantan bisa mencapai 9.5kg. Berat ini merupakan berat rata-rata, jadi tentu saja masih ada kucing dengan berat yang lebih besar ataupun lebih kecil.

Dalam segi fisiknya kucing ini memiliki tubuh yang panjang, dada dan bahu lebar degna otot yang cukup berat pada bagian belakang. Ada bantalan lemak di perut bagian bawah, namun meski begitu kucing ini memiliki keseimbangan secara menyeluruh dalam ukuran tubuh, bentuk dan juga beratnya.

Karakter Ras Kucing Ragamuffin

Kepalanya lebar namun memiliki tampilan membulat. Moncong kucing ini membulat, sedikit lebih pendek dan cenderung lebar. Dagunya membulat kuat dan mencerminkan gigitan yang tepat. Bantalan kumis dari kucing ini memiliki tampilan manis yang menjadi ciri khas, pipi penuh dengan leher yang pendek dan juga kuat.

Ragamuffin memiliki telinga berukuran sedang, sedikit melebar dan miring kedepan dalam proporsi yang pas pada kepalanya. Mata berukuran besar yang berkontribusi pada tampilan manisnya. Semua warna mata dapat ditemukan pada kucing ini termasuk odd eye, aqua dan kuning atau emas.

Pada bagian kaki, ukuran panjangnya sedang dengan kaki belakang lebih panjang dari kaki bagian depan yang proporsional dengan tubuhnya. Cakarnya besar dan bulat dengan jumbai pada bagian bawah dan antara cakarnya. Ekor berukuran panjang, berbulu penuh yang mirip seperti sikat botol.

Bulu kucing ini berukuran sedang dengan tekstur lembut, padat dan juga halus. Pada bagian sekitar leher dan luar wajah, ukuran bulunya akan sedikit lebih panjang yang menghasilkan penampilan ruff. Setiap warna dan pola mungkin secara genetik dengan atau tanpa putih kecuali warna poin. 

Ragdoll dan Ragamuffin memiliki perilaku yang sangat mirip, mereka adalah kucing yang menyenangkan dan penuh perhatian. Ragamuffin adalah ras kucing yang berorientasi pada orang yang menyayanginya dengan kecenderungan untuk lemas ketika dipegang oleh tangan.

Meski kucing ini tergolong tidak terlalu aktif namun mereka akan sangat menikmati bermain dengan orang yang mereka sayangi seperti mengambil mainan yang dilempar sebelum duduk pada pangkuan. Kucing ini bisa mengikuti orang favoritnya kemanapun mereka pergi untuk mengawasi aktivitas yang dilakukan.

Ragamuffin bukanlah tipe kucing yang vokal, namun mereka akan berbicara kepada pemiliknya jika memiliki sesuatu yang penting untuk diberitahukan seperti waktu untuk makan, mengajak untuk bermain, menuntut untuk diberikan sedikit perhatian, memberitahu suatu hal kecil dan beberapa hal lainnya.

Mereka adalah kucing yang mudah untuk beradaptasi dengan berbagai lingkungan, keadaan dan situasi rumah tangga. Selain hal tersebut, umumnya kucing ini juga sangat baik dengan kucing lain, hewan peliharaan lain seperti anjing dan juga anak-anak yang berperilaku baik. 



Perawatan Kucing Ragamuffin

Tidak seperti kebanyakan kucing yang memiliki bulu panjang dan halus yang perawatannya terbilang sulit, kucing Ragamuffin relatif untuk mudah dirawat. Karena bulu kucing ini terkenal anti kusut maka pemilik kucing bisa menyikat atau menyisir sekali atau dua kali seminggu dalam perawatannya.

Bulu Ragamuffin tidak rentan terhadap kerontokan yang berlebihan, dan hal ini tentu saja akan menjadi nilai tambah tersendiri. Perawatan bulu yang dilakukan pada kucing berguna untuk menghilangkan bulu kusut, mengurangi jumlah bulu mati pada tubuh kucing dan juga untuk merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Perawatan Ras Kucing Ragamuffin

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan rutin, hal ini umumnya dilakukan seminggu atau dua minggu sekali. Kebiasaan memotong kuku ini akan lebih baik dilakukan sejak dini (pada saat kucing masih kecil), dengan begitu ketika kucing sudah dewasa hal ini tetap akan mudah dilakukan karena kucing sudah terbiasa.

Untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing) maka sebaiknya kebersihan gigi kucing perku untuk dijaga. Kebersihan harian gigi kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Pastikan untuk memeriksa kebersihan telinga Ragamuffin setiap waktu. Telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang ada, selain itu telinga kotor juga menjadi salah satu ciri kucing terkena earmites. Jika ada kotoran yang terlihat maka segera bersihkan, periksa dengan teliti, bersihkan dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Berikan obat kutu pada kucing untuk membantu kesehatan kulit kucing dari masalah yang ada. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing. Obat ini selain bisa membasmi seluruh kutu yang ada juga bisa membasmi telur kutu yang ada pada tubuh kucing.

Jika kucing Ragamuffin mengeluarkan cairan pada daerah sekitar mata maka segera bersihkan, tentunya catlovers semuanya sering melihat hal ini terjadi pada kucing persia. Pada saat membersihkan usahakan untuk menggunakan kain atau tisu yang berbeda, hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya infeksi.

Ragamuffin adalah kucing yang sangat suka untuk bermain, karena itu dalam pemeliharaannya usakan untuk memberikan ruangan yang cukup bagi mereka bermain dan juga sediakan beberapa mainan supaya mereka dapat menghibur dirinya sendiri dengan kesibukan bersama mainannya jika tidak ada orang dirumah.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing ini supaya kesehatannya tetap terjaga adalah vaksinasi. Vaksinasi pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya dan bahkan mematikan. Berikan vaksin lengkap pada kucing, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk melakukan pengulangan setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Ragamuffin

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing hasil dari persilangan ataupun ras kucing murni yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Meskipun variasi genetik menawarkan beberapa perlindungan terhadap masalah kesehatan yang diturunkan namun Ragamuffin dapat rentan terhadap kondisi tertentu. Tidak setiap Ragamuffin akan mengalami kondisi ini, tetapi hal ini penting untuk diketahui jika ada tanda yang muncul pada kucing Ragamuffin dari beberapa penyakit dibawah ini:

Penyakit ginjal polikistik (PKD) adalah perkembangan beberapa kista pada ginjal kucing. Hal ini tidak langsung mengancam jiwa, tetapi harus dirawat sedini mungkin untuk pencegahan perkembangan kista baru. Perawatan awal berguna untuk mengurangi resiko infeksi bakteri yang bisa berbahaya.

Kardiomiopati hipertrofik (HCM) adalah jenis penyakit jantung yang sangat umum terjadi pada kucing. Penyakit ini ditandai dengan penebalan otot jantung pada kucing, dan ketika ada kucing yang diketahui terkena penyakit ini maka kucing tersebut biasanya akan dikeluarkan dari proses pembiakan yang dilakukan.

Seperti kucing lainnya, penting untuk menghindari pemberian makan yang berlebihan pada Ragamuffin. Selalu pantau kucing untuk mencegah terjadinya obesitas, berikan makanan yang berkualitas dan jangan lupa perawatan yang maksimal supaya kucing tetap sehat dan selalu dalam kondisi terbaiknya. 



Harga Kucing Ragamuffin

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Ragamuffin Import 18.000.000
Harga Kucing Ragamuffin Lokal 9.000.000
Harga Kitten Ragamuffin 5.500.000
Harga Kucing Ragamuffin Dewasa 7.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini, biaya adopsi rata-rata untuk Ragamuffin berkisar antara $600 hingga $1.600. Dari rata-rata tersebut maka kemungkinan perkiraan harga untuk kucing Ragamuffin akan seperti harga diatas. Harga Ragamuffin import diatas belum ditambahkan biaya pengiriman dan juga biaya lainnya, melainkan hanya perkalian dengan kurs saat penulisan artikel.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena harga kucing Ragamuffin yang asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Ragamuffin kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Ragamuffin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel