Kucing Seychellois

Kucing Seychellois merupakan salah satu ras kucing didunia yang relatif baru karena pengembangan awal baru dilakukan pada tahun 1980an. Seychellois adalah ras kucing yang sangat mirip dengan kucing Oriental dan tentu saja memiliki ciri badan ramping, telinga besar, kepala segitiga, dengan ekor panjang yang meruncing.

Sejak kemunculan kucing ini atau ketika kucing ini mulai banyak dikenal, beberapa kucing Siam atau Balinese dengan warna apapun sering dianggap sebagai ras kucing Seychellois, yang berarti kucing ini memiliki dua versi varian bulu yaitu Seychellois berbulu pendek dan juga Seychellois berbulu panjang.

Jenis Ras Kucing Seychellois

Dari kesimpulan yang didapat pada hal tersebut, ini berarti kucing Seychellois tidak memiliki standar breed untuk dirinya sendiri, tetapi standar yang ada termasuk kedalam kategori yang sama dengan breed Siam, Oriental, dan juga Balinese. Ras ini dikatakan sangat langka dalam kelompok Oriental dan memiliki penampilan serta kepribadian yang sama dengan kucing Siam.

Pada masanya, karena ras kucing ini termasuk ras baru maka tidak banyak yang mengenal kucing ini secara luas dan kucing ini pun juga jarang ditemukan di luar Inggris dan Eropa. Salah satu organisasi kucing besar yang mengakui kucing ini adalah Fédération Internationale Féline atau FiFe yang terjadi pada tahun 2005. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Seychellois

Ras kucing Seychellois adalah ras yang relatif langka, dikembangkan pertama kali di Inggris pada tahun 1980 dan berkembang setelahnya. FIFe adalah asosiasi kucing utama yang mengakui ras ini, beberapa asosiasi lain belum mengakuinya karena mungkin mereka menganggap ras ini tidak cukup unik dari jenis kucing umum lainnya.

Karena breed ini adalah breed umum maka beberapa asosiasi pun menganggap ras ini belum begitu benar untuk membuatnya menjadi breed yang terpisah. Peternak kucing pertama yang mengembangkan kucing ini merupakan peternak kucing dari Inggris yang bernama Patricia Turner.

Sejarah Ras Kucing Seychellois

Patricia Turner terinspirasi setelah membaca jurnal perjalanan para pejelajah yang membahas mengenai jenis ras kucing asli  dengan variasi bulu berpola putih yang unik dan sering terlihat di Kepulauan Seychelles yang terletak di timur laut Madagaskar. Berawal dari sinilah dia memiliki keinginan untuk membuat ras kucing yang serupa.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, pengembangan pertama dilakukan pada tahun 1980an. Untuk membuat kucing dengan penampilan yang mirip seperti kucing yang ada di Kepulauan Seychelles tersebut, Patricia menyilangkan kucing Persia dengan kucing Siam dan juga kucing Oriental.

Setelah melakukan beberapa pengembangan, akhirnya Patricia berhasil menciptakan kucing yang sesuai dengan deskripsinya. Meski telah berhasil namun kucing ini sangat lambat untuk mendapatkan daya tariknya. Setelah beberapa tahun dengan mengikuti kepopuleran kucing Siam dan Oriental akhirnya kucing ini menjadi lebih dikenal dan menjadi alternatif dari kedua kucing tersebut.



Karakteristik Kucing Seychellois

Saat pertama kali mengetahui kucing Seychellois, catlovers pasti bisa langsung menebak bahwa kucing ini berasal dari kucing Siam. Pada dasarnya kucing ini sangtalah mirip dengan kucing Siam namun perbedaannya adalah mereka memiliki bercak putih pada tubuhnya.

Sama seperti kucing Siam, mereka memiliki tubuh yang ramping dan elegan dengan tampilan halus dan tubuh berukuran sedang yang berotot. Ras ini memiliki kepala mirip Siam yang ditopang oleh leher panjang dan ramping, telinga besar yang lebar pada pangkal dengan ujung yang agak membulat.

Karakter Ras Kucing Seychellois

Mata kucing ini berbentuk almond dan miring kearah hidung. Warna matanya merupakan aspek penting dari breed ini karena harus berwara biru jernih atau cemerlang. Dalam masalah bulu kucing ini memiliki tiga sub tipe yang ditentukan oleh tingkat bercak putih yang dihasilkan dari gen piebald.

Bercak putih atau pola Van pada kucing ini disebabkan oleh gen Piebald. Ada variasi dalam berapa banyak putih yang dihasilkan oleh gen ini, dinilai dari 1 sampai 10 dengan 1 hampir hitam pekat dan 10 hampir putih pekat. Tingkat bercak putih untuk kucing Seychellois ini dapat jatu ke dalam kelas 7, 8, atau 9.

  • Seychellois Septième (Perancis untuk ke-7) berwarna putih dengan ekor berwarna dan bercak besar berwarna di kepala, tubuh, dan kaki.
  • Seychellois Huitième (Perancis untuk ke-8) berwarna putih dengan ekor berwarna dan bercak-bercak kecil warna di kepala dan kaki saja.
  • Seychellois Neuvième (Perancis untuk ke-9) berwarna putih dengan ekor berwarna dan bercak-bercak kecil berwarna hanya di kepalanya.

Seychellois memiliki banyak ciri kepribadian yang sama dengan kucing Siam, artinya kucing ini adalah kucing yang cerdas, ekstrovers dan sosial. Mereka adalah kucing yang berorientasi pada orang yang menikmati kebersamaan dengan manusia dan mengembangkan ikatan yang hangat serta penuh kasih.

Kucing ini adalah kucing yang suka menghabiskan sebagian besar waktu mereka disekitar anggota keluarga entah itu berada di pangkuan, meja, atau bahkan di tempat tidur. Jika kucing Siam termasuk kucing yang vokal maka kucing Seychellois cenderung sedikit lebih tenang dengan suara yang lebih lembut.



Perawatan Kucing Seychellois

Dalam hal perawatan, sama seperti ras kucing Oriental lainnya, kucing ini memiliki tingkat perawatan yang rendah. Jika kucing yang memiliki bulu pendek maka cukup berikan penyisiran mingguan dan untuk kucing dengan bulu yang lebih panjang harus diberikan penyisiran yang lebih rutin.

Penyisiran atau penyikatan bulu kucing yang dilakukan ini berguna untuk membantu bulu kucing untuk tetap sehat. Dengan menyisir bulu secara teratur maka akan membantu kucing mengurangi jumlah bulu mati yang ada ditubuhnya dan merangsang pertumbuhan bulu yang rontok untuk segera tumbuh kembali.

Perawatan Ras Kucing Seychellois

Tidak ada perawatan khusus yang harus diberikan pada kucing ini, jadi setelahnya hanyalah perawatan umum yang sering diberikan pada kucing lain. Potonglah kuku atau cakar kucing dengan rutin, biasanya kebiasaan ini dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Menjaga kebersihan gigi harus dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan harian gigi kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali saja sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing dengan teratur, hal ini bisa dilakukan dua minggu sekali atau lebih. Telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang ada, selain itu juga menjadi ciri kucing terkena earmites. Periksa seluruh bagian telinga kucing dengan teliti, bersihkan area yang kotor secara perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Obat kutu sangat diperlukan untuk semua jenis kucing yang memiliki bulu karena tidak lucu jika kucing peliharaan terkena kutu dan mengalami masalah pada kulitnya. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, dikatakan obat ini selain bisa membasmi kutu juga bisa membasmi telur kutu yang ada.

Kucing ini terkenal dengan ras penasaran dan ingin tahu yang tinggi, karena hal ini maka sebaiknya pemilik kucing melindungi barang atau perabotan yang berharga supaya tidak dijatuhkan atau dijadikan mainan oleh kucing ini. Menyediakan beberapa mainan pada kucing ini sangatlah disarankan supaya mereka memiliki mainan favoritnya sendiri.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing supaya kesehatannya terjaga adalah vaksinasi. Vaksinasi yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus tertentu yang berbahaya atau bahkan mematikan, karena hal inilah kucing wajib untuk diberikan vaksin supaya lebih tahan dari serangan virus kucing.



Kesehatan Kucing Seychellois

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing hasil persilangan ataupun ras kucing alami yang dalam perkembangannya dikatakan tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Secara umum Seychellois dianggap sebagai kucing yang sehat, karena ras ini tergolong baru maka beberapa masalah kesehatan yang bisa dialami oleh kucing ini juga memiliki informasi yang terbatas. Meski dianggap sebagai kucing yang sehat namun kucing ini tentu saja masih bisa menderita beberapa penyakit umum yang sering terjadi pada kucing, karena itu perawatan yang diberikan padanya haruslah maksimal supaya kucing selalu sehat dan dalam kondisi terbaiknya.



Harga Kucing Seychellois

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Seychellois Import -
Harga Kucing Seychellois Lokal -
Harga Kitten Seychellois -
Harga Kucing Seychellois Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas mengenai biaya adopsi kucing Seychellois ini, dalam beberapa situs yang membahasnya juga tidak disebutkan harga Seychellois. Karena itu saya juga tidak akan memberikan perkiraan harga untuk kucing ini. Jika ada salah satu catlovers yang mengetahui informasi terkait hal ini maka silahkan menuliskannya pada kolom komentar supaya catlovers lain juga mengetahuinya. Demikian informasi mengenai kucing Seychellois, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Seychellois"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel