Kucing Siberian

Kucing Siberian atau sering juga disebut dengan kucing Siberia merupakan kucing hutan asli Rusia. Kucing ini pertama kali muncul dalam catatan sejarah sekitar 1000 tahun yang lalu, dikatakan kucing ini berasal dari iklim Siberia yang ganas. Alamlah yang membuat kucing ini menjadi memiliki daya tahan hidup yang luar biasa.

Wilayah Siberia memang dikenal memiliki musim dingin yang panjang dan keras, dengan mengetahui saja maka tentu catlovers sudah pasti mengetahui kucing Siberian adalah kucing yang luar biasa. Mereka memiliki tiga lapisan bulu pada tubuhnya, ukurannya panjang dan lebat, hal inilah yang membuat kucing Siberian tahan terhadap cuaca dan memiliki tubuh yang kuat.

Jenis Ras Kucing Siberian

Meski kucing ini dikatakan kucing hutan, namun mereka adalah kucing yang bisa menjadi sahabat keluarga yang menyenangkan. Jika dikatakan, kepribadian yang dimiliki kucing ini memang agak kekanak-kanakan karena mereka adalah kucing yang memiliki sifat manis dan juga suka untuk berpelukan.

Denga kepribadian yang mereka miliki ini, maka jika catlovers mencari kucing berukuran sedang, memiliki bulu semi panjang, penuh kasih sayang dan merupakan peliharaan yang menarik untuk dilihat maka Siberian mungkin adalah pilihan yang tepat. Satu hal lagi yang perlu catlovers ketahui adalah, kucing ini merupakan kucing Nasional dari Negara Rusia. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Siberian

Ras kucing ini mungkin baru di Amerika Utara, akan tetapi jauh dari baru bagi dunia. Kucing Rusia berbulu panjang telah ada selama ratusan tahun yang lalu, kapan tepatnya dan bagaimana kucing berbulu panjang ini bisa sampai ke Siberia tidak diketahui secara pasti, namun diperkirakan kucing ini datang bersama emigran Rusia.

Menurut beberapa peternak Siberia, orang-orang dari Rusia yang berimigrasi atau diasingkan ke Siberia kebanyakan membawa kucing mereka. Mutasi untuk bulu panjang tampaknya terjadi di tiga wilayah terpisah, yaitu Rusia, Persia (Iran) dan Turki (Asia Kecil). 

Sejarah Ras Kucing Siberian

Kemungkinan mutasi bulu panjang ini awalnya terjadi di Rusia dan kemudian kucing berbulu panjang ini menyebar ke Turki. Persilangan dengan kucing lokal menjadi Angora dan sama halnya dengan Persia, kucing lokal ini kemudian mengalami persilangan dengan kucing lokal da menjadi kucing Persia. Kalau memang benar begini maka semua kucing berbulu panjang awalnya berasal dari kucing bulu panjang Rusia ini.

Bulu panjang pada kucing domestik tampaknya merupakan adaptasi terhadap dingin yang ada di Siberia. Karena iklim disana terkenal tanpa ampun, kucing-kucing ini berkembang atau juga bisa melalui perkawinan dengan kucing lokal yang sudah ada dan akhirnya memiliki bulu yang lebih panjang, bulu segala cuaca dan tubuh yang lebih besar dan kekar.

Para kucing ini bertahan dan berkembang menjadi ras yang kuat dan berbulu panjang yang mampu bertahan dari kondisi wilayah yang tak kenal ampun tersebut. Menurut cerita Rusia, kucing Siberian pernah memiliki berat hingga 20kg dan melindungi teman manusianya dan juga rumah mereka tinggal.

Dalam buku Harrison Weir tahun 1889 yang berjudul Our Cats and All About Them ada catatan yang menyebutkan tentang kucing berbulu panjang pada masanya. Kucing ini ditampilkan pada show kucing yang diadakan pada Juli 1871 di Crystal Palace, London dan mereka adalah kucing Rusia, Angora, Persia dan juga India.

Weir yang dikenal sebagai Bapak Kucing Mewah menulis bahwa Russian Longhair berbeda dari Angora dan Persia dalam beberapa hal termasuk ukurannya yang lebih besar, surai yang lebih panjang, mata orange terang yang menonjol dan bulunya yang panjang serta padat.

Ekor kucing tersebut juga ditutupi bulu yang tebal dengan bulunya yang sangat indah. Namun, meski dikatakan demikian kucing bulu panjang Rusia yang menjadi pusat perhatian ini bisa kucing Siberian atau juga bukan. Pada tahun 1980an pemerintah bekas Uni Soviet melarang warganya memiliki hewan peliharaan karena kekurangan makanan dan tempat tinggal.

Pada tahun 1987, pemerintah mencabut pembatasan pada hewan peliharaan rumah dan peternak mulai membentuk klub kucing dan membuat catatan pengembangan. Pada tahun 1988, sebuah show kucing Rusia pertama diadakan di Moskow. Seseorang bernama Elizabeth Terrell mengirim empat kucing Himalaya ke Nelli Sachuk dan sebagai gantinya dia menerima tiga kucing Siberia.

Hal ini terjadi ada 28 Juni 1990, kucing tersebut yang jantan bernama Kaliostro Vasenjkovich dan dua betina lainnya bernama Ofelia Romanova dan Naina Romanova. Segera setelah itu dia menerima metrukas (sertifikat kelahiran) anak kucing yang merinci nama, tanggal lahir, dan warna serta pola dari ketiga kucing tersebut.

Elizabeth Terrell mengivestasikan ribuan dollar dan menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan lebih banyak kucing dan menetapkan Siberian sebagai ras kucing yang diakui di Amerika. Selang sebulan setelah Terrel menerima Siberianya, ada peternak bernama David Boehm mengimpor sejumlah Siberian miliknya.

Alih-alih menunggu kucing dikirim, dia memesan penerbangan ke Rusia dan membelu setiap Siberian yang bisa dia temukan. Pada tanggal 4 Juli dia kembali dengan kolekasi lima belas kucing Siberinya dan menghasilkan keturunan pertama di Amerika Utara dan hal ini sangat berharga dalam memperbesar kumpulan gen Siberia. Berawal dari sinilah kucing Siberian akhirnya berkembang. 



Karakteristik Kucing Siberian

Siberian adalah kucing berukuran sedang, berotot dengan punggung yang melengkung sedikit lebih tinggi dari bahu. Perutnya kencang berbentuk tong yang memberikan sensasi bobot padat. Kepala kucing ini juga berukuran sedang atau besar dengan kontur membulat yang proporsional dengan tubuhnya.

Kepala lebih lebar pada bagian atas tengkorak dan sedikit menyempit menuju ke moncongnya yang penuh. Tulang pipi tidak terlalu tinggi atau menonjol, dagu berbentuk bulat tetapi tidak menonjol dan sejajar dengan hidung. Mereka memiliki moncong yang cukup pendek, dengan leher yang bulat, kokoh dan berotot.

Karakter Ras Kucing Siberian

Telinga berukuran sedang atau besar, bulat, lebar di bagian bawah dan sedikit miring kedepan. Bulu pada bagian belakang telinga pendek dan tipis, dari tengah menjadi semakin panjang dan menutupi pangkal telinga. Mata berukuran sedang hingga besar dan hampir bulat. Warna mata biasanya bernuansa hijau, emas atau tembaga dan pada kucing berwarna putih bisa berwarna biru atau odd eye.

Panjang kaki sedang, tulangnya besar dengan ukuran kaki belakang sedikit lebih panjang daripada kaki bagian depan. Kakinya besar dan bulat dengan jumbai pada setiap jari kakinya. Ekor memiliki panjang sedang dan sedikit lebih pendek dari tubuhnya, bentuknya sedikit meruncing ke ujung ekornya yang tumpul.

Bulu kucing ini berukuran sedang hingga panjang dengan tiga lapisan bulu pada tubuhnya.  Tekstur sangat bervariasi dari kasar hingga lembut dan biasanya menyesuaikan dengan warna. Lapisan bawah kucing ini sangat ketat (kucing dewasa) dan menjadi lebih tebal lagi ketika musim dingin tiba.

Semua warna dan kombinasi diterima dengan atau tanpa warna putih. Putih diperbolehkan dalam jumlah berapapun dan di semua area seperti dagu, perut kucing dan juga beberapa bagian lainnya. Warna dan juga pola yang jelas pada kucing ini sangatlah diinginkan.

Meski negara asal Siberia sangatlah dingin namun hati kucing ini sangatlah hangat. Dia mencintai orang dan ingin berada di dekat mereka, menjadi kucing yang penuh kasih sayang dan selalu mengikuti kemanapun pemiliknya pergi termasuk ke kamar mandi, menonton TV, dan segala sesuatu pekerjaan didalam rumah lainnya.

Ketika pemiliknya pulang kerja, dia mungkin akan senang hati untuk menceritakan hari-harinya dengan tenang, dan kicauan yang menyenangkan diselingi beberapa suara mengeong dan mendengkur. Para tamu yang datang kerumah akan menemukannya sebagai tuan rumah yang ramah karena mereka bukanlah kucing yang menjadi malu ketika bertemu orang asing.

Selain penyayang dan perhatian, kucing ini juga aktif dan juga menyenangkan. Mereka akan senang bermain lempar tangkap dengan membawakan mainan favoritnya untuk dilempar. Benda apapun bisa menjadi bagian untuk kucing pintar ini, jadi jauhkan beberapa benda berharga seperti perhiasan yang bisa menarik perhatiannya.

Karena warisannya sebagai penghuni hutan, dia suka bermain dengan air. Hal ini mungkin adalah genetik dari kebiasaan memancing pada saat kucing ini mencari makan. Jangan kaget jika kucing ini suka memercikkan air ke bak mandi, minum dari air mancur atau kran dan bahkan membuat genangan air dengan mengatunkan cakarnya ke tempat air berada.

Seperti layaknya kucing yang bekerja dan berburu, dia sangat atletis dan bisa memanjat ke tempat tertinggi didalam rumah. Aktivitas atau kebisingan tidak akan mengganggunya sedikitpun. Meski semua kucing membutuhkan perhatian, namun kucing ini bisa dengan sabar menunggu hingga pemiliknya memiliki waktu untuknya. 



Perawatan Kucing Siberian

Dalam perawatannya kucing Siberia yang memiliki lapisan tiga lapis yang tebal harus disisir atau disikat beberapa kali seminggu untuk mencegah kekususutan pada bulunya. Bulu akan rontok secara musiman di musim semi dan juga gugur, jadi selama waktu ini mungkin perawatan yang berlebih sangat dibutuhkan.

Perawatan yang diberikan pada bulu kucing ini berguna untuk mengurangi jumla bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk lebih cepat tumbuh kembali. Mandi jarang diperlukan, karena kucing ini memiliki bulu yang tahan air maka mungkin sulit untuk menjadikan kucing ini basah ketika memandikannya.

Perawatan Ras Kucing Siberian

Menjaga kebersihan gigi kucing perlu dilakukan untuk mencegah peyakit peridontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing secara teratur, pada umumnya hal ini dilakukan seminggu atau dua minggu sekali. Sebaiknya kebiasaan ini dilakukan sejak dini (ketika kucing masih kecil), karena ketika kucing sudah terbiasa sejak dini maka menginjak usia dewasa hal ini akan tetap mudah untuk dilakukan.

Periksa juga bagian sudut mata pada kucing ini, tentunya catlovers pasti sudah mengetahui biasanya ada kotoran yang menempel pada bagian sudut mata kucing yang biasanya umum ada pada kucing Persia. Bersikan kotoran tersebut dengan kain lembut, jika memungkinkan pada saat membersihkan gunakan kain yang berbeda untuk menghindari resiko infeksi.

Periksa kebersihan telinga setiap minggu, telinga kucing yang kotor bisa menjadi penyebab infeksi karena penumpukan kotoran yang ada, selain itu telinga kotor juga menjadi ciri kucing terkena earmites. Periksa seluruh bagian telinga kucing dengan teliti, bersihkan semua bagian yang kotor dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Berikan obat anti kutu pada kucing ini, tidak lucu jika bulunya yang tebal dan padat ini dijadikan sebagai sarang kutu. Obat kutu kucing yang bagus biasa adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, dikatakan obat ini selain bisa membasmi kutu juga bisa membasmi telur kutu yang ada pada tubuh kucing.

Selain bagian tubuh kucing, kebersihan lingkungan kucing tinggal juga perlu untuk dijaga. Jaga selalu agar litter box yang digunakan kucing tetap bersih, hal ini selain membantu menjaga bulu panjangnya tetap bersih juga bisa menjaga kucing terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau kotoran.

Dalam pemeliharaannya sebaiknya kucing Siberian dijadikan sebagai kucing dalam ruangan saja, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing ini terkena penularan virus atau penyakit dari kucing liar, serangan dari hewan lain, beberapa kecelakaan yang tidak diinginkan dan bahkan juga resiko dicuri oleh orang asing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing ini untuk menjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus tertentu yang berbahaya dan bahkan mematikan. Karena hal inilah vaksinasi wajib diberikan pada kucing supaya kucing selalu sehat dan memiliki umur yang panjang. 



Kesehatan Kucing Siberian

Semua jenis ras kucing entah itu kucing ras murni yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan pasti memiliki kemungkinan untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Secara umum kucing Siberian dianggap sebagai ras kucing yang sehat dan memiliki masa hidup rata-rata mencapai 8 hingga 10 tahun. Resiko genetik terbesar untuk ras kuving ini adalah kardiomipati hipertrofik yang mana ini adalah kondisi penebalan otot jantung pada kucing yang bisa menyebabkan gagal jantung pada kucing.

Selain penyakit tersebut kucing Siberian juga pasti masih bisa menderita beberapa penyakit umum lainnya yang sering terjadi pada kucing. Masalah kesehatan kucing selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan, karena itu selalu berikan perawatan maksimal pada kucing supaya kucing akan sehat dan dalam kondisi terbaiknya.



Harga Kucing Siberian

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Siberian Import 35.000.000
Harga Kucing Siberian Lokal 18.000.000
Harga Kitten Siberian 13.500.000
Harga Kucing Siberian Dewasa 15.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing ini, biaya adopsi rata-rata untuk kucing Siberian berkisar antara $1.200 hingga $2.500. Biaya adopsi ini tergantung dari kualitas kucing itu sendiri dan juga apakah kucing ini memiliki Pedigree atau tidak. Dari harga yang tertera maka kemungkinan perkiraan harga untuk kucing Siberian akan seperti harga diatas.

Jangan menjadikan harga kucing Siberian diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena selain hanya perkiraan, harga Siberian asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Siberian kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Siberian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel